bacaterus web banner retina
Cari kata/istilah

Ngeh

"Ngeh" adalah istilah bahasa gaul yang digunakan untuk mengekspresikan pemahaman atau kesadaran terhadap sesuatu. Kata ini sering digunakan ketika seseorang akhirnya memahami atau menyadari sesuatu yang sebelumnya tidak mereka mengerti.

Asal Muasal Istilah Ngeh

Kata "ngeh" berasal dari bahasa Sunda, yaitu dari kata "engeuh" yang berarti mengerti, sadar, atau tahu. Bahasa Sunda adalah bahasa yang digunakan oleh masyarakat di wilayah Jawa Barat dan Banten.

Dengan demikian, kata "ngeh" yang sering digunakan dalam bahasa gaul sebenarnya memiliki akar yang dalam dalam budaya dan bahasa Sunda.

Contoh Penggunaan Istilah Ngeh

Untuk memahami penggunaan "ngeh" dalam percakapan sehari-hari, berikut beberapa contoh kalimat:

Mengerti / Paham

Kata "ngeh" digunakan untuk menunjukkan bahwa seseorang telah memahami atau mengerti sesuatu. Misalnya dalam kalimat:

"Aku nggak ngeh apa yang kamu omongin." (Saya tidak mengerti perkataanmu)

Dalam konteks ini, "ngeh" menunjukkan bahwa seseorang tidak memahami atau merasa kesulitan dalam mengerti suatu topik atau informasi.

Tahu / Memperhatikan

Selain berarti mengerti, kata "ngeh" juga dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa seseorang sadar atau memperhatikan sesuatu yang ada di sekitarnya. Contohnya:

"Aku nggak ngeh kalau di situ ada mobil parkir." (Saya tidak tahu kalau di situ ada mobil parkir)

Penggunaan kata "ngeh" dalam kalimat ini menunjukkan bahwa seseorang tidak memperhatikan atau tidak sadar akan keberadaan suatu objek atau tempat.

cross