Bacaterus / Juicer / 14 Rekomendasi Mix Jus Buah yang Enak dan Menyehatkan

14 Rekomendasi Mix Jus Buah yang Enak dan Menyehatkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dengan banyaknya informasi mengenai kesehatan, orang-orang semakin peduli dengan makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Salah satu minuman yang sekarang menjadi pilihan sehat orang-orang adalah jus. Minuman ini manis dan lezat tapi orang tidak akan merasa bersalah ketika meminumnya. Banyak orang yang suka dengan ritual minum jus pasca makan karena baik untuk kesehatan

Ada banyak buah-buahan yang bisa dijadikan jus yang lezat. Campuran buah ini telah disetujui oleh ahli gizi yang mungkin tak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Kombinasi buah-buahan ini tak hanya lezat tapi juga meningkatkan asupan vitamin dan mineral. Sebelum mulai membuat campuran buah-buahan baca dulu panduan cara memasangkan jus yang baik dan sehat.

Panduan Pengkombinasian Buah

Panduan Pengkombinasian Buah

* sumber: pixabay.com

Kunci utama untuk menciptakan keseimbangan rasa saat mencampur jus adalah untuk memahami dan menggunakan buah yang akan saling melengkapi karena karakteristik buah-buahan berlawanan. Contohnya, buah-buahan yang terlalu asam akan pas dengan buah-buahan yang sangat manis, seperti delima dan stroberi.

Demikian pula, buah-buahan yang sangat asam, contohnya jeruk, bisa dipadukan dengan mellower, buah manis seperti raspberry atau pir karena buah-buahan ini membantu mengurangi tingkat keasaman. Asam sitrat dalam campuran jus lemon dan jeruk nipis bisa mengangkat dan mencerahkan rasa jus lain. Apa pun kombinasi jus buahnya, kreatiflah saat memilih kombinasi jus buah.

Mix Juice yang Sehat dan Enak

Berikut ini adalah kombinasi mix jus yang tak hanya memiliki rasa yang enak tapi juga sehat. Mix jus ini bisa kamu tambahkan pada menu harianmu.

1. Belimbing dan Stroberi

Belimbing dan Stroberi

* sumber: www.usmed.com

Belimbing merupakan buah yang menduduki peringkat atas dalam hal nutrisi tapi rendah dalam daftar pilihan buah-buahan untuk jus karena memiliki rasa yang asam. Namun, buah yang memiliki rasa asam ini jumlah kalorinya rendah, merupakan yang terendah per porsi dalam dunia buah, dan berisi setengah asupan vitamin C harianmu per 100ml.

Buah ini mengandung vitamin B kompleks, sebagian besar mineral seperti kalium, yang meniadakan efek dari asupan natrium tinggi. Pasangkan belimbing dengan stroberi manis. Buah ini akan membantu mengimbangi rasa pahit pada belimbing. Stroberi menambahkan senyawa antioksidan dan polifenol pada jus berwarna merah muda ini, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.

2. Alpukat dan Pepaya

Alpukat dan Pepaya

* sumber: id.pinterest.com

Pepaya yang manis menggantikan gula melaka dalam campuran ini di stan-stan penjaja jus. Sebagai makanan super, alpukat tak hanya memberikan beragam vitamin, termasuk vitamin C, K, B6, B5, dan E, tapi juga kaya akan kalium serta asam oleat yang bisa menurunkan tekanan darah dan membantu mengatasi stres jantung.

Mengkonsumsi alpukat bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida, sedangkan pepaya menyuntikkan antioksidan lycopene yang kuat. Karotenoid yang terkandung dalam pepaya membantu melawan radikal bebas, hingga meningkatkan kesehatan jantung, warna kulit, dan bahkan mencegah penyakit kanker.

3. Mangga, Ceri, dan Buah Naga

Mangga, Ceri, dan Buah Naga

* sumber: www.dinneratthezoo.com

Resep jus ini menggiurkan hingga bisa membuat orang meneteskan air liur. Mix jus ini menghadirkan campuran mangga manis, ceri, dan buah naga yang cair. Beragam vitamin dan mineral yang dimiliki mangga menjadikannya buah ini sangat membantu kesehatan mata, berkat dosis tinggi vitamin A juga beta karoten.

Mangga juga bagus dikonsumsi setelah makan daging panggang karena spektrum senyawa yang unik untuk buah, seperti mangiferin dan polifenol, menjadikannya anti-karsinogen dan antioksidan yang terbaik. Ceri yang asam membantu mengaktifkan reseptor pengaktif proliferator perosisim atau PPAR dalam jaringan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke.

Sementara buah naga memberikan penguatan bagi sistem kekebalan tubuh, dengan sifat antibakteri dan antijamurnya. Jadi mix jus ini selain lezat juga bagus untuk kesehatan.

4. Pepaya, Nanas dan Lemon

Pepaya, Nanas dan Lemon

* sumber: www.thetastybiteblog.com

Buah tropis ini adalah buah yang bagus untuk membantu pencernaan. Baik pepaya maupun nanas kaya akan ensim proteolitik. Kombinasi campuran buah ini sempurna dikonsumsi setelah makan makan yang berat karena membantu kamu mencerna protein. Pepaya juga meredakan sembelit jika kamu merasa sedikit tersumbat.

Memilih trio buah ini berarti sistem tubuhmu mendapatkan vitamin C, beta karoten, dan bioflavonoid dalam dosis yang besar, yang merupakan landasan fungsi tubuh yang sehat.

5. Buah Long Long (apel emas), Prem Asam

Buah Long Long (apel emas), Prem Asam

* sumber: id.pinterest.com

Secangkir jus dengan rasa asam ini membantu mengatasi anemia, berkat kandungan zat besi dan vitamin B1 yang tinggi, yang meningkatkan jumlah sel darah merah serta membantu meningkatkan aliran oksigen dalam sistem.

Rasa rumputnya terasa lezat dan terkadang kamu akan menemukan jus ini dicampur dengan prem yang asam, yang memberikan lebih banyak vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

6. Campuran Buah Beri

Campuran Buah Beri

Mencampurkan bermacam-macam buah beri secara bersamaan adalah cara yang aman untuk membuat campuran jus versi dirimu sendiri. Kalau mencampurkan buah-buah ini, kamu pasti mendapatkan rasa jus yang enak, jadi cobalah bereksperimen. Tambahkan lebih banyak atau sedikit buah-buah beri tertentu, bergantung pada kesukaanmu.

Beberapa jus beri yang perlu dipertimbangkan untuk dicampurkan dan juga  disukai penggemar jus adalah raspberry, blueberry, blackberry, strawberry, boysenberry, dan cranberry. Kau suka buah beri yang mana?

7. Semangka dan Raspberry

Semangka dan Raspberry

* sumber: www.cleanandscentsible.com

Jus semangka menawarkan rasa manis dan lembut sedangkan jus raspberry memiliki rasa yang kuat. Terlepas dari perbedaan antara keduanya, dua buah ini dapat bercampur dan menghasilkan warna pink manis. Jus semangka yang lembut membuat rasa raspberry yang kadang terlalu kuat menjadi lembut. Semangka juga memberikan lebih banyak cairan ke jus raspberry karena buah ini terlalu sulit diminum.

8. Cranberry dan Apel

Cranberry dan Apel

* sumber: www.eatingwell.com

Jus apel cranberry merupakan pasangan yang klasik dan untuk alasan yang baik. Dua buah  ini bercampur dengan baik dan menghasilkan minuman yang manis dengan sedikit rasa getir. Gunakan jus apel agar bisa menyeimbangkan asam jus cranberry. Jadinya penggunaan jus apel atau apel segar akan lebih banyak dibandingkan jus cranberry dalam campuran, bergantung seleramu.

Untuk variasi tambahan, kamu bisa menambahkan jus jeruk. Kamu akan mendapatkan campuran jus yang lebih segar.

9. Delima dan Jeruk Limau

Delima dan Jeruk Limau

* sumber: id.pinterest.com

Campurkan jus delima dan jus jeruk limau. Untuk mendapatkan jus limau, kamu bisa mencampurkan jus jeruk limau dengan gula dan air secukupnya. Aduk rata kemudian nikmati. Kombinasi yang menyegarkan ini ini paling baik diminum pada hari-hari di musim panas. Jus ini cenderung agak asam, jadi tambahkan gula kalau kamu tidak suka minuman yang relatif asam.

10. Jeruk, Alpukat, dan Jambu Biji

Jeruk, Alpukat, dan Jambu Biji

* sumber: www.vibrantplate.com

Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan bahwa folat merupakan nutrisi penting yang membantu mengurangi risiko para wanita melahirkan anak dengan cacat saraf tulang belakang atau otak. Folat juga membantu dalam produksi sel darah merah dan menjaga kesehatan jantung. Ketiga buah dalam kombinasi ini adalah sumber folat yang sangat baik.

11. Pir, Anggur, dan Cranberry

Pir, Anggur, dan Cranberry

* sumber: www.jessicagavin.com

Untuk mendapatkan antioksidan, minumlah kombinasi jus ini. Ketiga buah ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu menangkal kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, contohnya penumpukan plak di arteri dan kadar kolesterol LDL yang tinggi.

12. Apel, Kiwi, dan Blackberry

Apel, Kiwi, dan Blackberry

* sumber: www.eatthismuch.com

Ingin mata sehat? Konsumsi juice apel, kiwi dan blackberry karena ketiga buah ini bagus untuk kesehatan mata. Apel merupakan sumber vitamin A yang baik, sementara kiwi dan blackberry memiliki kandungan vitamin A, C, dan E, yang semuanya mempunyai peran dalam menjaga kesehatan matamu.

13. Tomat, Grapefruit, dan Semangka

Tomat, Grapefruit, dan Semangka

* sumber: pinchofyum.com

Ketiga buah ini kaya akan likopen, yang, menurut American Cancer Society, sudah terbukti memiliki manfaat dalam pencegahan dan pengobatan kanker prostat, perut, paru-paru, kanker, dan kulit kandung kemih. Tak hanya enak dan segar, jus buah ini juga terasa manis.

14. Blewah, Nanas, dan Semangka

Blewah, Nanas, dan Semangka

* sumber: www.youshouldcraft.com

Kandungan vitamin C ketiga buah sangat tinggi, sedangkan blewah dan semangka juga merupakan sumber untuk vitamin A yang baik. Kombinasi buah-buahan ini dapat membantu kesehatan kulit secara keseluruhan. Kulitmu akan menjadi sehat dan bercahaya cerah. Semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi, yang membantu merasa kenyang dengan kalori minimal.

Itulah campuran jus buah yang tak hanya rasanya enak tapi juga menyehatkan untuk badan. Lebih jauh lagi, mix jus di atas ada yang bagus untuk pencegahan penyakit-penyakit yang sangat serius, seperti kanker dan prostat. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mulai mengkonsumsi mix jus di atas? Mana yang menarik perhatianmu?

Jus terbaik memang yang dibuat dari buah segar. Bagaimana dengan jus kemasan? Coba temukan jawabannya dalam artikel serba-serbi mengenai jus buah dalam kemasan ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *