Bacaterus / Binatang / Mitos Kaki Seribu yang Bisa Membuat Orang Susah Tidur

Mitos Kaki Seribu yang Bisa Membuat Orang Susah Tidur

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kaki seribu merupakan hewan kecil yang terlihat menyeramkan dan sangat ditakuti oleh sebagian masyarakat. Kehadiran makhluk yang satu ini kerap membuat orang yang melihatnya merinding. Selain karena bentuknya yang mengerikan, hewan ini juga kerap dihubungkan dengan segala sesuatu yang berbau mistik.

Mitos tentang hewan memang sering kita temukan tidak hanya di tengah masyarakat Indonesia tapi juga hampir di sebagian negara yang ada di dunia. Kehadirannya sendiri tak lepas dari kepercayaan nenek moyang yang di wariskan turun temurun lintas generasi.

Meskipun hal tersebut belum tentu kebenarannya, namun hal tersebut masih saja dipercayai oleh sebagian masyarakat. Nah, kamu tentu penasaran dengan mitos tentang hewan yang satu ini. Biar tidak menunggu lama, kali ini Bacaterus telah merangkum tentang mitos kaki seribu yang bisa membuat orang susah tidur. Seperti apa pemaparannya? Yuk, kita simak!

Hewan yang Memiliki Banyak Kaki

Hewan yang Memiliki Banyak Kaki

Kaki seribu merupakan hewan artropoda yang termasuk ke dalam kelas diplopoda. Hewan yang dikenakan juga dengan nama dikenal dengan nama millipede ini miliki dua pasang kaki per segmen. Kaki seribu termasuk dalam jenis hewan yang tidak bertulang belakang. Hewan ini berhabitat di tempat atau hutan yang lembab serta memiliki uap air yang cukup banyak untuk bertahan hidup.

Hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur serta mampu melakukan perkawinan hingga berulang kali. Hewan betina mampu bertelur sebanyak 1.200-2.000 butir. Beberapa spesies diketahui akan mati setelah melahirkan telur-telurnya.

Kaki seribu sendiri bertahan hidup dengan mengkonsumsi sisa tumbuhan yang membusuk. Akan tetapi beberapa spesies tertentu juga diketahui sebagai karnivora. Dimana ia akan memangsa hewan buruannya,  kemudian hewan tersebut mengekstrak nutrisi yang terkandung dalam buruannya tersebut  dan mengeluarkan kembali sisa-sisa makanan yang tidak bisa dicerna dalam tubuhnya.

Kaki Seribu Kaki Terbanyak

Kaki Seribu Kaki Terbanyak

Kaki seribu sendiri memiliki ciri khas berbentuk silinder dengan jumlah segmen sekitar 25-100. Setiap segmennya hanya mempunyai sepasang kaki dan setiap abdomen mempunyai lima pasang kaki dan dua pasang spirakel. Kaki seribu yang umumnya ditemukan diketahui memiliki 100-300 pasang kaki.

Sementara itu para ilmuwan menyebutkan bahwa dari sekitar 10000 spesies kaki seribu yang tersebar di seluruh dunia. Spesies SeIllacme plenipes merupakan jenis kaki seribu dengan jumlah kaki terbanyak. Dimana total jumlah kakinya mencapai 400 pasang atau sekitar 800 kaki.

Meskipun memiliki jumlah kaki yang banyak, namun ternyata hewan tersebut bahkan tidak memiliki jumlah kaki yang sama seperti namanya. Hanya saja hal tersebut tentu saja bukanlah sesuatu yang biasa. Sehingga hal itu pula. Masyarakat Indonesia kerap menyebut hewan yang satu ini dengan sebutan kaki seribu.

Hewan Menakutkan yang Bermanfaat

Hewan Menakutkan yang Bermanfaat

Dibalik penampilannya yang bisa membuat orang merasa geli atau bahkan membuat orang ketakutan. Hewan ini ternyata juga mampu memberi manfaat yang baik bagi lingkungan atau habitat tempat tinggalnya. Kaki seribu diketahui dapat menjaga kesuburan tanah karena sisa kotoran yang dibuang olehnya mampu meningkatkan kandungan zat hara di dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan.

Kaki seribu juga mampu menjaga keseimbangan alam di kawasan hutan yang memiliki kelembaban yang cukup tinggi. Selain itu hewan ini memiliki kemampuan yang baik dalam mempertahankan diri dari gangguan predatornya. Kaki seribu sebenarnya merupakan hewan defensif yang tak suka melakukan konfrontasi.

Meskipun ia cenderung mengalah pada musuhnya, namun hewan ini juga diketahui memiliki senyawa yang cukup berbahaya bagi para hewan lain. Ia mampu mensekresi cairan dalam tubuhnya dari jarak dekat. Cairan tersebut dapat membuat musuh tak berdaya terutama bila mengenai bagian sensitif seperti mata.

Kaki seribu juga kerap memanfaatkan kulit yang melindungi tubuhnya untuk dijadikan perisai untuk melindungi tubuhnya dari bahaya. Bila merasa terancam kaki seribu akan menggulung berbentuk melingkar dengan cairan berbau busuk dari kulitnya.

Mitos yang Beredar Mengenai Kaki Seribu

Mitos yang beredar di masyarakat Indonesia mengenai hewan yang satu ini memang cukup beragam. Meskipun pada kenyataannya hewan ini sangat bermanfaat untuk menyuburkan tanah, namun sebagian besar masyarakat sering mengaitkan keberadaan hewan yang satu ini dengan pertanda buruk.  Adapun mitos-mitos yang beredar di masyarakat adalah sebagai berikut:

  • ‌Kehadiran Ilmu hitam

‌Kehadiran Ilmu hitam

Kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap dunia mistis memang cukup kental. Banyaknya kejahatan yang melibatkan praktek ilmu hitam memang sering kita temukan itu melalui media televisi maupun yang kita dengar dari mulut ke mulut. Sebagian masyarakat kerap mengaitkan kehadiran kaki seribu di rumah sebagai tanpa ilmu hitam yang di kirim untuk sang pemilik rumah.

Hal tersebut tentu membuat ketakutan masyarakat terhadap hewan yang satu ini semakin besar. Meskipun hal itu belum tentu kebenarannya, namun sebagian masyarakat masih mempercayai kepercayaan tersebut.

  • ‌Pertanda Datangnya Bencana

‌Pertanda Datangnya Bencana

Selain sebagai tanda kehadiran ilmu hitam. Kehadiran kaki seribu di rumah juga sering diartikan sebagai pertanda akan adanya bencana alam yang besar seperti banjir. Seperti yang kita ketahui bahwa perilaku hewan yang berbeda dari biasanya memang bisa menjadi pertanda sebuah bencana.

Kita tentu pernah mendengar cerita hewan-hewan yang turun dari gunung ke pemukiman warga untuk menyelamatkan diri sebelum bencana alam letusan gunung berapi atau kebakaran hutan. Beberapa hewan memang memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap fenomena alam yang akan terjadi di habitatnya.

Kehadiran kaki seribu pun sering dianggap sebagai pertanda akan datangnya bencana alam seperti banjir. Meskipun sebenarnya ada beberapa faktor yang mungkin melatarbelakangi kehadiran kaki seribu atau hewan-hewan lain di rumah seperti rusaknya habitat tempat tinggalnya atau mungkin suasana rumah yang lembab menjadi tempat ideal bagi mereka untuk bersarang.

Hal tersebut memang perlu diteliti lebih jauh sehingga bila itu memang benar masyarakat bisa lebih meningkatkan kewaspadaan.

  • ‌Gigitan Kaki Seribu yang Berbahaya

‌Gigitan Kaki Seribu yang Berbahaya

Ada pula mitos di masyarakat yang menyebutkan bahwa gigitan kaki seribu tak akan lepas selama tidak terjadi petir atau gledek. Hal tersebut tentu saja sangat aneh dan terlalu berlebihan. Mengingat kaki seribu sendiri merupakan jenis hewan yang tidak memiliki racun mematikan. Hewan ini juga tidak menggigit atau bahkan menyengat.

Walaupun seperti yang kita tahu ia memiliki senyawa beracun dalam tubuhnya yang digunakan untuk mekanisme pertahanan.  Kaki seribu sendiri memang kerap dianggap berbahaya karena bisa menjadi hama pengganggu bagi perkebunan warga bila populasinya tak terkendali.

Nah, itulah mitos kaki seribu yang bisa membuat orang susah tidur. Jangan jadikan mitos yang berkembang di masyarakat menjadi acuan kamu dalam berpikir. Karena sejatinya hal tersebut belum tentu kebenarannya. Pelajari hal tersebut lebih dalam sehingga kamu pun bisa mengatasi kehadiran hewan tersebut dengan baik. Semoga informasi yang telah Bacaterus bahas di atas bisa bermanfaat.

Kunjungi artikel mitos menabrak kucing untuk mengetahui mitos-mitos lain yang populer di Indonesia.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *