Bacaterus / Fakta Negara / Inilah 10 Negara Terpadat di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Inilah 10 Negara Terpadat di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tahukah kamu berapa jumlah manusia yang hidup dimuka bumi? Lembaga survey bernama Worldometers mencatat jumlah penduduk dunia pada 2019 mencapai 7,7 miliar jiwa. Angka tersebut tumbuh 1.08% dari tahun sebelumnya.

Dengan jumlah yang sangat banyak ini ternyata pemerataan penduduk dunianya masih sangat jauh dari kata sejahtera. Sehingga terjadi seketimpangan jumlah penduduk diberbagai belahan dunia. Makanya enggak heran kalau beberapa negara tercatat jadi negara terpadat di dunia.

Penasaran nggak negara mana saja yang termasuk negara terpadat? Kira-kira Indonesia urutan berapa ya? Simak saja yuk daftarnya di bawah ini.

1. China

China

Siapa yang menduga bahwa 18,6 % penduduk yang ada di bumi, ternyata bermukim di negara  yang kerap kali menapat julukan Negeri Tirai Bambu. Dengan luas wilayah yang mencapai 9.596.961 km2 China memilki angka kepadatan 145 per km2  atau setara dengan total penduduk yang berjumlah 1.439.323.776 jiwa. Angka sebanyak ini membuat China menduduki peringkat satu sebagai negara terpadat di dunia.

Dengan jumlah penduduk yang sangat banyak ini juga dijadikan alasan bahwa china merupakan negara dengan angka kemiskinan yang besar. Padahal negara tempat tinggal hewan panda ini juga dikenal sebagai negara industri yang cukup maju di berbagai bidang. Namun, enggak menjadikan angka kemiskinan dan kriminalitasnya berada di bawah rata rata.

2. India

India

Masih pada kawasan asia, India menempati posisi kedua dalam kategori negara padat penduduk di dunia. Meskipun mendapat kategori negara dengan angka aborsi tertinggi di dunia, India belum mampu mengantisipasi kepadatan penduduk di negaranya sendiri.

Hingga di tahun 2020 jumlah penduduk terdata di negeri ini mencapai angka 1.380.004.385 jiwa. Angka ini menunjukkan persentase 17,3 % dari jumlah penduduk dunia.

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat

Siapa yang enggak mengenal negara yang satu ini, Amerika Serikat dikenal sebagai salah satu negara termaju di dunia ini ternyata memperoleh peringkat ketiga sebagai negara terpadat di dunia. Berbeda jauh dengan dua negara sebelumnya, negara yang akrab kita sebut USA ini memiliki jumlah penduduk dunia yang berjumlah 331.002.651 jiwa.

4. Indonesia

Indonesia

Ternyata negara kita, Indonesia jadi salah satu dari 10 negara teratas dalam kategori kepadatan penduduknya. Pasalnya negara yang terdiri dari jajaran pulau-pulau ini, memiliki keberagaman suku dan budaya yang teramat banyak.

Menurut sensus yang dilakukan, jumlah penduduk Indonesia berjumlah 273.523.615 jiwa, dengan luas wilayah daratan yang mencapai 1.904.569 km2 yang berarti Indonesia memiliki kepadatan 137 jiwa per km2.

Namun, sungguh disayangkan karena kepadatan ini sendiri pun belum terbilang merata. Dengan keadaan perkembangan ekonomi yang terpusat di ibukota, membuat penduduk Indonesia berlomba memusatkan diri agar mendapat kehidupan dan ekonomi yang terbilang layak serta cukup.

5. Pakistan

Pakistan

 Sekali lagi negara di Benua Asia menjadi negara terpadat yang menjajaki peringkat ke 5. Yups, dia adalah negara Pakistan, dengan jumlah penduduk yang mencapai angka 220.892.349 jiwa. Angka ini memiliki kenaikan di tahun sebelumnya pada 2019 lalu. Pakistan naik satu tingkat dari enam ke-lima, mengganti posisi Brazil.

Luas wilayahnya yang terbilang enggak terlalu besar ternyata memiliki angka kepadatan penduduknya terbilang sangatlah tinggi. Terdata Pakistan memiliki luas wilayah 796.095 km2, dengan jumlah ini, kepadatan penduduk per km2 mencapai angka 257 jiwa.

6. Brasil

Brasil

Berada di peringkat 6 besar sebagai negara terpadat di dunia, Brasil mampu menampung 2012.559.417 jiwa penduduk. Tuan rumah piala dunia di tahun 2014 ini terdata memiliki kepadatan penduduk 24 jiwa per km.

Kurang pekanya pemerintah Brasil terhadap rakyatnya membuat angka kemiskinan di Brasil hampir seperti dari jumlah penduduknya. Bahkan data menunjukkan angka ini di dapat karena enggak meratanya peletakkan industri besar ke setiap daerah.

7. Nigeria

Nigeria

Nigeria menjadi satu-satunya perwakilan dari Benua Afrika yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi di dunia. Pasalnya, dengan luas wilayah 923.768 km2 kepadatan penduduk di Nigeria berada pada angka 206 jiwa per km2.

Angka ini dapat terbilang padat karna rasio yang terhitung enggak begitu jauh dengan negara sebelumnya. Nigeria mampu ditempati oleh 206.139.589 jiwa yang jika dihitung rasionya dapat dikisarkan 2,6 % dari jumlah penduduk dunia.

Angka ini juga memiliki kenaikan yang sangat signifikan, pada 2019 lalu Nigeria mempunyai sekitar 190 juta jiwa penduduk namun hal itu berubah di tahun 2020 jadi 206 juta jiwa.

8. Bangladesh

Bangladesh

Mendapat angka 2,1 % dari jumlah penduduk dunia, Bangladesh mampu mendata hingga 164,689.383 jiwa yang bermukim di negaranya. Dengan jumlah luas wilayah yang enggak mencapai 150.000 km2 ini. Bangladesh mendapat angka 1.096 jiwa per km2 dalam kategori kepadatan penduduk.

Beberapa fakta yang jarang didengar masyarakat umum, Bangladesh menjadi negara pusat perdagangan manusia di dunia. Hal ini dilakukan untuk mencukupi hidup keluarga mereka dan mengurangi kepadatan penduduk yang ada di negaranya.

Kurangnya perhatian dari pemerintah membuat penduduk Bangladesh harus mencari penghasilan sendiri, dan memperdagangkan manusia menjadi salah satu alternatif cara mereka dalam menyeimbangkan angka ekonomi negara mereka.

9. Rusia

Rusia

Luas wilayah yang terlampau luas, enggak membuat Rusia menjadi negara terpadat peringkat atas. Rusia mendapat peringkat 9 dalam urutan negara terpadat dunia. Pasalnya negara dengan wilayah terluas di dunia ini menjadi tempat tinggal untuk 1,9% orang dari jumlah penduduk bumi secara keseluruhan.

Negara yang terletak pada dua benua ini memiliki jumlah penduduk berjumlah 145.934.462 jiwa. Ini artinya kepadatan penduduk di rusia hanya sekitar 8 jiwa per km2.

10. Meksiko

Meksiko

Dalam hal kategori negara terpadat, Meksiko mengalami kenaikan dan menyusul Jepang dan Filipina. Tercatat pada tahun 2020, Meksiko memiliki jiwa penduduk sebanyak 128.932.753. Kenaikan yang dicatat pun mencapai 1.357. 224 jiwa penduduk.

Dengan luas wilayah mencapai 1.972.550 meter menandakan Meksiko telah menampung sekitar 1.63% penduduk di dunia. Dengan data rasio yang ada, 10 negara terpadat telah menampung kurang lebih 57,7% dari jumlah penduduk dunia, dan sisanya tersebar di ratusan negara di dunia yang berarti pemerataan penduduk di dunia masih harus diperhatikan.

Dengan enggak meratanya jumlah penduduk dapat memungkinkan konflik dari segala aspek mulai dari ekonomi sampai aspek budaya.

Faktor lainnya juga sangat berpengaruh dengan jumlah kepadatan penduduk. Luas wilayah yang negara diatas dapatkan juga menjadi strategi pemerintah dalam menyeimbangkan tingkat kestabilan ekonomi dan pendidikannya.

Nah, itulah tadi beberapa negara yang tercatat sebagai negara paling padat di dunia. Dengan begitu adanya kenaikan di setiap negara dalam angka jumlah penduduk. Mengingat Indonesia meraih posisi ke empat, tentu kita harus tetap berjuang agar dengan banyaknya penduduk enggak membuat Indonesia memiliki tingkat kejahatan yang tinggi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *