Bacaterus / Fakta Ikan / Fakta dan Mitos Ikan Gabus, Ikan Unik yang Istimewa

Fakta dan Mitos Ikan Gabus, Ikan Unik yang Istimewa

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ikan Gabus adalah salah satu ikan air tawar yang sering dikonsumsi oleh masyarakat tanah air. Meskipun penampilan ikan ini cukup mengerikan, namun manfaat yang terdapat di dalam cukup banyak. Selain karena cita rasanya yang enak, ikan ini juga memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan manusia. Apa sebenarnya yang membuat ikan ini berbeda dengan jenis ikan tawar lain?

Nah, biar kamu mengetahui tentang hal itu. Simak ulasan mengenai mitos ikan gabus yang akan Bacaterus bahas di bawah. So, biar tidak membuat kamu semakin penasaran dengan jenis ikan ini berikut adalah penjelasannya.

Ikan Unik Berharga Mahal

Ikan Unik Berharga Mahal

* sumber: nakamaaquatics.id

Ikan Gabus atau yang lebih populer dengan nama Snakehead dalam bahasa Inggris adalah jenis ikan predator yang biasa ditemukan di perairan dangkal di beberapa wilayah yang ada di Indonesia. Selain karena keberadaannya yang melimpah, jenis ikan ini juga dikenal karena keunikannya serta khasiatnya bagi tubuh manusia.

Ikan bernama ilmiah Channa striata ini diketahui memiliki beragam jenis, mulai untuk dikonsumsi atau pun dijadikan sebagai ikan hias peliharaan. Bentuknya yang unik dan eksotis memang kerap mengundang rasa penasaran para pecinta ikan di mancanegara.

Ikan Gabus sendiri merupakan jenis ikan yang banyak hidup di sekitar sungai, rawa-rawa dan juga danau. Hal inilah yang membuat Indonesia menjadi tempat yang ideal untuk habitat ikan yang satu ini. Dengan segala keunikan yang dimilikinya, ikan gabus sendiri termasuk salah jenis ikan tawar berharga cukup mahal.

Hal tersebut memang cukup beralasan. Selain karena manfaat dagingnya yang sangat baik bagi kesehatan, proses untuk membudidayakan ikan predator ini terbilang cukup sulit dibanding dengan jenis ikan tawar lain yang ada di Indonesia. Hal inilah yang membuat harga jual untuk ikan jenis ini cukup tinggi di masyarakat.

Predator Nomor Satu di Amerika

Predator Nomor Satu di Amerika

* sumber: www.mongabay.co.id

Di Indonesia sendiri ikan Gabus dikenal dengan berbagai nama unik mulai dari ikan Kutuk yang dikenal oleh masyarakat Jawa, ikan Bocek di Kepulauan Riau, ikan Aruan atau Haruan di daerah Banjar, ikan Bogo oleh masyarakat Sunda dan Kocolan oleh masyarakat Betawi.

Sementara untuk nama mancanegara sendiri ikan jenis ini dikenal dengan nama seperti Common Snakehead, Chevron Snakehead murrel, Stripped Snakehead dan juga Aruan Fish.

Ikan gabus sendiri merupakan jenis spesies ikan predator yang asli berasal dari Indonesia. Ikan ini mampu bertahan hidup di perairan yang memiliki karakteristik air dengan kadar asam antara pH 7—8 di kedalaman antara 1—2 meter. Ikan ini adalah jenis ikan karnivora atau binatang pemakan daging. Spesies ini biasa mengonsumsi cacing, katak, udang, dan jenis ikan lain yang ada di sekelilingnya.

Nah, ikan Gabus sendiri dikenal sebagai predator nomor satu yang ada di Amerika Serikat karena dianggap membahayakan keberlangsungan jenis ikan lain yang ada di perairan. Masyarakat Amerika sendiri kerap memusnahkan jenis ikan ini untuk menjaga ikan lokal penghuni perairan dari serangan predator yang satu ini.

Baca juga: Mitos Lele Putih, Sering Dianggap Ikan Mistis oleh Masyarakat

Mampu Bertahan Hidup di Darat

Mampu Bertahan Hidup di Darat

* sumber: nakamaaquatics.id

Selain karena manfaatnya yang luar biasa, ikan yang satu ini juga dikenal memiliki kemampuan bertahan hidup yang cukup unik dan bisa membuat orang lain penasaran. Seperti yang kita ketahui Ikan adalah salah satu jenis hewan air yang sebagian besar menggunakan insang untuk bisa bernafas di dalam air.

Berdasarkan hal ini pula sebagian besar dari masyarakat yang berpikir bahwa ikan tidak mampu bertahan hidup di atas darat. Akan tetapi sebagian besar dari mereka tidak mengetahui bahwa sebenarnya terdapat beberapa jenis ikan yang mampu bertahan hidup di darat yang jauh dari air.

Dimana salah satu jenis ikan tersebut adalah ikan Gabus. Kemampuan Ikan ini dalam bertahan hidup di darat memang bukan tanpa sebab. Ikan Gabus diketahui memiliki sistem pernafasan tambahan, yaitu labirin yang berfungsi menyimpan cadangan udara untuk bernafas.

Hal inilah yang membuat ikan Gabus cukup kuat untuk bertahan hidup dan melakukan migrasi jarak pendek dari satu perairan kering ke perairan lain yang lebih basah melalui jalan darat. Karena kemampuannya menyimpan cadangan oksigen tersebut, ikan ini diketahui mampu bertahan hidup selama hampir tiga sampai empat hari di darat.

Meskipun demikian keberadaannya sendiri dianggap sebagai sebuah ancaman yang berbahaya oleh masyarakat. Nah, kira-kira bagaimana menurut pendapat kamu tentang kemampuannya bertahan hidup di darat? Apakah cukup mengesankan?

Ikan Gabus Berkhasiat untuk Kesehatan

Ikan Gabus Berkhasiat untuk Kesehatan

* sumber: www.britannica.com

Ikan yang satu ini memang cukup unik bahkan mengundang berbagai cerita menarik. Nah, salah satu yang sering dibahas dan dijadikan sebagai bahan penelitian oleh para ahli adalah kandungan gizi yang terdapat di dalam daging ikan ini.

Bagi sebagian orang, ikan jenis ini memang terlihat menyeramkan. Mengingat karakteristik Ikan gabus sendiri memiliki mulut besar serta gigi yang cukup tajam. Ikan ini memiliki sirip punggung memanjang dan sirip berbentuk bulat di bagian ujung ekornya. Kepala ikan Gabus kerap dianggap memiliki kemiripan dengan kepala seekor ular.

Sehingga akhirnya masyarakat yang ada di luar negeri kerap menyebutnya dengan sebutan Snakehead atau ikan berkepala ular dalam bahasa Indonesia.

Meskipun mengerikan, namun ikan ini diketahui memiliki manfaat yang besar bagi orang yang memiliki gangguan kesehatan. Dimana ikan Gabus diketahui  mengandung protein yang cukup tinggi dibanding dengan jenis ikan lain seperti Sarden, ikan Mas, Kakap, dan Bandeng.

Hal inilah yang membuat ikan ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pembentukan dan pertumbuhan otot tubuh. Selain itu ikan Gabus juga mengandung kaya akan albumin, yaitu salah satu jenis protein yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Seperti yang kita ketahui di dalam tubuh manusia sendiri terdapat Albumin yang diproduksi oleh organ hati. Albumin memiliki banyak fungsi diantaranya untuk memperbaiki kerusakan jaringan, mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel, sebagai media untuk transportasi zat-zat yang dibutuhkan ke seluruh tubuh, serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Nah, ikan Gabus sendiri konon sering dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan kadar albumin secara alami pada pasien yang telah menjalani operasi atau mereka yang mengalami hypoalbumin akibat berbagai penyakit seperti ginjal dan gangguan hari.

Berdasarkan hal tersebut pula, ikan yang dikenal sebagai ikan perusak ini pun ternyata memiliki keistimewaan yang tak pernah terpikirkan oleh masyarakat awam sebelumnya.

Nah, demikianlah mitos ikan gabus, ikan unik yang memiliki banyak keistimewaan. Keberadaan ikan ini merupakan sebuah anugerah yang patut disyukuri. Di luar kebiasaannya yang meresahkan, ikan ini pun memiliki banyak manfaat yang cukup baik bagi manusia. Semoga informasi yang telah Bacaterus bahas di atas bisa menambah wawasan kita tentang salah satu ciptaan Tuhan yang satu ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *