Bacaterus / Belajar Yuk! / FYI / 10 Fakta Menyedihkan Tentang Negara Termiskin di Dunia

10 Fakta Menyedihkan Tentang Negara Termiskin di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 November 2018

Umumnya, yang menjadi parameter untuk menentukan miskin atau kayanya suatu negara adalah jumlah Produk Domestik Bruto (PDB), tingkat literasi, juga tingkat pekerjaan. PDB digunakan sebagai alat untuk mengukur pertumbuhan ekonomi suatu negara. Negara dengan PDB dan tingkat literasi yang rendah digolongkan ke dalam kelompok negara miskin.

Negara miskin umumnya memiliki masalah dengan politik, infrastruktur, lembaga keuangan yang lemah, rezim yang otoriter serta korupsi. Semua isu tersebut membuat investasi asing enggan masuk ke negara tersebut.

Institusi yang biasa mengukur PDB suatu negara ada tiga, yaitu Dana Moneter Internasional, Bank Dunia, dan Badan Intelejen Pusat. Berikut ini daftar 10 negara termiskin di dunia dirangkum dari Focus Economics dan Borgen Project.

10 Negara Termiskin di Dunia

1. Republik Sudan Selatan

* sumber: www.publicfinanceinternational.org

Republik Sudan Selatan merupakan sebuah negara baru. Negara ini berbeda dengan Sudan yang menjadi salah satu negara terpanas di dunia. Dan juga, Republik Sudan Selatan baru mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 2011 silam. Republik Sudan Selatan diapit di bagian timur oleh Ethiopia, barat oleh Afrika Tengah, Selatan oleh Uganda, Utara oleh Sudan, dan tenggara oleh Kenya.

Negara Sudan Selatan terus-menerus dilanda perang yang berkepanjangan sehingga tak bisa membangun infrastruktur. Akibat perang saudara di negara ini, banyak rakyatnya yang mengungsi dan menderita kelaparan. Selain itu, perang juga memicu terjadinya pelanggaran hak asasi manusia di kalangan warga sipil.

Adapun besaran PDB + Paritas Daya Beli negara Republik Sudan Selatan adalah USD 1.500. Banyak warga yang biaya hidupnya kurang dari 1 dolar AS per hari. 83% persen warganya adalah pegawai non-upah. Jumlah masyarakat yang tidak bekerja sebanyak 85%. Adapun jumlah warga yang tak dapat mengakses jumlah makanan yang aman sebaganyak 1/3-nya.

2. Republik Mozambik

* sumber: edition.cnn.com

Mozambik termasuk ke dalam negara termiskin di dunia semenjak negara ini mendapatkan kemerdekaannya di tahun 1975. Jumlah penduduk Mozambik yang hidup dalam kemiskinan mencapai hampir 50%. Mozambik mengalami pertumbuhan ekonomi yang lambat dan upaya pengentasan kemiskinan yang kurang maksimal.

PDB + Paritas Daya Beli Mozambik berjumlah sebesar 1.250 dolar AS. Penemuan ladang gas alam yang melimpah pada tahun 2011 diharapkan dapat meningkatkan perekonomian negara ini. Sama seperti Republik Sudan Selatan, Mozambik dihantui oleh korupsi.

Pertumbuhan Mozambik juga diperparah dengan infrastruktur yang buruk, kurangnya akses ke peralatan pertanian, dan kurangnya pelayanan-pelayanan dasar. Negara ini secara umum semakin miskin karena kebijakan sosialis dan salah urus ekonomi.

3. Uganda

* sumber: worldofuganda.weebly.com

Uganda adalah negara dengan julukan “Mutiara Afrika”. Negara Afrika ini berbatasan di utara dengan Sudan, di timur dengan Kenya, di barat dengan Republik Demokratik Kongo, di selatan dengan Tanzania dan Danau Victoria, serta di barat daya dengan Rwanda.

Pertumbuhan ekonomi Uganda melambat walaupun di tahun 1990 dan 2010 mengalami ekspansi ekonomi yang cepat. Adapun prediksi PDB per kapita pada 2018 hanya sebesar 738 dolar AS. Uganda dibanjiri oleh pengungsi dari negara Republik Sudan Selatan sehingga menimbulkan masalah pengungsi yang pelik. Dengan meningkatnya investasi asing di negara tersebut, dalam waktu dekat angka kemiskinan dapat dikurangi dan lapangan kerja dapat diciptakan.

4. Republik Demokratik Kongo

Republik Demokratik Kongo

* sumber: www.unicef.org

Negara yang dulu bernama Zaire ini terletak di Afrika bagian tengah. Ketidakstabilan ekonomi di Kongo dipengaruhi oleh konflik yang tak henti-hentinya terjadi. Akibat dari konflik tersebut, negara ini terus mengalami peningkatan pengeluaran, utang luar negeri, dan penduduk Kongo yang tinggal dalam kondisi yang sangat buruk.

Tak jauh beda dari negara Afrika miskin lainnya, Kongo pun mengalami isu salah urus sumber daya alam, malnutrisi yang kronis, ketersediaan air minum yang tak memadai, tingkat vaksinasi rendah, dan rendahnya kualitas layanan publik. Adapun jumlah PDB + Paritas Daya Beli Kongo sebesar 800 dolar AS.

5. Yemen

* sumber: www.almasdarnews.com

Republik Yaman adalah negara Jazirah Arab yang masuk dalam jajaran negara termiskin di dunia. Negara yang berbatasan dengan dua negara Arab kaya, Arab Saudi di utara, dan Oman di timur ini kini porak poranda akibat perang yang tak berkesudahan.

Perang telah menyeret Yaman ke dalam jurang kemiskinan. Semua layanan publik di Yaman tidak berjalan karena mengalami kehancuran akibat perang. Hal yang paling parah adalah musibah kelaparan yang sekarang menimpa anak-anak di Yaman dan musibah kolera yang ditenggarai mencapai lebih dari 1 juta. GDP per kapita Yaman pada tahun 2016 sejumlah 432.40 dolar AS. Diprediksi GDP per kapita tahun 2018 akan mencapai 998 dolar AS.

6. Tajikistan

* sumber: politicalblindspot.com

Salah satu negara pecahan Uni Soviet ini terletak di Asia Tengah. Tajikistan dikelilingi oleh China, Afganistan, Uzbekistan, dan Kirgistan. Walaupun akhirnya mendapat kemerdekaan dari Uni Soviet, Kirgistan sempat mengalami perang saudara yang berakhir di tahun 1997. Setelahnya, ekonomi Tajikistan mengalami pertumbuhan dan kemiskinan berkurang.

PDB nominal per kapita Tajikistan hanya 836 dolar AS. Tingkat kemiskinan menurun menjadi hanya 30% pada tahun 2016 dari 83% populasi di tahun 2000. Walaupun terjadi penurunan kemiskinan, penurunan tersebut sempat mengalami stagnasi. Namun, pada tahun 2019, diprediksi angka 30% akan kembali turun ke 25% saat pertumbuhan ekonomi meningkat.

7. Uzbekistan

* sumber: harvardmagazine.com

Negara Tetangga Tajikistan ini juga termasuk ke dalam deretan negara termiskin di dunia. Sama-sama bekas negara pecahan Uni Soviet, Uzbekistan terletak di Asia Tengah dan benua Eropa Timur. PDB nominal per kapita Uzbekistan tahun ini diperkirakan mencapai USD 1.026.

Selama kurun waktu terakhir, Uzbekistan telah berhasil menurunkan angka kemiskinan. Dikenal kaya akan komoditas seperti gas alam, emas, dan tembaga, Uzbekistan berhasil meningkatkan pendapatan negara mereka berkat harga komoditas yang tinggi dan peningkatan ekspor komoditas tersebut.

8. Kirgistan

* sumber: sites.google.com

Negara pecahan Uni Soviet ketiga yang masuk dalam jajaran negara termiskin di dunia adalah Kirgistan. Menyandang nama resmi Republik Kirgiz, Kirgistan terletak di Asia Tengah. Negara ini dikurung daratan dan pegunungan. Negara yang berbatasan dengan Kirgistan adalah Uzbekistan, Tajikistan, Tiongkok, dan Kazakhstan.

Di tahun 2018, PDB per kapita Kirgistan diperkirakan mencapai 1.222 dolar AS. Walaupun sudah mengalami perbaikan di bidang politik, korupsi masih merajalela, terutama di sektor publik. Hal ini menghambat laju pertumbuhan ekonomi Kirgistan. Ketergantungan pada emas, menyebabkan negara Kirgistan rentan terhadap guncangan eksternal.

9. Haiti

Haiti

* sumber: www.pastemagazine.com

Haiti pernah diguncang gempa bumi yang dahsyat pada tahun 2010 dan akibatnya sekitar 46.000 sampai 316.000 orang meninggal. Di tahun 2016, Haiti disapu Badai Matthew yang menyebabkan bencana banjir hingga 40 inci serta gelombang badai hingga 10 kaki. Diperkirakan 580 orang tewas dan lebih dari 35.000 orang tak memiliki tempat tinggal.

Haiti termasuk negara yang rentan terkena cuaca ekstrim dan bencana alam. Bencana alam ini tak hanya menghancurkan negara, tapi juga perekonomian Haiti. Contohnya gempa bumi yang terjadi 2010, bencana ini merusak setara 32% PDB Haiti. Haiti termasuk negara termiskin dengan PDB per kapita diperkirakan mencapai angka 874 dolar AS.

10. Ethiopia

* sumber: www.zehabesha.com

Ethiopia adalah sebuah negara yang terletak di Tanduk Afrika dan berbatasan dengan Somalia di timur, Sudan, dan Sudan Selatan di barat, Eritrea di utara, Kenya di selatan, dan Djibouti di timur laut. Lebih dari 55% penduduk Ethiopia hidup di bawah garis kemiskinan versi Bank Dunia pada tahun 2000.

Berkat pertumbuhan ekonomi Ethopia yang semakin membaik, angka kemiskinan menurun menjadi 33,5% pada tahun 2011. Pada tahun 2018, PDB nominal per kapita Ethiopia diproyeksikan hanya 998 dolar AS dan menjadikan Ethiopia masuk dalam kategori negera termiskin di dunia.

Peperangan, bencana alam, dan korupsi menjadi faktor penyumbang bagi kemiskinan yang dialami negara-negara miskin tersebut. Menurut kamu, apakah mungkin negara-negara tersebut bisa terbebas dari jerat kemiskinan di masa depan, mengingat perang dan bencana alam masih terus membayangi?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Sansan adalah panggilan yang tersemat pada sesosok perempuan pecinta traveling. Saat gejolak jiwa traveling mereda, dia senang mengabadikan buah pikirannya ke dalam tulisan. Selain traveling, dia juga senang sekali memotret walaupun bukan tukan potret profesional. Foto-foto hasil jepretannya banyak dipampang di instagram. Jika galau melanda, makan dan nonton “drakor” adalah pilihan favoritnya.

Leave A Comment