Bacaterus / Fakta Negara / 7 Negara Paling Bahagia di Dunia, di mana Posisi Indonesia?

7 Negara Paling Bahagia di Dunia, di mana Posisi Indonesia?

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setiap negara dan rakyatnya memiliki timbal balik dalam hak dan kewajiban masing-masing. Kesejahteraan suatu negara belum tentu menjamin kebahagiaan rakyatnya, namun rakyat yang bahagia adalah bukti kesejahteraan negaranya. Lalu, bagaimana caranya mengetahui negara yang lebih bahagia dari yang lainnya.

Kamu pernah dengar World Happiness Report? Mereka melaporkan peringkat negara paling bahagia di dunia. Seperti di tahun 2020, United Nation atau PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) kembali merilisnya bertepatan dengan perayaan International Day of Happiness pada tanggal 20 Maret.

Laporan ini memiliki delapan faktor utama yang dijadikan sebagai tolak ukur atau standar penilaian. Faktornya dimulai dari kesehatan masyarakat, pendapatan perkapita, kebebasan memilih, dukungan sosial, tingkat kepercayaan, indeks persepsi korupsi, kedermawanan, dan pengaruh negatif.

Tujuannya antara lain untuk mengeksplorasi faktor sosial yang berpengaruh pada tingkat kebahagiaan individu. PBB menyusun 156 negara yang disurvei dalam program ini. Penasaran negara mana saja yang ada di peringkat teratas? Berikut adalah daftar 7 negara paling bahagia di dunia.

1. Finlandia

Finlandia

* sumber: www.azamara.co.uk

Siapa yang tak kenal Finlandia? Negara ini masih bertahan di peringkat pertama sebagai negara paling bahagia di dunia untuk tiga tahun berturut-turut. Seakan belum cukup dengan title negara paling bahagia, Helsinki, ibu kotanya pun turut didapuk sebagai kota paling bahagia di dunia. Kira-kira apa rahasianya ya?

Saling percaya antar pemerintah dan rakyat termasuk salah satu rahasianya. Sehingga mereka tangguh menghadapi masalah seperti adanya wabah penyakit, tingkat kriminalitas, diskriminasi, penghasilan rendah, dan pengangguran. Kualitas hidup yang baik turut didukung tingkat ketidaksetaraan dan kemiskinan yang rendah.

Lingkungan sosial yang bahagia dengan keamanan dan fasilitas publik yang tinggi membuat timbulnya kepuasan, kepercayaan diri, dan rasa memiliki di tiap individu, sehingga mereka saling percaya dan lebih menikmati hidup. Dari hal itulah Finlandia memberikan kenyamanan untuk penduduknya.

2. Denmark

Denmark

* sumber: www.popsugar.com

Denmark menempati posisi kedua dari survei World Happiness Report tahun 2020. Penduduk Denmark mempunyai sikap yang santai dalam menjalani hidup, terlebih lagi sistem hukum yang diterapkan negara ini tidak memandang status penduduk. Karena itulah, penduduk merasa aman dan senang oleh perlindungan negaranya.

Denmark juga punya poin kuat lainnya lho, yakni masuk sebagai salah satu negara yang paling rendah soal korupsi. Pemerintahan yang stabil memberikan akses yang baik terhadap pendidikan dan kesehatan yang berkualitas.

Di Denmark ada konstruksi budaya yang disebut hygge. Hygge sendiri didefinisikan sebagai kualitas kesenangan dan kenyamanan yang membuat perasaan puas atau sejahtera, seperti menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan teman.

Satu hal lagi yang harus kamu tahu. Pajak di negara ini tergolong tinggi di dunia, namun mayoritas warganya tidak keberatan membayar dan yakin jika pajak akan menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik.

3. Swiss

Swiss

* sumber: www.peregrineadventures.com

Negara yang banyak diidamkan sebagai tempat tinggal atau hanya sekedar liburan, Swiss harus puas berada di peringkat tiga. Swiss pernah mencicipi posisi pertama sebagai negara paling bahagia menurut World Happiness Report, yakni di tahun 2015.

Penduduk Swiss sangat konsisten dalam urusan ketepatan waktu. Pemerintahan yang stabil dengan kebijakan dan fasilitas publik yang mendukung pergerakan warganya membuat mereka hidup bahagia dan sejahtera.

Apa kamu termasuk orang yang memasukkan Swiss dalam daftar negara yang ingin kamu kunjungi? Pasalnya Swiss memiliki destinasi wisata yang akan membuatmu takjub dengan pegunungan yang begitu menawan. Dijamin kamu bakal betah berlama-lama, apalagi ditemani segelas coklat hangat dalam genggaman.

4. Islandia

Islandia

* sumber: www.britannica.com

Posisi empat didapatkan oleh negara Skandinavia lainnya, yaitu Islandia. Negara ini terletak di sebelah barat laut Eropa dan utara Samudra Atlantik, menjadikannya salah satu negara dengan musim dingin terpanjang di dunia. Memiliki harapan hidup pria dan wanita tertinggi, Islandia termasuk dalam 6 negara dengan pendapatan tertinggi.

Pendidikan yang berkualitas serta pajak yang rendah turut andil dalam memberikan efek peringkat pada daftar World Happiness Report yang PBB rilis. Selain itu, tingkat korupsi di negara ini juga tercatat paling rendah.

Islandia mencoba mensejahterakan warganya dari hal mendasar. Mulai dari sumber alamnya yang terawat dengan baik juga sumber daya manusia yang diperhatikan. Bersantai dan berendam di kolam air hangat terbuka yang tersebar di berbagai titik di negaranya menjadi salah satu cara warganya menikmati hidup.

5. Norwegia

Norwegia

* sumber: www.cruise.co.uk

Peringkat lima ditempati Norwegia, yang harus rela menyerahkan trofi sebagai negara paling bahagia di dunia yang mereka dapat. Sempat mendapat predikat tersebut di tahun 2017, rupanya Norwegia harus puas dengan peringkat kelima di tahun ini. Negara Skandinavia memang banyak menduduki peringkat teratas.

Dukungan sosial di negara-negara Skandinavia memang besar, di mana warganya saling membantu dan bergantung satu sama lain. Tahukah kamu jika layanan kesehatan di Norwegia adalah salah satu fasilitas terbaik di kelasnya? Keamanan dan kenyamanan pekerjaan juga kondisi tempat kerja memberi ruang mereka untuk berinteraksi.

6. Belanda

Belanda

* sumber: www.iamexpat.nl

Menempati posisi keenam, negara kincir angin Belanda memperoleh poin cukup besar. Warga Belanda dikenal akan keramahannya kepada warga lain juga para wisatawan yang datang dari berbagai negara. Namun tahukah kamu hal yang menyenangkan dari negara ini?

Adalah prinsip laissez-faire yang berarti membiarkan hidup berjalan apa adanya. Menawarkan cantiknya panorama kota, hamparan taman bunga dengan latar kincir angin, fasilitas publik terbilang lengkap di Belanda, membuat orang-orang menggunakan fasilitas publik dengan baik untuk keseharian mereka.

7. Swedia

Swedia

* sumber: holeinthedonut.com

Peringkat ketujuh dihuni oleh negara yang berada di antara Finlandia dan Norwegia, adalah Swedia dengan Stockholm sebagai ibu kotanya. Stockholm termasuk kota metropolitan yang akan memberimu pengalaman hidup yang menyenangkan.

Suatu kesenangan disebut mys yang memiliki arti sama dengan hygge juga diterapkan di negara ini. Harapan hidup di negara ini sangat tinggi dengan negara yang menangani semua kebutuhan hidup warganya sejak lahir hingga meninggal.

Memiliki sistem kesejahteraan yang baik, warga negara ini mendapatkan tunjangan yang beragam. Sistem pendidikan dan kesehatan negaranya yang cukup bergengsi, di mana biaya sekolahnya yang gratis serta biaya berobat yang dibantu oleh pemerintah.

Profesor Universitas Colombia sekaligus co-creator World Happiness Report, Jeff Sachs, mengatakan bahwa kebebasan adalah nilai lain yang penting dalam masyarakat dan menentukan kesejahteraan seseorang. Ketika peneliti berbicara tentang kebahagiaan, maka hal itu merujuk pada kepuasan dengan cara hidup seseorang.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Menurut World Happiness Report tahun 2020, Indonesia berada di peringkat ke-92 dari 159 negara yang disurvei. Peringkat ini naik 4 poin dari tahun sebelumnya. Kebahagiaan bukan diukur dari apakah seseorang tersenyum atau tertawa saja, namun adalah bagaimana perasaan tentang jalannya kehidupan yang dia nikmati.

Dari ketujuh negara paling bahagia di dunia yang Bacaterus rangkumkan untuk kamu, negara mana yang paling menarik perhatian untuk kamu kunjungi? Mana pun itu, pastikan menikmati perjalanan dan waktu yang kamu miliki sebaik mungkin.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *