Bacaterus / Kelelawar / 5 Mitos Kelelawar Masuk Rumah yang Beredar di Masyarakat

5 Mitos Kelelawar Masuk Rumah yang Beredar di Masyarakat

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi sebagian orang kelelawar memang terlihat menakutkan. Hal tersebut cukup beralasan mengingat karakteristik hewan yang satu ini sepintas memang sangat menyeramkan.

Selain dianggap sebagai hewan liar yang berbahaya, di Indonesia sendiri hewan nokturnal ini sering dikaitkan dengan berbagai mitos yang menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah kelelawar masuk ke dalam rumah.

Apa sebenarnya yang akan terjadi bila hewan ini sampai masuk ke dalam rumah? Nah, bila kamu ingin mengetahui lebih jauh tentang hal tersebut, kali ini Bacaterus telah merangkum 5 mitos kelelawar masuk rumah yang beredar di masyarakat.

1. Pertanda Buruk Bagi Pemilik Rumah

Kelelawar Terbang

* sumber: media.skyegrid.id

Kelelawar adalah salah satu spesies mamalia dari ordo Chiroptera. Keberadaan hewan yang dikenal memiliki penglihatan buruk ini memang cukup menarik. Selain mempunyai kebiasaan hidup yang unik, masyarakat kerap mengaitkan keberadaan hewan ini dengan hal-hal berbau supranatural.

Kelelawar sendiri diketahui memiliki ribuan jenis spesies yang tersebar di berbagai belahan dunia. Sebagian besar hewan yang berburu pada malam hari ini tinggal di gua yang gelap dan juga lembab.

Di Indonesia sendiri, hewan yang suka bergantung terjungkir pada langit-langit gua dan pohon ini memiliki berbagai mitos unik. Salah satunya seperti yang berkembang di tengah masyarakat Sunda, Jawa Barat. Mereka percaya bahwa kelelawar yang masuk dan terbang di dalam rumah merupakan sebuah pertanda buruk bagi pemilik rumah.

Menurut kepercayaan setempat, konon bila itu terjadi, si pemilik rumah akan tertimpa berbagai kesialan. Mitos tersebut muncul karena masyarakat sendiri percaya bahwa hewan yang kerap dipanggil kalong dalam bahasa Sunda ini merupakan jelmaan dari makhluk gaib.

Semakin banyak kelelawar yang masuk ke dalam rumah, konon menandakan semakin besar pula kesialan yang akan dialami oleh si pemilik rumah. Jadi, bagaimana menurut kamu tentang mitos yang satu ini? Apa kamu percaya?

2. Pembawa Malapetaka

Kelelawar Terbang Berkelompok

* sumber: m.klikdokter.com

Keberadaan mamalia yang satu ini memang cukup menarik. Kelelawar sendiri diketahui merupakan salah satu jenis mamalia yang mempunyai kemampuan untuk terbang secara terus menerus.

Hewan ini sendiri kerap dibandingkan dengan beberapa jenis hewan lain seperti tikus, bajing, dan tupai karena karakteristik fisik yang memiliki kemiripan. Meskipun demikian, hewan-hewan tersebut memang berbeda satu sama lain.

Selain itu kelelawar juga merupakan salah satu jenis mamalia liar yang memiliki jumlah virus zoonosis yang jauh lebih tinggi dibanding hewan lain. Hal ini pula yang membuat makhluk ini cukup menakutkan bagi sebagian orang.

Nah, senada dengan kepercayaan masyarakat yang ada di Jawa Barat, masyarakat Tionghoa sendiri percaya bila ada kelelawar yang masuk ke dalam rumah merupakan sebuah pertanda datangnya malapetaka bagi si pemilik rumah.

Mereka sendiri percaya bahwa hewan yang kerap dijadikan kuliner ekstrim ini adalah hewan pembawa malapetaka. Kedatangannya sendiri dianggap dapat membawa penyakit turun temurun, terhambatnya rezeki, sulitnya mendapat jodoh, bencana alam, sampai kematian mendadak bagi anggota keluarga.

Selain itu, hewan tersebut juga dipercaya membuat pemilik rumah tidak betah tinggal di dalam rumah tersebut serta merasakan perasaan bersalah meskipun kelelawar tersebut telah keluar dari rumah. Mengerikan, ya!

3. Pertanda Sebuah Keberuntungan

Kelelawar Menggantung

* sumber: voi.id

Kelelawar dikenal sebagai hewan dengan kemampuan unik. Hal tersebut yang akhirnya membuat para peneliti tertarik untuk mempelajari hewan ini lebih dalam. Hewan yang suka menghabiskan waktu siangnya dengan tidur ini diketahui memiliki cara bertahan hidup yang mengagumkan.

Mereka sendiri disebut-sebut mampu hidup di suhu ruangan yang memiliki kelembaban cukup tinggi. Meskipun kelelawar memiliki penglihatan yang buruk, namun mereka memiliki kemampuan terbang yang luar biasa. Mereka sendiri menggunakan gelombang ultrasonik untuk mengetahui kondisi alam sekitar pada saat terbang untuk berburu mangsa.

Nah, berbicara mengenai kebiasaan terbang. Masyarakat Pulau Jawa sendiri memiliki mitos yang tak kalah menarik. Berbeda dengan kepercayaan yang telah dibahas sebelumnya, mereka memiliki kepercayaan bahwa kelelawar yang masuk ke dalam rumah merupakan sebuah pertanda keberuntungan.

Hal tersebut berdasarkan kepercayaan masyarakat pada kitab Primbon. Menurut kitab tersebut, kedatangan kelelawar di dalam rumah dapat pembawa rezeki bagi si pemilik rumah. Cara terbang kelelawar tersebut pun bisa menjadi petunjuk lain.

Kelelawar yang terbang mengitari ruangan searah dengan jarum jam menandakan rezeki yang akan didapat oleh pemilik rumah akan datang dalam waktu dekat. Sementara bila kelelawar terbang berlawanan arah dengan jarum jam, maka rezeki yang akan diperoleh penghuni rumah akan datang dalam waktu lama.

Selain itu ukuran kelelawar yang masuk ke dalam rumah pun bisa menjadi patokan besar kecilnya rezeki yang akan di dapat oleh si pemilik rumah.

4. Rumah Memiliki Aura Negatif

Kelelawar Menggantung di Pohon

* sumber: tirto.id

Mitos tentang kelelawar masuk rumah juga dipercaya oleh masyarakat Hindu, khususnya masyarakat yang ada di Bali. Menurut kepercayaan mereka, kedatangan makhluk yang diketahui mampu terbang 100 kilometer per hari ini sering dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis.

Menurut mereka, kelelawar adalah hewan yang memiliki aura negatif. Hal tersebut karena habitat mereka yang sebagian besar hidup di dalam ruangan gelap, dingin, bahkan terkesan angker dan menakutkan. Masyarakat Tanah Air sendiri memang memiliki kepercayaan bahwa tempat yang terkesan angker dan jarang ditempati sering dikaitkan dengan makhluk-makhluk gaib yang memiliki aura negatif.

Nah, masyarakat Hindu sendiri percaya bahwa kedatangan kelelawar ke sebuah rumah bisa jadi karena rumah tersebut memiliki aura negatif yang akhirnya memancing kelelawar untuk masuk ke dalamnya. Bila hal itu sampai terjadi, masyarakat yang ada di Bali biasanya melakukan ritual pembersihan untuk menghilangkan aura negatif setelah dihinggapi kelelawar tersebut.

Hal-hal yang biasa dilakukan masyarakat seperti menebang pohon rindang yang dianggap angker, merubah cat yang ada pada dinding rumah, dan membersihkan sampah yang berserakan dengan cara membakarnya. Hal tersebut dipercaya dapat merubah aura negatif yang ada pada rumah. Nah, kira-kira bagaimana pendapatmu tentang hal ini?

5. Jelmaan Vampir Penghisap Darah

Muka Kelelawar

* sumber: www.mongabay.co.id

Bila masyarakat Tanah Air sering kali mengaitkan kehadiran kelelawar di rumah sebagai sebuah pertanda akan terjadinya peristiwa atau kejadian yang mungkin dialami si pemilik rumah, maka masyarakat Eropa di zaman dulu percaya bahwa kelelawar adalah bentuk jelmaan dari makhluk supranatural seperti vampir yang akan menghisap darah si pemilik rumah.

Mereka percaya bahwa makhluk penghisap darah tersebut melakukan perubahan wujud menjadi kelelawar agar tidak diketahui keberadaanya oleh manusia. Konon masyarakat Eropa kuno sendiri percaya bila kelelawar terbang mengitari sebuah desa, maka itu artinya makhluk tersebut sedang memburu calon korbannya.

Nah, untuk mencegah hal tersebut masyarakat Eropa sendiri kerap menggunakan bawang putih untuk mengusir kelelawar yang masuk ke dalam rumah. Mereka percaya bahwa bawang merupakan sesuatu yang paling dibenci oleh makhluk tersebut.

Kepercayaan tentang makhluk penghisap darah inilah yang pada akhirnya sering menjadi inspirasi bagi para sineas film untuk mengangkat kisahnya dalam sebuah cerita horor.

Nah, itulah 5 mitos kelelawar masuk rumah yang beredar di masyarakat Indonesia dan dunia. Keberadaan sebuah mitos memang tak akan pernah hilang selama masih ada masyarakat yang mempercayai. Meskipun demikian, bersikap bijak dalam menyikapi berbagai mitos yang ada merupakan langkah yang tepat. Ketahui juga informasi mengenai cara mengusir kelelawar dengan mudah dari dalam rumah di Bacaterus.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *