Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / Misteri Tol Cipali, Jalan Tol yang Katanya Jadi Markas Jin

Misteri Tol Cipali, Jalan Tol yang Katanya Jadi Markas Jin

Keberadaan Tol Cipali memang sangat membantu bagi masyarakat Jakarta yang hendak berpergian ke wilayah Jawa Barat. Pasalnya, dengan melalui jalan tol ini, maka kita bisa menghemat waktu 1,5 – 2 jam. Tak hanya sekedar menghemat waktu saja, Tol Cipali juga memangkas jarak perjalanan hingga 40 KM dibanding melalui Jalur Pantura.

Sayangnya, jalan tol ini sudah banyak menelan korban. Hanya dalam waktu 10 hari sejak tol ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, sudah ada sekitar 30 kecelakaan yang menelan korban jiwa maupun luka-luka.

Sejumlah media memberitakan bahwa kasus ini terjadi karena faktor human error. Namun, menurut sejumlah orang yang dapat melihat dengan mata batin ada hubungan antara mahluk astral yang menghuni kawasan Tol Cipali tersebut dengan serangkaian kecelakaan yang terjadi.

Misteri Tol Cipali

Bacaterus ingin mengajak Anda untuk mengulas misteri Tol Cipali lebih dalam lagi. Misteri apa yang sebenarnya tersimpan di balik jalan tol tersebut? Gangguan mahluk astral apa sajakah yang kerap dialami oleh pengendara yang melintas di jalur tol maut tersebut?

Batu Bleneng, markas bagi bangsa jin

Batu Bleneng, markas bagi bangsa jin

Misteri Tol Cipali yang paling santer terdengar adalah keberadaan sebuah batu besar di KM 90 Tol Cipali. KM 90 merupakan lokasi yang paling sering terjadi kecelakaan.

Ada yang mengatakan bahwa kecelakaan terjadi karena kesalahan pengendara, seperti pengendara yang mengantuk sehingga tidak dapat berkonsentrasi saat berkemudi. Namun, bagi orang-orang yang dapat menerawang dengan mata batin, batu besar di KM 90 inilah yang menjadi penyebab sejumlah kecelakaan di lokasi ini.

Menurut orang-orang pintar, batu besar ini merupakan markas jin. Pernah ada seorang paranormal yang mendeskripsikan sosok jin besar yang menghuni batu tersebut. Jin tersebut digambarkan dengan perawakan yang tinggi besar dengan seluruh badan tertutup bulu. Mata jin tersebut memancarkan sinar merah dan ia duduk di atas Batu Bleneng, batu besar di KM 90 Tol Cipali, sambil memegang tongkat.

Jin Batu Bleneng

Akan tetapi, setelah berkomunikasi dengan jin tersebut, si paranormal mengatakan bahwa sosok jin penghuni Batu Bleneng mengelak bahwa ia yang mengakibatkan kecelakaan di jalan tol tersebut. Meskipun katanya ada sok jin lain yang mengganggu pengemudi agar terjadi kecelakaan.

Batu Bleneng sempat hendak dipindahkan saat pembangunan Tol Cipali sedang berlangsung. Anehnya, batu ini tidak bisa dipindahkan meskipun menggunakan alat berat. Masyarakat sekitar percaya bahwa jika batu tersebut dipindahkan, maka akan terjadi musibah. Konon, ada yang bilang bahwa batu itu sengaja diletakkan di tempat tersebut untuk menutup mata air yang dapat membanjiri kawasan tersebut.

Wanita misterius yang menyeberang jalan

Wanita misterius yang menyeberang jalan

Berdasarkan pengalaman yang dialami oleh pengemudi yang melintas di Tol Cipali, terutama pada saat tengah malam, mereka sering melihat penampakan sosok wanita misterius yang menyeberang jalan. Misteri Tol Cipali yang satu ini lebih sering terjadi di Kertajati sampai Sumberjaya, tepatnya di kawasan KM 178 Panjalin Lor, Kecamatan Surabaya.

Sosok wanita misterius yang menyeberang jalan ini kerap kali menyebabkan kecelakaan karena pengemudi hendak menghindari sosok wanita tersebut dengan membanting setir. Nah, coba pikirkan saja, mana ada manusia yang menyeberang tol pada larut malam? Apalagi pejalan kaki memang tidak diperkenankan untuk masuk ke jalan tol, bukan?

Bayangan raksasa di flyover

Bayangan raksasa di flyover

Penampakan mahluk astral di Tol Cipali tidak hanya sebatas hantu wanita cantik yang nampak menyeberangi jalan tol saja. Ada juga yang mengaku pernah melihat bayangan raksasa di flyover KM 166. Sosok tersebut nampak berdiri di tengah jalan seolah memang sengaja ingin menghalangi jalan pengemudi yang melintas di sana.

Entah hal ini adalah halusinasi dari si pengemudi atau memang ada penampakkan mahluk astral di flyover Tol Cipali tersebut. Yang pasti kita sendiri pasti akan kaget dan merinding bila melihat ada bayangan raksasa yang nampak seperti menanti kita.

Misteri Makam Mbah Samijem di Tol Cipali

Misteri Makam Mbah Samijem di Tol Cipali

Desas-desus yang cukup santer terdengar mengenai Tol Cipali ini adalah sebelum dibangun menjadi tol, jalan tersebut merupakan komplek pemakaman. Di pemakaman tersebut ada sebuah makam keramat milik Mbah Samijem. Konon, Makam Mbah Samijem sudah lebih dulu ada jauh sebelum Majalengka berdiri.

Misteri Tol Cipali mengenai Makam Mbah Samijem ini dimulai ketika sejumlah pekerja proyek akan segera memindahkan makam tersebut ke sisi Tol Cipali. Sayangnya, pada saat melakukan pemindahan tersebut, pengembang proyek ini tidak melakukan ritual apa pun. Makam dipindahkan begitu saja meskipun sudah ijin kepada keluarga pemilik makam.

Makam dipindahkan ke area sawah yang berada di sisi jalan tol. Keberadaan makam baru ini sedikit menyulitkan warga karena ketika ada seorang yang meninggal, warga harus menggotong keranda secara estafet melalui area persawahan.

Kecelakaan maut Tol Cipali

Masyarakat sangat menyayangkan tindakan pengembang jalan tol yang tidak memperhatikan adat istiadat dengan memindahkan makam begitu saja. Bahkan, keluarga pemilik makam hanya mendapatkan santunan sejumlah 100 ribu rupiah saja.

Apalagi setelah kejadian tersebut, ada sebuah kecelakaan yang menewaskan 6 orang pada tanggal 6 Juli 2015. Kemudian, disusul lagi dengan sebuah kecelakaan besar yang terjadi pada tanggal 24 Juli 2015 di KM 166, yang masih merupakan wilayah dari Kabupaten Majalengka.

Walaupun tidak ada bukti konkrit untuk menjelaskan bahwa kecelakaan-kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali disebabkan karena pemindahan Makam Mbah Samijem yang dilakukan tanpa ritual ini, tapi tetap saja banyak orang yang percaya bahwa kedua hal tersebut memang berkaitan.

Pasalnya, setelah pemindahan makam ada sejumlah pengemudi yang melihat ada sebuah mobil yang tiba-tiba berputar hingga 20 kali putaran. Di samping itu, ada pula yang pernah melihat penampakan hantu wanita berdiri di tengah jalan dengan rambutnya yang panjang hingga menutupi jalan.

Waspada untuk menghindari kecelakaan

Waspada untuk menghindari kecelakaan

Terlepas dari berbagai misteri Tol Cipali ini, setiap jalan tol memang banyak dihuni oleh mahluk astral. Misalnya saja, seperti Tol Cipularang yang memang dikenal sering menelan korban jiwa. Bahkan, istri dari pedangdut tanah air, Syaiful Jamil, pernah tewas karena kecelakaan di Tol Cipularang.

Jalan Tol Cipali yang amat panjang sering digadang-gadang membuat para pengemudi jadi mengantuk dan tidak berkonsentrasi saat menyetir. Memang betul jika kecelakaan juga kerap terjadi di sepanjang tol ini. Namun, untuk berjaga-jaga sebelum mengemudi sebaiknya berdoalah terlebih dahulu untuk memohon perlindungan dari Yang Maha Kuasa agar dijauhkan dari segala marabahaya.

Selain itu, untuk menghindari sejumlah kecelakaan yang sering dikaitkan dengan misteri Tol Cipali, maka sebaiknya Anda memperoleh banyak istirahat sebelum pergi jauh. Apabila Anda merasa sangat ngantuk ketika melintas tol ini, maka berhentilah di tempat peristirahatan (rest area) untuk sekedar tidur atau minum kopi agar tidak mengantuk. Jangan lupa untuk selalu menaati peraturan lalu lintas untuk meminimalisir risiko kecelakaan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment