Bacaterus / Fakta Negara / Sudah Tahu Belum? Ini Loh 10 Negara Terkaya di Dunia

Sudah Tahu Belum? Ini Loh 10 Negara Terkaya di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dunia ini terdiri dari berbagai negara yang masing-masing mempunyai wilayah, rakyat dan pemerintahannya sendiri. Tentunya masing-masing negara juga mempunyai cara masing-masing dalam mengatur, mengelola dan mengembangkan negaranya. Bukan sesuatu yang mudah karena melibatkan banyak faktor mulai dari alam, sampai manusia.

Dari banyaknya negara, ada beberapa yang masuk dalam kategori negara terkaya. Beberapa indikatornya adalah bagaimana perekonomian suatu negara itu berkembang, pendapatan per kapita, jumlah kemiskinan serta kesejahteraan rakyatnya. Apa saja 10 negara terkaya di dunia? Mari kita bahas lebih lanjut.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat

* sumber: thenypost.files.wordpress.com

Nama Amerika Serikat sepertinya sudah diketahui oleh semua orang di dunia. Negara yang menyebut dirinya adidaya tersebut mempunyai pendapatan per kapita menyentuh angka 56.267 USD dan GDP sebesar 21.340 triliun USD. Walau jumlah penduduknya melebihi 330.000.000 orang, bukan hal mengherankan kalau negara adidaya ini menjadi yang terkaya.

Kemajuan ekonomi Amerika berasal dari banyak sektor. Industri otomotif, keuangan, kesehatan, bahan kimia, teknologi sampai hiburan menjadi penyumbang pendapatan mereka. Hal tersebut didukung oleh etos kerja keras rakyatnya. Walau begitu ada kesenjangan yang cukup tinggi di masyarakat yang membuat mereka mempunyai angka kriminal cukup tinggi.

2. Republik Rakyat Tiongkok

Republik Rakyat Tiongkok

* sumber: wallpaperaccess.com

Negara yang berada di peringkat dua sebagai negara terkaya di dunia adalah Republik Rakyat Tiongkok. Pertumbuhan ekonominya mengalami kemajuan yang cukup signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Saat ini mereka mempunyai GDP sebesar 14.140 triliun USD. Hal tersebut membuat mereka menjadi saingan terberat Negeri Paman Sam di bidang ekonomi.

Negara ini sudah menjadi negara pengekspor dan manufaktur terbesar di dunia, sampai-sampai mendapat julukan sebagai world’s factory. Walau begitu dalam beberapa tahun terakhir, industri manufaktur terhitung menurun dengan pendapatan yang lebih banyak didapat dari bidang jasa.

3. Jepang

Jepang

* sumber: miro.medium.com

Jepang merupakan raksasa ekonomi terbesar ketiga di dunia. Walau sempat mengalami krisis pada tahun 2008 yang lalu, mereka bisa bangkit dengan secara perlahan-lahan. Saat ini mereka mempunyai GDP sebesar 5.150 triliun USD. Dengan jumlah penduduk lebih dari 120.000.000 jiwa, pendapatan per kapitanya bisa mencapai 40.850 USD.

Sektor jasa menyumbang tiga perempat untuk ekonomi Jepang. Sektor jasa itu berupa bank, asuransi, telekomunikasi dan transportasi. Sementara itu dari sektor industri berupa otomotif, elektronik, semikonduktor, besi dan baja. Ada juga sektor lain yang sedang dalam pengembangan tapi cukup berpengaruh yaitu sektor pertanian yang didukung dengan teknologi mumpuni.

4. Jerman

Jerman

* sumber: www.citymetric.com

Jerman merupakan negara terkuat dan terbesar di bidang ekonomi di seluruh benua Eropa. GDP mereka berada di angka 3.860 triliun USD. Dengan jumlah penduduk lebih dari 80.000.000 jiwa, pendapatan per kapita Jerman berada di angka 46.560 USD. Sempat terkena dampak krisis ekonomi global di tahun 2008, namun mereka berhasil bangkit.

Dalam bidang ekonomi, sektor jasa berkontribusi paling besar bagi pendapatan Jerman bahkan mencapai angka 70%. Posisi kedua ditempati sektor industri dengan 29,1% dan disusul dengan sektor pertanian dengan 0,9%. Saat ini mereka baru saja merilis industri 4.0 dengan tujuan ingin menjadi yang terdepan dalam berbagai sektor.

5. India

India

* sumber: www.businessinsider.in

India merupakan salah satu negara yang tercepat dalam pertumbuhan ekonomi. Saat ini GDP mereka mencapai 2.940 triliun USD. Dengan penduduk berjumlah lebih dari 1,3 miliar jiwa, pendapatan per kapita mereka berada di angka 1.637 USD. Menurut IMF, perekonomian mereka diprediksi akan terus berkembang dalam beberapa tahun ke depan.

Setelah merdeka, India mengandalkan sektor agraria sebagai pendapatan terbesar di bidang ekonomi. Saat ini, sektor jasa menjadi penyumbang terbesar di bidang ekonomi dengan jumlah 60%. Selain itu, India juga menjadi negara dengan pertumbuhan sektor jasa tercepat di dunia. Didukung oleh pemerintahnya yang mendorong pertumbuhan sektor tersebut dengan slogan “Made in India”.

6. Britania Raya

Britania Raya

* sumber: evanevanstours.com

Britania Raya mempunyai GDP di angka 2.830 triliun USD saat ini. Dengan jumlah penduduk lebih dari 67 juta jiwa, pendapatan per kapita mereka berada di angka 39.000 USD. Setelah selalu tumbuh dengan baik, perekonomian mereka sempat jatuh pada tahun 2008 dan membutuhkan waktu selama lima tahun untuk bisa pulih.

Sektor jasa menjadi penyumbang terbesar dalam bidang ekonomi Britania Raya dengan andil mencapai 80%. Industri jasa keuangan merupakan salah satu yang terpenting sebagaimana London menjadi pusat keuangan terbesar di dunia. Industri manufaktur dan agrikultur berada di peringkat selanjutnya sebagai penyumbang terbesar dalam ekonomi Britania Raya.

7. Prancis

Prancis

* sumber: www.telegraph.co.uk

Prancis mempunyai GDP di angka 2.710 triliun USD. Dengan penduduk berjumlah lebih dari 65 juta jiwa, pendapatan per kapita mereka berada di angka 37.771 USD. Pertumbuhan ekonomi mereka sempat berubah menjadi lesu dari tahun 2014 sampai 2016 yang sempat membuat angka pengangguran sampai berjumlah 10%, tapi perlahan-lahan angka itu menurun.

Banyaknya objek wisata yang menarik ikut membantu perekonomian Prancis. Walau begitu, mereka menjadi negara produsen agrikultur terbesar di Eropa dan peringkat ke-6 di seluruh dunia. Sementara di sektor manufaktur, mereka banyak bergerak di industri kimia, otomotif dan persenjataan.

8. Italia

Italia

* sumber: www.aeroflot.ru

Italia memiliki GDP sebesar 1.990 triliun USD. Dengan penduduk berjumlah lebih dari 60 juta jiwa, pendapatan per kapita mereka berada di angka 30.745 USD. IMF memprediksi dalam tiga tahun ke depan, GDP Italia akan terus meningkat. Sayangnya, hal tersebut mungkin terganggu dengan kondisi politik dan ekonomi yang membuat angka pengangguran di Italia tergolong cukup tinggi.

Di bidang ekonomi, Italia mengandalkan sektor jasa, industri dan pertanian. Sektor jasa memegang peranan paling penting dengan sumbangsih sebesar 73%, disusul industri sebesar 25% dan pertanian sebesar 2%. Industri paling terkenal penghasil barang berkualitas dari negeri Pizza itu adalah busana dan otomotif yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

9. Brasil

Brasil

* sumber: www.aboutbrasil.com

Brasil mempunyai GDP sebesar 1.850 triliun. Populasi yang lebih dari 210 juta jiwa menjadikan mereka sebagai negara paling padat di Amerika Latin. Pendapatan per kapita mereka berada di angka 8.449 USD. Sayangnya mereka terkendala masalah politik dan korupsi yang tinggi sehingga menghambat pertumbuhan ekonomi.

Sektor jasa menjadi penyumbang terbesar pada ekonomi Brasil dengan sumbangsih sebesar 67%. Sektor industri menyusul di peringkat kedua dengan 27% kemudian sektor agrikultur dengan 6%. Walau hanya berada di peringkat kedua tapi sektor industri Brasil berhasil duduk di peringkat ke-2 sektor industri terbesar di Amerika.

10. Kanada

Kanada

* sumber: www.tripsavvy.com

Kanada mempunyai GDP sebesar 1.730 triliun USD. Dengan penduduk berjumlah lebih dari 37 juta jiwa, pendapatan per kapitanya berada di angka 40.532 USD. Negara ke-10 terkaya di dunia sebelumnya adalah Rusia tapi sejak 2015, Kanada berhasil menyalip dan mempertahankannya. Walau begitu, mereka mempunyai angka pengangguran yang cukup tinggi.

Ketika merdeka, sektor pertanian menjadi andalan bagi Kanada yang mempunyai sumber daya alam melimpah. Kini, sektor manufaktur adalah sektor paling berpengaruh dalam perekonomian Kanada. Sektor tersebut menyumbang sampai di angka 68% dari GDP negara. Sektor jasa, industri dan pertanian berada di peringkat selanjutnya.

Itulah ulasan mengenai 10 negara terkaya di dunia. Ada yang pernah tinggal di sana? Atau mungkin bercita-cita untuk bekerja di sana? Bagikan ceritamu di kolom komentar, yuk! Ceritamu pasti akan menjadi informasi yang menarik untuk pembaca lainnya. Jangan sungkan untuk membagikan kebaikan, teman-teman! Kalau ingin tahu seputar negara terluas, simak artikel negara terluas di dunia ini, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *