Bacaterus / Kupu-Kupu / Inilah Mitos Dihinggapi Kupu-Kupu yang Harus Kamu Ketahui

Inilah Mitos Dihinggapi Kupu-Kupu yang Harus Kamu Ketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Serangga yang satu ini memang disukai oleh banyak orang karena memiliki beragam corak serta warna-warni yang indah pada sayapnya. Kehadiran kupu-kupu sendiri memang menjadi sebuah daya tarik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Akan tetapi di luar dari bentuk fisiknya yang menawan.

Hal lain yang juga cukup unik mengenai hewan tersebut adalah kepercayaan masyarakat dunia yang kerap mengaitkannya dengan hal-hal berbau mistik. Meskipun perkembangan teknologi semakin canggih, namun sebagian masyarakat memang masih tetap memegang tradisi dan kepercayaan yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Nah, membahas tentang kupu-kupu, tak seru bila kita tidak membicarakan fakta dan mitos yang menarik terkait tentang serangga tersebut. Oleh karena itu, biar tidak menunggu lama. Kali ini Bacaterus telah merangkum mitos dihinggapi kupu-kupu yang harus kamu ketahui. Yuk, simak pemaparannya dalam ulasan sebagai berikut.

Fakta Menarik tentang Kupu-Kupu

Fakta Menarik tentang Kupu-Kupu

Keberadaan serangga yang termasuk ke dalam ordo Lepidoptera ini memang cukup menarik. Kupu-kupu merupakan hewan yang aktif di waktu siang atau disebut juga hewan Diurnal. Serangga ini diketahui memiliki lebih dari 600 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Ukuran kupu-kupu pun cukup beragam mulai dari yang berukuran kecil sampai dengan ukuran raksasa.

Meskipun bagi sebagian orang serangga adalah hewan yang menakutkan, namun kupu-kupu sendiri adalah jenis serangga yang tidak mengganggu dan berbahaya bagi manusia. Serangga ini bahkan cukup bersahabat dan disukai oleh banyak orang.

Kupu-kupu sendiri diketahui memiliki waktu hidup yang singkat tergantung pada spesies kupu-kupu itu sendiri. Biasanya kupu-kupu dewasa mampu bertahan hingga satu minggu. Hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur. Iklim suatu wilayah dapat mempengaruhi pola perkembangbiakan serangga yang satu ini.

Biasanya pada daerah tropis, kupu-kupu mampu bertelur lebih dari satu kali dalam setahun. Kupu-kupu juga merupakan salah satu hewan dengan metamorfosis yang paling sempurna. Mulai dari larva kemudian berubah menjadi seekor ulat, lalu menjadi kepompong dan pada akhirnya menjadi seekor serangga dewasa dengan sayap bercorak dan memiliki warna yang indah.

Kemampuan Kupu-Kupu yang Mengagumkan

Kemampuan Kupu-Kupu yang Mengagumkan

Kupu-kupu aktif membantu beberapa jenis tanaman dalam melakukan proses penyerbukan. Di samping itu serangga ini juga memiliki indera penciuman yang luar biasa. Dimana ia memiliki penciuman cukup tajam. Kupu-kupu diketahui memiliki indera penciuman sampai radius sekitar 14-17 kilometer.

Beberapa serangga memang diketahui menggunakan antena untuk indera penciuman, termasuk juga kupu-kupu. Antena tersebut sering dimanfaatkan untuk mengantisipasi musuh atau predator yang ingin menyerang.

Selain itu kupu-kupu juga memiliki kemampuan untuk mengetahui lokasi tanaman inang yang akan dijadikan sumber makanan atau tempatnya bertelur. Di beberapa negara keberadaan kupu-kupu sering dimanfaatkan untuk menambah informasi mengenai keadaan lingkungan serta kondisi alam dan bencana suatu daerah.

Secara singkat kehadiran kupu-kupu mampu memberikan menjelaskan tentang tofografi sebuah wilayah, potensi bencana alam, serta spesies lain yang hidup di daerah yang ada di sekitarnya. Luar biasa bukan!

Sumber Makanan Kupu-Kupu

Sumber Makanan Kupu-Kupu

Kita mungkin sering beranggapan bahwa sumber makanan dari serangga yang memanfaatkan sayap cantiknya untuk  berkamuflase ini adalah bunga-bunga berwarna-warni. Kamu memang tidak salah karena bunga sendiri merupakan sumber makanan utama mereka.

Selain bunga, kupu-kupu juga diketahui mempunyai sumber makanan lain untuk bertahan hidup. Adapun beberapa sumber makanan yang biasanya mereka konsumsi adalah sebagai berikut:

  • ‌Seperti yang kita ketahui bunga merupakan sumber makanan yang sering kita lihat dikonsumsi oleh Kupu-kupu. Serbuk sari dan nektar yang ada pada bunga memang menjadi makanan favorit serangga yang satu ini. Nektar sendiri memiliki kandungan nutrisi serta gula yang dapat memberikan energi terhadap tubuh mereka.
  • ‌Makanan lainnya yang menjadi kesukaan kupu-kupu adalah buah-buahan. Biasanya kupu-kupu akan menyerap sari-sari dari buah-buahan yang diketahui telah matang atau telah membusuk yang pada pohonnya.
  • ‌Tak banyak yang mengetahui bahwa kupu-kupu yang memiliki sayap-sayap cantik ini juga mengkonsumsi kotoran hewan. Kotoran hewan memang mengandung zat dan mineral yang dibutuhkan kupu-kupu untuk bertahan hidup. Meskipun demikian, biasanya kupu-kupu juga akan memilih kotoran hewan atau burung yang masih baru dan segar. Hal itu dilakukan agar proses penyerapannya jauh lebih mudah.
  • ‌Selanjutnya adalah getah pohon. Kupu-kupu diketahui juga sangat menyukai getah pohon. Getah pohon sendiri diketahui mengandung berbagai nutrisi yang juga diperlukan oleh kupu-kupu. Getah pohon yang dikonsumsi oleh kupu-kupu memang cukup beragam. Namun pada beberapa spesies hanya mengkonsumsi jenis-jenis pohon tertentu.
  • ‌Selain keempat sumber makanan yang di bahas di atas. Kupu-kupu juga diketahui sangat tertarik dengan natrium yang ada pada garam dan keringat manusia atau hewan ternak.

Oleh karena itu jangan heran bila ada kupu-kupu menghinggapi tubuh manusia atau hewan yang ada di sekitar. Karena bisa jadi serangga tersebut sedang menghisap sisa natrium yang mungkin tersimpan di bagian kulit.

Mitos Dihinggapi Kupu-Kupu yang Berkembang di Masyarakat

Mitos Dihinggapi Kupu-Kupu yang Berkembang di Masyarakat

Adanya mitos di suatu wilayah memang sudah menjadi hal yang biasa. Salah satunya mitos dihinggapi kupu-kupu yang banyak beredar di kalangan masyarakat Indonesia maupun dunia. Meskipun hal tersebut belum tentu kebenarannya, namun sebagian besar masyarakat masih banyak yang mempercayai tentang hal tersebut. Berikut adalah kepercayaan masyarakat tentang kupu-kupu:

1. ‌Kedatangan Tamu

Kedatangan Tamu

Masyarakat Indonesia memang kerap mengaitkan kedatangan kupu-kupu yang hinggap ke dalam sebuah rumah atau sebuah gedung perkantoran sebagai pertanda akan datangnya seorang tamu. Uniknya hal tersebut juga tidak hanya dipercayai oleh masyarakat Indonesia saja, namun juga dipercaya oleh masyarakat Eropa.

Bentuk dan ukuran kupu-kupu yang hinggap pun dipercaya menggambarkan keadaan tamu yang akan nantinya akan bertamu ke tempat tersebut. Asal-usul munculnya mitos tersebut di tengah masyarakat memang cukup menarik dan bisa menjadi pertanyaan yang seru untuk dicari tahu jawabannya. Mengingat latar kebudayaan antara Indonesia dan negara-negara Eropa cukup jauh berbeda.

2. ‌Pertanda Akan Mendapat Keberuntungan

Pertanda Akan Mendapat Keberuntungan

Selain dipercaya sebagai pertanda akan adanya tamu. Kupu-kupu yang hinggap pada manusia juga dipercaya oleh masyarakat akan mendatangkan keberuntungan yang tidak terduga. Kepercayaan tersebut memang telah berkembang cukup lama. Seperti halnya kepercayaan masyarakat Jepang. Dimana mereka mempercayai kupu-kupu akan membawa keberuntungan.

Sehingga jangan heran bila kamu melihat banyak masyarakat Jepang yang sengaja memelihara hewan cantik tersebut di rumah-rumah. Beberapa diantara mereka bahkan mengawetkan kupu-kupu dan menjadikannya sebagai jimat untuk menarik keberuntungan, baik di dalam rumah atau pun di perkantoran.

Hal tersebut tentu membuat  sudut pandang masyarakat luar yang melihat negara Jepang sebagai sebuah negara dengan segala kemajuan teknologinya mungkin akan sedikit bergeser.

3. Pertanda Akan Datangnya Musibah

Pertanda Akan Datangnya Musibah

Selain memberi pertanda hal yang baik. Dihinggapi kupu-kupu juga bisa jadi sebuah pertanda yang buruk. Masyarakat Eropa memiliki kepercayaan bahwa bila kupu-kupu yang hinggap memiliki warna gelap atau kurang menarik. Itu pertanda akan datangnya sebuah kesialan atau musibah yang akan menimbulkan permasalahan baik di rumah atau pun pekerjaan.

Selain itu kedatangan kupu-kupu berwarna gelap juga bisa menjadi pertanda sesuatu yang buruk bagi kesehatan. Meskipun kehadiran kupu-kupu bisa menjadi ajang penelitian untuk mengetahui potensi bencana, namun bila hal tersebut menjadi ide awal kepercayaan akan pertanda yang satu ini. Hal tersebut memang cukup aneh karena tak ada korelasi yang jelas mengenai hal tersebut.

Nah, itulah mitos dihinggapi kupu-kupu yang harus kamu ketahui. Sejatinya mitos tentang kupu-kupu bukanlah sesuatu yang harus kita percaya kebenarannya. Hanya Tuhan yang tahu atas segala sesuatu. Semoga informasi yang telah Bacaterus rangkum di atas bisa membuat kita lebih bijak menyikapi sesuatu.

Yuk, kunjungi artikel kupu-kupu terbesar di dunia ini!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *