bacaterus web banner retina

Yuk, Ketahui Makna di Balik Mitos Laron Masuk Rumah!

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 11 Agustus 2021

Umumnya setiap daerah memiliki kepercayaan tersendiri yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Kepercayaan itu bisa bermacam-macam bentuknya. Ada yang berupa cerita, hingga tradisi. Biasanya kepercayaan itu terbentuk dari kebiasaan penduduk setempat yang perlahan tersebar dari mulut ke mulut, dan akhirnya dilakukan juga dianut oleh semua orang.

Bahkan, tak jarang hal-hal yang diyakini itu awalnya hanya sebatas imajinasi orang saja. Tetapi, karena sering kali dibicarakan maka imajinasi tersebut seperti menjadi nyata. Namun, ada pula orang yang meyakini suatu mitos karena kemampuan khusus yang dimiliki, atau berawal dari kisah para leluhur lalu dipercaya hingga turun temurun.

Contoh yang paling sering kita dengar salah satunya Putri Duyung. Karakter makhluk air laut yang dapat berubah menjadi seorang putri (manusia) ini dulunya hanya sebatas buah pemikiran orang, tapi 'dipercaya' di seluruh penjuru dunia dengan cerita versinya masing-masing.

Yuk, Ketahui Makna di Balik Mitos Laron Masuk Rumah! 1

Kamu tentu tidak asing juga dengan Unicorn, Phoenix, Kraken, dan Cyclops. Beberapa nama itu merupakan hewan-hewan yang diyakini oleh mayoritas orang kalau mereka nyata. Mereka berasal dari mitologi Eropa sejak masa Yunani dan Romawi. Nyatanya, hingga saat ini, tidak pernah ada yang menemukan sosok nyata dari Putri Duyung maupun Unicorn dan sebagainya.

Itu tandanya hewan-hewan atau karakter yang banyak diyakini ini tidak nyata. Mungkin saja mereka terbentuk akibat banyaknya orang yang percaya akan sosok mereka. Dan, memang, mitos dan makhluk mitologi seperti ini sangat menarik jika dibicarakan. Beberapa mitos juga ada untuk menakut-nakuti atau memberi petuah pada anak-anak muda.

Jika contoh-contoh mitos tadi berasal dari benua lain, di Asia juga dipenuhi beragam cerita dan kepercayaan daerah setempat. Terlebih di Indonesia yang kaya akan budaya, tentu hal-hal seperti ini sudah tak asing lagi. Bahkah, sangat melekat pada kepercayaan masyarakat kita.

Di Indonesia, kepercayaan tersebut terbagi menjadi beberapa macam, mulai dari legenda, mitos, sampai kepercayaan. Nah, kalau ditarik benang merahnya, bahasan di atas lebih mengarah pada mitos. Mitos tidak serta merta terbentuk begitu saja, melainkan terkait dengan kebiasaan warga setiap harinya.

Sejak dahulu kala, para leluhur di setiap daerah di Indonesia sering kali mengaitkan suatu hal entah itu kejadian buruk atau baik dengan suatu pertanda tertentu, salah satunya adalah melalui gelagat atau kemunculan hewan. Selain hewan, sebagian orang juga menyimpan kepercayaan tersendiri pada benda mati atau makhluk hidup yang lain seperti tumbuhan.

Dipercaya, jika hewan memasuki rumah itu tandanya akan terjadi suatu hal yang akan menimpa penghuninya. Uniknya lagi, kepercayaan itu masih dipercaya banyak orang hingga sekarang. Umumnya, penduduk asli Jawa banyak yang meyakini jika hewan masuk ke dalam rumah, maka hanya ada dua pilihan: antara membawa keberuntungan atau malapetaka.

Setiap hewan memiliki makna yang berbeda, salah satunya yang akan Bacaterus bahas kali ini adalah laron. Penasaran ada mitos apa di balik keberadaan laron yang masuk ke rumah? Mari baca cerita ini sampai habis.

1. Pertanda Datangnya Harta Berlimpah

Yuk, Ketahui Makna di Balik Mitos Laron Masuk Rumah! 3

Jika di Eropa, lebih tepatnya di Trinidad, Brazil, orang-orang setempat percaya serangga membawa kabar baik. Jika serangga itu jangkrik, maka rumah atau orang yang didatangi hewan tersebut akan menerima keberuntungan. Kalau itu kupu-kupu yang mendatangi, maka orang itu akan sukses dalam karir maupun bisnis.

Sedangkan, serangga berwarna coklat seperti laron, belalang, dan serangga sejenisnya maka rumah atau orang yang dikunjungi akan mendapat limpahan harta dalam waktu dekat. Hal ini dipercaya juga oleh orang Indonesia bahwa laron katanya menjadi pertanda sang pemilik rumah akan mendapatkan harta.

2. Pertanda Lancarnya Rezeki, Kehidupan, dan Karir

Yuk, Ketahui Makna di Balik Mitos Laron Masuk Rumah! 5

* sumber: m.klikdokter.com

Kepercayaan banyak orang di Indonesia, kalau laron si hewan yang sering kali muncul pada musim hujan ini juga dipercaya sebagai pertanda datangnya kabar baik. Kalau menemukan laron yang masuk ke dalam rumah, apalagi ke kamar tidur, maka penghuni rumah atau kamar tersebut akan memperoleh banyak rezeki. Selain itu juga, kehidupan penghuni rumah tersebut akan dipermudah juga akan dihormati oleh banyak orang.

Namun, jika laron yang kamu temui membuat gerombolan yang tampak seperti kuburan, maka diyakini keturunan dari orang tersebut entah anak ataupun cucu akan memiliki kehidupan yang lebih baik dan mendapat pangkat. Ternyata bukan hal yang seram-seram, walaupun kerumunan laronnya berbentuk 'kuburan', ya.

3. Pertanda Ikan Melimpah & Berakhirnya Musim Hujan

Yuk, Ketahui Makna di Balik Mitos Laron Masuk Rumah! 7

* sumber: thexandria.com

Ada pula sebagian orang yang meyakini jika mereka menemukan laron dengan jumlah yang banyak di dalam rumah atau di manapun juga, itu pertanda kalau ikan di laut sedang melimpah. Dan, mitos terakhir yang berkaitan dengan laron adalah pertanda bahwa musim hujan akan segera berakhir.


Baca juga:

Yang ini agak masuk akal, sih. Soalnya, mitos itu muncul seiring keberadaan laron yang memang kerap muncul ketika malam hari saat musim hujan berlangsung. Apakah kamu percaya dengan mitos-mitos seputar laron di atas? Mana mitos yang lebih kamu percaya di antara ketiganya?

Fakta Menarik Tentang Laron

Yuk, Ketahui Makna di Balik Mitos Laron Masuk Rumah! 9

* sumber: www.klikdokter.com

Begitulah kepercayaan warga setempat dengan keberadaan laron, namun apakah kamu tahu seperti apa laron itu? Serangga yang sering kali dianggap mengganggu oleh manusia. Karena tingkahnya yang sering kali terbang ke sana kemari, laron dikenal juga sebagai rayap atau anai-anai. Ya, namanya berubah sesuai dengan bentuk tubuhnya.

Saat masih muda dan belum dilengkapi sayap, serangga ini dijuluki rayap. Tetapi, ketika sudah dewasa dan memiliki sayap, serangga ini disebut laron. Saat menjadi laron, serangga tersebut kerap kali muncul ketika musim hujan dan cenderung banyak ditemui saat malam hari.

Laron hanya terdiri dari tubuh yang lunak. Jika diperhatikan, bentuk badannya serupa dengan semut terbang namun dalam versi yang lebih besar. Laron sering kali berterbangan dan mengelilingi lampu atau tempat terang lainnya, demi mencari kehangatan dan mencari pasangan sebelum akhirnya membentuk koloni baru. Itulah mengapa laron sering ditemukan dalam jumlah yang sangat banyak.

orang-orang biasa mengusir para laron dengan menaruh kubangan air atau mematikan lampu. Namun , karena jumlah mereka yang sering kali keroyokan alias banyak banget, lantai rumah yang dimasuki laron seringkali kotor akibat sayap-sayapnya yang rontok. Bagi kebanyakan orang, ini adalah sesuatu yang menjengkelkan.

Tapi, tahukah kamu di balik semua itu tersimpan fakta kalau ternyata laron hanya dapat hidup selama satu malam saja? Jika mereka tidak menemukan pasangan dan koloninya, sayap mereka akan patah dan mereka pun akan mati. Itulah fakta menyedihkan yang menyebabkan kondisi rumahmu pada pagi hari jadi kotor setelah semalaman dikelilingi laron. Selain karena sayapnya yang rontok, laron juga bisa mati karena menjadi buruan predator seperti cicak.

Tak hanya laron, ada banyak hewan lain juga yang dipercaya dengan mitos-mitosnya saat ditemukan masuk ke dalam rumah, salah satunya ular sebagai pertanda bencana, fitnah ataupun janji yang tak terpenuhi. Begitu halnya kelelawar maupun kumbang. Lalu, ada juga burung hantu yang dipercaya membawa pertanda kematian.

Sebab, orang Indonesia dahulu kala meyakini jika adanya hewan masuk ke area tinggal manusia, tentu bukan tanpa arti. Melainkan, mereka memberi petunjuk dan pertanda bagi manusia di sekitarnya agar lebih berhati-hati dalam menjalani hidup. Terlepas dari semua itu, kembali lagi pada diri masing-masing mau percaya atau tidak pada mitos tersebut dan alangkah lebih baik jika bisa menghargai kepercayaan orang lain.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram