Bacaterus / Ular / Ini Dia 7 Mitos Paling Terkenal Seputar Ular Masuk ke Rumah

Ini Dia 7 Mitos Paling Terkenal Seputar Ular Masuk ke Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Juli 2019

Tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia pasti sudah akrab dengan yang namanya mitos. Berbagai mitos dari zaman nenek moyang memang terus beredar sampai saat ini. Tidak sedikit masyarakat kita yang masih mempercayai mitos meskipun belum tentu kebenarannya.

Salah satu mitos yang cukup populer di tanah air adalah mitos ular yang masuk ke rumah. Masuknya hewan melata yang satu ini kerap kali dikaitkan dengan hal-hal mistis atau yang bersifat buruk. Namun, apakah benar mitos-mitos tersebut? Tentu saja yang namanya mitos pasti belum bisa dipercaya sepenuhnya.

Nah, jika kamu penasaran dengan mitos-mitos seputar ular masuk ke rumah, Bacaterus telah merangkum berbagai mitos tersebut spesial untukmu.

Mitos Ular Masuk ke Rumah

Mitos yang berkaitan mengenai ular masuk ke rumah ternyata sudah beredar sejak zaman dulu. Berikut adalah sejumlah mitos yang berkaitan dengan ular yang “menyatroni” rumah.

1. Pengingat Janji / Nazar

Mitos Ular Masuk ke Rumah

* sumber: auburnpub.com

Ular yang masuk ke rumah sering dikaitkan sebagai pertanda bahwa ada janji atau nazar yang belum ditepati. Sudah pasti janji tersebut dibuat oleh salah satu penghuni rumah yang dimasukinya. Jenis ular yang masuk ke rumah sebagai pengingat janji ini umumnya adalah ular yang tidak berbisa.

Jadi, ketika suatu waktu ada ular tak berbisa masuk ke rumah, coba ingat-ingat apakah kamu pernah membuat janji, nazar, amanah, atau wasiat yang belum dilakukan sampai saat ini. Jika kamu tidak merasa membuat janji yang belum ditepati, coba tanyakan pada orang rumah kalau-kalau mereka lah yang telah bernazar tapi tak kunjung dipenuhi.

2. Pertanda Masuknya Jin atau Iblis

Pertanda Masuknya Jin atau Iblis

* sumber: www.oversixty.com.au

Mitos yang satu ini memang terdengar cukup mengerikan. Bagaimana tidak, mendengar kata ‘jin’ atau ‘iblis’ saja kita pasti sudah merinding. Percaya atau tidak, nenek moyang di zaman dahulu sangat percaya bahwa ular yang masuk ke rumah ialah jelmaan iblis atau jin.

Jika di dalam rumah tersebut ada wanita hamil, maka jin atau iblis ini menjelma menjadi ular untuk mengganggu janin yang sedang berada dalam kandungan. Tentu saja pemilik rumah harus segera mengusir ular tersebut meskipun ia tidak percaya mengenai mitos ini. Pasalnya, ular yang berbisa bisa mencelakakan wanita hamil di dalam rumah itu.

3. Firasat Buruk

Firasat Buruk

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=417ANPkqMug

Selain dikenal sebagai hewan berbisa yang cukup berbahaya, ular juga sering diibaratkan sebagai sesuatu hal yang negatif. Mitos lain seputar masuknya ular ke rumah ini bisa menjadi firasat akan datangnya hal buruk yang menimpa pemilik rumah. Hal buruk tersebut bisa berupa malapetaka, kehilangan, musibah, penyakit, dan masih banyak lagi.

Mitos tersebut semakin diperkuat dengan pernyataan bahwa ular yang masuk ke rumah pada malam hari sudah tentu merupakan firasat buruk. Apabila ingin berbicara positif, ular yang masuk ke rumah di malam hari tanpa diketahui pemiliknya memang bisa mengakibatkan hal buruk terjadi, misalnya si pemilik rumah dipatok ular saat sedang terlelap.

4. Bakal Kehilangan Orang Terdekat

Bakal Kehilangan Orang Terdekat

* sumber: www.videoblocks.com

Mitos ular masuk ke rumah cukup sering dijadikan pertanda bahwa si pemilik rumah bakal kehilangan orang terdekatnya. Kehilangan yang dimaksud di sini tidak harus selalu meninggal dunia, bisa juga kehilangan dalam arti memang sengaja meninggalkan si pemilik rumah atau harus pergi jauh.

Benar atau tidaknya mitos ini memang tidak bisa dipercaya seratus persen. Kehilangan seseorang sudah merupakan suratan takdir dalam hidup kita. Jadi, masuk atau tidaknya ular ke dalam rumah bisa saja suatu kebetulan.

5. Sedang Disukai Seseorang

Sedang Disukai Seseorang

* sumber: www.oversixty.com.au

Mitos ular masuk ke rumah tidak selalu berhubungan dengan hal-hal yang mengerikan. Pasalnya, ada juga mitos yang bisa membuat hatimu jadi berbunga-bunga. Ular yang masuk ke rumah bisa dianggap sebagai pertanda bahwa ada seseorang yang menyukai si pemilik rumah.

Konon, mitos ini berlaku bagi pria dan wanita yang menghuni rumah tersebut. Nah, kira-kira apakah ada orang yang memang menyukaimu? Sebaiknya kamu tak perlu ambil pusing dengan mitos ini karena jodoh sejatinya telah diatur oleh Yang Maha Kuasa.

6. Terhindar dari Bahaya

Terhindar dari Bahaya

* sumber: www.freebeerandhotwings.com

Kebalikan dengan mitos yang menyebutkan bahwa ular yang masuk ke rumah adalah firasat buruk, ternyata ada juga mitos yang mengatakan bahwa ular yang masuk ke rumah bisa merupakan pertanda bahwa si pemilik rumah akan terhindar dari bahaya.

Bahaya yang dimaksud di sini adalah malapetaka, musibah, kehilangan, dan masih banyak lagi. Meskipun artinya bagus, mitos ini bukan untuk dipercaya, lho. Kamu tetap harus berdoa meminta perlindungan Yang Maha Kuasa jika ingin dihindarkan dari marabahaya.

7. Ada Tamu Tak Diundang

Ada Tamu Tak Diundang

* sumber: blog.ijugaad.com

Yang terakhir adalah mitos yang berkaitan dengan ular berwarna hitam. Konon, jika ada seekor ular berwarna hitam yang masuk ke rumah, maka akan ada tamu tak diundang yang datang ke rumah. Definisi tamu tak diundang ini bisa berupa maling, penjahat, atau orang yang memang tak diinginkan untuk bertandang ke rumah.

Sekali lagi, kamu tidak harus mempercayai mitos ini. Namun, alangkah baiknya kamu berjaga-jaga dan memperhatikan keamanan rumah jika tidak ingin kedatangan tamu tak diundang yang bakal merugikanmu.

Alasan Logis Ular Masuk ke Rumah

Alasan Logis Ular Masuk ke Rumah

* sumber: cronkitenewsonline.com

Kemunculan ular di dalam rumah memang meresahkan. Apalagi mitos-mitos negatif yang beredar membuat pemilik rumah semakin panik dan takut saat menemukan ular masuk ke rumah. Akan tetapi, peristiwa ular masuk ke dalam rumah tak selalu berhubungan dengan mitos.

Ular yang masuk ke rumah bisa disebabkan oleh habitatnya yang rusak karena ulah manusia. Habitat asli ular adalah hutan, rawa, maupun sungai. Jika habitat aslinya rusak, ular akan mencari ‘rumah’ di tempat lain dan bisa saja secara kebetulan rumahmu lah yang disinggahi.

Hewan liar yang berkeliaran di sekitar hunian penduduk bukan cuma ular saja kok. Hampir setiap hewan pasti akan berusaha menemukan tempat tinggal baru jika habitat aslinya rusak atau tercemar.

Hukum Mengusir atau Membunuh Ular

Hukum Mengusir atau Membunuh Ular

* sumber: www.ekurhuleni.gov.za

Ular merupakan hewan yang sangat ditakuti oleh manusia. Meskipun ada jenis ular yang tidak berbisa, tapi kebanyakan orang akan kesulitan membedakan ular yang berbisa dengan yang tidak berbisa. Alhasil, sekali masuk ke dalam rumah, maka ular tersebut akan berusaha diusir atau dibunuh. Lantas, apakah sebenarnya kita diperbolehkan untuk mengusir dan membunuh ular?

Rasulullah SAW bersabda untuk memberikan peringatan sebanyak tiga kali ketika kamu mendapati ular masuk ke dalam rumah. Beri kesempatan agar ular tersebut pergi. Namun, jika sudah diberi peringatan sebanyak tiga kali tapi ular tidak kunjung pergi, maka kamu bisa membunuh ular tersebut  lantaran  bisa saja ular itu merupakan jelmaan setan.

Mengapa tidak boleh langsung dibunuh? Karena bisa saja itu merupakan jelmaan jin yang sudah memeluk agama Islam. Jadi, alangkah lebih baik diberi peringatan terlebih dahulu sebelum langsung membunuhnya. Kunjungi juga artikel cara mengusir ular dari rumah ini jika kamu mencari cara tepat untuk menyingkirkan hewan ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar