Bacaterus / Bayi / 10 Bahan Makanan yang Bisa Menjadi MPASI Terbaik untuk Bayi

10 Bahan Makanan yang Bisa Menjadi MPASI Terbaik untuk Bayi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Para ibu pasti sangat bersemangat ketika bayinya mendapat asupan makanan lain selain ASI. MPASI atau yang kita kenal sebagai Makanan Pendamping ASI adalah makanan yang diberikan kepada bayi di samping air susu ibu. MPASI ini juga akan menjadi makanan pertama bagi si kecil, lho. Oleh karena itu, para ibu pasti antusias untuk memilih makanan terbaik untuk buah hatinya.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua makanan yang kita makan sehari-hari bisa diberikan kepada bayi yang baru belajar menerima makanan lain selain ASI. Para ibu harus selektif dalam menentukan jenis makanan yang bergizi dan sehat untuk bayi. Tak perlu berlama-lama, Bacaterus akan membahas seputar 10 bahan makanan yang bisa menjadi MPASI terbaik untuk bayi Anda.

10 MPASI Terbaik untuk Bayi

1. Wortel

Wortel MPASI Terbaik

* sumber: ibudanmama.com

Orang dewasa saja suka dengan rasa manis wortel, apalagi bayi? Nah, wortel merupakan MPASI terbaik untuk bayi yang baru belajar makan. Sejak dulu, wortel selalu dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengenalkan makanan kepada bayi.

Kandungan Vitamin A dan mineral yang tinggi membuat wortel cocok dijadikan sebagai MPASI. Wortel yang sudah dicuci dan dipotong harus direbus sampai lunak. Kemudian, haluskan wortel dan saring hingga menjadi bubur wortel untuk bayi.

Jika bayi sudah memiliki gigi dan ingin belajar mengonsumsi makanan padat, berikan wortel sebagai finger food. Cukup potong wortel panjang-panjang seperti french fries, lalu rebus sampai lunak dan berikan kepada bayi.

2. Tahu

Tahu

Tahu tofu yang biasa dipakai untuk membuat hidangan sapo tahu adalah jenis MPASI terbaik yang dapat memberikan asupan protein nabati. Jika tak ada tahu tofu, Anda juga boleh memberikan tahu biasa kepada si kecil.

Menariknya, tahu bisa diolah menjadi berbagai resep MPASI yang sedap, mulai dari tahu yang dikombinasikan dengan wortel dan brokoli, tim tahu kabocha, bakso oat tahu, sampai dengan bubur tahu kacang merah. MPASI dari olahan tahu ini sudah pasti akan disukai oleh si kecil.

3. Daging

Daging

Banyak ibu yang takut memberikan daging sebagai MPASI untuk buah hatinya. Namun, apakah benar daging adalah makanan yang tidak direkomendasikan untuk MPASI? Daging mengandung seng dan zat besi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi. Asalkan Anda memilih daging tanpa lemak, maka aman-aman saja untuk memberikan MPASI dari olahan daging.

Sebagai permulaan, berikan daging giling untuk diolah menjadi bubur bayi dengan bahan-bahan lain. Rebus daging giling sampai empuk dan haluskan di dalam blender dengan sayuran lain untuk menambah cita rasa. Anda juga boleh menambahkan kaldu ayam kampung atau kaldu sapi untuk memperkuat cita rasa MPASI dari daging ini.

4. Jagung

Jagung

* sumber: bebeclub.co.id

Tak perlu bingung memberikan MPASI terbaik untuk si kecil. Bahkan, di usianya yang masih dini, si kecil bisa mengonsumsi makanan yang enak seperti jagung manis, lho. Hanya saja para ibu harus mengolah jagung manis ini agar “ramah” terhadap mulut dan pencernaan si kecil.

Memasuki usia 6 bulan, berikan bubur jagung manis sebagai MPASI. Jagung manis yang sudah diserut harus dihaluskan di dalam blender. Untuk membuat rasa bubur jagung manis ini semakin enak dan disukai bayi, tambahkan saus yang dibuat dari jus wortel dan tomat alami. Dijamin, si kecil pasti lahap menyantap bubur jagung manisnya ini!

5. Oatmeal

Oatmeal

Siapa bilang oatmeal adalah makanan khusus orang tua? Superfood yang satu ini juga bisa menjadi MPASI yang sehat dan baik untuk bayi. Bahkan, oatmeal sudah bisa diberikan untuk bayi usia 6 bulan.

Untuk memberikan oatmeal pada bayi, Anda harus membuat oatmeal yang kental terlebih dahulu. Namun, Anda harus menggunakan oatmeal rolled atau steel cut, bukan oatmeal instan yang langsung jadi setelah diseduh dengan air hangat.

Setelah oatmeal jadi, blender sampai teksturnya halus. Siapkan saringan kawat untuk menyaring oatmeal yang sudah dihaluskan. Nah, oatmeal yang sudah disaring inilah yang akan diberikan untuk MPASI.

6. Brokoli

Brokoli

* sumber: ibudanmama.com

MPASI terbaik yang sangat bergizi untuk si kecil adalah brokoli. Sayuran hijau ini memiliki kandungan Vitamin C yang setara dengan jeruk. Tak hanya itu saja, brokoli juga menyediakan beta-karoten, Vitamin B1, B2, B3, B6, K1, Zat Besi, Magnesium, Kalium, dan Serat.

Brokoli yang akan dijadikan MPASI bisa diolah sebagai puree dengan campuran kembang kol dan ASI. Brokoli dan kembang kol dicuci dan direbus sampai lunak. Kemudian, haluskan sayuran ini dengan ASI di dalam blender. Saring sayuran ini jika Anda ingin menjadikannya MPASI bayi 6 bulan. Namun, bila Anda memberikannya pada bayi usia 8 bulan, maka brokoli ini tidak perlu disaring.

7. Kacang hijau

Kacang hijau

Sudah menjadi rahasia umum jika kacang hijau adalah MPASI terbaik sejak zaman dulu kala. Bahkan, sebelum ada biskuit dan bubur bayi instan, masyarakat zaman dulu mengolah kacang hijau sebagai MPASI.

Kacang hijau menyediakan protein dan serat yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi. Cara membuat MPASI kacang hijau juga cukup mudah karena Anda hanya perlu merebus kacang hijau sampai lembut, lalu hancurkan secara manual. Sesudah itu, saring kacang hijau agar kulitnya tidak tertelan oleh bayi.

8. Bayam

Bayam

Selain brokoli, sayuran hijau yang cocok diolah menjadi MPASI adalah bayam. Sayuran ini menyediakan Vitamin A yang tinggi untuk meningkatkan fungsi mata bayi. Di samping itu, bayam juga mengandung folat untuk merangsang produksi sel darah merah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bayam adalah MPASI terbaik yang fleksibel jika ingin dicampur dengan bahan makanan lainnya. Akan tetapi, kalau Anda ingin membuat MPASI yang praktis dari bayam, cukup rebus daun bayam dan hancurkan di dalam food processor. Agar teksturnya lebih creamy tambahkan ASI secukupnya ke dalam puree bayam.

9. Telur

Telur

Sesekali berikan makanan hewani kepada bayi yang baru saja mulai menyantap MPASI. Telur adalah makanan hewani yang baik untuk si bayi jika diberikan dengan porsi yang sesuai. Agar lebih sehat, sebaiknya gunakan telur ayam kampung dan ambil bagian kuningnya saja.

Rebus satu butir telur ayam kampung dan ambil kuning telurnya. Selanjutnya, campurkan kuning telur tadi dengan Extra Virgin Olive Oil (EVOO) dan ASI secukupnya. Agar rasanya tidak terlalu amis, Anda boleh mencampurkan wortel dan brokoli ke dalam puree kuning telur ini.

10. Kentang

Kentang

Untuk mengenalkan bayi terhadap rasa yang gurih, Anda dapat menggunakan kentang sebagai MPASI. Bayi berusia 6 bulan sudah boleh menyantap kentang, tetapi bukan kentang goreng, ya!

Kentang yang sudah direbus, maka dihaluskan di dalam food processor sampai teksturnya selunak bubur. Kemudian, untuk menambah gurih bubur kentang ini, tambahkan ASI secukupnya. Hanya dengan cara yang mudah ini Anda sudah bisa menyajikan MPASI enak yang terbuat dair kentang.

10 bahan makanan ini merupakan MPASI terbaik untuk bayi usia 6 bulan ke atas. Dalam membuat MPASI sebaiknya tidak ditambahkan garam, lada, dan merica. Cukup kombinasikan 2-3 jenis sayur untuk menambah cita rasa MPASI. Cek juga artikel buah untuk MPASI berikut jika Anda ingin mencari makanan terbaik lainnya untuk diberikan pada buah hati Anda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *