bacaterus web banner retina

10 Nama Fandom Grup KPOP yang Memiliki Arti Tersendiri

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 7 Januari 2021

Pengumuman nama fandom grup KPOP atau solois selalu menjadi acara yang menarik. Sering kali, penggemar akan mencoba menebak atau menyarankan nama fandom sebelum resmi dirilis, dan beberapa ide yang mereka hasilkan bisa jadi sangat menarik!

Hampir semua nama fandom mempunyai arti penting atau khusus bagi grup tersebut dan penggemarnya, meskipun terkadang itu bisa menjadi sedikit misteri kecuali jika diselidiki lebih dalam. Berikut adalah 10 nama fandom KPOP populer beserta artinya.

1. EXO - EXO-L

EXO - EXO-L

* sumber: www.wheninmanila.com

Siapa yang tidak tahu kenal EXO? Boyband asuhan SM Entertainment ini memiliki banyak penggemar dari seluruh dunia, baik laki-laki maupun perempuan. Grup yang terdiri dari Suho, Xiumin, Lay, Chen, Baekhyun, Chanyeol, Kai, D.O., and Sehun ini dibentuk tahun 2011 dan debut di tahun 2012.

Adapun fandom grup SM Entertainment ini diumumkan pada tahun 5 Agustus 2014. Nama fandom mereka adalah EXO-L. Tiap penggemar bisa mendaftar untuk menjadi EXO-L resmi. EXO-L merupakan singkatan dari EXO-LOVE “L”. Adalah Suho, leader EXO, yang membuat nama tersebut.

Mengapa L? Karena L berada di tengah alfabet posisinya, di antara K dan M, yang juga berarti EXO K + EXO L + EXO M: 1 cocok dengan slogan mereka "WE ARE ONE".

Itu berarti mereka (EXO-L) merupakan orang yang harus mereka tempatkan di tengah dan lindungi, ujar Baekhyun. Artinya, EXO-L diharapkan untuk selalu berada dalam perjalanan karir grup ini. Warna fandom-nya adalah Cosmic Latte.

2. BLACKPINK – BLINK

BLACKPINK – BLINK

* sumber: www.straitstimes.com

Grup asuhan YG Entertainment ini memulai debut mereka pada tahun 2016 dengan lagu mereka yang berjudul "Boombayah." Girlband BLACKPINK yang terdiri dari Jennie, Jisoo, Lisa dan Rose ini dengan cepat membuat nama mereka terkenal.

Adapun fandom untuk BLACKPINK adalah BLINK. Nama ini merupakan kombinasi dari kata hitam dan merah muda. Pada 16 Januari 2017, anggota BLACKPINK memberikan nama ini pada fandom mereka. BLACKPINK mengumumkan nama BLINK melalui Instagram.

Penggemar mereka sangat senang karena idola mereka merilis nama resmi fandom. BLACKPINK memiliki dua klub resmi, yaitu satu di Korea dan satu di Jepang. Warna fandom-nya adalah merah muda.

3. Super Junior – ELF

Super Junior – ELF

* sumber: www.koreaherald.com

Grup SM Entertainment yang sudah malang melintang di dunia KPOP cukup lama ini kini tersisa 9 anggota, yaitu Leeteuk, Heechul, Yesung, Shindong, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kyuhyun, dan Sungmin yang tidak aktif. Pada Januari 2020, grup ini mengeluarkan album repackage, Timeless.

Pada tanggal 2 Juli 2006, E.L.F. diumumkan sebagai nama klub penggemar Super Junior. Super Junior memutuskan nama ELF yang merupakan kepanjangan dari Everlasting Friends sebagai nama untuk grup penggemar di seluruh dunia. Nama ELF sendiri berasal dari leader Super Junior, Leeteuk.

Kata ELF memiliki arti yang berhubungan dengan peri. Karena itu, penggemar Super Junior memiliki julukan khusus peri. Di setiap konser Super Junior, tempat tersebut akan dipenuhi dengan peri biru yang membentuk samudra biru safir atau samudra biru.

4. TWICE – Once

TWICE – Once

TWICE yang terdiri dari Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu dikenal dengan lagu-lagu mereka yang menarik dan konsep imut. Girlband yang berada di bawah naungan JYP Entertainment ini debut pada tahun 2015.

Single mereka yang berjudul yang dirilis tahun 2015 berhasil jadi salah satu video yang paling banyak ditonton di Youtube. Video musik lagu tersebut mencapai 50 juta penayangan dalam 5 bulan sesudah debut mereka dan jadi video musik debut yang paling banyak dilihat untuk grup KPOP mana pun.

TWICE memiliki fandom yang bernama Once. Once, kemudian TWICE . Jadi jika fans mereka mencintai mereka hanya sekali tapi mereka akan membalasnya dua kali. Warna fandom-nya adalah Apricot & Neon Magenta.

5. BTS – ARMY

BTS – ARMY

* sumber: www.billboard.com

BTS terdiri dari tujuh anggota yaitu RM (Kim Namjoon), Suga (Min Yoongi), Jin (Kim Seokjin), Jimin (Park Jimin), J-hope (Jung Hoseok), Jungkook (Jeon Jungkook) dan V (Kim Taehyung). "BTS" merupakan singkatan dari "bangtan-sonyeondan".

J-hope menjelaskan bahwa grup ini bertujuan untuk menjadi perlawanan terhadap peluru prasangka yang menargetkan generasi mereka, berjuang keras untuk melindungi nilai-nilai yang mereka pegang dengan bangga.

Fandom untuk boyband yang sedang menikmati ketenarannya ini disebut ARMY. Nama fandom ini diciptakan oleh BTS sendiri, singkatan dari "Adorable Representative M.C. for Youth". Arti tentara militer juga tersirat di sini, terkait dengan konsep BTS sebagai baju besi anti-peluru.

Secara keseluruhan, para pemuda ini berharap agar para penggemarnya dapat berjuang dan membela diri mereka sendiri bersama, dengan BTS yang selalu melindungi mereka.

6. BIGBANG – V.I.P

BIGBANG – V.I.P

BIGBANG adalah boyband yang beranggotakan empat orang di bawah YG Entertainment. Mereka memulai debutnya pada 19 Agustus 2006 selama konser Ulang Tahun ke-10 Keluarga YG di Arena Senam Olimpiade Seoul.

Grup ini pada awalnya beranggotakan enam orang, satu anggota tersingkir selama penayangan acara sebelum debut resmi yang mengarah ke susunan G-Dragon, Taeyang, T.O.P, Daesung dan Seungri saat ini. Mereka dikenal sebagai "Raja Kpop".

Nama fandom untuk boyband ini adalah V.I.P berarti Orang yang Sangat Penting, dan itulah yang dipikirkan BIGBANG. BIGBANG sangat mencintai penggemarnya, dan menganggap mereka seperti keluarga.

Walaupun BIGBANG saat ini sedang mengalami beberapa masalah, itu tidak membuat para penggemar membenci mereka. V.I.P menggunakan tongkat lampu mahkota kuning atau sapu tangan hitam dan putih.

7. WINNER – Inner Circle

WINNER – Inner Circle

* sumber: hype.my

Satu lagi boyband yang berada di bawah naungan YG Entertainment yang menjadi saudara BIGBANG dan BLACPINK, yaitu WINNER. Grup ini beranggotakan empat orang, yaitu Jinu, Hoony, Mino dan Yoon. Dahulu ada Nam Tae Hyun sebelum akhirnya keluar. Mereka debut pada Agustus 2014.

Inner Circle merupakan nama fandom untuk WINNER yang artinya lingkaran dalam dan fans akan menjadi dekat dan menjadi satu keluarga. Kata Korea untuk lingkaran dalam adalah 내부 원 (naebuwon), terdengar seperti frase bahasa Inggris Nomor Satu.

WINNER berkata bahwa penggemar mereka juga pemenang. Ini sering disingkat sebagai Inseos, IC’s atau Incles. Warna fandom-nya adalah Nebula Blue.

8. GOT7 – iGOT7

GOT7 – iGOT7

Setelah terbentuk pada tahun 2014, boyband yang berada di bawah naungan JYP Entertainment ini telah menggemparkan dunia dengan musik mereka dan mereka baru saja memulai. Mark, Jackson, JB, Jinyoung, BamBam, Youngjae, dan Yugyeom bersatu dalam boyband bernama GOT7.

Menurut pencipta boyband, Park Jinyoung, awalnya grup ini akan menjadi band campuran gender bernama GOT6. Konon nama mereka diambil dari g.o.d., boy-band Korea lainnya. Setelah mendapatkan 7 anggota, band ini akan diberi nama GET7.

Namun akhirnya mereka memutuskan untuk mengubahnya menjadi GOT7, jadi orang tidak akan tertukar dengan kata "gae," yang dalam bahasa Korea artinya anjing. Mereka memutuskan untuk mengubahnya menjadi bentuk lampau dan menjadikannya GOT7.

7 dianggap sebagai angka keberuntungan dan bersama-sama berarti "7 orang yang beruntung". Sejak mereka debut, mereka tetap menggunakan nama GOT7 dan penggemar bahkan mengadopsi nama iGOT7 sebagai nama fandom mereka.

Nama tersebut menunjukkan bahwa fans mencintai band tersebut, serta mereka sangat beruntung dan saling mendoakan. Di Korea, fandom boyband ini dikenal dengan sebutan "AhGaSe" yang merupakan singkatan dari nama tersebut.

Nama ini diterjemahkan menjadi bayi burung, yang telah menjadi simbol populer bagi para penggemar dan bahkan terlihat pada light stick mereka.

9. ITZY – Midzy

ITZY – Midzy

JYP Entertainment membentuk satu lagi girlband yang bernama ITZY. Sebelum debut pada Februari 2019, kelima anggota ITZY dikenal sebagai "tim unicorn". ITZY yang beranggotakan Yeji, Lia, Ryujin, Chaeryeong, dan Yuna baru-baru ini mengeluarkan single yang berjudul Not Shy.

Agensi manajemen mereka, JYP Entertainment, mengumumkan nama fandom untuk girl group ini yang terdengar lucu. Penggemar mereka akan disebut "MIDZY", yang dalam bahasa Korea kata tersebut berarti kepercayaan, dan juga mencerminkan nama grup ini.

Nama ini direspons dengan berbagai tanggapan, ada yang pro dan ada yang kontra. Ada yang tidak puas, tetapi banyak juga yang senang dengan nama itu. Grup ini berharap mereka dan fans bisa saling mempercayai dan saling mendukung.

10. NCT – NCTzen

NCT – NCTzen

NCT adalah singkatan dari Neo Culture Technology, yang tiga kata acak yang dilontarkan bersama. Nama ini adalah sebuah konsep ambisius dari SM Entertainment, yang menaungi boyband ini. Proyek ini bertujuan untuk melokalkan KPOP di seluruh dunia dengan grup yang berdasarkan wilayah.

NCT 127 merupakan unit yang berbasis di Seoul. Saat ini ada 23 anggota di bawah naungan NCT dan empat unit yang sudah tetap adalah NCT 127, NCT Dream, NCT U, dan WayV. Fandom NCT dikenal sebagai NCTzens, yang diucapkan sebagai warga N, dan para anggota akan sering memanggil mereka "Seasonies".

Seasony berarti bahwa penggemar mereka sangat berharga bagi mereka seperti empat musim ujar grup ini. Warna untuk fandom mereka adalah warna hijau.

Fans sangat penting bagi grup KPOP karena para penggemar inilah yang akan membuat nama mereka melambung. Maka tak heran jika grup KPOP sangat menyayangi fansnya. Lalu, apa nama fandom dari grup KPOP kesukaanmu?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram