Bacaterus / Belajar Yuk! / FYI / 10 Negara Teraman di Dunia, Apakah Indonesia Salah Satunya?

10 Negara Teraman di Dunia, Apakah Indonesia Salah Satunya?

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Apakah kamu berencana untuk berlibur ke luar negeri tahun ini? Ke manakah kamu akan pergi? Ada baiknya, sebelum pergi kamu cek dulu informasi keamanan negara yang akan dikunjungi. Jangan sampai liburan kamu berakhir tragis. Tentu kamu tak ingin mengalami kejadian yang mengerikan saat berlibur, seperti penculikan atau perampokan.

Safearound dan Global Peace Index sudah mendaftar negara-negara teraman di dunia. Di antara negara-negara yang dianggap aman untuk dikunjungi adalah negara tetangga kita, Singapura. Lalu, apakah negara kita termasuk dalam daftar negara teraman di dunia? Penasaran? Yuk, cek daftar di bawah ini.

10 Negara Teraman di Dunia

1. Islandia

* sumber: grapevine.is

Salah satu negara di Skandinavia yang memiliki jumlah peduduk sedikit dan luas wilayah yang kecil ini menduduki posisi pertama sebagai salah satu negara teraman di dunia. Posisi ini dikukuhkan oleh Global Peace Index dan situs Safearound. Islandia menjadi negara teraman di dunia karena tingkat kejahatannya yang sangat rendah. Bayangkan, kasus pembunuhan per tahun hanya 0-1,5 kasus.

Saking sedikitnya tingkat kejahatan di negara yang beribu kota Reykjavik ini, banyak penjara yang ditutup karena tidak memiliki tahanan. Sisa penjara di Islandia hanya tinggal lima saja. Jumlah narapidana di seluruh negeri hanya 150 orang. Kejahatan yang mereka lakukan pun bukan kejahatan yang mengerikan. Kebanyakan kejahatan itu berupa kelalaian dalam menjalankan kewajiban.

Yang lebih mencengangkan, polisi di Islandia tak dibekali dengan senapan atau pistol walaupun penduduknya memiliki senjata api. Negara ini pun tak memiliki pasukan keamanan semacam TNI di negara kita. Herannya, negara ini aman-aman saja. Bahkan, para ibu tak merasa takut meninggalkan anak-anak bayinya di luar kafe sementara ibunya berada di dalam.

2. Denmark

* sumber: www.visitdenmark.com

Denmark adalah negara Skandinavia lainnya yang dikukuhkan sebagai negara paling aman di dunia. Negara ini menduduki peringkat kedua versi Safearound and kelima versi Global Peace Index 2018. Seperti halnya Islandia, tingkat kejahatan di Denmark termasuk rendah. Walau masih ada kejahatan seperti pencopetan, penjambretan, atau penipuan kartu ATM, peristiwa seperti itu langka terjadi.

Menurut kepolisian Denmark yang dikutip dari Copenhagen Post, angka kejahatan yang layak menerima hukuman berada di posisi ketiga terbawah dalam kurun waktu 11 tahun. Oleh karena itu, Denmark dinyatakan sebagai negara yang aman untuk dikunjungi. Selain sebagai negara yang paling aman ke dua setelah Islandia, Denmark pun termasuk ke dalam negara terbahagia di dunia.

3. Austria

* sumber: www.banzaj.pl

Di posisi ketiga sebagai negara teraman di dunia masih diduduki oleh negara Eropa, yaitu Austria. Data ini berdasarkan daftar yang dikeluarkan oleh Global Peace Index dan Safearound. Austria yang terletak di Eropa tengah merupakan salah satu negara tujuan wisata. Negara ini memiliki kota-kota yang indah seperti Wina, Salzburg, atau Zell am See terkenal dengan ski-resort-nya.

Austria layak menjadi negara teraman di dunia karena tingkat kejahatan seriusnya rendah. Negara ini juga memiliki penjara yang mewah, namanya Justizzentrum Leoben, terletak di Leobon di Styria. Alih-alih tampak mengerikan, kompleks penjara terlihat nyaman dengan mengusung gaya arsitektur modern dan minimalis. Para tahanan yang berjumlah 205 bisa menikmati semua fasilitas yang disediakan.

4. Finlandia

Finlandia

* sumber: edition.cnn.com

Lagi-lagi negara Eropa masuk dalam jajaran negara teraman di dunia. Dilihat dari tiga kategori, yaitu risiko medis, keamanan, dan keselamatan jalan, Finlandia termasuk negara dengan resiko ancaman terendah menurut Travel Risk Map tahun 2018. Selain itu, tingkat kejahatan serius di Finlandia juga sangat rendah.

Finlandia selain menjadi negara teraman, juga masuk dalam jajaran negara terbahagia di dunia. Negara ini menduduki peringkat pertama menurut World Happiness Report 2018. Terdapat ribuan danau dan sungai serta satu yang paling menarik, yaitu fenomena alam Aurora Borealis yang menjadi daya tarik turis untuk bekunjung ke Finlandia.

5. Singapura

* sumber: www.ccn.com

Salah satu negara di Asia Tenggara yang masuk dalam daftar negara teraman di dunia adalah Singapura. Negara yang luas wilayahnya hanya 721,5 km2 ini tak memiliki kejahatan yang besar. Kejahatan yang sering terjadi hanya kejahatan kecil, seperti pencopetan. Kejahatan itu umumnya terjadi di area yang sering dikunjungi para pelancong dan transportasi umum.

Kejahatan serius yang sering terjadi umumnya pada pendatang baru adalah penipuan, terutama penipuan penyewaan properti. Selain dari kejahatan penipuan, tak ada lagi yang membuat Singapura tak aman untuk dikunjungi para wisatawan.

6. Selandia Baru

* sumber: www.newzealand.com

Negara yang termasuk dalam wilayah Oceania dengan ibu kota bernama Wellington adalah salah satu negara teraman di dunia. Selandia baru terkenal sebagai lokasi syuting film Lord of the Rings maka tak heran banyak turis asing yang berdatangan. Karena memiliki alam yang indah dan menjadi lokasi syuting beberapa film Hollywood, Selandia Baru menjadi destinasi wisata yang menarik.

Tingkat kejahatan di Selandia terus menurun di sepanjang abad 21. Selama 15 tahun terakhir, dikabarkan tingkat kejahatan di Selandia Baru berada pada level terendah. Tingkat pembunuhan di Selandia Baru pun terus menurun sekitar seperempatnya ditahun-tahun berikutnya. Oleh karena itu, Selandia Baru layak masuk dalam daftar negara teraman sedunia.

7. Swiss

* sumber: www.notabletravels.com

Ketika mendengar kata Swiss, orang akan teringat Swiss Army Knife yang sangat terkenal atau dengan Pegunungan Alpen yang indah. Banyak turis yang berdatangan untuk menikmati keindahan alam dan ski resort-nya. Tingkat kejahatan di Swiss termasuk yang paling rendah. Menurut Le News, tingkat kejahatan di Swiss menurun secara signifikan antara tahun 2009 dan 2017.

Kejahatan yang paling umum terjadi yaitu pencopetan atau pembobolan. Kemungkinan terjadinya pembobolan rumah sekitar 1.1% di tahun 2017. Kejahatan kekerasan di tahun 2017 menurun dibandingkan tahun 2009. Maka tak heran jika situs Safearound dan Global Peace Index memasukkan Swiss sebagai negara teraman di dunia.

8. Kanada

* sumber: www.readersdigest.ca

Kanada adalah negara dari benua Amerika yang masuk dalam jajaran negara teraman di dunia. Negara terbesar di Amerika Utara ini terkenal sebagai salah satu negara tujuan wisata. Menurut Statista secara umum kejahatan di Kanada menurun sejak tahun 2000. Jika dibandingkan dengan Amerika Serikat yang masih memiliki isu kejahatan dan kekerasan, Kanada jauh lebih aman.

Kejahatan seperti penjambretan masih ada di beberapa daerah walaupun termasuk kasus yang langka terjadi. Namun secara keseluruhan, Kanada masih menjadi negara aman bagi para turis.

9. Jepang

Jepang

* sumber: www.merdeka.com

Negara Asia Timur yang masuk dalam daftar negara teraman di dunia versi Globar Peace Index adalah Jepang. Negara yang terkenal akan Gunung Fuji dan anime-nya ini adalah salah satu negara destinasi wisata paling terkenal di Asia. Transportasi di Jepang yang nyaman dan cepat membuat para turis senang berwisata di negara matahari terbit ini.

Japan Times memberitakan bahwa kejahatan terus menurun pada tahun 2017 sejak terjadi peningkatan pada tahun 2002. Namun Safearound menyarankan untuk berhati-hati ketika mengunjugi beberapa daerah di Jepang, seperti Kamagasaki karena adanya grup kriminal lokal yang memiliki kantor di distrik tersebut atau Kabukicho yang terkenal sebagai red light district terbesar.

10. Republik Ceko

* sumber: www.planetware.com

Republik Ceko adalah negara di Eropa Timur yang terpilih sebagai negar teraman di dunia versi situs Safearound dan Global Peace Index. Radio Praha menyebutkan bahwa kejahatan di Republik Ceko menurun sekitar 7.3 persen di tahun 2017 jika dibandingkan tahun 2016. Penurunan ini sudah terjadi selama empat tahun berturut-turut.

Keamanan pastilah menjadi faktor terpenting bagi wisatawan ketika hendak mengunjungi sebuah negara. Walaupun negaranya indah dan memiliki destinasi wisata yang menarik, jika banyak kejahatan terjadi di negara tersebut tentu mereka pun akan berpikir ulang untuk berkunjung. Jika kamu berniat untuk melancong, kira-kira negara teraman mana yang ingin kamu kunjungi?

Oh iya, jika kamu punya rencana bepergian ke negara Eropa, baca juga artikel 10 Tips Backpacker Ke Eropa yang Mengasyikan ini agar persiapan kamu lebih matang.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Sansan adalah panggilan yang tersemat pada sesosok perempuan pecinta traveling. Saat gejolak jiwa traveling mereda, dia senang mengabadikan buah pikirannya ke dalam tulisan. Selain traveling, dia juga senang sekali memotret walaupun bukan tukan potret profesional. Foto-foto hasil jepretannya banyak dipampang di instagram. Jika galau melanda, makan dan nonton “drakor” adalah pilihan favoritnya.

Leave A Comment