bacaterus web banner retina

10 Negara dengan Waktu Berpuasa Tersingkat di Dunia

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 27 Maret 2021

Menjalani puasa di Indonesia dilakukan setidaknya dalam waktu 13 jam. Selama itu kita harus bisa menahan haus, lapar dan hawa napsu yang bisa mengurangi pahala dan keberkahan berpuasa. Lalu, bagaimana rasanya jika durasi berpuasa kurang dari itu?

Pertanyaan semacam itu lebih pas ditujukan pada pemeluk muslim yang tinggal di negara dengan waktu berpuasa tersingkat di dunia, yaitu Selandia Baru. Mereka melaksanakan sahur lebih lambat dan berbuka lebih cepat setidaknya satu hingga dua jam dibandingkan Indonesia. Ingin tahu negara mana saja yang memiliki durasi puasa terpendek? Berikut ulasannya!

1. Selandia Baru

Selandia BaruSumber: nbcnews.com

Jika ingin puasa dengan durasi tercepat di dunia, Anda bisa pergi ke Selandia Baru. Di sana puasa hanya berjalan sekitar 12 jam bahkan di hari terakhir puasa, durasinya sekitar 11 jam saja. Salah satu kota yang menjadi rumah untuk para muslim Islandia adalah Auckland. Angka populasi muslim di sana cukup tinggi yaitu 63%.

Sebuah komunitas bernama New Zealand Muslim Association bersama umat muslim lain di negara tersebut, biasa melakukan banyak hal bersama-sama selama puasa, salah satunya adalah bazar. Saat bazar digelar, Anda bisa mendapatkan berbagai kebutuhan untuk beribadah, seperti sajadah. Di sana juga terdapat makanan halal untuk berbuka. Selain sebagai ajang transaksi jual beli, masyarakat muslim Selandia Baru sengaja datang ke sana untuk bersilaturahmi.

2. Chili

Chili

Negara dengan waktu berpuasa tersingkat di dunia yang satu ini berada di Amerika Serikat. Tidak kalah singkat dengan Selandia Baru, puasa di sini hanya berjalan selama 9 – 11 jam. Masyarakat muslim di Chili, khususnya di wilayah Santiago akan mulai berpuasa pada pukul 05.31 waktu setempat dan sudah boleh berbuka pada pukul 15.00. Bukan hanya di wilayah Santiago, masyarakat di Kota Punta Arenas juga berpuasa dengan durasi yang cukup singkat.

Mereka akan mulai menjalankan puasa pada pukul 06.42 pagi dan berbuka di pukul 16.34 waktu setempat. Pendeknya waktu berpuasa di Punta Arenas disebabkan karena secara geografis ia berada di ujung bagian selatan Benua Amerika yang masuk dalam Regional Chile Antartika, sehingga sore di sana datang lebih cepat.

3. Argentina

 Argentina

Berpuasa di Argentina tidak kalah sebentar. Pada hari pertama Ramadhan, umat muslim di negara tersebut hanya perlu berpuasa selama 12 jam 20 menit, sementara pada hari terakhir durasinya menjadi lebih pendek lagi, yaitu sekitar 11 jam. Bila pergerakan matahari berubah, durasi berpuasa di sini bahkan bisa hanya 9 jam. Berminat berpuasa di Buenos Aires?

 Umat muslim di Argentina terhitung sebagai kelompok minoritas. Meski begitu, mereka punya masjid yang disebut sebagai terbesar di Amerika Latin, yaitu Masjid King Fahd yang letaknya di Bullrich Ave 55, Ciudad Autonoma, de Buenos Aires. Masjid yang diprakarsai oleh Raja Fahd bin Abdul Aziz Al-Saud ini bisa menampung 400 jamaah wanita dan 1200 jamaah pria. Bisa bayangkan betapa ramainya suasana Ramadhan di masjid ini?

4. Australia

AustraliaSumber: yourlocalexaminer.com.au

Negara dengan waktu berpuasa tersingkat di dunia selanjutnya adalah Australia, tepatnya Australia Barat. Salah satu wilayah dengan durasi puasa tercepat di sini adalah Perth. Umat muslim di Perth akan mulai berpuasa sekitar pukul 05.42 dan bisa berbuka saat jam menunjukkan pukul 17.41 waktu setempat. Waktu berbukanya hampir mirip dengan Indonesia ya, hanya waktu imsak mereka lebih lama.

Perth sendiri sudah cukup terkenal sebagai wilayah di Australia yang ramah muslim. Banyak fasilitas umum yang memudahkan umat muslim untuk beribadah. Pada saat berbuka pun Anda tidak perlu khawatir karena di sini sangat mudah menemukan resto-resto yang menjual makanan halal. 

5. Lesotho

LesothoSumber: edition.cnn.com

Tak kalah singkat dengan Perth di Australia, Lesotho juga punya durasi puasa tersingkat di dunia. Saat awal Ramadhan, puasa di sini hanya berjalan sekitar 12 jam 34 menit, sementara di hari terakhir durasinya 12 jam saja. Masyarakat muslim di sana tergabung dalam sebuah komunitas. Di Maseru misalnya, ada Maseru Islamic Institute dan Moosa Group of Companies.

Pusat kegiatan umat Islam lainnya di Lesotho bisa Anda temukan di Leribe, yaitu di Lesotho Islamic Center, Madina Masjid serta Maputsoe Anwary Junior School. Tidak kalah khidmat dengan pelaksanaan puasa di negara lain, Ramadhan di Lesotho juga berlangsung penuh makna.

6. Mozambik

Mozambik

Selanjutnya, negara dengan waktu berpuasa tersingkat di dunia jatuh kepada Mozambik. Menurut survey yang dilakukan CupoNation tahun 2020, puasa di negara ini berlangsung sekitar 12 jam 34 menit untuk hari pertama dan 12 jam 5 menit untuk hari terakhir Ramadhan. 

Umat muslim yang bermukim di Mozambik sebagian besar merupakan warga keturunan India dan Pakistan. Sebagian kecilnya lagi adalah para imigran dari Afrika Utara serta Timur Tengah. Menurut sejarah yang terangkum dalam Islam in Mozambique, masuknya Islam ke negara ini dibagi menjadi tiga periode. Periode pertama pada abad ke 7 – 15 M, kedua pada abad ke 16 M dan ketiga setelah kemerdekaan.

7. Paraguay

ParaguaySumber: youtube.com

Paraguay menjadi negara dengan waktu berpuasa tersingkat di dunia selanjutnya karena durasi berpuasa di sana hanya sekitar 12 jam 35 menit. Sementara itu di hari terakhir, umat muslim di Paraguay hanya perlu berpuasa sekitar 12 jam. Penduduk muslim di wilayah Ciudad Del Este misalnya, mereka akan mulai berpuasa pada pukul 05.22 dan berbuka pukul 19.00. 

Islam di Negara Paraguay tergolong sebagai agama minoritas. Jumlah pemeluknya hanya sekitar 0.02% dari keseluruhan penduduk. Masyarakat muslim Paraguay sebagian besar merupakan warga imigran dari Lebanon, Suriah  dan negara Timur Tengah lainnya.

Di sini setidaknya ada dua buah masjid yang siap memeriahkan suasana Ramadhan. Masjid tersebut persisnya terletak di Asuncion; ibukota sekaligus kota terbesar di Paraguay.  Selain terdapat dua masjid, Anda akan menemukan komunitas muslim di sana, yaitu Centro Benfico Cultural Islamico Asuncion

8. Afrika Selatan

Afrika SelatanSumber: edition.cnn.com

Bergeser ke Afrika Selatan, di sini durasi puasa juga tidak kalah singkat, yakni sekitar 12 jam 39 menit untuk hari pertama dan 12 jam 11 menit di hari terakhir. Walau selisihnya tidak terlalu berbeda jauh dengan waktu puasa di Indonesia, umat muslim di Afrika Selatan mendapatkan waktu berpuasa lebih pendek.

Menariknya untuk menentukan hari pertama puasa, umat muslim di Afrika Selatan juga punya tradisi mencari hilal, lho. Dipimpin para ketua komunitas musim di sana, proses penentuan hari Ramadhan pertama pun dilakukan secara seksama. 

9. Fiji

FijiSumber: fijitimes.com

Negara dengan waktu berpuasa tersingkat di dunia selanjutnya adalah Fiji. Di hari pertama, durasi puasa bisa mencapai sekitar 12 jam 46 menit, sementara di hari terakhir hanya 12 jam 28 menit. Saat Ramadhan tiba, umat muslim di Fiji akan sangat bersemangat menunaikan shalat lima waktu di masjid-masjid di sana, salah satunya Masjid Samabula. 

Pemeluk Islam di Negara Fiji tergolong sedikit. Jumlahnya hanya sekitar 6% dari total keseluruhan masyarakat Fiji. Namun, masyarakat Fiji tidak khawatir karena di sana ada komunitas muslim yang cukup solid bernama Fiji Muslim League. Mereka bahkan menyediakan tenaga pendidik untuk mengajarkan agama pada anak-anak muslim di Fiji. 

Saat punya kesempatan untuk berpuasa di sini, jangan lewatkan menu berbuka yang sangat khas, yaitu Palau. Ia adalah sejenis nasi kebuli yang sangat kaya rempah. Muslim Fiji dapat hidup berdampingan dengan pemeluk agama lain secara damai. Perlakuan pemerintah setempat kepada umat muslim di Fiji pun sangat baik dan mereka sangat menghargai.

10. Madagaskar

MadagaskarSumber: en.shafaqna.com

Selama berabad-abad, Islam sudah masuk ke kawasan Madagaskar. Berdasarkan sejarah, keberadaan Islam dibawa oleh para pedagang Arab, Zanzibari dan Somalia. Mereka pertama kali masuk melalui Pantai Timur Afrika dan kemudian mendirikan pemukiman di Pantai Barat Madagaskar. Ramadhan di Madagaskar dilalui dengan hikmah oleh setidaknya 7% dari jumlah total populasi penduduk negara tersebut.

Demikian adalah beberapa negara dengan waktu berpuasa tersingkat di dunia. Selain sepuluh negara tersebut masih ada negara-negara lain yang punya waktu puasa tercepat, termasuk Indonesia. Durasi berpuasa yang dimiliki masing-masing negara bisa berubah sewaktu-waktu setiap tahunnya, mengingat musim dan pergerakan matahari di negara bersangkutan yang juga berubah. 

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram