Bacaterus / Fakta Negara / 11 Negara Terkecil di Dunia, Ada yang Luasnya Sebesar Kota!

11 Negara Terkecil di Dunia, Ada yang Luasnya Sebesar Kota!

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Negara-negara terkecil di dunia merupakan negara yang mempunyai jumlah mil persegi paling sedikit mil dalam batas-batas resmi negara. Saat berbicara tentang negara terkecil di dunia, orang pasti teringat Vatican atau Monaco. Selain kedua negara itu, masih ada lagi negara-negara yang berukuran kecil jarang terekspos. Mau tahu apa saja negara yang termasuk ke negara terkecil di dunia? Cek daftar negaranya di bawah ini yuk!

1. Kota Vatikan

Kota Vatikan

Negara kecil ini memiliki luas 0,44 km2. Kota Vatikan mendapatkan gelar sebagai negara terkecil yang sudah pasti di dunia. Kota ini berfungsi sebagai pusat spiritual gereja Katolik Roma dan rumah Paus. Secara resmi disebut sebagai Tahta Suci, Kota Vatikan berada di dalam area tembok ibu kota Italia Roma.

Kota Vatikan muncul secara resmi pada tahun 1929 setelah Perjanjian Lateran dengan Italia. Nama Vatikan diambil dari nama sebuah gunung, yaitu Gunung Vatican. Jenis pemerintahan negara ini adalah gerejawi dan kepala negaranya tentu saja adalah Paus.

Kota Vatikan tidak menjadi anggota PBB atas pilihannya sendiri. Jumlah populasi Vatikan sekitar 1.000 warga, dan tidak satupun dari mereka merupakan penduduk asli permanen. Namun kebanyakan dari mereka  pulang pergi ke negara ini untuk bekerja.

Pengunjung diperbolehkan untuk masuk Kota Vatican tanpa paspor dan beberapa tempat seperti Lapangan Santo Petrus bisa dicapai dengan mudah hanya dengan melewati garis yang memisahkan kota tersebut dengan kota Roma.

2. Monako

Monako

Monako merupakan negara yang berada di sepanjang Pantai Riviera Prancis yang sangat cantik. Negara ini adalah tujuan bagi mereka yang ingin menghabiskan banyak uang. Monako penuh dengan pesta, perjudian, pusat belanja, dan tempat bersantai.

Berada sangat dekat dengan Prancis dan diposisikan di sepanjang pantai Laut Mediterania, Monako merupakan negara terkecil kedua di seluruh dunia. Luas negara Monako hanya 2.02 km2, yang sulit dipercaya mengingat kegiatan wisatanya yang tak pernah berhenti juga keramaiannya.

3. Nauru

Nauru

Dulu Nauru dikenal sebagai Pleasant Island dengan luas 21 km2. Terumbu karang mengelilingi dataran tengahnya dikelilingi. Command Ridge merupakan titik tertinggi di dataran tinggi, 233 kaki di atas permukaan laut. Pulau Banaba di Kiribati merupakan tetangga terdekat Nauru.

Orang Mikronesia dan Polinesia merupakan orang pertama yang menempati Nauru. Pada tahun 1888 Jerman menganeksasi negara itu. Deposit fosfat Nauru, yang mencakup wilayah pulau yang luas ketika itu, pada tahun 1900 mulai ditambang di bawah asosiasi Jerman-Inggris.

Sebagian besar pendapatan Nauru berasal dari ekspor fosfat. Dana besar lainnya didapat melalui penjualan lisensi penangkapan ikan. Tingkat pengangguran di Nauru saat ini mencapai 90 persen, tertinggi di dunia. Lebih dari 95 persen orang menderita obesitas dan sekitar 40 persennya lagi diabetes.

4. Tuvalu

Tuvalu

Tuvalu merupakan negara kecil di Oceania yang terdiri dari sembilan pulau. Enam di antaranya mempunyai laguna yang terbuka ke lautan, sementara dua pulau lagi mempunyai wilayah daratan non-pantai yang signifikan dan satu pulau lagi tidak memiliki laguna.

Tak satu pun dari pulau Tuvalu yang mempuyai sungai kecil ataupun besar dan karena pulau-pulau ini merupakan atol karang, tidak ada air tanah yang bisa diminum. Karenanya, semua air yang digunakan penduduk Tuvalu dikumpulkan melalui sistem tangkapan dan disimpan di fasilitas penyimpanan.

Tuvalu memiliki luas 26 km2 dengan populasi sekitar 11.342, dan 96% di antaranya merupakan orang Polinesia. Ibukota negara kecil ini adalah Funafuti, yang adalah kota terbesar Tuvalu. Bahasa resmi negara ini adalah Bahasa Tuvalu dan Bahasa Inggris.

5. Republik San Marino

Republik San Marino

Republik San Marino berada di dekat Italia tepatnya di Eropa Selatan. Negara ini mempunyai populasi 33.562 jiwa dan Italia merupakan bahasa yang dominan serta Kota San Marino adalah ibu kotanya. San Marino berada di sisi timur laut Pegunungan Apennine dan berada di pantai dekat Rimini.

Nama republik yang luasnya 61 km2 ini diambil dari nama seorang tukang batu yang dipercaya telah memainkan peran besar dalam pembangunan kembali tembok kota Rimini sesudah tembok dihancurkan oleh bajak laut dari Liburnia, yaitu Saint Marinus.

Menurut legenda, Marinus juga merupakan pendiri komunitas monastik di Monte Titano pada 301. AD San ​​Marino percaya bahwa negaranya adalah republik konstitusional tertua serta negara berdaulat tertua yang pernah ada.

6. Liechtenstein

Liechtenstein

Negara ini merupakan sebuah negara yang berbahasa Jerman. Liechtenstein merupakan satu-satunya negara di dunia yang sepenuhnya berada di Pegunungan Alpen. Terletak di antara Swiss dan Austria, Liechtenstein merupakan negara terkaya di dunia berdasarkan PDB per kapita dan luasnya 160 km2.

Tingkat pengangguran di negara ini yang terendah, yaitu 1,5%. Untuk masuk ke negara ini sedikit rumit, dikarenakan negara ini tidak memiliki bandara di dalam perbatasannya. Pengunjung harus melalui Bandara Zurich Swiss agar bisa sampai ke negara Alpen yang masih diperintah oleh seorang pangeran.

7. Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall

Secara resmi disebut Republik Kepulauan MarshalI. Negara terkecil ini adalah negara pulau yang dapat ditemukan di Samudra Pasifik, sekitar setengah jalan antara Negara Bagian Hawaii di AS dan benua Australia. Negara ini dianggap sebagai bagian dari Mikronesia.

Pulau-pulau ini dikelilingi oleh daerah yang memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa dan meliputi lebih dari 800 spesies ikan juga 160 karang. Daerah di sekitar Kepulauan Marshall juga menjadi rumah bagi beberapa kapal karam. Kepualauan Marshall memiliki luas 181 km2.

Kepulauan Marshall juga dekat dengan garis khatulistiwa dan Garis Tanggal Internasional. Negara kecil ini memiliki populasi 77.917 jiwa dan memperoleh kemerdekaan pada tahun 1986; sebelumnya negara ini bagian dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik, yang dikelola oleh Amerika Serikat.

8. Saint Kitts dan Nevis

Saint Kitts dan Nevis

Dua pulau yang berada di Karibia ini merupakan beberapa pulau pertama yang ditempati oleh orang Eropa. Kedua pulau ini memiliki luas dengan total 261 km2, yang menjadikan Saint Kitts dan Nevis negara terkecil di dunia. Ekonominya bergantung pada pariwisata, industri manufaktur kecil, dan pertanian.

Pulau-pulau ini juga memiliki spot menyelam yang fantastis karena kehidupan laut yang melimpah. Negara ini merupakan eksportir gula utama selama berabad-abad. Perkebunan besar ini sekarang berubah jadi estate indah yang telah dikonversi menjadi hotel dan resor.

Dengan luas 104 mil persegi, sedikit lebih kecil daripada kota Fresno, California, Saint Kitts dan Nevis merupakan negara kepulauan Karibia dengan jumlah penduduk 53.821 jiwa dan pada tahun 1983 memperoleh kemerdekaan dari Inggris.

9. Maladewa

Maladewa

Maladewa merupakan tujuan wisata populer di Samudera Hindia. Negara ini merupakan negara terkecil di Asia dalam hal luas dan populasi. Di sini terdapat lebih dari 1.192 pulau karang, yang tersebar di 90.000 km2. Hal ini membuat Maladewa sebagai salah satu negara yang paling tersebar di dunia.

Negara ini pernah menjadi koloni banyak kerajaan, di antaranya Belanda, Portugis, dan Inggris, tapi akhirnya pada tahun 1965 menjadi negara merdeka. Hari ini, Maladewa merupakan negara terkecil di dunia dengan total luas daratannya mencapai 298 km persegi.

10. Malta

Malta

Masih dari Italia, negara terkecil lainnya yaitu, Malta atau Republik Malta. Negara ini sebenarnya secara teknis merupakan negara pulau. Kalau kamu lihat, Malta terdiri dari tiga pulau besar yang secara kumulatif disebut sebagai Malta.

Tiga pulau, tanpa urutan tertentu tersebut, yaitu Malta, Comino, dan Gozo. Meskipun mungkin membingungkan bagi salah satu pulau untuk memiliki nama yang sama dengan negara kolektif, kedua pulau tak menggabungkan diri dengan Pulau Malta.

Sebagai negara terkecil di dunia, Malta luasnya hanya 316 km2 yang merupakan hasil dari penggabungan ketiga pulau. Pulau-pulau itu merupakan tempat yang indah untuk dikunjungi dan menghabiskan liburan atau backpacking.

11. Palau

Palau

Pada tahun 2018, jumlah penduduk Palau, diperkirakan 21.097 jiwa. Palau adalah negara kelompok pulau lainnya yang berada di Samudra Pasifik. Negara ini terletak di sudut barat daya Mikronesia dan terdiri dari sekitar 340 pulau karang dan gunung berapi yang bertengger di Kyushu-Palau Ridge.

Negara ini berbatasan dengan Filipina di 550 mil ke barat dan Guam di 830 mil ke timur laut serta Papua Nugini di 400 mil ke selatan. Negara ini sebagian besar dikelilingi oleh sistem terumbu karang penghalang besar. Koror, Babelthuap, Arakabesan, Malakal, dan Peleliu merupakan pulau utama Palau.

Jika kamu penggemar scuba-diving maka Palau adalah salah satu tempat scuba-diving terbaik di dunia. Dunia bawah lautnya menampilkan beragam flora terestrial. Menurut ahli biologi Palau mempunyai lebih banyak spesies kehidupan laut dibandingkan wilayah lain dengan ukuran yang sama di dunia.

Itulah beberapa dari negara-negara yang diklaim sebagai negara terkecil di dunia. Sejumlah negara tersebut ada yang berupa negara kepulauan seperti Indonesia. Menjadi negara terkecil tak menjamin pasti miskin karena beberapa terbukti merupakan negara kaya meski luas wilayahnya kecil. Apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke salah satu negara tersebut?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *