Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / Menelusuri Misteri Waduk Gondang yang Berada di Lamongan

Menelusuri Misteri Waduk Gondang yang Berada di Lamongan

Beberapa waduk yang berada di Indonesia memang terkenal angker. Tengok saja Waduk Jatigede yang berada di Sumedang. Masyarakat sekitar percaya bahwa Waduk Jatigede kerap kali meminta tumbal. Bukan hanya laut selatan saja yang terkenal dengan unsur gaibnya, ternyata sejumlah waduk yang notabene adalah perairan buatan pun tak luput dari terror mahluk gaib.

Kali ini, Bacaterus akan mengajak Anda berpelesir ke Jawa Timur, tepatnya di Lamongan. Di Lamongan terdapat sebuah waduk yang juga dikenal angker, yaitu Waduk Gondang. Apa cerita misteri Waduk Gondang yang beredar di masyarakat? Simak cerita selengkapnya di sini.

Asal-usul Waduk Gondang

Jika Waduk Jatigede dibangun pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo, Waduk Gondang ini sudah ada sejak puluhan tahun silam. Ya, Waduk Gondang dibangun pada masa order baru ketika Indonesia berada di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto. Waduk Gondang adalah satu dari sejumlah waduk lainnya yang menandakan berkembangnya pembangunan di dalam negeri.

Waduk yang menelan biaya pembangunan hingga 14,092 milyar rupiah ini dibangun untuk pengairan sawah di Kabupaten Lamongan, terutama saat musim kemarau. Selain untuk keperluan irigasi, Waduk Gondang dimanfaatkan untuk budidaya ikan dan pariwisata.

Waduk Gondang bukan sekedar perairan biasa

Berbeda dengan waduk-waduk lain yang berada di Indonesia, kedalaman Waduk Gondang kabarnya hanya sekitar 29 meter saja. Namun, jangan anggap remeh kedalaman waduk ini karena meskipun hanya 29 meter, perairan ini dapat menenggelamkan manusia dan menyebabkan adanya korban jiwa.

Misteri Waduk Godang yang bukan sekedar perairan biasa ini ternyata dibenarkan oleh masyarakat sekitar. Pasalnya, meskipun kedalamannya cuma 29 meter, tapi di bagian tertentu waduk ini terdapat lumpur penghisap. Nah, keberadaan lumpur penghisap inilah yang katanya dapat membuat orang yang pandai berenang sekalipun bisa tenggelam dan tidak muncul lagi ke permukaan.

Lumpur atau pasir hisap bukan sekedar mitos. Keberadaan lumpur hisap ini memang benar-benar ada. Ini merupakan kaloid hidrogel yang terdiri dari pasir, air, dan tanah liat. Akan tetapi, masyarakat sekitar percaya bilamana seseorang yang tenggelam di Waduk Gondang dan terhisap oleh lumpur ini, maka orang tersebut akan pindah ke alam lain, yakni alam di mana jin dan mahluk astral penunggu Waduk Gondang bersemayam.

Misteri Nyai Gondang Sari, pemimpin mahluk gaib di Waduk Gondang

Misteri Nyai Gondang Sari, pemimpin mahluk gaib di Waduk Gondang

Misteri Waduk Gondang yang satu ini memang cukup terkenal di kalangan masyarakat. Konon, ada sosok mahluk astral yang dipercaya sebagai pemimpin mahluk gaib yang berada di Waduk Gondang, yaitu Nyai Gondang Sari.

Sosok ini kadang-kadang menampakkan diri pada masyarakat sekitar dengan wujud seorang wanita cantik bak putri kerajaan. Wujud wanita cantik ini biasanya hadir pada saat bulan purnama penuh. Namun, terkadang sosok ini menampakkan diri dengan wujud siluman ular atau banaspati, yakni bulatan api yang dapat terbang ke sana kemari.

Keberadaan ikan setan

Keberadaan ikan setan

Banyak orang yang tertarik untuk memancing ikan di Waduk Gondang. Bahkan, ada spot-spot tertentu yang memungkinkan kita untuk bisa mendapat ikan dengan ukuran yang sangat besar. Sayangnya, Anda harus berhati-hati saat memancing karena ada mitos yang beredar di waduk ini tentang keberadaan ikan setan.

Cerita misteri Waduk Gondang mengenai keberadaan ikan setan ini beredar dari mulut ke mulut. Konon, bila Anda memancing dan mendapatkan ikan yang matanya merah, sebaiknya kembalikan ikan tersebut ke waduk karena usut punya usut katanya itu adalah ikan setan. Pertanda ikan setan lainnya bisa dilihat dari sisiknya, yakni sisiknya sangat tebal atau mungkin tidak bersisik sama sekali.

Bila Anda menangkap ikan setan, sebaiknya jangan dibawa pulang apalagi sampai dimakan. Ikan setan yang berada di Waduk Gondang ini bisa membuat siapa saja yang membawanya pulang menjadi celaka.

Keangkeran Waduk Gondang

Sebagai waduk yang usianya cukup tua, tak heran jika Waduk Gondang memiliki sejumlah kisah mistis yang membuat bulu kuduk merinding. Bahkan, keangkeran Waduk Gondang ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi lantaran banyak sekali mahluk astral yang berdiam di waduk ini.

Sejumlah mahluk astral yang tinggal di Waduk Gondang ini antara lain adalah Nyai Gondang Sari (sosok pemimpin mahluk astral di Waduk Gondang), hantu daster, genderuwo, dan berbagai jenis hantu lainnya. Meskipun tidak selalu menampakkan diri, mau tak mau kita jadi berpikir dua kali jika ingin datang ke waduk ini pada malam hari.

Mengingat penghuni gaib di Waduk Gondang ini jumlahnya sangat banyak, maka masyarakat sekitar menghimbau untuk tidak bertindak atau berkata-kata seperti seolah menantang mahluk astral yang berada di sini. Sekalipun Anda adalah paranormal dengan ilmu yang tinggi, sebaiknya jangan menantang mahluk astral penghuni Waduk Gondang jika Anda tidak ingin hal-hal buruk terjadi.

Tumbal yang diminta mahluk gaib penghuni waduk

Tumbal yang diminta mahluk gaib penghuni waduk

Ketika ada kasus orang-orang tenggelam di perairan, pasti kabar yang beredar adalah peristiwa tersebut adalah kehendak dari mahluk gaib perairan tersebut yang meminta tumbal. Misteri Waduk Gondang mengenai sejumlah orang yang tenggelam di sini juga dihubung-hubungkan dengan mahluk astral penunggu waduk.

Di tahun 2015, sebuah perahu yang membawa 11 penumpang tenggelam di Waduk Gondang. Beruntung 9 orang penumpang berhasil ditemukan dengan selamat, sedangkan 2 penumpang lainnya dinayatakan hilang sampai saat ini.

Kronologi perahu tenggelam ini cukup dramatis layaknya sebuah film horror. Mesin perahu mati secara tiba-tiba dan seketika angin besar datang sehingga menyebabkan timbulnya ombak di waduk yang tadinya tenang ini. Sontak perahu langsung terbalik dan seluruh penumpang terjatuh ke dalam waduk.

7 tahun sebelum peristiwa perahu dengan 11 penumpang yang tenggelam ini juga ada kejadian yang serupa. Seorang bernama Maman tengah asyik menikmati pertunjukan musik dangdut di area wisata Waduk Gondang bersama kedua orang temannya. Setelah bosan menikmati pertunjukan musik, Maman dan teman-temannya pergi ke tepi waduk dan menemukan perahu yang tidak ada pemiliknya.

Pencarian korban tenggelam

Maman dan teman-temannya memutuskan untuk naik perahu dan berjalan-jalan mengitari waduk. Tidak jauh dari tepi waduk, tiba-tiba perahu yang mereka naiki oleng dan tidak bisa menjaga keseimbangan.

Semua penumpang tercebur ke dalam waduk. Akan tetapi, kedua teman Maman bisa berenang, sedangkan Maman tidak bisa. Akhirnya, Maman tenggelam di Waduk Gondang. Butuh waktu 7 jam pencarian sebelum tim SAR berhasil menemukan jasad Maman yang sudah tak bernyawa.

Konon, korban tenggelam yang kehilangan nyawanya di Waduk Gondang ini adalah tumbal yang diminta oleh penghuni gaib waduk. Ada yang didasari karena tumbal, ada juga mahluk halus yang dendam terhadap manusia sehingga berusaha mengambil nyawa manusia.

Sejumlah cerita misteri Waduk Gondang ini membuat image angker melekat pada perairan ini. Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke Waduk Gondang dan membuktikan sendiri keangkeran waduk ini?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment