Bacaterus / Belajar Yuk! / FYI / 10 Negara Terpanas di Dunia yang Menantang untuk Disambangi

10 Negara Terpanas di Dunia yang Menantang untuk Disambangi

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2018

Apakah kamu akhir-akhir ini merasa tersiksa oleh cuaca panas yang melanda beberapa kota di Indonesia? Kota Bandung, yang biasanya tak sepanas Jakarta, kini terasa sangat panas dengan suhu mencapai 30oC di siang hari. Suhu panas bisa sangat mematikan seperti serangan heat wave yang menyerang beberapa negara di Eropa yang menyebabkan kematian. Mengerikan, bukan?

Selama ini kita hanya mengenal Saudi Arabia sebagai salah satu negara yang memiliki suhu panas yang ekstrim. Selain Saudi, mungkin kita mengenal Death Valley di Amerika Serikat sebagai tempat terpanas di dunia. Kira-kira negara mana lagi yang menjadi negara terpanas di dunia? Mari kita cari tahu dari daftar di bawah ini.

10 Negara Terpanas di Dunia

1. Arab Saudi

Arab Saudi

* sumber: uk.businessinsider.com

Rasanya sudah sangat sering kita mendengar cuaca panas di Arab Saudi. Negara ini sebagian besar wilayahnya berupa gurun sehigga tak heran jika cuaca Saudi sangat panas. Saudi yang dikenal kaya akan minyak adalah salah satu negara yang masuk dalam daftar negara terpanas di dunia. Mengetahui negaranya sangat panas, kerajaan Saudi menyediakan fasilitas untuk melawan panas.

Karena negaranya terdiri dari gurun yang kering maka pertanian tak mudah untuk dilakukan. Suhu normal di musim panas bisa mencapai 54oC. Suhu di siang hari bisa sampai 52oC. Dengan suhu setinggi itu tak heran jika Arab Saudi menjadi salah satu negara terpanas di dunia.

2. Libya

Libya

* sumber: www.orangesmile.com

Negara yang dulu pernah dipimpin oleh Moammar Gaddafi ini memiliki karakteristik wilayah yang sama dengan Arab Saudi. Sebagian besar wilayah Libya ditutupi oleh gurun dengan iklim yang sangat kering. Baik musim panas ataupun dingin, cuaca di Libya selalu panas dan lembab. Cuaca yang panas memengaruhi kesehatan warganya. Masyarakat di sana mengalami kulit kering atau penyakit kulit.

Jika Saudi pernah mencatatkan suhu terpanas kira-kira 54oC, Libya pernah mengalami suhu yang lebih panas dari itu. Suhu terpanas di Libya tercatat di atas 58oC sehingga membuat negara ini “nongkrong” di posisi pertama sebagai negara terpanas di dunia.

3. Iran

* sumber: goingiran.com

Negara yang terletak di Teluk Persia ini memiliki cuaca yang beragam bergantung areanya. Iran berada di antara kegersangan subtropikal Gurun Arab dan area subtropikal Mediterania bagian timur yang lembab. Bulan Agustus adalah bulan paling panas dengan rata-rata suhu 20oC sampai 30oC atau bisa juga lebih dari 30.

Di daerah pegunungan, cuacanya tidak terlalu panas. Suhu musim panas tak lebih dari 29oC. Area pesisir selatan memiliki kelembaban yang tinggi. Suhu musim panas beragam dari hangat ke panas. Suhu terpanas bisa melebihi 50oC. Suhu normal saat musim panas berkisar antara 40 sampai 50oC. Jika kamu berencana mengunjungi Iran, ada baiknya kamu cari tahu dahulu mengenai cuaca di sana.

4. Meksiko

* sumber: www.backpacker.com

Negara yang bertetangga dengan Amerika Serikat ini memiliki beragam iklim, yaitu kering, tropikal dan sedang. Di daerah di pantai barat dan dataran tinggi tengah-utara umumnya beriklim kering. Sementara itu, daerah pegunungan dan daratan selatan beriklim tropis. Meksiko mencatatkan suhu tertinggi  sekitar 50oC saat musim panas.

Selain ancaman suhu panas, penduduk Meksiko juga harus menghadapi badai tropis di Pasifik. Daerah di sekitar garis Pantai Karbia dan Teluk Meksiko sering dihantam berberapa angin topan.

5. Sudan

* sumber: www.skymetweather.com

Republik Sudan atau dikenal juga dengan nama Sudan terletak di Afrika Utara. Sudan bertetangga dengan Republik Sudan Selatan dan Ethopia. Geografis Sudan umumnya berupa dataran datar yang diselingi oleh beberapa rangkaian pegunungan. Negara ini hampir tak mengalami hujan sepanjang tahun.

Sudan yang mengalami suhu hangat yang tinggi melebihi 45oC selama setahun penuh adalah negara terkering dan terpanas juga terlembab di dunia. Suhu rata-rata berkisar antara 52oC. Karena terus mengalami peningkatan suhu, beberapa daerah tangkapan air mengering sehingga negara ini mengalami musim kemarau dan peristiwa kelaparan yang ekstrim.

6. India

* sumber: www.newsnation.in

The Guardian memberitakan mengenai terjangan heat wave yang melanda India pada bulan Juni 2018. India bagian utara yang berdekatan dengan Pakistan mengalami gelombang panas dengan suhu mencapai 47oC. Diperkirakan jumlah penduduk yang meninggal sejak tahun 1992 berjumlah 25.000 orang.

Walaupun India berdekatan dengan Pegunungan Himalaya, namun hawa dingin dari Himalaya tidak melalui negara ini. Oleh karena itu, daerah urban di bagian utara India mengalami suhu yang tinggi sepanjang tahun. Begitu pula daerah selatan, daerah ini mengalami suhu panas sepanjang tahun. Suhu tertinggi di India tercatat lebih dari 50oC.

Meski panas, tapi kamu tidak akan menyesal berwisata ke India lho. Sebab, ada 10 Tempat Wisata di India yang patut dikunjungi oleh para wisatawan.

7. Aljazair

* sumber: airalgerie.dz

Terletak di Afrika Utara, membuat Aljazair memiliki kesamaan suhu dengan negara Afrika lain yang berdekatan dengan negara ini. Banyaknya gurun yang terdapat di Aljazair menyebabkan suhu selalu panas. Suhu normal berkisar 50 – 53oC. Wilayah terpanas di Aljazair adalah di kota Ain Salah. Pada musim panas, suhu di daerah ini umumnya mencapai 50oC.

Walaupun beberapa daerah memiliki banyak gunung yang diselimuti salju, kebanyakan daerah di Aljazair berupa gurun gersang. Suhu di siang hari bisa melebihi 50oC meskipun Aljazair mengalami hujan yang lebat dan malam yang dingin.

8. Oman

* sumber: capitalzamzam.com

Berbatasan dengan Arab Saudi, Yaman, dan Uni Emirat Arab, Oman adalah salah satu negara Arab terkaya di dunia. Sampai tahun 70an, negara ini termasuk salah satu negara paling terisolasi di dunia. Wilayah Oman didominasi oleh gurun, sekitar 82%. Sementara 15% lainnya adalah pegunungan. Luas wilayahnya hampir sama dengan Spanyol atau Perancis.

Namun selain negara terkaya, Oman juga masuk dalam jajaran negara terpanas di dunia. Pada musim panas, daerah pantai di Oman beriklim kering dan lembab. Sedangkan pada musim dingin bersuhu sedang. Suhu tertinggi pada musim panas mencapai 54oC. Suhu di Oman selalu panas dan lembab dikarenakan curah hujan yang rendah, suhu yang panas, dan musim dingin yang hangat.

9. Irak

* sumber: indianexpress.com

Negara yang pernah berperang dengan Iran dan Kuwait juga terkenal dengan julukan “Negeri 1001 Dongeng” ini memiliki daerah yang beragam. Bagian barat dan barat daya adalah daerah gurun pasir berbatu. Bagian utara dan timur laut merupakan daerah gunung, bukit dan sabana. Di perbatasan Turki dan Iran berupa bukit dan dataran. Di Delta Tigris dan Efrat terdiri dari dataran rendah berawan.

Tak beda jauh dari tetangganya dalam hal cuaca, Irak juga termasuk negara terpanas di dunia. Suhu normal  sepanjang tahun berkisar di atas 40oC. Suhu musim panas di Irak tercatat sebagi suhu tertinggi, yaitu berkisar antara 48 – 54oC. Suhu di sebagian besar wilayah Irak bisa mencapai lebih dari 50oC.

10. Somalia

* sumber: www.npr.org

Negara Somalia akrab dengan perang saudara dan bencana kelaparan. Mogadishu adalah ibu kota negara yang terletak di bagian utara Khatulistiwa di Samudera Hindia. Somalia adalah negara dengan geografi yang ekstrem. Wilayah Somalia terdiri dari sabana semak berduri dan semi gurun. Sebagian besar daerahnya datar walaupun terdapat pegunungan dan lembah sungai.

Suhu di Somalia bisa mencapai lebih dari 50oC. Suhu di negara ini benar-benar panas sepanjang tahun karena kurangnya hujan dan suhu normal yang selalu tinggi.

Bukan hal mudah untuk beradaptasi dengan suhu panas yang ekstrem jika kita tak terbiasa tinggal di daerah dengan iklim seperti itu. Terlebih lagi, suhu panas bisa menyebabkan kematian. Banyak yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan untuk berkunjung ke salah satu negara tersebut. Apakah kamu tertantang untuk menjajal salah satu negara yang disebutkan di atas?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Sansan adalah panggilan yang tersemat pada sesosok perempuan pecinta traveling. Saat gejolak jiwa traveling mereda, dia senang mengabadikan buah pikirannya ke dalam tulisan. Selain traveling, dia juga senang sekali memotret walaupun bukan tukan potret profesional. Foto-foto hasil jepretannya banyak dipampang di instagram. Jika galau melanda, makan dan nonton “drakor” adalah pilihan favoritnya.

Leave A Comment