Bacaterus / Tokoh Misteri / Misteri Kematian Tupac Shakur yang Masih Belum Terungkap

Misteri Kematian Tupac Shakur yang Masih Belum Terungkap

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Banyak yang menyebut bahwa seorang seniman ketika menghasilkan sebuah karya seni maka dia meninggalkan sebuah harta pusaka. Penyebutan harta pusaka ini mungkin terkesan berlebihan, tapi banyak karya seni yang saat ini masih diapresiasi dan dicari-cari sampai harganya menjadi mahal. Padahal banyak dari karya seni itu sudah berusia puluhan bahkan ratusan tahun.

Tupac Shakur

Seorang seniman boleh meninggal, tapi karya-karyanya akan tetap hidup. Ungkapan tersebut cocok dipersembahkan untuk karya Tupac Shakur yang sampai sekarang masih hidup. Sayangnya, Tupac meninggal dengan cara ditembak. Sampai sekarang pelaku dan motifnya masih belum terjawab. Mari simak lebih jauh misteri kematian Tupac Shakur yang masih belum terungkap.

Karir Cemerlang Tupac Shakur

Karir Cemerlang Tupac Shakur (Copy)

Tupac Shakur lahir dengan nama Parish Lesane Crooks. Dia lahir di New York, kemudian pada tahun 1988 pindah ke San Fransisco Bay. Debut albumnya 2Pacalypse Now pada tahun 1991 membuat dia menjadi simbol West Coast Hip Hop. Album itu dikenang karena keberaniannya membahas isu sosial ketika lagu lain kebanyakan gangsta rap.

Untuk meningkatkan karirnya pada tahun 1993 dia pindah ke Los Angeles. Dua tahun kemudian, dia berhasil menelurkan 2 album yang laris di pasaran sampai-sampai dia terjebak dalam rivalitas West Coast dan East Coast Hip Hop dengan Notorious B.I.G. yang dulu merupakan teman dekatnya.

Selain menjadi musisi, Tupac juga sempat membintangi beberapa film yaitu Juice, Poetic Justice, Gridlock’d dan Gang Related. Pada tahun 1996, Tupac meninggal karena ditembak. Setelah meninggal, 5 album yang belum dirilis dilepas ke pasaran dan semuanya laku keras bahkan semua albumnya terjual 73 juta kopi.

Di balik karir cemerlangnya, Tupac pernah dituduh melakukan pemerkosaan terhadap seorang wanita. Sehari sebelum divonis, dia ditembak lima kali tapi selamat. Tupac menuduh ada orang-orang di industri rap yang menjadi dalang penembakan. Dia divonis 11 bulan dan dibebaskan oleh CEO Death Row Records. Uang pembebasannya akan dibayar oleh hasil penjualan albumnya.

Kronologi Tewasnya Tupac Shakur

Kronologi Tewasnya Tupac Shakur 2 (Copy)

Tanggal 7 September 1996, Tupac menghadiri pertandingan tinju antara Bruce Seldon melawan Mike Tyson. Dia pergi bersama Suge Knight, petinggi Death Row Records. Setelah meninggalkan arena pertandingan, teman Knight yaitu Tray Lane yang merupakan anggota geng bernama M.O.B. Piru melihat Orlando Anderson, seorang anggota geng Crips di lobi MGM Grand.

Beberapa bulan sebelumnya tepatnya di bulan Mei, Anderson dan gengnya pernah mencoba untuk merampok Lane di sebuah toko retail. Tupac yang diberitahu Lane dan kebetulan Anderson dalam jangkauannya kemudian menyerang Anderson. Teman-teman Knight ikut menyerang Anderson. Mereka lalu pergi menuju Club 662.

Kronologi Tewasnya Tupac Shakur (Copy)

Pukul 11 malam, Tupac dan Knight diberhentikan kepolisian di Las Vegas Boulevard karena memasang musik terlalu kencang dan nggak ada plat nomor yang terpasang di mobil yang mereka tumpangi. Polisi meminta mereka menunjukkan plat nomor mobil. Plat nomor mobil ditemukan di bagasi mobil, kemudian mereka dibebaskan.

Pukul 11.10 mobil mereka berhenti di lampu merah di persimpangan East Flamingo Road dan Koval Lane di depan Hotel Maxim. Sebuah mobil yang ditumpangi oleh dua orang wanita berhenti di samping kiri mobil. Tupac kemudian berbicara dan mengundang mereka ke Club 662.

Pukul 11.15 mobil Cadillac putih mengejar mobil Knight sampai sejajar di sebelah kanan. Penumpang kursi belakang membuka jendela kemudian menembak beberapa kali. Tupac terkena 4 tembakan di dada bagian kiri, lengan dan paha atas. Satu peluru bahkan menembus paru-paru kanannya. Knight yang berada di sampingnya juga terluka karena peluru menyerempet dahinya.

Walaupun terluka, Knight berusaha membawa Tupac ke rumah sakit. Dia kemudian dihentikan oleh polisi yang sedang bertugas dan langsung meminta bantuan. Keduanya kemudian dilarikan ke University Medical Centre of Southern Nevada. Setelah 6 hari dirawat dalam keadaan kritis, Tupac akhirnya meninggal pada 13 September 1996 ketika dia masih berusia 25 tahun.

Investigasi Kasus Tertembaknya Tupac Shakur

Investigasi Kasus Tertembaknya Tupac Shakur (Copy)

Seorang polisi bernama Chris Carroll yang menghentikan mobil Knight ketika Tupac sudah tertembak mengatakan bahwa dia membuka pintu mobil dan menanyakan siapa yang melakukan penembakan. Tupac malah membalas dengan kalimat “F You” pada Carroll yang menjadi kalimat terakhirnya. Namun saksi yang berada di tempat kejadian nggak mendengar kata-kata itu.

Setahun setelah kejadian, Kevin Manning yang memimpin penyelidikan mengatakan bahwa ada kemungkinan kasus ini nggak bisa diselesaikan. Dia berdalih bahwa ada petunjuk-petunjuk dan saksi-saksi baru tapi nggak membantu penyelidikan. Bahkan dia mengatakan penyelidikannya sudah mentok karena nggak ada perkembangan yang signifikan.

Pada tahun 2002, seorang jurnalis yang menginvestigasi kasus pembunuhan Tupac selama satu tahun bernama Chuck Phillips merilis artikel di surat kabar Los Angeles Times. Artikel berjudul “Who Killed Tupac Shakur?” menjelaskan bahwa Tupac dibunuh oleh anggota Crips yang membalas dendam karena Anderson beberapa jam sebelumnya dihajar oleh Tupac.

Anderson menjadi orang yang mengeksekusi Tupac dengan menembaknya. Selain itu, Phillips juga mengatakan bahwa ada kecurigaan pada rapper dari East Coast, termasuk Notorious B.I.G. dan beberapa penjahat dari New York. Anderson yang dicurigai orang-orang sebagai pelaku hanya diinterogasi sekali dan tewas 2 tahun kemudian saat ada peperangan antar geng.

Teori-Teori Pembunuhan Tupac Shakur

Belum tertangkapnya pembunuh Tupac Shakur membuat orang-orang bertanya-tanya siapa pelakunya serta apa motifnya. Banyak teori yang muncul akibat banyaknya kemungkinan pelaku. Inilah beberapa teori yang beredar di masyarakat tentang misteri kematian Tupac Shakur yang masih belum terungkap:

Teori-Teori Pembunuhan Tupac Shakur (Copy)

Orlando Anderson dan The Crips yang membunuh Tupac. Motif balas dendam menjadi pemicu kuat terjadinya penembakan. Beberapa jam sebelum ditembak, Anderson dipukuli oleh Tupac sehingga dia mengumpulkan anggota gengnya untuk membalas tindakan Tupac.

1Teori-Teori Pembunuhan Tupac Shakur (Copy)

Suge Knight menjadi dalang pembunuhan Tupac. Kabarnya Tupac meminjam uang dalam jumlah besar dan berniat keluar dari Death Row Records. Teori ini sedikit terbantahkan dengan kenyataan Knight pun menjadi korban penembakan hanya saja meleset sehingga melukai dahinya.

2Teori-Teori Pembunuhan Tupac Shakur (Copy)

Puff Diddy adalah dalang pembunuhan Tupac. Sebuah rekaman anggota Crips, Keith Davis mengaku mendapat bayaran 1 juta USD untuk menghilangkan nyawa Tupac dan menjadikan Anderson sebagai eksekutor.

3Teori-Teori Pembunuhan Tupac Shakur (Copy)

Notorious B.I.G. adalah dalang pembunuhan Tupac. Dia pernah menjadi rivalnya dalam persaingan West Coast dan East Coast Rap. Dia berpotensi mempunyai dendam sampai membunuh Tupac. Sebuah teori menyatakan dia menyewa Anderson untuk melakukan tugas kotor tersebut.

Notorious B.I.G. yang merasa terganggu membuktikan bahwa dia sedang rekaman di studio ketika Tupac tewas. Selain itu, dia juga tewas terbunuh atau dengan kata lain nasibnya nggak jauh berbeda dengan Tupac.

Demikian bahasan mengenai misteri kematian Tupac Shakur yang masih belum terungkap. Apa kamu pernah mendengarkan karya-karyanya? Karya Tupac yang mana yang kamu suka? Berbagi di kolom komentar yuk! Dengan begitu, pembaca yang belum pernah mengenal Tupac Shakur bisa berkenalan melalui karya-karyanya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *