Bacaterus / Misteri Dunia / Zodiac Killer, Pembunuh Berantai yang Belum Terungkap

Zodiac Killer, Pembunuh Berantai yang Belum Terungkap

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 November 2019

Pada akhir 60an sampai awal 70an, dunia dihebohkan dengan banyaknya korban pembunuhan di Amerika. Dengan lokasi yang spesifik membuat identifikasi pembunuh terbatas. Ditambah dengan adanya orang yang mengaku sebagai pelaku pembunuhan. Apalagi sang pembunuh kerap mengirimkan pesan pada surat-surat kabar lokal.

Korban terus berjatuhan seiring dengan surat dari sang pembunuh membuat publik bertanya-tanya. Identitasnya yang nggak diketahui sampai sekarang menyisakan banyak pertanyaan yang belum terjawab. Namanya sudah melegenda sebagai pembunuh paling misterius. Siapakah dia? dia menyebut dirinya dengan nama Zodiac Killer.

Awal Mula Nama Zodiac Killer

Awal Mula Nama Zodiac Killer

* sumber: media1.s-nbcnews.com

Seseorang yang membunuh punya dua pilihan; melarikan diri atau menyerahkan diri. Kejadian pembunuhan di Benecia, Vallejo, Napa County dan San Fransisco berbeda dari kasus lainnya. Pembunuhnya seolah mengajak pihak kepolisian bermain teka-teki dengan mengirimkan surat atau kriptogram yang menyatakan bahwa dialah sang pembunuh.

Awalnya dia nggak secara spesifik memberi nama pada dirinya sendiri. Sambil mengakui tindakannya, dia menamai dirinya ‘Killer’, tapi pesan yang dia kirimkan pada Agustus 1969 diawali dengan mengakui bahwa dia adalah Zodiac. Sejak saat itu dia diberi nama Zodiac Killer.

Rentetan Kejahatan Zodiac Killer

Rentetan Kejahatan Zodiac Killer

* sumber: loyolaphoenix.com

Data kepolisian menyimpulkan bahwa Zodiac Killer mempunyai target spesifik. Dari empat pria dan tiga wanita yang menjadi korbannya sejak Desember 1968 sampai Oktober 1969 berusia antara 16 – 29 tahun. Zodiac mengakui sudah melakukan 37 kali pembunuhan dalam suratnya. Ada kasus-kasus yang sudah ditetapkan kepolisian sebagai tindakan Zodiac, yaitu:

  • Cheri Jo Bates (18 tahun), dibunuh dengan ditusuk lalu dibuang di bangunan terbengkalai di Riverside Community College pada 30 Oktober 1966.
  • David Arthur Faraday (17 tahun) dan Betty Lou Jensen (16 tahun) ditembak pada 20 Desember 1968 di Lake Herman Road. Faraday ditembak di kepala sementara Jensen ditembak 5 kali dari belakang.
  • Michael Renault Mageau (19 tahun) dan Darlene Elizabeth Ferrin (22 tahun), ditembak 7 kali di Blue Rock Springs pada 4 Juli 1969. Mageau selamat sementara Ferrin meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit.
  • Bryan Calvin Hartnell (20 tahun) dan Cecelia Ann Shephard (22 tahun), ditusuk di Lake Berryessa setelah berpura-pura akan merampok mereka berdua pada 27 September 1969. Hartnell selamat sementara Shephard meninggal.
  • Paul Lee Stine (29 tahun), ditembak dari belakang saat mengendarai taksinya di San Fransisco pada 11 Oktober 1969.
  • Kathleen Jons (22 tahun), selamat setelah melompat dari mobil bersama anaknya ketika diculik di daerah Tracu, California pada 22 Maret 1970.
  • Donna Lass (25 tahun), menghilang pada 6 September 1970. Ditemukan kartu pos diduga milik Zodiac Killer di sekitar tempat tinggalnya.

Surat-Surat dari Zodiac Killer

1 Agustus 1969

* sumber: s.hdnux.com

Dalam menjalankan aksi pembunuhannya, Zodiac Killer juga kerap kali mengirimkan surat ke kantor surat kabar setempat sampai kepolisian. Berikut adalah rentetan surat dari Zodiac Killer:

  • 1 Agustus 1969

Setelah kasus Mageau dan Ferrin, tiga surat diterima oleh surat kabar Vallejo Times Herald, San Fransisco Chronicle dan San Fransisco Examiner. Dia menulis 408 simbol kriptogram dan meminta agar suratnya itu dipajang di halaman paling depan atau dia akan membunuh 12 orang. San Fransisco Chronicle meminta dia mengirim surat kembali untuk membuktikan identitasnya.

  • 7 Agustus 1969

Dia kembali mengirim surat pada San Fransisco Examiner dan untuk pertama kalinya menamai dirinya Zodiac. Surat itu sebagai respons pada petugas polisi bernama Stiltz yang meminta lebih banyak detil bahwa Zodiac yang membunuh Faraday, Jensen dan Perrin.

Zodiac memberi detil lebih dan menyatakan bila berhasil memecahkan kodenya, identitasnya akan diketahui. Sehari kemudian dia menyatakan bahwa pembunuhannya itu untuk mengumpulkan budak untuk kehidupannya di akhirat dan dia nggak mau memberi tahu identitas agar tindakannya nggak dapat dihentikan.

  • 13 Oktober 1969

San Fransisco Chronicle mendapat surat dari Zodiac beserta pakaian bersimbah darah milik Paul Stine dan mengakui dia merupakan pelakunya. Sehari kemudian surat kabar yang sama kembali menerima surat dengan bukti pakaian Stine untuk membuktikan bahwa Zodiac benar-benar pelakunya dan dia mengancam akan membunuh anak sekolah yang sedang berada di dalam bus.

  • 8 November 1969

Zodiac mengirim surat dengan kriptogram 340 karakter yang sampai sekarang nggak bisa dipecahkan. Sehari setelahnya Zodiac mengirim surat yang menyatakan bahwa dia berbicara dengan 2 orang polisi 3 menit setelah membunuh Stine. Lalu 20 Desember dia mengirim surat pada pengacara bernama Melvin Belli dengan pakaian Stine.

  • 20 April 1970

Zodiac mengirim surat pada pers. Dia menyatakan bahwa dia bukan orang yang mengebom kantor polisi di San Fransisco dan nggak bertanggungjawab atas meninggalnya Brian McDonnel pada kejadian pengeboman di Park Station, Golden Gate Park.

Dia juga mengatakan bahwa dia mempunyai cara yang lain untuk membunuh polisi diikuti dengan ancaman akan meledakkan bus sekolah dan mengakhirinya dengan tanda khasnya lalu skor Zodiac 10 dan Kepolisian San Fransisco 0.

  • 28 April 1970

Zodiac mengirim surat pada San Fransisco Chronicle dengan pesan semoga semua menikmati pertunjukan saat dia beraksi dengan tulisan di belakangnya menyatakan bahwa dia mengancam akan meledakkan bus sekolah kalau suratnya nggak dipublikasikan secara lengkap. Dia juga ingin lebih banyak orang menggunakan simbol Zodiac.

  • 26 Juni 1970

Zodiac kecewa karena nggak banyak yang menggunakan simbol Zodiac. Dia mengatakan dia sudah membunuh seorang pria dengan pistol. Kejadian itu dikaitkan dengan tertembaknya anggota polisi bernama Richard Radetich seminggu sebelumnya saat memberikan tiket tilang tapi polisi nggak menemukan bukti Zodiac benar-benar terlibat dan masalah tersebut belum terselesaikan.

Zodiac menyertakan peta San Fransisco Bay Area, di gambar Mount Diablo dia menggambar simbol Zodiac. Di atas bulatannya dia menulis angka 0, 3, 6 dan 9. Dia juga menuliskan 32 kode yang disebutnya sebagai lokasi penyimpanan bom, tapi kode itu nggak dapat dipecahkan dan bomnya juga nggak ditemukan. Dia menuliskan skor Zodiac 12 dan Kepolisian San Fransisco 0.

  • 24 Juli 1970

Zodiac mengirim surat pada San Fransisco Chronicle yang menyatakan bahwa dia adalah pelaku penculikan Kathleen Jons. Dua hari kemudian dia menyertakan lirik lagu The Mikado yang diubah dengan lirik buatannya yaitu bila terjemahkan berarti dia sedang menambah daftar untuk budaknya di surga.

Di akhir surat dia menuliskan simbol Zodiac dan skor Zodiac 13 dan Kepolisuan San Fransisco 0. Baris terakhir suratnya menunjukkan radian lengkap di Mount Diablo. Dua tahun kemudian kode itu dipecahkan dan benar saja radiannya menunjukkan 2 lokasi kejahatan yang dilakukan Zodiac.

  • 6 September 1970

San Fransisco Chronicle mendapat surat yang ditujukan untuk penyelidik kasus Zodiac, Paul Avery. Zodiac mengaku sebagai pelaku pembunuhan Donna Lass. Dia membuat kolase dari iklan di surat kabar untuk membuat tulisan Sierra Club, Sought Victim 12, intip ke dalam hutan, lewati daerah Lake Tahoe dan di antara salju.

  • 7 Oktober 1970

San Fransisco Chronicle mendapat surat dengan simbol Zodiac dan salib kecil yang digambar dengan darah. Berselang 20 hari, Avery mendapat kartu halloween yang dikirim seseorang dengan inisial Z. Setelah itu dia juga mendapat surat tanpa nama yang membawanya memecahkan misteri pembunuhan Cheri Jo Bates yang terjadi 4 tahun sebelumnya.

  • 22 Maret 1971

Zodiac mengirim surat pada surat kabar Los Angeles Times, dia memberi pujian pada polisi yang telah berhasil memecahkan pembunuhan Cheri Jo Bates walaupun pelakunya belum ditangkap. Dia menyatakan kasus itu merupakan yang termudah dan masih banyak kasus serupa. Nggak ada bukti langsung yang mengaitkan Zodiac dengan kematian Lass.

  • 29 Januari 1974

San Fransisco Chronicle kembali mendapat surat dari Zodiac setelah 3 tahun.  Surat tersebut berisi verse dari lagu The Mikado, simbol Zodiac serta skor Zodiac 37 dan Kepolisian San Fransisco 0. Setelah itu surat tanpa nama yang sampai di surat-surat kabar semakin banyak dan mereka mengaku sebagai Zodiac tapi setelah diselidiki sama sekali nggak cocok.

Nama-Nama yang Diduga sebagai Zodiac Killer

Nama-Nama yang Diduga sebagai Zodiac Killer

* sumber: www.sfweekly.com

Arthur Leigh Allen adalah nama yang paling sering dibicarakan. Allen mulai diinterogasi pada tahun 1969. Dia mengaku sebagai scuba diver pada kasus Hartnell dan Shephard. Dua tahun kemudian tetangganya melaporkan Allen karena Allen mengungkapkan niat untuk membunuh. Tahun 2010, kepolisian menyatakan bahwa semua bukti yang cocok dengan Allen dianggap negatif.

Nama kedua yang sempat dicurigai sebagai Zodiac Killer adalah Edward Wayne Edwards. Edwards dianggap banyak kecocokan dengan ciri-ciri Zodiac. Hanya saja dia merupakan seorang wanita, tapi dia dikenal merupakan pengagum Zodiac.

Selain nama Allen dan Edwards masih banyak yang dicurigai sebagai Zodiac. Hanya saja setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, nggak ada yang benar-benar membuktikan bahwa mereka cocok dengan ciri-ciri Zodiac.

Sampai saat ini belum ditemukan siapa sebenarnya Zodiac Killer, walaupun namanya terus dibahas sebagai salah satu pembunuh berantai paling keji dan misterius. Menurutmu, apakah misteri Zodiac Killer akan terungkap suatu hari nanti? Tulis di kolom komentar, yuk! Di sana, kamu juga bisa ikut menambahkan dan berbagi informasi dengan pembaca lainnya. Baca juga artikel misteri Jack The Ripper yang juga merupakan pembunuh berantai sadis.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *