Bacaterus / Sungai Amazon / Misteri Yacumama, Monster Air di Amazon yang Menakutkan

Misteri Yacumama, Monster Air di Amazon yang Menakutkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Oktober 2019

Monster air penghuni Sungai Amazon yang satu ini memang menarik untuk dibahas. Selain menyimpan banyak misteri mengenai jejak keberadaannya, makhluk legenda yang satu ini juga menjadi salah satu makhluk paling menakutkan yang membayangi penduduk lokal Amazon maupun makhluk-makhluk lain yang berada di sekeliling hutan yang terkenal sebagai paru-paru dunia.

Amazon memiliki beragam jenis spesies unik dan langka yang memang menjadi surga bagi para peneliti di seluruh dunia. Meskipun dalam penelitian membutuhkan waktu yang cukup panjang dan berisiko, namun hal tersebut tak membuat para peneliti berhenti untuk memecahkan misteri yang meliputi hutan yang berada di benua Amerika ini.

Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing dengan legenda makhluk yang satu ini. Makhluk penghuni sungai terbesar dan terpanjang kedua setelah Sungai Nil ini memang bisa membuat orang berlari ketakutan saat melihatnya. Seperti apa makhluk raksasa air yang sangat ditakuti oleh penduduk Amerika Selatan ini?

Berikut Bacaterus akan membahas misteri mengenai monster air raksasa, Yacumama yang menjadi legenda menakutkan yang ada di hutan hujan tropis Amazon.

Yacumama, Induk dari Sluruh Makhluk Air

Yacumama, Induk dari Sluruh Makhluk Air

* sumber: blogmisteritesla.blogspot.com

Berbicara mengenai makhluk cryptid yang ada di Amazon, Yacumama adalah salah satu yang cukup sering dibahas oleh para peneliti maupun para pemburu berita yang ada di seluruh dunia. Bagaimana tidak, makhluk mitologi yang dipercaya sebagai penghuni Sungai Amazon ini sanggup membuat orang merinding ketika membayangkan ukuran tubuhnya yang luar biasa besar.

Suku Indian memanggil nama monster air raksasa yang satu ini dengan sebutan Yacumama. Yacumama sendiri berarti induk dari segala makhluk air. Makhluk ini dipercaya oleh penduduk Amerika Selatan sebagai ular raksasa yang panjangnya mencapai 100 kaki atau sekitar 30 meter bahkan bisa sampai 160 kaki atau sekitar 50 meter.

Menurut cerita penduduk, dengan ukuran yang cukup besar tersebut, Yacumama bisa menyedot apa pun yang melintas di sekitarnya. Para peneliti memang sering mengaitkan makhluk ini dengan seekor Anaconda raksasa. Namun penduduk lokal mengatakan bahwa Yacumama adalah monster raksasa yang jauh lebih besar dari jenis ular yang habitatnya berada di sekitar sungai Amazon tersebut.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh para peneliti di Amazon. Penduduk pedalaman sering menggambarkan Yacumama sebagai ular raksasa yang memiliki tanduk di kepalanya. Bahkan dipercaya kalau ukuran tubuhnya beberapa kali lebih panjang dari ukuran Titanoboa yang pernah ditemukan di Hutan Kolombia.

Penduduk lokal atau suku pedalaman yang menghuni hutan Amazon sering membunyikan trompet yang terbuat dari kerang untuk memastikan keberadaan makhluk tersebut di dalam air. Konon bila trompet berbunyi ular itu akan muncul ke permukaan air.

Penjelajah Colonel Percy Jackson Fawcett

Penjelajah Colonel Percy Jackson Fawcett

* sumber: www.tarot-buch.com

Seorang penjelajah terkenal bernama Colonel Percy H Fawcett, dalam perjalanannya menjelajahi hutan hujan tropis Amazon pada tahun 1906. Ia mengatakan telah berhasil menembak seekor Anaconda raksasa sepanjang 62 kaki atau sekitar 19 meter, hingga makhluk itu sekarat ketika ia dan timnya sedang melintas di Sungai Amazon.

Colonel Fawcett juga mengatakan bahwa The Brazillian Boundary Commision telah memberitahu dirinya bahwa seekor ular Anaconda sepanjang 80 kaki atau setara dengan 25 meter pernah ditemukan di Rio, Paraguay. Sehingga Fawcett berpikir penemuannya jauh lebih kecil dibanding Anaconda yang telah ditemukan di Rio, Paraguay.

Namun pernyataan yang dikeluarkan oleh komisi tersebut diragukan oleh para Herpetologist yang mengatakan bahwa muskil bila terdapat Anaconda yang panjangnya melebihi penemuan Colonel Fawcett. Karena bila pun Anaconda tersebut ada, keberadaan makhluk tersebut akan mudah diketahui.

Habitat Yacumama di Muara Sungai Amazon

Habitat Yacumama di Muara Sungai Amazon

* sumber: blogmisteritesla.blogspot.com

Keberadaan makhluk cryptid yang berada di benua Amerika Selatan ini memang menjadi polemik selama bertahun-tahun. Namun karena hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para peneliti untuk mencari tahu lebih jauh mengenai makhluk yang dikenal sebagai predator menakutkan dan cukup berbahaya tersebut.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh dua bersaudara bernama Mike Warner dan Greg Warner. Mereka berdua melakukan sebuah ekspedisi untuk meneliti tentang keberadaan makhluk cryptid, yang oleh penduduk suku Aztec dipercaya sebagai dewa terkuat bernama, Quetzalcoalt.

Dalam penelitiannya, Warner bersaudara telah menemukan bukti yang cukup meyakinkan tentang keberadaan makhluk legenda tersebut, yaitu berupa penemuan jejak lintasan ular berukuran cukup besar serta sejumlah catatan berdasarkan informasi penduduk pedalaman Amazon yang pernah menjumpai makhluk raksasa tersebut di Hutan Amazon.

Berbekal informasi dan penemuan yang mereka dapatkan pada ekspedisi sebelumnya. Mike dan Greg kembali melakukan ekspedisi keduanya dan berhasil menemukan bukti yang cukup menarik tentang tempat keberadaan Yacumama, yaitu sebuah laguna yang terbentuk dari pertemuan dua sungai yang ia dokumentasi dalam sebuah foto.

Menurut Warner, habitat Yacumama berada di dekat pertemuan dua sungai, yang mereka sebut confluence, karena di daerah tersebut menyimpan pasokan makanan yang cukup banyak bagi makhluk berukuran raksasa tersebut.

Berkat penemuan yang telah didokumentasikan oleh Warner bersaudara tersebut, National Geographic Society pun menunjukkan ketertarikan mereka pada penelitian yang dilakukan oleh Warner terhadap makhluk bernama, Yacumama ini.

Dalam foto yang dirilis Warner saat melakukan penelitian menunjukan lintasan jejak ular berukuran raksasa beserta habitat ular-ular raksasa lainnya yang berada di sekitar sungai Amazon.

Spesies Yacumama yang Misterius

Spesies Yacumama yang Misterius

Dalam penelitiannya, Warner menjelaskan bahwa menurutnya makhluk yang selama ini menjadi legenda di Amazon tersebut belum bisa diketahui jenis spesiesnya. Namun mereka mempercayai bahwa karakteristik dari makhluk tersebut mirip dengan karakteristik binatang amfibi, dalam hal ini ular.

Warner juga mengatakan bahwa Yacumama bisa jadi bagian dari spesies amfibi prasejarah. Dimana sebagian besar spesies amfibi yang terdaftar saat ini, memiliki alur di kedua sisi kepala yang berisi sungut yang dapat di tarik ke dalam, sehingga bila orang awam melihatnya akan terlihat seperti sebuah tanduk di kepala.

Keberadaan makhluk yang satu ini memang masih menjadi misteri dan mengundang banyak perdebatan. Banyak peneliti berusaha membuktikan kebenaran tentang keberadaan makhluk mitologi yang cukup membuat penduduk Amerika Selatan ketakutan.

Meskipun demikian, menurut Warner makhluk legenda yang berada di sekitar aliran sungai Amazon yang membentang sepanjang Amerika Selatan seperti Sachamama, Minhocao dan Yacumama memiliki karakteristik yang hampir mirip seperti apa yang digambarkan oleh penduduk Amazon, tentang makhluk raksasa yang menjadi penghuni terbesar di dalam hutan tersebut.

Nah, itulah misteri tentang makhluk bernama Yacumama, monster air menakutkan yang menjadi legenda serta kepercayaan yang ada di salah satu keajaiban dunia, Amazon. Simak juga artikel misteri Hutan Amazon untuk mengetahui misteri lain yang tersimpan di kawasan Amazon ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar