Bacaterus / Fakta Negara / 10 Negara Terluas di Dunia yang Menarik untuk Kamu Ketahui

10 Negara Terluas di Dunia yang Menarik untuk Kamu Ketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang ada di dunia. Dengan luas sekitar 1,9 juta km2, Indonesia pun berada di posisi ke-13 sebagai negara terluas yang ada di dunia.

Nah, berhubung kita sedang membahas negara terluas. Kamu tentu ingin tahu negara mana saja yang menempati posisi 10 besar sebagai negara terluas yang ada di dunia. Untuk mengetahuinya, Bacaterus pun telah merangkumnya untuk kamu. Jadi, mari kita simak daftarnya dalam ulasan berikut ini ya!

1. Rusia

Rusia

Posisi paling puncak ditempati oleh negara Rusia. Rusia sendiri merupakan negara terbesar di dunia dengan luas wilayah daratan sekitar 17.1 juta km2. Negara ini secara geografis terletak di antara dua benua, yaitu Eropa dan Asia. Selain itu Rusia juga berbatasan dengan 14 negara lain.

Selain memiliki daratan yang cukup luas. Rusia juga dikenal memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah seperti minyak bumi, gas alam, logam mulia serta berlian. Rusia sendiri dikenal memiliki rute Kereta Terpanjang di Dunia, yaitu trans Siberia untuk  menghubungkan antar wilayah yang ada di sana.

2. Canada

Canada

Setelah Rusia, posisi selanjutnya ditempati oleh Canada. Selain menjadi negara terbesar kedua di dunia. Canada juga merupakan negara terbesar yang ada di benua Amerika. Canada sendiri memiliki luas wilayah sekitar 9.98 juta km2.

Meskipun termasuk Negera terluas di dunia namun negara ini menjadi salah satu negara dengan kepadatan penduduk yang paling rendah di dunia.

Canada sendiri secara geografis berada diantara Amerika Serikat dan Kutub Utara. Canada sendiri memiliki ikon wisata yang cukup terkenal di dunia dan sempat menjadi salah satu pesona keajaiban dunia, yaitu Air Terjun Niagara.

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat

Posisi ketiga ditempati oleh negara Amerika Serikat dengan luas wilayah sekitar 9.63 juta km2. Amerika Serikat berbatasan dengan negara Canada di wilayah Utara dan negara Meksiko di wilayah Selatan. Amerika sendiri terdiri dari tiga bagian wilayah yang dipisahkan oleh pegunungan Rocky dan Sungai Mississippi.

Ketiga wilayah tersebut diantaranya Negara bagian Pasifik yang memiliki iklim tropis, Negara bagian tengah yang sering dimanfaatkan untuk lahan pertanian. Serta bagian timur, dimana kota-kota besar seperti  Boston, Pennsylvania, Washington, dan New York digunakan sebagai roda penggerak industri penduduk Amerika Serikat.

4. Republik Rakyat China

Republik Rakyat China

Negara terluas selanjutnya dipegang oleh Republik Rakyat China. Dengan luas tanah sekitar 9.6 juta km2. RRC pun menempati posisi ke-4 sebagai negara terluas yang ada di dunia. Sama seperti Rusia, negara China pun berbatasan dengan 14 negara lain dimana diantaranya berbatasan dengan negara Afghanistan di sebelah Barat, Rusia di sebelah Utara, kemudian  Vietnam di sebelah Selatan.

China sendiri termasuk ke dalam negara terbesar yang terletak di benua Asia setelah Rusia. Negara ini dikenal juga sebagai negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia dimana jumlah penduduknya lebih dari 1,3 miliar dan menempati 18% persen jumlah populasi yang ada di bumi.

5. Brazil

Brazil

Brazil merupakan negara terbesar di dunia selanjutnya yang menempati posisi ke-5 serta menjadi negara terbesar yang terletak di benua Amerika, tepatnya di bagian Selatan. Brazil sendiri memiliki luas wilayah sekitar 8.51 juta km2.

Brazil menjadi salah satu negara yang memiliki hutan hujan tropis terbesar di dunia yang dikenal memiliki beragam flora dan fauna yang mengagumkan, yaitu Amazon.

Sebagian besar penduduk Brazil menempati wilayah-wilayah pesisir pantai seperti Rio de Janeiro dan Sao Paulo dimana di kedua wilayah tersebut menjadi pusat pemerintahan serta tempat roda perekonomian penduduk.

6. Australia

Australia

Australia merupakan negara yang memiliki luas sekitar 7.69 juta km2. Australia sendiri menjadi negara terbesar dan terluas ke-6 di dunia. Australia sendiri dari daratan utama Australia, Pulau Tasmania serta pulau-pulau kecil yang berada di samudera Hindia dan Pasifik.

Hampir sebagian besar penduduk Australia menempati wilayah pesisir pantai seperti Sydney, Melbourne, Brisbane, Adelaide, Gold Coast dan Perth. Jumlah penduduknya sendiri diperkirakan mencapai 27 juta bahkan lebih. Australia adalah negara yang memiliki 4 musim sepanjang tahun.

7. India

India

Salah satu negara terbesar selanjutnya datang dari Asia, yaitu India. Luas negara ini wilayah mencapai 3.29 juta km2. India sendiri berbatasan dengan tiga negara besar yang di ada di Asia, yaitu China, Pakistan, dan Nepal.

Sebenarnya India sendiri telah mengalami beberapa kali perubahan perbatasan. Mengingat India juga mengklaim wilayah Kashmir Utara sebagai bagian dari negaranya.

Hal itu yang pada akhirnya memunculkan konflik dingin antara India dengan Pakistan. India sendiri dikenal memiliki keindahan bentang alam yang memisahkan anak benua India dengan dataran tinggi Tibet, yaitu pegunungan tinggi Himalaya.

‌8. Argentina

Argentina

Posisi selanjutnya ditempati oleh Argentina dengan luas wilayah mencapai 2.78 juta km2. Argentina sendiri menjadi negara latin terbesar kedua setelah Brazil. Sebagian besar penduduknya menggunakan bahasa Spanyol serta menjadi negara terbesar di dunia yang menggunakan bahasa tersebut

Argentina sendiri terletak di antara Pegunungan Andes di barat dan Samudra Atlantik di selatan. Negara ini dikenal sebagai negara paling Selatan yang ada di Selatan. Selain tercatat sebagai salah satu negara terbesar, Ibu kota Argentina yaitu Buenos Aires pun dikenal sebagai ibu kota terpadat di dunia.

9. Kazakhstan

Kazakhstan

Kazakhstan merupakan negara ke-9 yang memiliki wilayah terluas di dunia. Kazakhstan sendiri memiliki luas sekitar  luas 2.72 juta km2. Sebagian besar wilayahnya berupa dataran stepa dan dataran tinggi. Kazakhstan sering di sebut sebagai ‘pulau perawan’, mengingat masih banyak wilayah yang ada di sama belum terjamah.

Sebagian besar wilayahnya berbatasan dengan negara Rusia. Kazakhstan sendiri merupakan salah satu negara terbesar yang tidak memiliki garis pantai. Meskipun begitu Kazakhstan memiliki satu kota yang mempunyai bentang alam pegunungan yang sangat indah bernama Almaty.

10. Algeria

Algeria

Posisi ke-10 ditempati oleh negara Algeria yang memiliki luas daratan sekitar 2.38 juta km2. Sebagian besar wilayah yang ada negara ini ditutupi oleh gurun pasir. Algeria sendiri merupakan negara terbesar di benua Afrika. Algeria terletak di daerah Barbary Coast yang ada di Afrika Utara.

AlgeriaAlgeria atau dikenal juga sebagai Aljazair merupakan negera yang mayoritas penduduknya beragama Muslim. Algeria sendiri berbatasan dengan Maroko, Tunisia, Mali, Libya, sahara Barat serta laut Mediterania.

Salah satu negara penghasil minyak bumi dan gas ini juga dikenal dengan berbagai situ Romawi yang tersebar hampir di sebagian besar wilayah yang ada di negara tersebut.

Nah, itulah deretan 10 Negara terluas di dunia yang menarik untuk kamu ketahui. Nantikan topik lain selanjutnya yang akan Bacaterus bahas untuk kamu. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *