Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / 5 Mitos Pohon Beringin yang Menyeramkan dan Bikin Ngeri

5 Mitos Pohon Beringin yang Menyeramkan dan Bikin Ngeri

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 November 2018

Pohon beringin selalu nampak memberikan keteduhan di siang hari. Tipikal pohonnya yang rimbun dan dipenuhi dedaunan membuat kita merasa sejuk saat berlindung di bawah pohon beringin dari sengatan sinar matahari. Sayangnya, di balik keteduhan pohon beringin ternyata pohon ini memiliki sejumlah mitos. Bahkan, beberapa di antara mitos tersebut mengandung hal-hal mistis yang bikin merinding.

Tak hanya menawarkan kesan teduh, ternyata pohon beringin juga memiliki sisi angker tersendiri. Pohonnya yang terlihat besar dan kekar semakin terlihat mengerikan dengan adanya akar-akar pohon yang menjuntai ke tanah. Penampilannya yang sedikit horor ini membuat pohon beringin semakin dicap sebagai tempat tinggal makhluk astral bagi sebagian orang.

5 Mitos Pohon Beringin

1. Tempat Tinggal Makhluk Halus

Mitos Pohon Beringin

* sumber: m.kwikku.com

Kita semua tahu mengenai mitos tentang pohon-pohon besar yang merupakan tempat tinggal bagi makhluk halus. Konon, makhluk halus memang suka tinggal di pohon besar dan rimbun seperti pohon beringin ini.

Mitos pohon beringin sebagai tempat tinggal favorit bagi makhluk-makhluk tak kasat mata ini masih dipercaya oleh masyarakat modern. Banyak yang percaya bahwa segala jenis makhluk tak kasat mata senang mendiami pohon tersebut.

Di antara sejumlah makhluk tak kasat mata yang dipercaya tinggal di pohon beringin, ada satu makhluk yang diklaim selalu menduduki pohon tersebut, yakni genderuwo. Jin yang sering digambarkan dengan perawakan besar dan tubuhnya dipenuhi bulu ini memilih pohon beringin sebagai tempat tinggalnya.

Walaupun belum tentu kebenarannya, banyak masyarakat yang enggan bersantai atau duduk di bawah pohon beringin di malam hari. Mereka takut jika melihat penampakan genderuwo atau makhluk astral lain penghuni pohon beringin tersebut.

2. Larangan Buang Air Kecil di Pohon Beringin

Larangan Buang Air Kecil di Pohon Beringin

Mitos pohon beringin yang satu ini masih berkaitan dengan mitos pohon tersebut yang merupakan hunian bagi makhluk halus. Masyarakat percaya bilamana ada orang yang buang air kecil di bawah pohon beringin, maka makhluk halus penghuni pohon tersebut akan marah dan merasa tidak terima.

Alhasil, orang tersebut bisa terkena sawan, penyakit aneh yang tidak bisa disembuhkan oleh dokter. Sawan ini sering digambarkan dengan kondisi badan demam dan meriang layaknya seorang yang sedang sakit flu. Akan tetapi, penyakit ini tidak bisa sembuh hanya dengan minum obat.

Memang tidak semua orang mengalami hal seperti ini. Namun, mitos ini tercipta untuk mengajarkan agar tidak buang air kecil sembarangan. Coba bayangkan jika ada ular atau hewan buas lain di pohon beringin tempat Anda buang air kecil, pasti akan jadi berabe, bukan? Jadi, alangkah lebih baik jika kita mencari WC umum untuk buang air kecil, bukan di bawah pohon beringin.

3. Tidak Boleh Ditebang

Tidak Boleh Ditebang

Anda pasti pernah melihat atau mendengar pohon beringin yang usianya ratusan tahun, kan? Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa pohon beringin bisa memiliki usia ratusan tahun? Bahkan, terkadang pohon beringin bisa tumbuh di mana saja tanpa ada yang menebangnya.

Usia pohon beringin yang dapat mencapai ratusan tahun nampaknya tidak lepas dari mitos pohon beringin yang berikut ini. Ya, ada mitos yang mengatakan bahwa pohon beringin tidak boleh ditebang, tepatnya ada larangan untuk menebang pohon beringin tanpa melakukan ritual tertentu.

Menurut nenek moyang, jika ada orang yang nekat menebang pohon beringin tanpa melakukan ritual tertentu, maka orang tersebut akan tertimpa musibah. Mitos ini masih dipercaya sampai saat ini. Itulah sebabnya mengapa ada banyak pohon beringin yang tumbuh di tempat-tempat yang tidak seharusnya. Pasalnya, banyak orang yang tidak berani menebang lantaran takut terkena musibah.

4. Dilarang Bergelantungan di Akar Pohon Beringin

Dilarang Bergelantungan di Akar Pohon Beringin

* sumber: hindualukta.blogspot.com

Beringin adalah pohon yang terkenal dengan akar-akarnya yang kokoh dan menjuntai ke tanah. Penampakan akar-akar pohon beringin ini terkadang semakin menambah kesan angker dan keramat dari pohon tersebut.

Ada sebuah mitos pohon beringin yang berhubungan dengan akar-akarnya. Konon, kita tidak diperkenankan untuk bergelantungan di akar-akar pohon beringin. Pasalnya, orang yang nekat bergelantungan di akar pohon beringin hidupnya akan terus bergantung pada orang lain alias tidak bisa mandiri.

Jadi, kalau suatu saat Anda melihat pohon beringin dengan akar-akarnya yang tampak menjuntai ke tanah, sebaiknya urungkan niat Anda untuk mencoba bergelantungan di sana layaknya seorang Tarzan. Terlepas dari mitos pohon beringin yang beredar, memang nampak tidak pantas jika kita mencoba bergelantungan di pohon. Di samping itu, perilaku seperti ini dapat merusak pohon beringin itu.

5. Dapat Mendatangkan Jodoh

Beringin Kembar Alun-alun Kidul

* sumber: hello-pet.com

Berbicara mengenai mitos pohon beringin rasanya tidak afdol jika kita tidak membahas seputar pohon beringin yang cukup terkenal di Indonesia. Ada sepasang pohon beringin yang terletak di Alun-alun Kidul Yogyakarta. Pohon beringin kembar ini selalu menjadi jujugan bagi wisatawan yang datang ke alun-alun tersebut.

Ada sebuah mitos yang beredar mengenai pohon beringin kembar ini. Konon, orang yang yang dapat melakukan tradisi “Masangin” di pohon beringin kembar ini, maka ia dapat meminta permohonan. Banyak yang percaya bahwa permohonan tersebut akan terkabul, apalagi jika permohonan yang dipanjatkan berurusan dengan jodoh.

Untuk informasi, “Masangin” adalah tradisi melewati dua pohon beringin di Alun-alun Kidul dengan mata tertutup. Jika orang tersebut berhasil melakukan tradisi ini tanpa dibantu orang lain, konon permohonannya akan terkabul.

Tentu saja kebenaran seputar pohon beringin yang dapat mendatangkan jodoh ini belum terbukti kebenarannya. Jodoh dan segala hal yang terjadi dalam hidup Anda sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Terlepas dari percaya atau tidaknya Anda dengan mitos pohon beringin kembar di Alun-alun Kidul, pohon ini adalah spot wajib untuk berfoto ketika Anda berkunjung ke sana. Jadi, jangan lupa untuk berfoto dengan background pohon beringin kembar, ya!

Mitos Pohon Beringin: Harus Percaya atau Tidak?

Mitos Pohon Beringin Harus Percaya atau Tidak

* sumber: www.kompasiana.com

Kebanyakan nenek moyang pada zaman dahulu menyampaikan suatu nasihat atau larangan melalui mitos. Misalnya, ada mitos mengenai anak gadis tidak boleh duduk atau berdiri di tengah pintu jika tidak ingin lambat mendapat jodoh. Jika kita mencerna dari sisi positif, duduk, atau berdiri di tengah pintu memang dapat mengganggu orang yang ingin keluar dan masuk. Jadi, mitos ini sebenarnya dibuat untuk menyampaikan nasihat agar kita lebih beretika.

Sama halnya dengan mitos pohon beringin yang sampai saat ini masih dipercaya. Mitos pohon beringin yang digadang-gadang sebagai tempat tinggal makhluk astral ini seperti memberi kita nasihat agar tidak nongkrong di bawah pohon beringin saat malam hari. Selain tidak bermanfaat, kita juga bisa terkena sejumlah penyakit jika berada di bawah pohon saat malam hari. Pasalnya, pohon akan mengeluarkan gas karbon dioksida pada malam hari.

Nah, apakah Anda harus percaya dengan mitos pohon beringin yang selama ini beredar di Indonesia? Semua kembali lagi kepada diri Anda sendiri. Anda memiliki hak untuk percaya atau menganggap mitos ini sebagai nasihat belaka. Bacaterus menyarankan Anda untuk lebih bijaksana dalam memilah suatu hal untuk dipercaya atau tidak.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment