Bacaterus / Entertainment / 10 Musisi Indonesia yang Go International, Ada Idolamu?

10 Musisi Indonesia yang Go International, Ada Idolamu?

Go international” Dua patah kata ini adalah impian sebagian besar musisi di Indonesia. Setiap musisi tanah air pasti memiliki keinginan untuk dikenal pula di negeri orang. Tak tanggung-tanggung, mereka pun melakukan berbagai usaha untuk bisa mewujudkan impiannya. Namun, ada juga sebagian musisi tanah air yang jalannya terbilang mulus di internasional tanpa memerlukan usaha yang terlalu berarti.

Kali ini, Bacaterus akan membahas seputar 10 musisi Indonesia yang Go International. Sebagian nama-nama ini pasti sudah familiar bagi Anda. Akan tetapi, ada beberapa musisi senior yang mungkin namanya kurang familiar di telinga generasi milenial. Yuk, kenalan dengan musisi-musisi beken yang pernah mencicipi kesuksesan di internasional.

10 Musisi Indonesia yang Go International

1. Daniel Sahuleka

Daniel Sahuleka Musisi Indonesia yang Go International

Pria berambut panjang dan keriting ini merupakan musisi berdarah Ambon yang sukses membangun karir bermusiknya di Belanda. Daniel Sahuleka adalah penyanyi yang memulai debutnya di tahun 80-an. Lagunya yang berjudul “Don’t Sleep Away the Night” adalah single pertamanya yang langsung mendapat sambutan positif di Belanda maupun Indonesia.

Meskipun lama tinggal di Winterswijk, Belanda, Daniel tetap mencintai tanah airnya, Indonesia. Pria yang lahir dan besar di Semarang ini pernah beberapa kali mengunjungi Indonesia. Beliau juga sempat menyumbangkan dana pribadinya untuk korban letusan Gunung Merapi tahun 2010 silam.

2. Dira Sugandi

Dira Sugandi

Sebelum tampil di closing ceremony Asian Games 2018, kaum milenial mungkin tidak terlalu mengenal Dira Sugandi. Wanita kelahiran 29 Juli 1979 ini adalah penyanyi jazz yang sukses berkarir di dunia musik internasional. Dira bekerjasama dengan produser tersohor Incognito, Jean-Paul “Bluey” Maunick untuk menggarap album solonya yang berjudul “Something About the Girl.”

Prestasi Dira sebagai musisi Indonesia yang Go International juga semakin kuat berkat pengalamannya berduet dengan Keith Martin di Bandung tahun 2005 dan Jason Mraz saat di JJF 2009. Bahkan, suara indah Dira pun sempat diakui oleh pentolan boyband Super Junior, Donghae, yang mengirimkan direct message kepada Dira yang berisi: “Hi!! I’m Super Junior Dong hae Lee!! I love ur song!! Ur stage was wonderful inspiration to me!!

3. The S.I.G.I.T.

The S.I.G.I.T.

Tak ada yang menyangka bahwa sebuah band indie memiliki karir yang jauh lebih sukses dibanding band nasional. Ya, The S.I.G.I.T. adalah salah satu band indie yang mendapat kesempatan untuk go international.

Pada awalnya, band ini mencoba mempromosikan lagunya dengan memanfaatkan teknologi yang sedang happening saat itu, seperti MySpace, Friendster, Facebook, dan lain-lain. Melalui promosi di dunia maya tersebut lagu mereka didengar oleh salah satu label rekaman dari Australia. Pihak label pun menawarkan mereka untuk membuat album The S.I.G.I.T. yang akan diedarkan di Australia.

4. White Shoes and the Couples Company

White Shoes and the Couples Company

Jauh dari kata “kekinian”, musisi Indonesia yang Go International ini malah bergaya vintage era tahun 70-an. Bahkan, musik yang mereka bawakan pun berada di jalur retro dengan campuran klasik dan swing jazz yang disisipi tone era 70-an. Ya, mereka adalah White Shoes and the Couples Company.

Musik unik yang dibawakan membuat mereka mendapat kesempatan untuk dikontrak oleh label rekaman Amerika Serikat, Minty Fresh Record. Album White Shoes and the Couples Company dirilis di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Australia, dan Jepang. Bahkan, mereka adalah satu-satunya band dari Indonesia pertama yang dikontrak oleh perusahaan musik Amerika.

5. Rich Brian

Rich Brian

Nah, yang satu ini adalah musisi Indonesia yang Go International sekaligus menjadi idola bagi milenial yang suka dengan musik-musik kekinian. Rich Brian alias Brian Imanuel ternyata mendapat kesempatan untuk go international secara tidak sengaja.

Brian membuat lagu “Dat $tick” dan mengunggah video amatir yang ia buat bersama teman-temannya di YouTube. Tak disangka-sangka, lagu buatannya tersebut mendapat reaksi positif dari musisi dunia, seperti 21 Savage, Desiigner, Tory Lanez, Ghostface Killah, MadeinTYO, dll.

Kini, pria yang telah lama tinggal di Los Angeles ini bergabung dengan label rekaman, 88 Rising. Brian pun telah berkolaborasi dengan sejumlah penyanyi internasional, seperti 21 Savage dan XXXTentacion. Bahkan, Brian pun pernah mendapat surprise ulang tahun dari rapper beken Post Malone, lho.

6. Anggun C. Sasmi

Anggun C. Sasmi

Anggun Cipta Sasmi adalah salah satu penyanyi tanah air yang bekerja keras untuk meniti karir bermusiknya di Eropa. Usaha yang dilakukan Anggun tidak lah sia-sia karena ia sudah cukup dikenal di Perancis. Wanita yang menjadi brand ambassador salah satu produk shampoo ternama di Indonesia ini sudah memiliki belasan album berbahasa Inggris dan Perancis.

Nama Anggun juga dikenal sebagai seniman Asia yang memiliki record penjualan album tertinggi di luar Asia. Anggun pun pernah didaulat oleh saluran TV publik, France Télévisions, sebagai wakil Perancis untuk Kontes Lagu Eurovision 2012, kompetisi musik terbesar di Eropa yang diikuti 40 negara.

Meskipun terbilang sukses di luar negeri, Anggun masih sangat mencintai Indonesia. Wanita yang pernah menjadi juri Asia’s Got Talent bersama David Foster dan Vannes Wu ini masih sering bertandang ke Indonesia.

7. Angger Dimas

Angger Dimas

Siapa bilang musisi Indonesia yang Go International hanya berasal dari kalangan penyanyi solo dan band? DJ tanah air pun pernah mencicipi kesuksesannya di dunia internasional, lho. Siapa dia? Dia adalah Angger Dimas.

Pria kelahiran 1 Maret 1988 ini pernah bergabung dengan label rekaman Australia, Vicious Recordings, di tahun 2009. Ia pernah membuka tur sejumlah DJ internasional, seperti Avicii dan Laidback Luke. Tak tanggung-tanggung, Angger juga pernah berkolaborasi denga Steve Aoki dan Iggy Azalea dalam lagu “Beat Down.”

Prestasi Angger Dimas juga dibuktikan melalui kesempatannya manggung di Tomorrowland, salah satu festival dance terbesar di dunia. Ia pernah bergabung dengan Steve Aoki dan Dimitri Vegas & Like Mike di panggung utama Tomorrowland.

8. Gugun Blues Shelter

Gugun Blues Shelter

Band indie yang kerap kali membawakan lagu bergenre blues ini pantas masuk dalam daftar musisi Indonesia yang Go International. Bagaimana tidak, band yang terkenal karena lagunya “Set My Soul on Fire” dan “When I See You Again” ini berhasil manggung di klub ternama di Inggris, The Monto Water Rats London. Klub ini juga menjadi tempat debut awal Oasis di tahun 1994 dan Bob Dylan tahun 1962.

Setelah memenangkan Festival Hard Rock Calling, Gugun Blues Shelter turut mendapat kesempatan untuk membuka konser Bon Jovi. Ia bermain di venue legendaris, Hyde Park, dan bergabung dengan musisi ternama dunia, seperti The Killers dan Rod Stewart.

9. Joey Alexander

Joey Alexander

Bisa dikatakan bahwa Joey Alexander adalah musisi termuda yang masuk dalam daftar musisi Indonesia yang Go International versi Bacaterus. Pianis muda ini mendapat kesempatan tampil di Grammy Awards 2016, panggung yang sama dengan yang dipakai oleh Adele, Taylor Swift, Bruno Mars, dan Ed Sheeran.

Tak hanya sekedar tampil, Joey Alexander berhasil masuk dalam nominasi Grammy Awards 2016, yakni Best Instrumental Jazz Album dan Best Jazz Solo Improvisation. Album debutnya “My Favorite Things” berhasil masuk dalam chart Billboard 200 Amerika Serikat.

10. Agnez Mo

Agnez Mo

Save the best for last. Mungkin inilah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan perjuangan penyanyi cantik ini di dunia musik internasional. Agnez memperoleh nama besarnya dengan usaha yang cukup keras. Setelah memiliki banyak penggemar di tanah air, mantan penyanyi cilik ini mulai menapaki karir bermusiknya di luar negeri. Agnez pun lebih banyak menghabiskan waktunya di negeri Paman Sam untuk meniti karirnya.

Agnez pernah berkolaborasi dengan Timbaland dan T.I. melalui lagu “Coke Bottle”. Di tahun 2018, ia juga berkolaborasi dengan Chris Bown lewat lagu “Overdose” Nah, gebrakan apalagi yang akan dibuat oleh penyanyi cantik ini? Kita tunggu saja karya gemilang lainnya dari seorang Agnez Mo.

Itulah 10 musisi Indonesia yang Go International. 10 nama ini hanyalah sebagian musisi yang sukses berkarir di kancah internasional. Masih banyak musisi tanah air yang juga sukses dikenal di negara lain. Anda dapat menambahkan nama-nama musisi tanah air yang berhasil go international pada kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment