bacaterus web banner retina

Inilah Negara dengan Waktu Berpuasa Terlama di Dunia

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 27 Maret 2021

Bulan Ramadhan menjadi sesuatu yang disambut suka cita oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia. Selama satu harian kita diminta menahan segala macam nafsu hingga waktu berbuka tiba. Di Indonesia, puasa rata-rata berjalan sekitar 13 jam setiap harinya. Lalu, bagaimana dengan durasi berpuasa di negara lain?

Kenyataan bahwa umat muslim tidak hanya ada di Indonesia, menarik kita untuk mengetahui keunikan apa saja yang terjadi di berbagai negara di dunia saat Ramadhan tiba. Termasuk durasi dalam berpuasa yang pasti berbeda-beda di setiap negara; ada yang pendek dan ada yang panjang. Anda pasti membayangkan beratnya berpuasa jika durasinya lebih lama dari 13 jam.

Nah, berikut ini adalah informasi mengenai mana saja negara dengan waktu berpuasa terlama di dunia. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Finlandia 

FinlandiaSumber: gomuslim.co.id

Negara dengan waktu berpuasa terlama di dunia yang pertama adalah Finlandia. Umat muslim di sini harus berpuasa setidaknya 20 – 23 jam. Puasa di Finlandia, terutama di Helsinki bisa dimulai pada pukul 01.00 dini hari dan baru berbuka saat hampir tengah malam. Lamanya waktu berpuasa di negara ini disebabkan karena secara geografis ia berada di lintang utara sehingga waktu terbit dan terbenam matahari pun durasinya tidak sama.

Umat muslim di Finlandia terhitung sebagai kelompok minoritas. Dari jumlah populasi sebanyak 5.518.000 penduduk, hanya 136.000 yang menganut Islam. Data ini berdasarkan sensus yang dilakukan pada 2018 lalu. Selain Finlandia, negara yang harus berpuasa hingga 20 – 23 jam antara lain Greenland, Norwegia dan Denmark. 

2. Islandia

Islandia

Umat muslim di Islandia mayoritas terdiri atas muslim Timur Tengah atau komunitas Indonesia yang tinggal di Islandia. Di negara ini setidaknya ada dua masjid yang bisa dipakai untuk beribadah, yaitu Masjid ICCI atau Islamic Cultural Center of Iceland dan Masjid Armuli atau Felag Muslim a Islandi. Menariknya dua masjid ini punya aturan dalam mengukur waktu puasa.

3. Swedia

Swedia

Swedia menjadi negara dengan waktu berpuasa terlama di dunia yang selanjutnya karena umat muslim di sana harus menjalankan puasa selama kurang lebih 19 – 20 jam. Di negara ini matahari terbit pukul 04.21, sementara imsaknya sendiri pukul 02.00 dan subuh 02.54. Lalu jam berapa mereka berbuka? Umat muslim di sini berbuka pada pukul 21.00 waktu setempat. 

Islam menjadi agama resmi kedua di Swedia setelah Kristen Ortodoks. Sebagian besar pemeluknya berasal dari kaum imigran dari berbagai negara, sebut saya Bosnia, Turki, Iran, Pakistan dan Arab Saudi. Setidaknya ada sekitar 800.000 muslim di Swedia atau tidak lebih dari 8% dari jumlah total masyarakatnya yang mencapai 10,23 juta jiwa. 

4. Rusia 

Rusia

Rusia merupakan negara dengan luas wilayah yang besar. Hal ini menyebabkan durasi berpuasa di Rusia menjadi bermacam-macam tergantung lokasinya. Sebagai contoh, di Kota Moskow Anda harus berpuasa sekitar 19 jam, sementara di Kota Murmansk waktu puasanya bisa mencapai 20 – 22 jam. 

Durasi berpuasa di dua wilayah tersebut tidak berbeda jauh dengan di Kota Kazan, salah satu kota di Rusia yang memiliki pemeluk Islam mayoritas. Lamanya waktu berpuasa di sana sekitar 17 – 19 jam. Mereka harus terbiasa berbuka pukul 20.00 dan Subuh pukul 02.00.

Berbeda dengan negara lain di Eropa, pemeluk agama Islam di Rusia didominasi oleh warga asli dari Rusia itu sendiri, bukan warga imigran. Pertumbuhan Islam di negara yang terkenal dengan komunismenya ini sangat pesat dalam 10 tahun terakhir terutama di Moskow atau di St. Petersburg. Kini, sebanyak 12 – 15% dari jumlah penduduk Rusia adalah muslim. Angka tersebut bisa saja bertambah dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan.

5. Alaska

Alaska

Negara dengan waktu berpuasa terlama di dunia selanjutnya ini cukup unik karena ia juga bisa masuk dalam kategori negara dengan durasi puasa tercepat. Ketika bulan Ramadhan jatuh di Alaska pada musim panas, Anda harus berpuasa setidaknya sekitar 20 jam. Namun, jika Ramadhan berlangsung pada musim dingin, waktu puasa hanya  berlangsung 5 jam. 

Saat musim panas, matahari bersinar lebih lama dari biasanya. Hasilnya umat muslim di Alaska harus sudah mulai berpuasa dari pukul 03.15 dan berbuka pukul 23.45. Akibat cuaca yang ekstrem dan berubah-ubah, Dewan Masjid Alaska memutuskan mengikuti fatwa Dar al-Ifta al Misriyyah atau lembaga hukum Islam yang berpusat di Kairo, sehingga umat muslim di Alaska boleh mengikuti jadwal puasa yang berlaku di Mekkah.

6. Jerman

Jerman

Muslim di Jerman harus berpuasa setidaknya 19 jam dalam sehari. Mereka shalat Subuh pada pukul 03.00, yang artinya sahur dilakukan sekitar pukul 02.00 – 02.30, sementara waktu berbuka datang pada pukul 22.00. Durasi yang super panjang tersebut semakin berat ketika cuaca di sana bisa mencapai 35 derajat celcius, terutama saat musim panas.

Pemeluk agama Islam di Jerman sebagian besar berasal dari Turki dan Kurdi. Kemudian ada juga muslim dari Pakistan, Bosnia, Afrika Utara, Iran, Afghanistan, Irak dan Albania. Sebagian umat muslim di Jerman tinggal di Berlin tapi ada lebih banyak lagi di daerah-daerah pedesaan seperti Hesse, Baden-Württemberg dan sebagian Bavaria.  

7. Inggris

InggrisSumber: christiantoday.com

Tidak berbeda jauh dengan Jerman, Inggris juga punya durasi berpuasa yang cukup panjang, yaitu sekitar 18 hingga 19 jam. Umat muslim di Negeri Ratu Elizabeth tersebut mulai berpuasa dari jam 02.30 dan berbuka pada jam 21.30. Setidaknya sebanyak 3 juta pemeluk Islam berpuasa di sana. Angka tersebut diambil berdasarkan data tahun 2019 lalu. 

Angka pemeluk agama Islam di Inggris menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Menurut ONS (Office for National Statistics, hampir setengah penduduk dari beberapa wilayah di London adalah muslim. Angkanya sendiri mencapai lebih dari 3 juta populasi. Jumlah tersebut belum termasuk muslim yang tinggal di Wales dan Skotlandia. 

8. Kazakhstan

Kazakhstan

Berpuasa di Kazakhstan Anda harus mampu menahan haus, lapar dan napsu terhadap apapun selama kurang lebih 18,5 jam. Umat muslim di sana harus sudah santap sahur setidaknya pukul 02.00 – 02.30. Setelah itu mereka harus menunaikan shalat Subuh sekitar pukul 02.52. Maghrib-nya sendiri baru datang sekitar pukul 20.57. 

Kazakhstan punya suhu rata-rata berada di angka 10 hingga 20 derajat celcius. Dengan suhu semacam itu, umat muslim di sini sedikit banyak terbantu karena udara tidak terlalu panas. Islam di Kazakhstan menjadi agama utama. Setidaknya sekitar 70% penduduk negara tersebut adalah muslim. 

9. Kanada

KanadaSumber: sojo.net

Negara dengan waktu berpuasa terlama di dunia yang selanjutnya adalah Kanada. Menariknya durasi puasa di sini berbeda-beda tergantung wilayah. Misalnya saja untuk masyarakat muslim di Toronto, mereka akan berpuasa selama 16 jam, sementara itu di Edmonton durasi puasa lebih panjang 3 jam menjadi 19 jam.

Walau menjadi agama minoritas, pertumbuhan Islam di negara ini cukup pesat. Ditilik dari sejarahnya, ajaran yang dibawa Nabi Muhammad Saw ini sudah masuk ke wilayah Kanada sejak 1851.  Saat Ramadhan tiba, umat muslim di Kanada benar-benar diuji kesabarannya. Setelah berpuasa cukup lama satu harian, shalat tarawih pun biasanya selesai pukul 23.00 waktu setempat.

10. China 

ChinaSumber: licas.news

Umat muslim di Negara China rupanya juga harus berjibaku dengan durasi puasa yang cukup lama setiap harinya, yakni sekitar 16,5 jam. Di Nanning misalnya, subuh di sana jatuh pada pukul 04.40, artinya sahur dilakukan pukul  03.30 – 04.00, sementara untuk berbuka harus menunggu pukul 19.25 bahkan lebih. 

Selain China, Amerika, Maroko, Jepang, Iran dan beberapa negara lainnya juga punya durasi berpuasa yang tidak berbeda jauh, yaitu 16 jam. Meski selisihnya tidak terlalu jauh dengan Indonesia, sekitar 3 jam saja, menjalankan puasa di negara-negara tersebut pasti membutuhkan kekuatan ekstra. 

Negara dengan waktu berpuasa terlama di dunia rata-rata datang dari daratan Eropa. Ini berkaitan dengan pergerakan matahari setiap harinya. Jika Anda merasa berpuasa di Indonesia sudah berat, bayangkan berpuasa di sana. Ingin mencobanya?  

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram