Bacaterus / Burung / 10 Mitos Menarik tentang Burung Hantu dari Seluruh Dunia

10 Mitos Menarik tentang Burung Hantu dari Seluruh Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Februari 2019

Dalam mitologi Yunani, burung hantu merupakan maskot dari Athena, dewi kebijaksanaan. Namun burung hantu juga dikaitkan dengan berbagai mitos dan legenda dari bermacam kebudayaan. Burung hantu merupakan simbol pertanda kematian, kebijaksanaan, juga pembawa ramalan.

Burung hantu di beberapa negara dipandang sebagai kebijaksanaan dan kebaikan, tetapi di negara lain, burung hantu melambangkan kejahatan serta kemalangan yang akan datang. Seperti kita ketahui, burung hantu terdiri dari berbagai macam spesies dan tiap spesies itu memiliki legenda dan cerita masing-masing. Berikut adalah leganda dan mitos tentang burung hantu dari seluruh dunia.

10 Mitos dan Mistis tentang Burung Hantu

1. Indonesia

* sumber: littleowlcount.org

Di daerah sekitar Manado, di Sulawesi Utara, penduduk sekitar menyebut burung hantu dengan nama burung Manguni. Mereka percaya bahwa burung hantu sangat bijaksana. Di Manado, tiap kali ingin bepergian, mereka akan mendengarkan burung hantu. Burung hantu akan mengeluarkan dua suara yang berbeda. Suara pertama artinya aman untuk pergi dan yang kedua lebih baik tidak pergi.

Bagi orang-orang Minahasa peringatan itu diterima dengan baik dan mereka mengikuti peringatan itu. Mereka tak akan pergi ke mana-mana jika Manguni berkata seperti itu.

2. Jepang

Jepang

* sumber: www.conservationhalton.ca

Bagi orang Ainu, salah satu suku pribumi yang mendiami pulau Hokkaidou, sebagian besar Sakhalin dan Kepulauan Kuril, burung hantu Serak Jawa (Tyto Alba/Barn Owl) dipercaya sebagai pembawa pesan para dewa atau leluhur. Penduduk setempat akan menempatkan ukiran burung hantu Serak Jawa di rumah-rumah mereka untuk menangkal kelaparan dan wabah penyakit.

Sebelum pergi berburu, orang Ainu akan bersulang untuk burung hantu Serak. Sementara itu, burung hantu Screech memperingatkan mereka akan bahaya, namun burung hantu Serak Jawa dan burung hantu bertanduk (Horned owl) dipercaya jahat.

3. Timur Tengah

* sumber: mysendoff.com

Burung hantu bagi masyarakat Timur Tengah berkaitan dengan kehancuran dan kematian. Burung-burung hantu itu dipercaya sebagai perwakilan jiwa orang yang telah mati tanpa terbalaskan dendamnya. Jika orang melihat burung hantu ketika akan pergi berperang berarti perang tersebut adalah pertempuran berdarah yang akan mengakibatkan banyak kematian dan korban.

Ketika orang melihat burung hantu di rumah seseorang, hal itu bisa berarti kematian. Jika seseorang bermimpi melihat burung hantu, itu berarti tak ada kejadian buruk yang akan terjadi. Namun berbeda cerita jika kamu bermimpi tentang hantu yang bersuara, itu artinya hal yang buruk mungkin terjadi. Burung hantu adalah burung pertanda buruk. Mereka adalah perwujudan iblis yang mengusir anak-anak di malam hari.

Menurut risalah Arab kuno, konon tiap-tiap burung hantu betina mengeluarkan dua telur. Satu telur mengakibatkan rambut rontok dan satunya lagi memiliki kemampuan mengembalikannya.

Orang Arab zaman dulu percaya bahwa jiwa-jiwa orang yang dibunuh akan terus meratap dan menangis hingga ada yang membalaskan kematiannya. Mereka percaya “al Sada”, sebutan orang Arab untuk burung hantu kematian akan terus bersuara di atas kuburan orang yang dibunuh dan kematiannya belum dibalaskan sampai kematian orang itu terbalaskan.

4. India

* sumber: fineartamerica.com

Di daerah India utara, orang percaya bahwa orang yang memakan mata burung hantu, maka mereka akan bisa melihat dalam gelap. Sementara di masyarakat India selatan, tangisan burung hantu diartikan ke dalam angka, yaitu satu teriakan berarti pertanda kematian yang akan datang. Dua kali teriakan berarti kesuksesan dalam apa pun yang akan segera dikerjakan setelah itu.

Adapun tiga kali teriakan berarti perempuan akan menikah. Empat kali mengindikasikan gangguan, lima teriakan melambangkan perjalanan yang datang. Enam artinya akan datang para tamu. Tujuh kali melambangkan tekanan mental. Delapan teriakan artinya kematian mendadak, sementara itu sembilan teriakan melambangkan keberuntungan.

5. Amerika

* sumber: www.dphotographer.co.uk

Mitos tentang burung hantu penduduk asli Amerika Utara memiliki kesamaan dengan banyak mitos masyarakat adat dan keyakinan orang-orang Asia. Sebagin besar suku percaya bahwa burung hantu terkait erat dengan kematian yang akan datang. Umumnya, mereka percaya bahwa burung hantu adalah kendaraan bagi roh orang mati untuk mencapai keabadian.

Bagi suku Ojibwa, jembatan yang dilewati oleh roh orang mati disebut jembatan burung hantu. Suku-suku Oto-Missouri percaya burung hantu merupakan membawa pesan kematian. Dalam sistem kepercayaan suku Navajo, burung hantu adalah utusan dunia alam gaib dan roh.

The Pawnee mengartikan burung hantu sebagai sebagai “Pemimpin Malam Hari” dan percaya bahwa dia memberikan perlindungan. Masyarakat Cherokee menghormati burung itu sebagai sesuatu yang sakral karena hewan tersebut memiliki penglihatan malam yang hebat dan berharap mereka bisa mengambil kemampuan itu agar mereka dapat melihat di dalam gelap.

6. Polandia

* sumber: www.naturespot.org.uk

Menurut cerita masyarakat Polandia, perempuan yang meninggal sebelum menikah akan berubah wujud menjadi merpati. Sebaliknya, perempuan yang sudah menikah ketika meninggal akan berubah menjadi burung hantu.

Suara burung hantu yang terdengar di dekat rumah umumnya berarti penyakit, kematian, atau malapetaka lainnya yang akan datang. Mitos masyarakat Polandia lainnya adalah tentang alasan mengapa burung hantu tidak keluar di siang hari. Hal itu disebabkan karena mereka terlalu indah yang akan membuat mereka dikerumuni oleh burung-burung lain yang iri pada mereka.

7. Wales

* sumber: id.pinterest.com

Bagi orang Wales, burung hantu merupakan predator di malam hari. Burung hantu adalah satu-satunya burung yang dapat mengalahkan kecepatan elang di waktu senja. Di kalangan masyarakat Wales, burung hantu melambangkan pembaharuan, kematian, kebijaksanaan, inisiasi, dan sihir bulan.

Arianrhod, dewi orang Wales, berubah wujud menjadi burung hantu besar. Matanya yang besar dapat melihat ke dalam kegelapan alam bawah sadar dan jiwa manusia. Dikatakan Dewi Arianrhod bergerak dengan kekuatan dan tujuan sepanjang malam. Dia mengembangkan sayap-sayap kenyamanan dan penyembuhannya untuk memberikan penghiburan bagi mereka yang mencarinya.

Jika terdengar suara burung hantu di antara rumah-rumah, itu menandakan ada seorang anak gadis yang belum menikah telah kehilangan kesuciannya. Bagi perempuan yang sedang hamil, jika dia mendengar suara burung hantu di luar rumahnya saat malam hari, itu menandakan anaknya akan akan mendapat berkah.

Dalam mitologi Wales, ada cerita mengenai seorang wanita bernama Blodeuedd. Dia terbuat dari dari bunga. Suatu hari dia dikutuk oleh paman suaminya menjadi burung hantu yang takut untuk menunjukkan wajah di siang hari dan akan takut pada burung yang lain. Burung-burung itu akan memusuhinya dan akan menganiayanya di manapun mereka bertemu dengan dirinya.

8. Meksiko

Meksiko

* sumber: id.pinterest.com

Angin utara yang dingin dibuat oleh burung hantu, sementara angin selatan yang lembut dibuat oleh kupu-kupu. Burung hantu “Little Owl” dipercaya sebagai “utusan penguasa dunia kematian” dan terbang di antara dunia orang hidup dan orang mati.

9. Cina

*  sumber: cottagelife.com

Burung hantu dihubungkan dengan kilat karena saat malam kilat memberikan penerangan dan dengan drum karena memecah keheningan. Orang Cina akan menempatkan patung burung hantu di tiap sudut rumah. Fungsinya adalah untuk melindungi rumah dari petir. Burung hantu adalah simbol energi  yang berlimpah (energi positif, maskulin, cerah, aktif).

10. Perancis

Perancis

* sumber: www.angieinto.com

 

Ada kepercayaan dan mitos yang dipercaya oleh sebagian masyarakat Perancis, jika ibu hamil mendengar suara burung hantu, itu adalah suatu pertanda bahwa calon jabang bayinya berkelamin perempuan. Meski pun begitu, tak sedikit juga yang tidak mempercayai mitos ini karena lahirnya bayi perempuan atau laki-laki hanya urusan Tuhan.

11. Irlandia

* sumber: repeatingislands.com

Jika ada burung hantu yang memasuki rumah, burung hantu itu harus segera dibunuh karena ketika dia terbang keluar, burung itu akan membawa semua keberuntungan di dalam rumah.

Beragam mitos dan legenda tentang burung hantu memiliki keunikannya tersendiri. Ada mitos yang positif ada juga mitos yang negatif. Semua berpulang pada pribadi masing-masing, apakah ingin mempercayainya atau tidak. Apakah kamu termasuk yang mempercayai mitos-mitos tentang burung hantu tersebut?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar