Bacaterus / Misteri Bandung / 7 Misteri Waduk Saguling Ini Seramnya Sampai Bikin Merinding

7 Misteri Waduk Saguling Ini Seramnya Sampai Bikin Merinding

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi Anda yang berdomisili di Bandung, khususnya Bandung Barat, maka Anda pasti sudah familiar dengan yang namanya Waduk Saguling. Waduk ini turut berkontribusi dalam membendung air Sungai Citarum, yang merupakan sungai terbesar di Jawa Barat. Namun, kali ini Bacaterus tidak akan membahas seputar spesifikasi waduk ini, melainkan misteri-misteri yang terdapat pada Waduk Saguling ini.

Sama seperti Waduk Gondang dan Waduk Jatigede yang memiliki cerita misteri, ternyata Waduk Saguling ini juga tak lepas dari cerita misteri. Apa misteri Waduk Saguling yang membuat para warga sekitar jadi lebih waspada terhadap waduk ini? Temukan jawabannya di sini.

7 Misteri Waduk Saguling Paling Seram

1. Penampakan mahluk halus

Penampakan mahluk halus Misteri Waduk Saguling

* sumber: www.rumahberhantu.com

Sebuah misteri Waduk Saguling yang santer terdengar di kalangan masyarakat sekitar adalah tentang keberadaan penampakan hantu di sekitar waduk. Meskipun tidak jelas sosoknya seperti apa, tetapi warga sekitar meyakini bahwa orang yang pernah melihat penampakan hantu tersebut pasti langsung kesurupan.

Mayoritas korban kesurupan setelah melihat penampakan mahluk astral ini adalah wanita. Jadi, masyarakat sekitar menghimbau kepada pengunjung waduk untuk menjaga pikiran agar tidak kosong serta menjaga sikap serta perilaku agar tidak menyinggung mahluk astral yang menunggu waduk ini.

2. Petilasan Sanghyang Tikoro

Petilasan Sanghyang Tikoro

Di sekitar Waduk Saguling terdapat sebuah petilasan yang sampai ini banyak dikunjungi pecinta sejarah dan spiritual. Petilasan yang bernama Sanghyang Tikoro ini usut punya usut pernah digunakan oleh Prabu Siliwangi dari Kerajaan Padjajaran dan Prabu Brawijaya dari Kerajaan Majapahit untuk bertapa.

Petilasan ini nampak seperti sebuah gua yang bawahnya dialiri oleh air sungai. Meskipun Anda bukan pecinta sejarah dan spiritual, tak ada salahnya Anda berkunjung ke petilasan yang sangat bersejarah ini. Banyak juga wisawatan yang berfoto-foto di sekitar Petilasan Sanghyang Tikoro.

3. Memancing ikan setan

Keberadaan ikan setan

Waduk Saguling memiliki beberapa jenis ikan air tawar, tapi yang paling banyak adalah ikan nila. Oleh karena itu, banyak sekali warga sekitar maupun wisatawan yang tidak ingin melewatkan kegiatan memancing di Waduk Saguling.

Akan tetapi, sebuah cerita misteri Waduk Saguling mengenai keberadaan ikan setan pernah menggemparkan warga. Kala itu, seorang warga sekitar yang memancing ikan di Waduk Saguling mengaku mendapatkan ikan setan. Ciri-ciri dari ikan setan tersebut antara lain adalah matanya tampak merah menyala, sisiknya hilang separuh, dan kadang-kadang juga memiliki gigi taring.

Jika Anda memancing di Waduk Saguling dan mendapatkan ikan sejenis itu, maka sebaiknya lepaskan saja ikan ikut ke waduk. Jangan membawa pulang atau memakan ikan tersebut untuk menghindari bencana atau penyakit yang tidak diinginkan.

4. Kerajaan gaib di dasar waduk

Kerajaan gaib di dasar waduk

Baik Waduk Saguling maupun Waduk Cirata sama-sama saling berhubungan satu sama lain. Keduanya sama-sama bermanfaat bagi irigasi. Akan tetapi, jika dilihat dengan mata batin, kedua waduk ini sama-sama memiliki kerajaan gaib di dasar waduk.

Kedua pemimpin gaib di kerajaan tersebut dipercaya saling bersahabat satu sama lain. Meskipun terkadang kedua kerajaan gaib di dasar waduk ini menjadi rival. Lantas, apakah mitos tentang keberadaan kerajaan gaib ini menjadi penyebab banyaknya orang tenggelam di Waduk Saguling?

5. Banyak pekerja meninggal saat pembangunan waduk

Banyak pekerja meninggal saat pembangunan waduk

* sumber: www.misteri.co.id

Sebuah kisah misteri Waduk Saguling yang akan kami bahas kali ini membuktikan kesan angker pada waduk yang dibuat pada tahun 1985 ini. Sejumlah pekerja yang turut serta membangun waduk ini dikabarkan meninggal saat pembangunan waduk ini. Bahkan, mungkin bukan hanya seorang saja, tapi jumlah mencapai puluhan orang.

Para pekerja yang mati di tempat diperkirakan karena kelelahan setelah bekerja berhari-hari. Ada pula pekerja yang sakit karena terus menerus bekerja hingga akhirnya jatuh meninggal. Kematian para pekerja yang membangun Waduk Saguling ini membuat suasana di sekitar waduk jadi semakin menyeramkan. Konon, arwah-arwah para pekerja yang meninggal di sini masih berada di sekitar waduk.

Kematian sejumlah pekerja saat pembangunan waduk ini sering digadang-gadang sebagai permintaan tumbal dari penghuni Waduk Saguling. Konon, ketika kita hendak membangun sebuah tempat baru, maka kita harus melakukan negosiasi dengan mahluk penunggu tempat tersebut. Biasanya untuk menjamin keselamatan dan kesuksesan pembangunan, mahluk astral tadi meminta tumbal berupa nyawa manusia.

6. Korban tenggelam yang jasadnya dililit siluman ular

Korban tenggelam yang jasadnya dililit siluman ular

Tahun 2016 lalu, seorang pria berusia 52 tahun yang bertempat tinggal di Kampung Cibolang yang juga berada di Bandung Barat. Akan tetapi, misteri Waduk Saguling sangat mencengangkan bahwa orang. Pasalnya, jenazah Oman sudah 3 hari belum bisa ditemukan di waduk tersebut. Bahkan tim SAR pun tidak dapat menemukan jasa Oman.

Menurut orang pintar, jenazah Oman dililit oleh siluman ular berukuran besar dari kerajaan gaib di dasar waduk. Kemudian, warga meminta bantuan dari Kyai setempat untuk turut serta mencari jenazah Oman. Setelah didoakan oleh Kyai, maka sang Kyai tersebut meminta warga untuk mencari jasad Oman di dekat jaring terapung.

Ramai-ramai warga mendatangi lokasi waduk yang dekat dengan jaring terapung. Percaya tidak percaya, ada sesosok jasad manusia yang mengapung di sekitar jaring terapung. Tubuh jenazah sudah menggembung dan wajahnya pun rusak seperti dimakan hewan air karena memang jenazah Oman sudah hilang selama 3 hari.

Menurut Kyai tersebut, area Waduk Saguling di Kampung Legok Cirauteiun, Desa Karanganyar memang dikenal sebagai tempat bersemayam mahluk astral penunggu waduk. Jika ditotal sejak awal pembukaannya waduk ini sudah menelan korban hingga 8. Namun, penemuak jasa Oman inilah yang terlalama.

7. Waspada memancing bersama hantu

Waspada memancing bersama hantu

Memancing adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus membosankan. Sambil menunggu umpan Anda disambut oleh ikan, Anda bisa mengusir kebosanan dengan mengobrol dengan orang yang juga memancing di samping Anda. Akan tetapi, beberapa kisah misteri Waduk Siguling yang disampaikan oleh masyarakat berhubungan dengan kegiatan memancing.

Jika Anda berencana memancing di Waduk Saguling, sebaiknya Anda tetap waspada dengan orang-orang di sekitar Anda. Bisa saja pemancing yang berada di dekat Anda adalah pemancing hantu. Ya, hantu tersebut nampak menjema sebagai pemancing di sini dan memang rupanya seperti manusia biasa.

Hantu pemancing biasamenyamar sebagai kakek-kakek tua yang menggunakan topi jerami atau ibu-ibu yang mengaku tinggal di desa tetangga dan menangkap ikan di sini karena ia menjual ikan bakar. Meskipun hantu pemancing ikan ini tidak menakut-nakuti Anda, tapi tetap saja mengobrol dengan jelmaan hantu pasti membuat Anda merasa ngeri.

Misteri Waduk Siguling

Semua misteri Waduk Siguling ini berdasarkan cerita dan desas desus yang berbeda di kalangan masyarakat setempat. Benar atau tidaknya cerita misteri di atas memang masih patut untuk dipertanyakan kembali.

Apakah Anda berminat mengunjungi Waduk Siguling yang bersih sekaligus menyeramkan tersebut? Terlepas dari semua kisah seram yang menaungi Waduk Siguling, ternyata waduk tersebut masih dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat wisata yang ekonomis dan tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bandung.

Waduk Saguling hanyalah satu dari sekian banyak tempat menyeramkan yang ada di Bandung. Anda dapat mencari lebih banyak tempat seram di artikel 10 tempat angker di Bandung.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

3 Responses

  1. Kakak ku pernah mancing dapet ikan setengah kepala nya ajh tapi idup

  2. Kakak ku pernah mancing dapet ikan setengah kepala nya ajh tapi hidup

    1. Terima kasih sudah berbagi pengalamannya, Sans. Serem juga, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *