Bacaterus / Misteri Dunia / Misteri Venezuelan Poodle Moth yang Sempat Membuat Heboh

Misteri Venezuelan Poodle Moth yang Sempat Membuat Heboh

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Penemuan spesies hewan baru memang bisa menjadi kabar gembira bagi dunia ilmu pengetahuan. Salah satu spesies hewan yang sempat menghebohkan pasca penemuannya adalah Venezuelan poodle moth atau ngengat pudel Venezuela, sejenis serangga bersayap yang diketahui berasal dari daratan Venezuela, Amerika Selatan.

Sejak kemunculannya ke ruang publik, hewan tersebut memang telah mencuri perhatian masyarakat di seluruh dunia. Selain karena bentuk fisiknya yang unik, asal-usul hewan tersebut juga kerap mengundang rasa penasaran para peneliti yang ada di berbagai negara.

Nah, biar kamu tidak penasaran dengan makhluk ini, kali ini Bacaterus telah merangkum informasi menarik tentangnya dalam misteri Venezuelan poodle moth, serangga unik yang sempat membuat para peneliti heboh. Ingin tahu seperti apa? Berikut adalah ulasannya.

Penemuan Serangga Unik yang Membingungkan

Ngengat pudel Venezuela

* sumber: www.pri.org

Ngengat pudel Venezuela merupakan sejenis serangga yang cukup menggemparkan dunia sejak pertama kali muncul di internet. Konon, serangga ini pertama kali ditemukan pada tahun 2009 oleh seorang zoologi yang bernama Dr. Arthur Anker yang berasal dari Bishkek, Kyrgyzstan.

Ngengat pudel Venezuela sendiri mulai mendapat perhatian dunia sejak foto hasil jepretan sang peneliti mengenai hewan tersebut tersebar luas di jagat internet. Bentuknya yang tidak lazim memang sempat mengundang rasa penasaran warga internet. Sehingga dalam waktu sekejap kabar tentang makhluk ini pun beredar luas di masyarakat dunia.

Ngengat pudel Venezuela merupakan jenis serangga bersayap dengan bulu hampir menutupi sebagian besar tubuhnya. Namanya sendiri diambil berdasarkan karakteristik fisiknya yang mirip dengan seekor anjing pudel berwarna putih. Serangga ini ditemukan pertama kali di wilayah Gran Sabana yang berada di kawasan hutan Parque Nacional Canaima, Venezuela, Amerika Selatan.

Seperti yang kita ketahui, kawasan Amerika Selatan sendiri menjadi tempat yang menarik bagi para peneliti flora dan fauna yang ada di seluruh dunia. Mengingat di sana terdapat sebuah hutan hujan tropis terbesar di dunia, yaitu Amazon yang memang terkenal memiliki beragam spesies hewan unik yang mungkin belum pernah teridentifikasi oleh ilmuwan sebelumnya.

Ngengat yang Mirip dengan Anjing Poodle

Ngengat pudel Venezuela

* sumber: www1.insh.world

Kehadiran serangga yang satu ini memang cukup menarik hingga sering diulas di berbagai media online. Banyak yang beranggapan bahwa hewan ini terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Meski demikian, tak sedikit pula yang menganggap hewan ini menakutkan karena tampilan fisiknya yang berbeda dengan jenis-jenis ngengat yang pernah ditemukan sebelumnya.

Ngengat sendiri kerap diidentikkan dengan seekor kupu-kupu. Padahal keduanya merupakan jenis serangga yang memiliki banyak perbedaan. Kupu-kupu dan ngengat sendiri memiliki peran penting dalam ekosistem alam di mana mereka ikut berperan dalam proses penyerbukkan bunga.

Keduanya sendiri termasuk dalam ordo Lepidoptera, di mana terdapat 180.000 spesies yang tersebar di berbagai wilayah yang ada di seluruh dunia. Sekilas kedua serangga bersayap ini memang terlihat sama, hanya saja ada beberapa hal yang bisa dilihat untuk membedakan keduanya.

Perbedaan Kupu-Kupu dan Ngengat

Kupu-kupu

* sumber: www.greelane.com

Cara sederhana untuk membedakan kupu-kupu dan ngengat adalah dengan melihat bagian antena dan sayap dari kedua hewan ini. Antena pada ngengat umumnya berbentuk deretan bulu yang memanjang, sementara antena kupu-kupu berbentuk panjang dan lurus.

Perbedaan selanjutnya yang cukup kentara terdapat pada sayap keduanya. Kupu-kupu dikenal memiliki beragam warna dan corak yang menarik, sementara ngengat umumnya berwarna coklat tanpa corak. Ngengat sendiri merupakan hewan nokturnal yang beraktivitas pada malam hari, sementara kupu-kupu kebalikannya.

Nah, bila dilihat secara tampilan fisik, ngengat pudel Venezuela sendiri memang terlihat mirip dengan seekor ngengat. Hanya saja yang membuat serangga ini terlihat jauh berbeda adalah bulu tebal berwarna putih yang menyelimuti tubuhnya. Bulu tebal tersebut yang membuat serangga ini mirip dengan seekor anjing pudel berbulu putih.

Keunikan yang dimilikinya ini yang pada akhirnya menimbulkan banyak perdebatan serta memunculkan spekulasi menarik di tengah masyarakat maupun di antara para peneliti yang ada di seluruh dunia.

Dianggap Hasil Rekayasa Foto

Ngengat pudel Venezuela

* sumber: avax.news

Pada saat foto hewan ini muncul ke permukaan, banyak di antara masyarakat yang skeptis dan menganggap bahwa foto yang beredar di internet merupakan hasil rekayasa komputer yang dilakukan oleh orang iseng.

Hanya saja setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, akhirnya diketahui bahwa foto tersebut merupakan foto asli yang diambil langsung oleh Dr. Arthur saat melakukan penelusuran di Gran Sabana National Park.

Pada awalnya tidak ada yang menyadari keunikan dari serangga ini. Hingga akhirnya seorang peneliti bernama Dr. Karl Shuker tertarik untuk melakukan penelitian lebih jauh tentang serangga tersebut.

Dr. Karl merupakan seorang yang memiliki latar belakang sebagai zoologi sekaligus kriptozoologi, yang kerap menuliskan berbagai penemuan hewan unik di dalam blog pribadi yang dikelolanya.

Dalam blog pribadinya ia pun menuliskan artikel yang menyebutkan beberapa penemuan spektakuler di hutan hujan yang ada di berbagai belahan dunia. Hal tersebutlah yang membuat serangga ini semakin dikenal luas oleh warga dunia.

Meskipun pada awalnya kehadiran serangga ini cukup membingungkan masyarakat, namun seiring waktu masyarakat sendiri pada akhirnya mendapatkan titik terang mengenai hewan unik yang satu ini.

Jenis Spesies Baru dan Langka

Ngengat pudel Venezuela

* sumber: aminoapps.com

Sebelumnya akhirnya diklasifikasikan sebagai hewan dalam ordo Lepidoptera, masyarakat sendiri banyak yang berspekulasi bahwa hewan tersebut tidak benar-benar eksis di muka bumi. Banyak di antara mereka yang beranggapan bahwa isu keberadaan serangga tersebut merupakan sebuah sensasi.

Meskipun demikian, tak sedikit pula yang mempercayai bahwa hewan ini benar-benar ada, bahkan mengaitkannya dengan makhluk keberadaan luar angkasa. Menurut penganut teori tersebut, hewan ini merupakan hasil rekayasa genetik yang dilakukan oleh bangsa alien. Hal tersebut memang cukup beralasan, mengingat bentuk fisik hewan yang satu ini memang cukup aneh, namun sangat menarik.

Di luar dari kepercayaan tersebut, para peneliti sendiri berpendapat bahwa ngengat pudel Venezuela memiliki kemiripan dengan ngengat muslin yang biasa hidup di daratan Inggris. Hanya saja ngengat pudel Venezuela memiliki ukuran yang jauh lebih besar dengan bulu lebat berwarna terang.

Akan tetapi, hal tersebut pun pada akhirnya terbantahkan oleh keraguan para peneliti terhadap daya jangkau hewan tersebut. Mereka sendiri menyangsikan bila serangga berukuran mungil tersebut mampu melakukan migrasi dari Inggris ke Venezuela yang memiliki jarak yang sangat jauh.

Meski asal usul hewan ini masih menjadi misteri, namun para peneliti sendiri pada akhirnya sepakat untuk mencatat bahwa ngengat pudel Venezuela merupakan spesies hewan baru dari ngengat yang cukup langka. Nah, apakah menurut kamu serangga ini memang benar-benar ada?

Demikianlah misteri Venezuelan poodle moth, serangga unik yang sempat membuat peneliti di seluruh dunia heboh yang berhasil Bacaterus rangkum. Semoga informasi mengenai hewan ini bisa menambah pengetahuan kita mengenai spesies serangga unik yang ada di muka Bumi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *