Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / Misteri Waduk Sempor yang Jebol dan Menewaskan Ratusan Orang

Misteri Waduk Sempor yang Jebol dan Menewaskan Ratusan Orang

Ditulis oleh

Jika Waduk Jatigede yang dibangun pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo saja sudah seram, apalagi waduk yang sudah dibangun sejak tahun 1958?

Adalah Waduk Sempor yang berlokasi di Desa Sempor, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, yang merupakan salah satu waduk terangker yang sering memakan korban jiwa. Bahkan, di tahun 1967 bendungan ini pernah jebol hingga menewaskan ratusan orang.

Misteri Waduk Sempor yang dikenal angker ini memang sudah menyebar luas di kalangan masyarakat sekitar. Pengunjung yang datang ke waduk ini diminta untuk berhati-hati dan tidak berpikiran kosong agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Bacaterus sudah merangkum sebuah cerita misteri Waduk Sempor pada tulisan kali ini.

Sejarah Pembangunan Waduk Sempor

Bukan hanya misteri Waduk Sempor saja yang menarik untuk dibahas, tetapi sejarah pembangunan waduk ini juga sangat menarik. Ketika Indonesia masih dikuasai Belanda pada tahun 1916, Pemerintah Belanda sudah menemukan lokasi ideal untuk membuat waduk di Sempor, Kebumen. Fungsi pembangunan waduk ini untuk keperluan irigasi daerah-daerah di sekitarnya.

Di tahun 1950, saat para penjajah sudah pulang ke negaranya masing-masing, proyek pembangunan Waduk Sempor kembali dilanjutkan oleh Pemerintah Indonesia. Untuk pembangunan waduk, pemerintah melakukan pembebasan tanah bagi warga yang tinggal di Sempor.

Misteri Jebolnya Waduk Sempor

Misteri Jebolnya Waduk Sempor

Kisah tragis di Waduk Sempor adalah, ketika waduk ini jebol menyebabkan banjir bandang yang menewaskan 127 orang. Kejadian pada tahun 1967 ini terjadi ketika Waduk Sempor belum dibangun dengan sempurna.

Kala itu, waduk ini masih berupa timbunan tanah dan batu. Sementara pengontrolan air masih menggunakan metode sederhana yakni dengan mengandalkan satu pintu pembuangan saja. Ada yang berpendapat bahwa peristiwa jebolnya Waduk Sempor yang menewaskan 127 orang dan 11 pekerja ini adalah permintaan tumbal untuk kelancaran pembangunan waduk.

Namun, pendapat tersebut memang tidak bisa dibuktikan kebenarannya dan masih banyak orang yang berpikir dengan akal sehat dan berpendapat bahwa kejadian tersebut memang murni akibat kesalahan manusia.

Salah satu misteri Waduk Sempor yang pernah jebol ini cukup menggegerkan pemerintahan karena pada saat Indonesia masih dalam masa transisi pemerintahan dari Presiden Soekarno ke Presiden Soeharto. Namun, pembangunan fisik Waduk Sempor ini sudah disempurnakan dan selesai di tahun 1978.

Lereng Longsor di Dekat Waduk Sempor yang Menelan Korban

Lereng Longsor di Dekat Waduk Sempor yang Menelan Korban

Ketika Anda melakukan perjalanan untuk menuju ke Waduk Sempor, Anda akan melihat pemandangan yang indah berupa tebing dan jurang di sebelah kanan dan kiri Anda. Pemandangan ini bisa Anda nikmati jika melewati jalur utara. Keindahan panorama ini membuat wisatawan ingin berhenti sejenak untuk berfoto dengan latar belakang lereng dan jurang serta beberapa sungai di sini.

Di balik keindahan panorama di jalur utara menuju ke Waduk Sempor ini, ternyata jalur ini dikenal sebagai jalur maut. Pasalnya, lereng dan jurang tersebut sering memakan korban jiwa.

Salah satu cerita tragis pernah menimpa sepasang kekasih yang sedang asyik berduaan di sekitar tebing. Namun, tiba-tiba mereka berdua tertimpa batu besar yang longsor dan meninggal. Bukan hanya misteri Waduk Sempor saja yang bisa membahayakan nyawa seseorang, tetapi tempat di sekitarnya pun juga cukup berbahaya.

Masjid yang Menahan Banjir Bandang

Masjid yang Menahan Banjir Bandang

Tragedi Waduk Sempor yang jebol di tahun 1967 ternyata juga menunjukkan kebesaran Allah. Di salah satu desa yang terkena imbas dari banjir bandang tersebut ada sebuah masjid yang baru selesai dibangun pada tahun 1960, namanya Masjid Pancasila. Masjid ini nampak sederhana dan jauh dari kesan megah.

Pada saat Bendungan Sempor jebol dan menyebabkan banjir bandang yang merusak rumah-rumah warga, masjid tersebut justru tetap berdiri menahan banjir bandang. Memang masjid ini mengalami kerusakan, tetapi tidak separah rumah-rumah yang berada di sekitarnya.

Peristiwa masjid yang menahan banjir bandang ini membuat kita semakin percaya terhadap kebesaran Allah. Jika dipikir dengan akal sehat, nampaknya memang mustahil jika masjid dengan arsitektur yang sederhana ini tidak rusak total saat diterjang banjir bandang.

Beberapa tahun setelah peristiwa ini, Masjid Pancasila dibangun kembali. Kini, Anda juga bisa mampir untuk melihat masjid tersebut saat berkunjung ke Waduk Sempor.

Selalu Meminta Tumbal

Selalu Meminta Tumbal

Misteri Waduk Sempor yang satu ini mungkin bisa mengurungkan niat Anda untuk berkunjung ke waduk yang juga menjadi tempat rekreasi ini. Sudah menjadi rahasia umum jika Waduk Sempor selalu meminta tumbal.

Setiap tahun, pasti ada saja korban meninggal karena tenggelam di Waduk Sempor. Kejadian yang terus berulang setiap tahun ini membuat masyarakat yakin bahwa penunggu Waduk Sempor selalu meminta tumbal tahunan.

Cara meninggal korban di waduk ini berbeda-beda, ada yang tenggelam karena menjaring ikan, ada yang hanya berada di tepi waduk tetapi terpeleset dan tenggelam, dan ada yang perahunya bocor sehingga menenggelamkan orang yang berada di atas perahu tersebut.

Entah kejadian ini memang karena kelalaian manusia atau ulah penunggu Waduk Sempor, yang pasti kita dituntut untuk berhati-hati dan selalu waspada jika berkunjung ke waduk ini.

Waduk Sempor, Cantik dan Misterius

Waduk Sempor, Cantik dan Misterius Misteri Waduk Sempor

Sejumlah misteri Waduk Sempor tersebut mungkin menyurutkan niat sebagian orang untuk datang berwisata ke Waduk Sempor. Waduk ini mulai sepi dikunjungi oleh wisatawan. Padahal, dulu waduk ini memang cukup ramai lantaran tempatnya bersih, tenang, dan banyak pedagang yang berjualan di sekitar waduk.

Sepinya pengunjung di Waduk Sempor ini bukan karena ulah makhluk astral yang menghuni waduk. Akan tetapi, ini merupakan tantangan bagi pemerintah setempat untuk bisa mempromosikan wisata Waduk Sempor secara lebih giat.

Terlepas dari kisah misteri atau tumbal tahunan di Waduk Sempor, waduk ini sebenarnya sangat menarik untuk dikunjungi. Waduk Sempor yang dikelilingi perbukitan dengan hutan cemara ini terlihat sangat asri dan menyejukkan mata. Udara di sekitar waduk juga sangat sejuk sehingga kontras sekali dengan suhu udara di Kebumen yang terkenal panas.

Dengan adanya sejumlah misteri Waduk Sempor yang terdengar mengerikan, kita tetap harus berserah diri pada Allah. Ingat, manusia bisa menemui ajalnya di mana saja. Jadi, walaupun Anda datang ke tempat yang dianggap angker dan sering memakan korban jiwa, tapi jika Allah belum memanggil Anda, tentu saja Anda tidak akan menjemput ajal di tempat tersebut.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

2 Comments

  1. Devi at - Reply

    Every place has its own owner..they are live and breathe like us but different with the purpose…i’m not scared of them..surprise perhaps..but i have Allah swt..

Leave A Comment