bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Mowgli: Legend of The Jungle (2018)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 23 September 2021

Mowgli adalah anak manusia yang dirawat oleh sepasang serigala setelah kedua orangtuanya tewas dimangsa harimau Bengal. Kehadirannya diterawang membawa harapan baru bagi hutan. Namun, bagaimana pun Mowgli berbeda, Mowgli bukan serigala dan suatu saat harus meninggalkan hutan.

Sudah sangat terbiasa dengan kehidupan di hutan, Mowgli tidak bisa membayangkan untuk berbaur dengan manusia dan mengikuti cara hidupnya. Jalan terjal kini ada di hadapan Mowgli. Dia tak bisa mundur dan berbalik arah, sebab tujuannya ada di depan.

Sekilas cerita di atas, bisa Anda tonton keseluruhannya dalam film Mowgli: Legend of The Jungle. Film arahan sutradara Andy Serkis ini cocok ditonton bersama keluarga, karena penuh dengan pesan serta tampilkan spesial efek yang menawan. Namun sebelum itu mari baca sinopsis dan ulasannya lebih dulu yuk!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tanggal/Tahun Rilis: 25 November 2018
  • Genre:  Drama, Petualangan
  • Produksi: Warner Bros. Pictures, The Imaginarium
  • Sutradara: Andy Serkis
  • Pemeran: Rohan Chand, Matthew Rhys, Frieda Pinto, Christian Bale (suara)

Kaa (suara: Cate Blanchett), Indian Python, yang tahu bagaimana masa lalu dan masa depan berjalan, menjadi saksi kekacauan antara manusia dan penghuni hutan. Shere Khan (suara: Benedict Cumberbatch), seekor Harimau Bengal terlihat membunuh seorang manusia dan melanggar hukum kuno hutan. Pada satu malam, Kaa, melihat hutan meletakkan harapannya pada tangan kecil milik sesosok anak manusia yang terlantar di sana, di antara akar-akar pohon raksasa.

Kaa melihat, sesosok bayi manusia itu dibawa pergi oleh seekor black panther. Ia rupanya menyimpan si bayi di depan gua, tempat sekumpulan serigala berada. Sepasang serigala, Vihaan (suara: Eddie Marsan) dan Nisha (Naomie Harris), terlihat menyukainya. Saat Vihaan dan Nisha sedang memeriksa kondisi bayi itu, Tabaqui (suara: Tom Hollander) tiba-tiba datang. Tabaqui adalah seekor hyena sekaligus anak buah Shere Khan.

Tabaqui datang karena mencium bau-bau mangsa, tapi Nisha segera mengusirnya. Hewan licik itu pergi dengan perasaan senang karena menemukan anak manusia. Nisha berinisiatif segera menemui Akela (suara: Peter Mullan), sang serigala tertua sekaligus pimpinan kelompok mereka. Nisha merasa perlu mengadakan rapat dewan jika mereka ingin merawat anak manusia tersebut.

Keinginan Nisha ditertawakan dan dicemooh oleh serigala lainnya. Tak lama, black panther yang diketahui bernama Bagheera (suara: Christian Bale) datang dan membela. Bagheera menyela dan bicara soal hukum, bahwa nyawa seorang anak dapat dibeli dengan harga tertentu. Ia membawa bayaran yang akan diserahkan.

Rapat belum selesai, Shere Khan datang dan berniat mengacau. Harimau Bengal itu mengatakan bahwa kedua orangtua sang bayi sudah meninggal karena ia bunuh, sehingga tidak akan ada yang mencarinya ke sini. Shere pongah dengan mengatakan bahwa anak manusia itu miliknya sebab ia sudah merasakan darah ibunya. Dia memutuskan secara sepihak bahwa sang bayi adalah miliknya.

Nisha tak terima, Akela pun mengingatkannya untuk tidak usah mencampuri urusan kaum mereka, kaum serigala. Jika Shere Khan mengusik anak manusia itu, ia akan berurusan dengan sekawanan serigala. Akela kemudian mengatakan bahwa selama ia hidup, Shere Khan terlarang mendatangi area mereka, tempat sekumpulan serigala tinggal.

Shere Khan murka dan bersumpah menghabisi anak manusia itu. Ia pun pergi bersama anak buahnya, Tabaqui. Akela lantas melanjutkan rapat dengan memutuskan menerima anak tersebut dan meminta Nisha merawatnya seperti merawat anak sendiri. Selama Akela hidup, kawanan serigala akan bantu menjaganya. 

Anak manusia itu sudah menjelma jadi lebih besar dan semakin banyak bertanya. Setiap hari dia bermain, mengelilingi hutan dan sesekali waktu diajarkan berburu oleh Bagheera.  Ketika anak itu bertanya mengapa dia terlihat berbeda dari kawanan serigala lain, Bagheera mengatakan dia tidak berbeda melainkan istimewa.

Selain Bagheera, anak itu juga mendapat pelajaran dari Baloo (suara: Andy Serkis), seekor beruang Himalaya berbulu coklat pekat. Baloo tipikal guru yang cerewet dan sinis. Dia tidak suka jika anak tersebut terlalu banyak bicara dan bertanya. Belakangan diketahui bahwa anak itu bernama Mowgli (Rohan Chand).

Baloo mengajarkan pada Mowgli tiga peraturan, yaitu serigala dilarang berhubungan dengan manusia, serigala dilarang memburu hewan milik manusia, apalagi sapi yang sakral, dan ketiga, serigala dilarang membunuh manusia di hutan sebab itu hanya membawa bahaya.

Setelah menerima pelajaran dari Baloo, Mowgli pulang, tapi dalam perjalanan, dia terlihat mampir di ujung tebing, yang tempatnya terlihat rahasia. Dia melihat di bawah tebing terdapat beberapa manusia sedang beraktivitas. Tak lama, Bhoot (suara: Louis Ashbourne Serkis), seekor anak serigala albino mendatanginya dan mengajak Mowgli bermain.

Dengan keunikan sendiri-sendiri, mereka akrab dan bermain dengan riang gembira. Mowgli juga punya kakak angkat, Gray Brother (suara: Jack Reynor), seekor serigala yang loyal. Saat Baloo mengadakan ujian lari untuk anak-anak serigala, termasuk Mowgli, si bocah malah teralihkan oleh kaum monyet. Baloo melarangnya karena monyet tak punya aturan, mereka tidak bisa diprediksi dan tak bisa bicara benar.

Baloo memintanya menjauhi kaum monyet, tapi Mowgli menolak karena merasa tidak takut dengan mereka. Baloo menjawab, hanya yang bodoh yang tidak punya rasa takut, dan monyet adalah kaum sangat bodoh karena tidak ada yang mereka takutkan, selain Kaa.

Saat keduanya tengah berbincang, Baloo melihat seekor sapi peliharaan manusia tewas dibunuh. Berita ini ia sampaikan pada sekawanan serigala dan mereka setuju jika pelakunya pasti Shere Khan. Sekawanan serigala khawatir jika peristiwa ini bisa memancing manusia untuk datang ke hutan karena ingin membalas dendam.

Lalu apakah benar Shere Khan yang melakukannya? Apa yang akan terjadi selanjutnya pada mereka? Bencana apa yang akan dihadapi Mowgli dan penghuni hutan lainnya? Film Mowgli: Legend of the Jungle siap menjawabnya untuk Anda!

Spesial Efek yang Impresif

Spesial Efek yang Impresif

Mengutip Rotten Tomatoes, Mowgli: Legend of the Jungle menghadirkan spesial efek yang impresif, mengesankan. Setuju! Sejak film ini dimulai, Anda akan melihat betapa real-nya seekor serigala berbicara, berdebatsambil memperlihatkan ekspresi wajah yang pas.

Ketika adegan sedang memperlihatkan emosi-emosi dari kekhawatiran, Anda akan melihatnya dari mata para hewan itu, begitu pun ketika mereka marah atau kesal melihat kekonyolan dan tingkah Mowgli. Spesial efek yang mengesankan dari film ini tidak hanya datang dari ekspresi para hewan yang sungguh terasa nyata, melainkan juga suasana di dalam hutan.

Dalam salah satu adegan ketika Mowgli sedang berenang di sebuah kolam, Shere Khan terlihat berdiri di pinggirnya sembari minum karena lepas berburu. Semula Shere Khan tidak menyadari bahwa di dasar kolam ada Mowgli, tapi lama-lama dia seperti menyadari sesuatu. Melalui spesial efek yang mengesankan, sosok Shere Khan dan sorot matanya yang hanya terlihat dari dalam kolam, bisa membuat Anda ikut merasa terancam.

Film dengan Banyak Pelajaran

Film dengan Banyak Pelajaran

Dalam hal moral value, film Mowgli: Legend of the Jungle memuatnya cukup banyak untuk Anda. Sebagai anak manusia yang secara tidak sengaja tinggal di hutan, para hewan buas tidak langsung memangsanya. Semua itu karena Mowgli sudah lebih dulu bertemu dengan sosok yang tepat; Bagheera.

Dia juga berada di lingkungan yang tepat. Setiap kali merasa berbeda dengan kawanan serigala yang lain, ada sosok-sosok yang membesarkan hatinya. Entah Bagheera, NIsha atau Baloo. Karakter-karakter hewan tersebut jadi contoh yang baik untuk anak-anak atau orang dewasa sekali pun, bahwa yang dibutuhkan seseorang hanyalah penerimaan dan percaya.

Setelah itu dia akan membuktikan dirinya mampu dan tak akan mengecewakan. Persis seperti yang dilakukan Mowgli ketika harus lomba lari agar bisa diterima masuk ke kawanan serigala lainnya. Ada juga karakter Bhoot, serigala albino yang punya hati besar. Tampil beda dari serigala yang lain membuatnya kerap dirisak, tapi Bhoot jarang memperlihatkan kesedihannya.

Serigala albino muda tersebut lebih banyak berpikir positif. Di tengah keunikannya, yang sesungguhnya cukup menjadi beban, Bhoot justru dengan percaya diri menenangkan Mowgli dan membesarkan hatinya. Ketika dia sendiri butuh pertolongan, Bhoot justru berada paling depan untuk menolong seseorang. Bagian-bagian itu hanya sebagian contoh pelajaran yang bisa didapatkan saat menonton film Mowgli: Legend of the Jungle ini.

Pengisi Suara Berhasil Menghidupkan Karakter

Pengisi Suara Berhasil Menghidupkan Karakter

Satu lagi yang paling mengesankan dari film ini adalah keberadaan para pengisi suara yang berhasil menghidupkan setiap karakter. Benedict Cumberbatch yang mengisi suara untuk karakter Shere Khan misalnya; sang aktor bisa-bisanya berhasil meneror para penonton dengan nada suara yang berat dan selalu ditekan, sehingga karakter antagonis di film ini dapat hidup dengan sempurna.

Christian Bale sebagai pengisi suara untuk Bagheera juga terdengar berhasil menghidupkan sesosok karakter black panther yang bijaksana, lembut dan melindungi. Benedict Cumberbatch dan Christian Bale bukan satu-satunya aktor yang berhasil membangunkan karakter dalam film ini melalui suaranya.

Anda masih akan terpesona oleh suara Cate Blanchett yang berdesah pelan, menyeramkan karena mendesis dan misterius dalam karakter Kaa. Mereka layak mendapat pujian untuk usahanya dalam film ini.

Secara keseluruhan film Mowgli: Legend of the Jungle menarik dari segi spesial efek, karakter suara dan cerita. Plotnya pun cukup rapi dan cepat sehingga tidak membosankan karena kita juga diajak keliling hutan oleh Mowgli. Satu lagi, akting Rohan Chand di sini sangat menjanjikan. Penasaran? Anda memang harus menontonnya segera!

No review box found! Insert a valid box ID.

Mowgli
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram