Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / 5 Mitos Bunga Kenanga yang Banyak Beredar di Masyarakat

5 Mitos Bunga Kenanga yang Banyak Beredar di Masyarakat

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 November 2018

Selain bunga kantil maupun bunga kamboja, mitos dari bunga kenanga yang memiliki nama latin cananga odrata ini juga banyak beredar di kalangan masyarakat Indonesia. Nah, meski banyak mitos yang beredar, ternyata bunga kenanga, terutama minyak yang dihasilkannya, memiliki segudang manfaat tersendiri, baik untuk kesehatan tubuh, kecantikan kulit, sampai mengatasi gangguan kecemasan dan depresi.

Penasaran, kan, apa saja kira-kira mitos dan manfaat tentang bunga cantik satu ini, ya? Simak langsung pembahasan tentang mitos dan manfaat bunga kenanga dari Bacaterus.

Mitos Bunga Kenanga

1. Membuat Enteng Jodoh

mitos bunga kenanga 37129-couple-taking-selfie-1200.1200w.tn (Copy)

* sumber: www.crosswalk.com

Nah, ternyata masyarakat Indonesia meyakini kalau bunga kenanga yang ditanam di pekarangan rumah dapat membuat penghuninya yang jomblo alias belum punya pasangan dan belum menikah, akan dapat dengan mudah mendapatkan jodohnya.

Wah, wah.. sebegitu mudahnya, kah? Nyatanya tidak. Untuk mendapatkan jodoh, tentu kita harus berusaha. Mencari jodoh sama saja dengan mencari pekerjaan, sama susahnya bukan? Namun tentu dengan kesabaran, usaha serta doa, bukan tidak mungkin jodoh akan segera datang.

2. Penangkal Ilmu Hitam

2013-Witch-Picture (Copy)

* sumber: www.continentalcarbonic.com

Selain dipercaya mempermudah datangnya jodoh bagi yang masih sendiri alias jomblo, bunga kenanga juga dipercaya dapat menangkal guna-guna, santet, maupun segala jenis ilmu hitam lainnya.

Katanya sih, jika bunga kenanga ditanam di depan rumah, penghuninya secara otomatis akan terhindar dari segala jenis ilmu hitam seperti ini. Hmmm, bagaimana menurut kamu? Kalau menurut saya, sih, yang menyelamatkan kita dari segala jenis ilmu hitam seperti yang sudah disebutkan di atas, bukanlah sebuah bunga, melainkan kekuatan doa yang dipanjatkan kepada Yang Maha Kuasa. Setuju tidak?

3. Membuat Laris Dagangan

image03 (Copy)

* sumber: startyoungfinancial.com

Selain kedua mitos di atas, mitos lain yang beredar dari bunga kenanga adalah, bunga yang satu ini bisa digunakan sebagai penglaris dari dagangan. Katanya sih, dengan menggunakan bunga ini, dagangan kamu bisa laku keras, laris manis, habis diboyong pembeli.

Menurut hemat saya, jika ingin dagangan laris dibeli oleh pelanggan, tentu sang penjual harus menerapkan strategi marketing yang baik. Misalnya dengan memanfaatkan teknologi yang ada seperti media sosial Instagram atau toko online, menentukan target market atau pangsa pasar, membuat terobosan baru alias inovasi dan menjual dagangan berkualitas. Tentu semua usaha yang dilakukan, harus tetap dibarengi dengan doa kepada Sang Pencipta.

4. Sebagai Alat untuk Pelet

-flirtyguy (Copy)

* sumber: dating.lovetoknow.com

Selain bisa membuat enteng jodoh, konon katanya, bunga kenanga juga bisa digunakan untuk memelet orang, lho. Waduh, waduh! Berbahaya sekali, ya? Bunga kenanga dipakai sebagai media untuk memelet seseorang, sambil dibacakan mantra supaya orang yang dipelet dapat tunduk kepada yang memelet. Oalah, kalau mau membuat seseorang jatuh hati, ya, usaha. Dekati dengan cara yang baik, ajak bicara baik-baik juga.

Manfaatkan juga teknologi yang sudah ada seperti messenger untuk mengobrol dibanding menggunakan ilmu pelet. Biasanya, ilmu pelet dapat menimbulkan efek negatif kepada yang melakukan pelet maupun yang dipelet kelak. Seram, bukan?

5. Terhindar dari Gangguan Jin

A-Ghost-Has-Been-Following-Me-1 (Copy)

* sumber: scaryghoststories.net

Nah, mitos lain yang beredar di masyarakat luas tentang bunga kenanga adalah, bunga yang satu ini dapat menghindarkan seseorang dari gangguan jin. Eits, bukan Jin member boyband BTS yang tampan dari Negeri Ginseng, ya. Kalau itu sih, lain lagi!

Yup, bunga kenanga yang wanginya semerbak juga dipercaya dapat menjaga seseorang dari gangguan jin. Jadi, sebagian masyarakat kita menggunakan wangi dari bunga kenanga untuk melindungi gangguan jin yang jahat, agar tidak terkena efek negatif atau marabahaya yang ditimbulkan oleh sang makhluk gaib. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu juga setuju kalau wangi bunga kenanga bisa menghindarkan gangguan jin?

Manfaat Minyak Bunga Kenanga

cananga (Copy)

* sumber: www.fruugo.se

Di balik banyaknya mitos yang beredar, ternyata bunga kenanga punya beragam manfaat yang tentu menguntungkan, lho. Penasaran apa saja manfaat dari bunga cantik satu ini? Let’s check this out!

1. Minyak Kenanga Sebagai Aromaterapi

Minyak atsiri dari bunga kenanga, biasa disebut dengan ylang-ylang oil sangat sering digunakan sebagai bahan aromaterapi karena memiliki wangi yang khas. Dilansir dari greeners, ylang-ylang oil yang dihasilkan oleh bunga kenanga ini merupakan salah satu komoditi yang menghasilkan devisa negara, lho. Wah, keren, ya?

2. Sebagai Afrodisiak

Yup, ternyata minyak atsiri dari bunga kenanga alias ylang-ylang oil memiliki manfaat sebagai afrodisiak atau pembangkit gairah seksual. Menurut manywordsonevoice, ylang-ylang oil dapat membantu meningkatkan dorongan seks atau sex drive.

Nah, buat kamu yang sudah menikah dan memiliki libido seks yang rendah, kamu bisa menggunakan minyak bunga kenanga atau ylang-ylang oil ini untuk membantu meningkatkan gairah dan menjaga hubunganmu dengan pasangan agar tetap harmonis. Kamu bisa menggunakan ylang-ylang oil seperti ketika memakai parfum pada tubuh, digunakan untuk campuran air mandi, atau menyemprotkannya langsung ke seluruh bagian ruangan dalam kamarmu.

3. Sebagai Antidepresan

Ylang-ylang oil juga memiliki manfaat sebagai antidepresan karena wanginya yang khas dan menenangkan. Jika digunakan pada penderita depresi maupun anxiety disorder atau gangguan kecemasan, minyak bunga kenanga dapat membantu penderita untuk menjadi lebih rileks dan mengalami peningkatan mood.

4. Meringankan Gejala PMS

Selain beragam manfaat yang sudah disebutkan di atas, minyak bunga kenanga juga ternyata memiliki manfaat untuk meringankan gejala pre-menstrual syndrome atau PMS pada wanita. Mau mencobanya? Caranya mudah, kok, kamu tinggal mengoleskan ylang-ylang oil ke leher dan perut bagian bawah.

5. Sebagai Antiseptik

Ylang-ylang oil juga dapat digunakan sebagai antiseptik yang berfungsi sebagai disinfektan pada luka tertentu seperti luka bakar hingga luka dari sayatan. Ya, minyak dari bunga kenanga ini dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pada luka-luka tersebut.

6. Anti-Inflamasi Pada Kulit

Selain mencegah infeksi pada luka tadi, minyak bunga kenanga juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, lho. Nah, minyak dari bunga ini juga dapat digunakan untuk mengurangi kemerahan yang ada pada kulit dari penderita eksim.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat lain dari minyak bunga kenanga atau ylang-ylang oil adalah untuk menjaga kesehatan rambut. Minyak bunga kenanga dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala, mencegah kebotakan dan menguatkan rambut. Minyak bunga kenanga juga dapat digunakan sebagai kondisioner alami yang mampu menjaga kelembaban rambut serta kulit kepala. Selain itu, ylang-ylang oil juga kerap digunakan untuk mengatasi kutu rambut yang membandel.

8. Merawat Kecantikan Kulit

Minyak bunga kenanga ternyata dapat membantu merawat kecantikan kulit, di antaranya adalah dapat membantu mengatasi produksi minyak berlebih. Selain itu, minyak bunga kenanga juga dapat membantu mengurangi iritasi pada kulit.

Nah, itulah pembahasan mengenai mitos serta manfaat dari minyak bunga kenanga atau cananga odorata. Sampai saat ini, mitos yang beredar masih dipercaya oleh sebagian kalangan masyarakat, terutama di Indonesia. Apakah kamu salah satu dari sekian banyak orang yang mempercayai mitos tentang bunga kenanga? Yuk, sampaikan pendapat kamu tentang mitos tersebut di kolom komentar.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penikmat musik ber-genre alternative rock dan indie, pecinta kuliner dan (bukan) gamer sejati. Aktif menulis di blog pribadi sejak SMP hingga saat ini.

Leave A Comment