Bacaterus / Kucing / 10 Inspirasi Nama Kucing yang Bagus dan Menggemaskan

10 Inspirasi Nama Kucing yang Bagus dan Menggemaskan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kucing adalah hewan peliharaan favoritnya orang-orang Indonesia. Di media sosial, konten-konten yang menampilkan kucing selalu disukai banyak orang. Nggak jarang ada akun media sosial yang secara khusus mengunggah konten-konten kucing. Bahkan, ada juga kucing yang dibuatkan akun media sosial oleh pemiliknya.

Menariknya, ada beberapa kucing peliharaan public figure yang ikut terkenal. Contohnya, Morganisa, kucingnya Raditya Dika. Namanya memang cukup unik dan mudah diingat. Masalahnya, mencari nama yang cocok untuk kucing peliharaan itu nggak mudah. Kamu butuh inspirasi? Inilah 10 inspirasi nama kucing yang bagus dan menggemaskan!

1. Nama Tokoh Kartun

Nama Tokoh Kartun

Setiap orang pasti punya tokoh kartun yang disukai. Tokoh kartun favorit kamu apa? Coba diingat-ingat, waktu kecil kamu sukanya nonton apa? Cari nama tokoh kartun yang sekiranya mirip dengan kucing kamu. Contoh paling umum sih, kalau seandainya kucing kamu lumayan gemuk, kamu bisa menamai dia Emon yang diambil dari Doraemon.

Kamu juga mencari kemiripan kucing kamu dengan tokoh kartun dari karakternya. Misalkan, kucing kamu terbilang aktif dan agak usil, kamu bisa menamainya dengan nama Tom. Nama itu terinspirasi dari film kartun berjudul Tom and Jerry. Di film itu, Tom digambarkan sebagai kucing yang usil kepada Jerry si tikus.

2. Nama Khas Daerah

Nama Khas Daerah

Pemilihan nama kucing dengan nama khas daerah, selain terdengar unik, juga mencerminkan karakter kamu sebagai pemiliknya. Kamu mungkin sering mendengar cerita teman-teman kamu yang memelihara kucing menamai kucing mereka dengan nama khas daerah yang akrab di telinga.

Ada kucing yang diberi nama Asep, karena dia jantan dan pemiliknya orang Sunda. Ada kucing yang diberi Broto, karena dia jantan dan pemiliknya orang Jawa. Pemberian nama seperti ini, selain terdengar akrab juga mudah untuk diingat. Kamu bisa mengambil nama khas daerah tanah kelahiran kamu atau domisili tempat kamu tinggal sekarang.

3.  Nama yang Mirip Orang Terdekat

Nama yang Mirip Orang Terdekat

Hubungan antara kucing dan manusia bisa dikatakan cukup dalam. Kamu menyayangi dia seperti kamu menyayangi teman-teman atau keluarga kamu. Nggak jarang juga, hal ini memberi ide kepada pemilik kucing untuk menamai kucingnya dengan nama yang mirip orang terdekatnya.

Coba ingat-ingat seseorang yang berarti buat kamu, nama panggilan dia bisa diadaptasi jadi nama yang keren untuk kucing kesayangan kamu. Kalau nama panggilan orang itu Bobi, kamu bisa mengadaptasinya menjadi Bibo untuk kucing kamu. Tinggal dibalik atau diplesetkan supaya nggak sama persis tapi cukup mengingatkan.

4. Nama yang Kekinian

Nama yang Kekinian

Orang-orang yang memelihara kucing biasanya menganggap diri mereka orang tua dan si kucing adalah anaknya. Nggak jarang juga mereka menamai kucing mereka seperti menamai anak-anak mereka. Kamu pasti pernah mendengar kucing dengan nama-nama yang keren semacam Alex, Joni, atau yang agak indie seperti Langit, Awan, Senja.

Kemungkinan besar pemiliknya terinspirasi dari nama kekinian yang sering dipakai anak-anak masa kini. Namanya orang tua, pasti mau yang terbaik buat anak-anaknya. Kalau kamu ingin kucing kamu punya nama yang kekinian, coba cari inspirasi dari nama anak-anak yang tinggal di komplek kamu.

5. Nama Berdasarkan Warna atau Corak

Nama Berdasarkan Warna atau Corak

Pemilihan nama kucing berdasarkan warna atau corak cukup mudah dilakukan. Kamu tinggal memperhatikan kucingmu baik-baik, lalu cari apa yang paling menonjol atau bagian yang paling kamu sukai dari kucingmu itu. Misalnya kamu sangat menyukai kucingmu yang berwarna oranye, kenapa nggak itu saja yang menjadi namanya? Oren nama yang cukup menggemaskan.

Kalau kamu adalah tipikal orang yang agak nyeleneh dan punya kucing berwarna hitam, Iteung boleh jadi pilihan. Kucingmu punya corak yang lucu? Cari bisa cari nama dari situ. Misalnya, Dodot atau Bintik untuk kucing yang bercorak polkadot. Belang kalau kebetulan kucingmu memang punya corak belang.

6. Nama Berdasarkan Bentuk

Nama Berdasarkan Bentuk

Seperti manusia dan mahluk hidup lainnya, kucing juga punya bentuk yang sangat beragam. Ada yang berukuran besar dan gemuk, ada juga yang kecil imut-imut. Perbedaan bentuk ini juga menjadi salah satu hal utama yang membedakan antara kucing kamu dengan kucing lainnya. Nggak ada yang lebih bagus atau lebih jelek, hanya berbeda saja.

Kalau kebetulan kucingmu berukuran kecil, kamu bisa mencari nama yang mendeskripsikan itu. Misalnya, Mini, Junior, atau Ucil. Kalau kucingmu berukuran besar, cari nama yang sekiranya mendeskripsikan itu. Misalnya, Big, Bombom, dan masih banyak lagi nama-nama lucu lainnya.

7. Nama Khas Negara Lain

Nama Khas Negara Lain

Selain nama khas daerah, nama khas negara lain juga bisa jadi pilihan untuk menamai kucing kesayangan kamu. Kira-kira, negara mana yang menarik buat kamu? Jepang? Korea? atau negara-negara barat? Kamu pasti punya banyak referensi nama khas negara yang kamu sukai, silakan manfaatkan pengetahuanmu untuk menamai kucing kesayanganmu.

Kalau kamu suka nonton drama Korea, mungkin ada drama Korea yang karakter utamanya memelihara kucing? Kamu bisa mendapatkan inspirasi dari sana. Selain itu, kamu juga bisa mengadaptasi dari kucing peliharaan bintang Korea yang kamu sukai.

8. Nama Peran

Nama Peran

Ini bisa jadi pilihan kalau seandainya kamu terlalu bingung memberi nama. Kamu bisa menamai kucingmu dengan nama yang terinspirasi dari peran manusia di kehidupan sehari-hari. Cukup banyak yang memilih untuk menamai binatang peliharaan mereka dengan nama peran. Selain mudah diingat, nama peran juga akrab di lidah.

Mungkin kamu pernah mendegar temanmu menamai binatang peliharaannya Bos,  jadi kalau dipanggil atau diceritakan tinggal bilang ‘si Bos’. Ada banyak peran yang bisa kamu pilih. Bisa dari peran di lingkungan sosial seperti Bro, Sis, Beb. Bisa juga peran di lingkungan keluarga seperti Aa, Dede, atau Teteh.

9. Nama Berdasarkan Karakter

Nama Berdasarkan Karakter

Seperti manusia, kucing juga punya karakter yang tentu saja setiap kucing punya karakter yang berbeda-beda. Kalau kucing kamu sukanya rebahan, kamu bisa menamai dia dengan nama Babah. Kalau kucing kamu suka tidur, kamu bisa menamai dia dengan nama Pelor atau nama lain yang biasanya dikasih ke orang yang suka tidur.

Menamai kucing berdasarkan karakternya mungkin butuh waktu karena kamu perlu mengamatinya dulu. Nggak apa-apa, satu dua hari sepertinya akan cukup untuk kamu mengenali seperti apakah karakter kucing kesayanganmu itu.

10. Nama Panggilan yang Mudah Diingat

Nama Panggilan yang Mudah Diingat

Di pergaulan sehari-hari, kamu pasti sering menemukan orang yang punya nama panggilan. Bisa jadi mirip dengan nama aslinya, bisa jadi malah nggak ada mirip-miripnya sama nama aslinya. Biasanya nama panggilan lebih dikenal karena lebih mudah diingat. Makanya banyak orang lebih dikenal dengan nama panggilannya bukan nama aslinya.

Kalau kamu pelupa, cari saja nama panggilan yang mudah diingat untuk kucing kamu. Nama yang sekiranya akan melekat dan punya arti yang bagus. Contohnya, Budi kalau jantan, Intan kalau betina, dan nama-nama lain yang sebenarnya sederhana tapi bermakna. Nggak susah kan? Selamat mencoba, ya!

Itulah 10 inspirasi nama kucing yang bagus dan menggemaskan. Semoga bisa memudahkan kamu mencari nama buat kucing kesayangan kamu. Kalau kucing kamu sudah punya nama, ceritakan di kolom komentar yuk! Ceritakan juga apa alasan kamu memberinya nama itu. Pembaca lain pasti akan senang membaca ceritamu.

Nah, baca juga artikel cara merawat anak kucing supaya tumbuh sehat ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *