Bacaterus / Bunga / 7 Mitos Bunga Sedap Malam yang Hanya Harum di Malam Hari

7 Mitos Bunga Sedap Malam yang Hanya Harum di Malam Hari

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Mitos sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Kepercayaan turun temurun dari nenek moyang masih diyakini oleh keturunannya hingga saat ini. Sejumlah mitos di Indonesia juga sangat erat dengan dunia mistis. Bahkan, binatang dan tumbuhan juga kerap kali dihubungkan dengan mitos.

Sama seperti mitos bunga sedap malam yang akan dibahas Bacaterus kali ini. Bunga yang hanya mengeluarkan aroma harum pada malam hari ini dipercaya sangat dekat dengan dunia gaib. Penasaran dengan mitos-mitos terkait bunga sedap malam? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Dekat dengan Gaib Karena Hanya Harum Saat Malam

Dekat dengan Gaib Karena Hanya Harum Saat Malam

* sumber: id.wikipedia.org

Kalau kamu pernah membeli bunga sedap malam, kamu pasti tahu bahwa aroma bunga ini semakin kuat di malam hari. Bukan berarti bunga ini tidak mengeluarkan aroma di siang hari. Sedap malam tetap menebarkan aroma harum di siang hari meskipun tidak sekuat aromanya di malam hari.

Fakta bunga malam yang hanya harum pada malam hari ini sering dihubung-hubungkan dengan dunia gaib. Menurut kepercayaan nenek moyang, aroma bunga ini dapat menentramkan orang-orang yang sedang berkabung pada saat malam. Itulah sebabnya mengapa bunga ini selalu dihadirkan di dalam rumah orang yang sedang berduka.

Keharuman bunga sedap malam yang semakin kuat di malam hari sebenarnya tidak ada kaitannya dengan dunia gaib. Bunga ini memiliki sel-sel yang hanya aktif ketika tidak terpapar cahaya, terutama sinar matahari. Tak heran jika pada malam hari, bunga tersebut mengalami gerak niktinasti, rangsangan yang hanya terjadi ketika objek tidak terpapar cahaya (saat malam).

2. Penanda Adanya Makhluk Halus

Penanda Adanya Makhluk Halus

* sumber: www.tanahnusantara.com

Mitos mengenai keberadaan makhluk halus yang ditandai dengan aroma bunga memang masih dipercaya di Indonesia. Aroma bunga melati dan sedap malam digadang-gadang sebagai aroma penanda keberadaan makhluk halus. Lantas, benarkah hal tersebut?

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, bunga sedap malam memang memancarkan aroma yang lebih kuat pada malam hari. Hal inilah yang sering dihubung-hubungkan dengan makhluk gaib.

Lantas, masihkah kamu percaya bahwa aroma bunga sedap malam bisa menjadi penanda kemunculan makhluk gaib? Percaya atau tidak kembali kepada pribadi masing-masing.

3. Penangkal Sihir dan Ilmu Hitam

Penangkal Sihir dan Ilmu Hitam

* sumber: jabar.pojoksatu.id

Di zaman serba modern seperti ini sebagian besar masyarakat kita masih percaya dengan adanya teluh atau ilmu hitam. Namun, percaya atau tidak memang masih ada praktek ilmu hitam yang dilakukan oleh sejumlah oknum. Bahkan, ilmu hitam dianggap sebagai jalan pintas untuk balas dendam pada orang yang tidak disukai.

Bunga sedap malam diyakini dapat menjadi penangkal sihir atau ilmu hitam yang cukup ampuh. Kamu hanya perlu menanam bunga ini di pekarangan rumah, maka konon kamu akan terhindar dari teluh dan sebagainya.

Boleh-boleh saja jika kamu memercayai mitos ini dan hendak menanam bunga sedap malam di pekarangan untuk menangkal ilmu hitam. Akan tetapi, kamu harus ingat bahwa Yang Maha Kuasa lah yang dapat menjagamu dari ilmu hitam. Jadi, kamu harus memperbanyak ibadah jika ingin terhindar dari ilmu hitam dan hal-hal jahat lainnya.

4. Mengundang Kedatangan Malaikat

Mengundang Kedatangan Malaikat

* sumber: www.sesawi.net

Di antara berbagai mitos bunga sedap malam yang berkaitan dengan hal buruk, ternyata ada satu mitos yang justru terlihat baik. Konon, menanam bunga sedap malam di pekarangan rumah dapat mengundang kedatangan malaikat baik.

Sayangnya, belum ada bukti konkrit terkait hal ini. Kami pun menyarankanmu untuk tidak percaya sepenuhnya pada mitos ini agar tidak dianggap syirik. Sah-sah saja jika ingin menanam bunga sedap malam karena suka dengan aromanya atau keindahannya, tetapi jangan sesekali mempunyai pikiran untuk mengharapkan kehadiran malaikat setelah menanamnya, ya!

5. Pembawa Rezeki

Bunga Sedap Malam

– sumber: gellsy.com

Mitos yang satu ini mungkin kedengarannya kocak, tapi toh banyak orang yang memercayainya. Bunga sedap malam dianggap sebagai pembawa rezeki. Konon, apabila kamu melihat bunga ini mekar, maka kamu akan mendapatkan rezeki yang tak terduga.

Wah, mitos ini sangat menarik, bukan? Tapi bagaimana jika yang melihat adalah orang yang malas bekerja dan berusaha, ya? Akankah orang tersebut juga akan memperoleh rezeki? Ingat, rezeki hanya bisa diperoleh dengan usaha.

6. Media Pemanggil Makhluk Halus

Media Pemanggil Makhluk Halus

* sumber: www.indeksberita.com

Masih berhubungan dengan dunia gaib, bunga sedap malam dipercaya sebagai media yang banyak dipakai oleh penganut ilmu hitam untuk memanggil makhluk halus. Jika kamu pernah melihat potret atau tayangan yang menampilkan dukun yang sedang melakukan ritual, kamu akan melihat bahwa bunga sedap malam kerap kali menjadi properti untuk memanggil makhluk halus.

Menurut kepercayaan nenek moyang, makhluk astral memang menyukai aroma bunga sedap malam. Oleh karena itu, penganut ilmu hitam akan menyertakan bunga ini ketika hendak membaca mantra atau memanggil makhluk halus.

Kepercayaan bahwa bunga sedap malam merupakan media pemanggil makhluk halus tidak sepenuhnya benar. Kalau kamu hanya menanam atau meletakkan bunga sedap malam tanpa melakukan ritual tertentu, maka bunga ini tidak akan mengundang makhluk halus.

7. Bisa Memperpanjang Usia

Sedap Malam

* sumber: www.liputan6.com

Ingin memiliki umur panjang? Tanam saja bunga sedap malam. Menurut mitos yang beredar, bunga sedap malam bisa memperpanjang usia pemilik rumah yang menanam bunga tersebut. Yang lebih ajaib, bunga sedap malam dipercaya dapat menghindarkan pemilik rumah dari maut maupun marabahaya.

Sebagai umat beriman, tentu saja kita tidak boleh memercayai hal-hal seperti ini. Kita semua tahu bahwa usia sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Sebagai manusia kita tidak memiliki kendali untuk memperpanjang usia. Bunga sedap malam juga tidak mempunyai kuasa untuk memanjangkan umur manusia. Jadi, hindari memercayai mitos sejenis ini agar tidak menjadi dosa.

Itulah berbagai mitos mengenai bunga sedap malam yang tersebar di Indonesia. Yang namanya mitos tentu saja belum tentu terbukti kebenarannya. Jadi, alangkah lebih baik jika Anda mencari faktanya terlebih dahulu sebelum memercayainya.

Bunga sedap malam sama dengan bunga-bunga lainnya. Kalau bunga ini hanya mengeluarkan aroma di malam hari, tentu saja hal tersebut ada penjelasan ilmiahnya. Tidak ada kaitannya antara aroma bunga sedap malam dengan keberadaan makhluk gaib.

Perlu kamu ketahui bahwa makhluk gaib bisa muncul di mana dan kapan saja, bahkan tanpa adanya bunga sedap malam sekalipun. Jika kamu ingin terhindar dari makhluk gaib atau ilmu hitam, kamu harus beribadah dan memohon perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Baca juga artikel mitos kembang kantil ini untuk mengetahui mitos seputar bunga lainnya yang beredar di Indonesia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar