Bacaterus / Misteri Jakarta / Mitos atau Fakta? Ini 6 Misteri Danau UI yang Bikin Merinding

Mitos atau Fakta? Ini 6 Misteri Danau UI yang Bikin Merinding

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa sih yang enggak kenal dengan Universitas Indonesia atau biasa disebut UI? Kampus dengan luas tanah mencapai 320 hektar lebih ini banyak diminati segala kalangan, mulai dari pelajar yang ingin menjadi mahasiswa sampai perusahaan yang mencari karyawan.

Terhampar luasnya tanah di UI, membuat kampus dengan almamater kuning ini memiliki 6 danau dengan keunikannya masing masing. Danau-danau itu dinamai Kenanga, Aghatis, Mahoni, Puspa, Ulin, dan Salam yang kalau kita singkat menjadi kata “KAMPUS”.

Selain menyimpan fakta-fakta unik, danau UI juga menyimpan berbagai macam dongeng yang dibuat oleh orang-orang di sana. Misalnya seperti warga sekitar UI, mahasiswa, pegawai setempat, maupun orang yang hanya sekedar melintas di sekitaran kampus UI. So, inilah beberapa mitos dari danau UI yang bisa bikin bulu kuduk kamu merinding. Check this out!

1. Hantu di Danau Kenanga

Hantu di Danau Kenanga

* sumber: jabar.suara.com

Bertepat di sebelah Balairung UI, tempat yang biasa menyambut mahasiswa baru maupun upacara wisuda. Danau kenanga menjadi danau yang dikenal banyak kalangan mahasiswa UI. Tempat yang biasanya dijadikan tempat para mahasiswa membuat perkumpulan baik keperluan organisasi atau sekedar melakukan pertemuan ringan ini, ternyata menyimpan sebuah mitos yang banyak dipercaya mahasiswa UI.

Dahulu saat sedang wisuda mahasiswa di tahun 2010 salah satu wisudawan Fakultas Kedokteran Gigi, Fashiola Yudianto, mengaku pernah mendengar cerita keberadaan hantu danau kenanga ini. Banyak yang berkata bahwa hantu itu akan muncul dengan ditandai pasangnya volume air danau. Konon katanya jasad dari hantu ini berada di dalam danau dan belum ditemukan sampai saat ini keberadaan dari jasad si hantu tersebut.

2. Empunya Danau Kenanga

Empunya Danau Kenanga

* sumber: www.tagar.id

Kebanyakan dari masyarakat Indonesia mempercayai bahwa setiap tempat besar yang telah dibangun pada masa silam pasti memiliki penunggu berupa mahluk halus ataupun hal gaib lainnya. Begitu pula dengan Danau Kenanga. Pejalan kaki yang melintas memutar danau kenanga ini kerap kali diganggu dengan kehadiran aroma khas bunga melati dan aroma tak sedap lainnya yang membuat merinding bagi siapa saja yang melewatinya.

Salah satu saksinya ialah Rita, alumni mahasiswa UI, mengatakan sewaktu ia dan teman temannya asyik bercerita sambil melewati danau  tersebut, seketika tercium bau kembang melati dan terdengar auman harimau dari arah tengah danau. “Kami langsung jalan terburu-buru dari arah danau menuju masjid UI,” jawabnya ketika diwawancarai oleh seorang jurnalis Okezone.com.

3. Tempat Pembuangan Mayat

Tempat Pembuangan Mayat

Luasnya lahan di UI membuat kampus ini memiliki tempat yang sangat jarang orang lewati. Hal ini di manfaatkan sebagian oknum untuk melakukan hal diluar prosedur yang dianggap ilegal bagi negara maupun peraturan daerah setempat. Mitosnya beberapa danau UI sering kali dijadikan tempat pembuangan mayat bekas pembunuhan maupun korban tabrak lari.

Menurut beberapa data yang didapat, pada maret 2015 kampus UI dihebohkan dengan penemuan mayat yang diduga dibunuh oleh orang yang tak dikenal, lalu ditenggelamkan dengan batu besar agar mayat tidak terapung ke dasar danau. Bahkan pada tahun 2004 pernah ada yang tenggelam karena sebuah kejadian yang tidak disengaja, anehnya mayat dari orang yang tenggelam tadi tidak muncul lagi kepermukaan.

4. Si Merah

Si Merah

* sumber: pingpoint.co.id

Kalau kalian mahasiswa atau alumni kampus UI, seharusnya sudah tidak asing lagi dengan “si merah”. Ya ini adalah sebutan yang diberikan oleh kalangan warga kampus UI untuk sosok hantu yang kerap kali muncul di berbagai sudut kampus UI.

Pada mula kisahnya sebelum UI berdiri, tanah yang sekarang sudah menjadi sebuah danau adalah tempat si merah tewas secara mengenaskan. Karena mayat yang sudah lama bersemayam di tengah hutan itu akhirnya dikuburkan langsung dekat tempat sang jasad ditemukan.

Berdasarkan pengakuan beberapa mahasiswa yang pernah melihatnya, si merah berwujud perempuan berambut panjang dengan gaun merah yang menutupi seluruh bagian tubuhnya. Ia kerap muncul di danau yang di kelilingi oleh gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa), Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

Si Merah terkadang menjahili mereka yang melihatnya, seperti menutupi wajah dengan selendang merahnya, tertawa khas kuntilanak, mengikuti pejalan kaki dari belakang, dan masih banyak lagi yang ia lakukan untuk mendapat perhatian lebih dari orang yang melewati danau tersebut.

5. Hantu Wisuda UI

Hantu Wisuda UI

* sumber: ardiyanto.id

Masa-masa wisuda merupakan masa yang paling ditunggu bagi seluruh orang, baik si mahasiswa ataupun orang tua. Sebuah kebahagiaan dan kebanggaan jadi saksi di hari wisuda.

Namun, bagi kalian wisudawan yang ingin berfoto saat wisuda kelulusan, akan ada beberapa dari kalian yang sangat terkejut melihat hasil dari foto itu. Pasalnya setiap kali diadakannya sesi foto pada suasana ini, akan aada mahluk astral tak kasat mata yang tidak sengaja ikut mengabadikan momennya bersama kalian. Sosok itu adalah hantu wisuda UI.

Menurut kisah yang beredar, sosok mahluk ini adalah arwah mahasiswi yang penasaran karena ia meninggal sebelum bisa berwisuda. Perihal penyebabnya lagi-lagi danau UI menjadi salah satu yang disalahkan. Diduga sang perempuan berjalan lurus kearah dermaga dengan keadaan tidak sadar. Setelahnya ia terpeleset dan jatuh. Saat beberapa orang berusaha menghampiri dermaga, tidak ada tanda tanda bahwa sang mahasiswi muncul ke permukaan.

6. Kerajaan di Bawah Danau Salam UI

Kerajaan di Bawah Danau Salam UI

* sumber: www.arah.com

Danau Salam UI merupakan danau yang terletak di belakang Felfest UI, danau terluas yang dimiliki kampus ini ternyata memiliki cerita yang tak kalah ramai dengan mitos danau lainnya. Konon katanya di dasar danau yang memiliki kedalaman hingga 12 meter ini memiliki sebuah kerajaan yang dipimpin oleh seekor buaya putih yang diduga merupakan pimpinan dari kerajaan bawah danau ini.

Menurut saksi mata yang melintas, penghuni dari bawah danau itu akan menampakkan dirinya dengan wujud lawan jenis dari yang melihatnya. Lalu meminta tolong mengambil foto dengan handphone si pejalan kaki tadi. Setelah itu dia akan diajak mendekat kearah danau dan kemudian akan didorong kedalam danau tersebut.

Cara beberapa orang agar tidak ikut tercebur ke dalam adalah menolak permintaan tolong untuk diambilkan foto oleh sang penghuni kerajaan bawah danau tersebut.

Dari sekian banyak mitos yang diceritakan, beberapa dari mereka belum mampu dibuktikan kebenarannya. Kita sebagai manusia yang masih mampu merawat keasrian danau UI wajib menjadikan danau ini sebagai objek menghasilkan hal hal yang positif.

Keberadaan makhluk astral dari alam lain patut dipercayai keberadaannya, namun sebagai manusia yang memiliki keimanan terhadap Tuhan kita harus saling menghargai dengan tidak melakukan hal ceroboh di tempat yang terbilang seram dan berpenghuni.

Jadi menurut kalian mana dari cerita di atas yang memang mitos? Atau mungkin ada dari kalian yang pernah mengalami hal diatas? Apapun kejadiannya tetap waspada dan berdoa dalam melakukan setiap kegiatan dimanapun dan kapanpun waktunya. Mampir juga di artikel cerita seram di berbagai kampus di Indonesia ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *