Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Januari 2019

Apakah kamu termasuk yang percaya dengan mitos kucing hitam? Kucing hitam selalu dikait-kaitkan dengan beberapa kejadian yang tidak menyenangkan bahkan cenderung menyeramkan. Kucing hitam selalu dianggap pertanda kesialan akan menimpa seseorang. Contohnya, ketika kucing hitam lewat, kita dilarang melangkahi jalan yang sudah dilewati oleh kucing hitam supaya tidak celaka.

Ternyata mitos kucing hitam itu tidak hanya ada di Indonesia. Di negara lain pun kucing hitam memiliki reputasi yang kurang baik. Kucing hitam dihubung-hubungkan dengan ilmu hitam dan ilmu sihir. Apakah mitos tersebut benar? Sampai saat ini cerita-cerita itu masih sebatas mitos belaka. Bacaterus akan mengungkap mitos baik dan buruk seputar kucing hitam.

Awal Mula Kemunculan Mitos Kucing Hitam

Awal Mula Kemunculan Mitos Kucing Hitam

* sumber: exemplore.com

Selama berabad-abad Kucing hitam memiliki peranan penting dalam cerita rakyat, takhayul, dan mitologi. Di abad pertengahan, kucing hitam dipercaya sebagai reinkarnasi dari penyihir yang atau keluarga penyihir. Kucing hitam juga dipercaya sebagai roh berbentuk binatang atau iblis yang dianggap melayani penyihir atau penyihir sebagai mata-mata dan teman.

Pada abad pertengahan, banyak orang yang percaya bahwa kucing hitam itu berhubungan dengan kejahatan. Orang-orang pada saat itu beranggapan bahwa kucing hitam adalah pelayan penyihir, atau bahkan kucing hitam itu adalah penyihir itu sendiri. Hal ini dikarenakan di jaman pertengahan kucing aktif dan berkeliaran di malam hari.

Menurut cerita rakyat ini, jika seorang penyihir menjadi seorang manusia maka kucing hitam tersebut tak akan lagi tinggal di rumah si penyihir.

Beberapa kepercayaan lain menyebutkan bahwa kucing hitam merupakan penjelmaan dari seorang penyihir yang sedang menyamar atau penyihir yang dilahirkan kembali. Sebagian lain percaya bahwa kucing hitam adalah anggota keluarga atau kerabat dekat si penyihir. Tetapi tidak semua anggota keluarga adalah kucing hitam, ada juga kucing warna lain bahkan hewan lain seperti  babi atau babi.

Yang membuat aneh adalah takhayul lama ini masih hidup sampai hari ini, contohnya, Halloween, mitologi dan cerita-cerita tentang kucing hitam masih sangat terkenal.

15 Mitos Kucing Hitam

Nah, kalau kamu penasaran apa saja mitos mengenai kucing hitam, simak beberapa gabungan mitos mengenai kucing hitam dari seluruh dunia.

1. Larangan Melangkahi Jalan yang Dilalui Kucing Hitam

Larangan Melangkahi Jalan yang Dilalui Kucing Hitam

* sumber: www.rd.com

Mitos di Indonesia menyebutkan bahwa orang dilarang melangkahi jalan yang sudah dilewati oleh kucing hitam karena hal itu bisa membuat seseorang terkena celaka atau sial. Maka terkadang orang selalu menghindar jika melihat kucing sedang berjalan. Mereka akan mencari jalan lain agar tak harus melewati jalan yang sudah dilalui oleh kucing.

2. Mayat Bangkit Setelah Dilangkahi Kucing Hitam

Mayat Bangkit Setelah Dilangkahi Kucing Hitam

* sumber: www.reddit.com

Jangan biarkan kucing hitam untuk melangkahi mayat karena jika dilangkahi, mayat tadi akan bangkit lagi kemudian roh akan dikuasai oleh roh jahat yang ada di dalam kucing. Jika ada hewan berbulu hitam itu terlihat berkeliaran di sekitar mayat, orang-orang akan segera mengusirnya.

3. Kesialan Setelah Menabrak Kucing Hitam

Kesialan Setelah Menabrak Kucing Hitam

* sumber: www.flickr.com

Hati-hati jika kamu menabrak kucing hitam dan kucing tersebut mati karena menurut mitos kamu akan ditimpa kemalangan atau nasib sial. Tapi kamu akan terhindar dari nasib buruk itu jika kamu langsung menguburkannya. Sebenarnya tak hanya kucing hitam saja, mitos ini berlaku juga untuk semua kucing. Jika kita menabrak kucing hingga mati, orang percaya kita akan seperti terkena kutukan dan hidupnya akan jauh dari keberuntungan.

4. Melarat Setelah Memukul Kucing Hitam

Melarat Setelah Memukul Kucing Hitam

* sumber: www.gofundme.com

Jika seseorang memukul kucing hitam dan kucing tersebut luka, maka orang yang memukul tadi juga keluarganya akan susah mendapat rezeki setidaknya dalam kurun waktu dua tahun. Tak heran, jika kucing hitam jarang diusik karena orang-orang takut terkena tulah dari kucing hitam tersebut

5. Keberuntungan dari Kucing Hitam Tak Bertuan

Keberuntungan dari Kucing Hitam Tak Bertuan

Mitos baik tentang kucing hitam yang bisa membuat orang senang adalah adanya kepercayaan yang menyebutkan bahwa jika ada kucing hitam tak bertuan tiba-tiba menjadi betah tinggal di rumah seseorang, maka orang yang rumahnya ditinggali oleh kucing tersebut akan mendapatkan keberuntungan.

6. Melihat Kucing Hitam Bisa Sial

Melihat Kucing Hitam Bisa Sial

* sumber: en.wiktionary.org

Orang-orang di Rusia percaya bahwa jika melintas kucing hitam di depannya mereka, maka orang itu tak boleh melewati jalan yang dilalui kucing itu. Mereka diharuskan untuk berjalan berputar arah sambil memegangi kancing baju yang sedang dikenakan. Tujuannya agar tak terkena kesialan.

7. Mimpi Kucing Hitam

Mimpi Kucing Hitam

* sumber: content.tailster.com

Pernahkah kamu mimpi tentang kucing hitam. Ternyata di dunia barat mimpi tentang kucing hitam akan membawa keberuntungan. Melihat kucing hitam dalam mimpi mengindikasikan bahwa kamu mengalami ketakutan untuk menggunakan kemampuan cenayangmu dan mempercayai

8. Penanda Kematian

Penanda Kematian

* sumber: usyaka.wordpress.com

Di Italia dan Jerman, kucing hitam bisa menjadi penanda kematian. Jika ada kucing hitam yang melompat ke kasur orang yang sedang sakit maka itu pertanda bahwa orang yang sakit itu tidak akan berumur lama.

9. Kucing Hitam Berambut Putih Pembawa Keberuntungan

Kucing Hitam Berambut Putih Pembawa Keberuntungan

* sumber: animal-jam-clans.wikia.com

Pernahkah kamu melihat rambut putih di tubuh kucing hitam? Ternyata itu pertanda baik. Jika kamu melihat ada rambut atau bulu putih pada kucing hitam, kamu akan mendapatkan keberuntungan. Itu hal yang bagus bukan? Coba ingat-ingat kembali, apakah kamu pernah mengalami hal tersebut.

10. Dilarang Mengusir Kucing Hitam

Dilarang Mengusir Kucing Hitam

* sumber: www.pond5.com

Jangan usir kucing hitam yang datang ke rumah. Menurut mitos orang Skotlandia, jika rumah seseorang kedatangan kucing hitam, itu pertanda rumah tersebut akan dilimpahi dengan kemakmuran.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .