Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / Inilah Berbagai Mitos Daun Kelor yang Dipercaya Masyrakat

Inilah Berbagai Mitos Daun Kelor yang Dipercaya Masyrakat

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 November 2018

Siapa sih yang tidak kenal dengan daun kelor? Daun kelor sering dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis dan magis oleh hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia ini punya beberapa mitos yang masih dipercaya dan tetap ada hingga sekarang.

Di balik mitos yang beredar, daun kelor ternyata juga punya segudang manfaat, lho. Ingin tahu, kan, apa saja kira-kira mitos dan manfaat dari daun kelor yang amat populer di kalangan masyarakat Indonesia? Simak pembahasannya di bawah ini.

Mitos Daun Kelor

1. Mempermudah Kematian

mitos daun kelor death_awareness_a_course_in_dying_33-1000x500 (Copy)

* sumber: acourseindying.com

Nah, ternyata sebagian dari masyarakat Indonesia percaya kalau seseorang yang sedang sekarat, tidak kunjung meninggal juga, maka orang tersebut memiliki ilmu hitam atau sihir yang menempel pada dirinya. Orang tersebut akan mendapatkan kesulitan saat menjelang kematiannya.

Konon katanya, dahulu masyarakat kita sering menggunakan daun kelor yang dikibaskan kepada orang yang sedang menjemput ajalnya tersebut, sampai orang itu bisa menghembuskan napas terakhirnya dengan tenang dan damai. Pendek kata, daun kelor bisa mempermudah seseorang untuk menghadapi proses menjelang ajalnya.

2. Sebagai Penolak Bala

dukunmbah (Copy)

* sumber: www.kaskus.co.id

Selain dipercaya dapat mempermudah atau memperlancar seseorang menghadapi proses kematian yang sulit, daun kelor diyakini oleh sebagian masyarakat dapat berfungsi sebagai penolak bala. Konon katanya, daun kelor sering dipasang di pintu rumah warga, agar menghindarkan sang pemilik rumah dari ancaman bencana maupun marabahaya yang bisa merugikan mereka. Seikat daun kelor biasanya kerap ditemukan di pintu masuk rumah.

Oh ya, kepercayaan bahwa daun yang memiliki nama latin moringa oleifera dapat menghalau bencana telah ada di masyarakat sejak zaman dahulu, lho. Jadi, apakah kamu salah satu di antara mereka yang meyakini kalau daun ini dapat menolak bala?

3. Pengusir Hantu

ohghost (Copy)

* sumber: www.asianage.com

Nah, kalau yang ini, sih, saya yakin kamu semua tahu. Entah itu di film atau cerita horror, banyak sekali yang membahas tentang daun kelor yang katanya dapat menjadi pengusir setan alias hantu. Karena itulah tidak sedikit dari masyarakat kita yang sengaja menanam pohon kelor di dalam pekarangan rumah supaya rumahnya tidak didatangi oleh makhluk halus jenis apapun.

Katanya, para makhluk halus ini sangat anti kepada daun kelor, layaknya kamu yang anti sama bau petai dan sahabat karibnya, jengkol. Jadi, jangan heran kalau kamu menemukan pohon kelor di rumah-rumah tetangga atau, mungkin tetanggamu juga meyakini bahwa daun satu ini dapat menjadi pengusir makhluk tak kasat mata alias hantu sekaligus menolak bala.

4. Menolak Sihir

ramai-ramai-warga (Copy)

* sumber: www.merdeka.com

Yep, selain dapat digunakan untuk melepaskan kekuatan magis, ilmu hitam atau sihir kepada orang yang sedang sekarat, daun kelor juga diyakini masyarakat dapat berguna untuk melindungi manusia yang masih hidup dari serangan sihir berupa santet, ilmu gendam, ilmu pelet, atau ilmu sihir dan gaib lain yang bisa membahayakan jiwa.

Sihir-sihir seperti ini biasanya dikirimkan oleh orang yang merasa sakit hati dengan seseorang dan mengambil jalan pintas untuk membalas dendam. Maka dari itu, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, tak sedikit dari masyarakat Indonesia yang mempercayai dan menggunakan ‘kekuatan’ dari daun kelor untuk menolak sihir atau ilmu hitam yang dikirim oleh orang lain.

Menurut saya sih, ada baiknya untuk lebih sering berdoa dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa adalah senjata paling ampuh untuk meminta perlindungan. Bagaimana menurut kamu?

5. Memperoleh Ilmu Kebal

Are-You-Strong (Copy)

* sumber: www.t-nation.com

Satu lagi mitos yang beredar mengenai pohon kelor di Nusantara adalah, bahwa selain daun, batang dari pohon kelor dapat membuat seseorang menjadi kebal, sakti mandraguna. Tahan dari bacokan maupun sayatan senjata tajam.

Katanya sih, untuk mendapatkan ilmu kebal ini, kamu harus mempelajari dulu ilmu gaib lalu memadukan ilmu yang kamu punya dengan selalu menyimpan batang dari pohon kelor. Hmmmm, kalau kamu ingin kuat seperti Iron Man atau Spider Man, mungkin cara ini bisa dicoba. Berani?

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

daunkelor (Copy)

* sumber: www.cnnindonesia.com

Selain banyaknya mitos yang beredar di masyarakat kita, daun kelor juga ternyata dipercaya memiliki beragam manfaat, terutama untuk kesehatan. Nah, apa saja ya, manfaat dari daun kelor untuk kesehatan? Simak langsung pembahasan tentang manfaat daun kelor berikut ini.

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Sama halnya dengan bunga wijayakusuma yang cantik, daun kelor juga dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes. Menurut IDNTimes, mencampurkan daun kelor sebanyak 50 gram dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh setidaknya sebanyak 21 persen.

Daun kelor ternyata memiliki banyak kandungan vitamin dan gizi, lho. Mulai dari vitamin A, vitamin E hingga vitamin C.nTak ketinggalan, daun kelor juga mengandung betakaroten, kalsium serta antioksidan yang tentu sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

2. Mencegah Sel Kanker

Dilansir dari CNNIndonesia, daun kelor ternyata memiliki manfaat untuk mencegah sel kanker yang ganas dan mematikan. Hasil studi yang dilakukan para ahli membuktikan bahwa daun kelor dengan segala kandungan zat dan vitamin serta nutrisi yang dikandungnya mampu mencegah sel kanker, bahkan mengobati kanker payudara hingga kanker paru-paru.

3. Meringankan Peradangan

Selain mampu mengontrol kadar gula darah untuk mencegah diabetes sampai membunuh sel kanker, daun kelor juga ternyata juga dapat membantu meringankan peradangan atau inflamasi. Daun kelor yang kaya akan antioksidan dan ragam nutrisi dipercaya memiliki kandungan anti-inflamasi atau peradangan yang menjadikan daun kelor sebagai obat antiradang paling ampuh.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Serupa dengan bunga wijayakusuma, daun kelor juga ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, lho. Yup, kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh pola makan yang kurang baik dan faktor genetika. Jika tidak ditangani dengan baik dan benar, kolesterol dapat menyebabkan serangan jantung yang dapat membahayakan nyawa seseorang.

Nah, kalau kadar kolesterolmu naik, kamu bisa membuat makanan dari daun yang satu ini dan menggunakannya sebagai obat. Kamu bisa membuat sayur daun kelor, salad dari daun kelor, air rebusan daun kelor atau bahkan jus daun kelor di rumah untuk mengatasi kolesterol tinggi.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buat kamu yang punya masalah dengan pencernaan, jangan khawatir. Kamu bisa menggunakan daun kelor untuk melancarkan sistem pencernaanmu. Beragam kandungan nutrisi serta serat yang ada pada daun kelor adalah alasan mengapa daun satu ini kerap digunakan sebagai obat untuk melancarkan sistem pencernaan.

Nah, itulah kesepuluh mitos serta manfaat dari daun kelor yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Keren sekali, bukan? Walau banyak mitos yang beredar tentang daun kelor, ternyata daun yang satu ini memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh kita.

Oh ya, jika kamu membutuhkan alternatif lain selain daun kelor yang bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi segala macam penyakit atau mitos lainnya seputar bunga, silakan baca artikel mengenai Mitos dan Manfaat Bunga Wijayakusuma dari Bacaterus.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penikmat musik ber-genre alternative rock dan indie, pecinta kuliner dan (bukan) gamer sejati. Aktif menulis di blog pribadi sejak SMP hingga saat ini.

Leave A Comment