Bacaterus / Tokoh Misteri / Misteri Man In the Iron Mask, Pria Bertopeng yang Misterius

Misteri Man In the Iron Mask, Pria Bertopeng yang Misterius

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Salah satu sosok yang akan Bacaterus bahas kali ini memang sangat misterius dan bisa membuat masyarakat dunia penasaran. Berjulukan L’Homme au Masque de Fer atau dalam bahasa Inggris Man in the Iron Mask. Identitas pria yang satu ini memang selalu menjadi perdebatan para sejarawan dunia. Berbagai spekulasi bermunculan tentang sosok pria bertopeng ini.

Siapakah sosok dibalik topeng besi yang menghabiskan hidupnya sebagai tahanan tersebut? Apa yang membuatnya berbeda dengan tahan lain yang ada di penjara? Bila kamu termasuk salah satu orang yang penasaran dengan sosok yang satu ini. Berikut telah Bacaterus rangkum misteri Man in the Iron Mask, pria bertopeng yang misterius.

Asal Mula Man in the Iron Mask

Man in the Iron Mask

Kisah tentang seorang pria bertopeng besi ini memang cukup menyita perhatian orang-orang di seluruh dunia. Kisah hidupnya yang misterius membuat masyarakat penasaran terhadap jati diri pria tersebut yang sesungguhnya. Kisahnya sendiri terjadi pada masa pemerintahan raja Louis XIV tahun 1643 sampai tahun 1715.

Kejadian bermula pada tahun 1670. Ketika itu, seorang tahanan pria baru saja dipindahkan ke dalam penjara Bastille yang berada di kota Paris, Perancis. Penjara tersebut merupakan penjara kerajaan yang dibangun untuk orang-orang yang menentang perintah kerajaan.

Menurut catatan sejarah, pria tersebut sebenarnya sudah menjadi tahanan kerajaan dan pernah mendekam di benteng Pignerol, Italia sebelum akhirnya menghuni penjara Bastille. Kehadiran tahanan pria tersebut memang berbeda dengan tahanan lain yang ada di sana.

Sejak pertama menginjakkan kakinya di penjara Bastille, tahanan pria tersebut tampak mengenakan sebuah topeng besi. Hal tersebut pun ia lakukan hingga akhir hayatnya pada tahun 1703. Konon, selama ia mendekam di penjara sampai akhirnya meninggal dunia, tak ada satu orang pun penjaga yang pernah melihat wajah aslinya.

Karena selama pria tersebut berada di dalam tahanan, pria tersebut tak pernah membuka topeng besinya untuk menunjukkan identitasnya yang asli. Pria bertopeng besi yang sering disebut juga sebagai Eustache dauger tersebut sering ditemani seorang tahanan lain sepanjang hidupnya. Pria itu bernama Benigne Dauvargne de Saint-Mars.

Saint-Mars sendiri dipercaya sebagai penjaga pribadi yang menemani dirinya selama dipenjara. Siapakah sosok pria bertopeng besi tersebut? Apa yang membuatnya harus ditahan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut memang kerap kali muncul pada sosok misterius yang satu ini.

Hanya saja, selama berabad-abad tak ada informasi yang jelas mengenai hal tersebut selain nama Marchioly sebagai identitas samaran selama pria bertopeng besi itu mendekam di penjara.

Spekulasi Tentang Man in the Iron Mask

Spekulasi Tentang Man in the Iron Mask

Setelah kematian pria bertopeng besi mulai banyak menimbulkan banyak spekulasi liar yang beredar di masyarakat. Kehadirannya yang misterius memang menjadi daya tarik tersendiri. Spekulasi yang banyak beredar mengenai keberadaan pria bertopeng besi tersebut di penjara mengarah pada intrik politik kekuasaan dan perselingkuhan.

Beberapa spekulasi lain pun banyak diungkapkan setelah kematiannya. Salah satunya seperti yang dikemukakan oleh seorang penulis sekaligus filsuf ternama bernama Voltaire dalam karyanya berjudul the Age of Louis XIV yang telah dipublikasikan pada tahun 1751. Saat dirinya berada dalam tahanan penjara.

Voltaire pernah mencari informasi mengenai identitas asli pria yang berada dibalik topeng tersebut pada orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pria bertopeng tersebut. Menurut informasi yang ia dapat dari keterangan para pelayan yang pernah melayani pria bertopeng tersebut.

Sosok pria bertopeng besi tersebut memiliki ciri-ciri yaitu berusia muda, memiliki postur tubuh yang tinggi dan gagah. Mereka juga menerangkan bahwa pria tersebut selalu memakai pakaian berbahan linen dan berenda. Seperti diketahui bahwa linen adalah baham pakaian kesukaan raja Louis XIV dan sang ibu, ratu Anne.

Selain itu mereka juga menyebutkan bahwa pria bertopeng besi tersebut sangat suka sekali memainkan Cello. Sehingga membuat Voltaire mengambil kesimpulan bahwa pria yang berada dibalik topeng besi tersebut sangat mirip dengan raja Louis XIV.

Senada dengan Voltaire. Menurut Joseph de Lagrange-Chancel, seorang penulis kerajaan pada masa pemerintahan raja Louis XIV yang dipenjara pada tahun 1720. Ia menyatakan bahwa penjaga yang selama ini menemaninya adalah Dauvargne de Saint-Mars. Pria tersebut adalah mantan gubernur Sainte-Marguerita.

Pria itu kerap memperlakukan pria bertopeng besi dengan hormat dan memanggilnya dengan sebutan “My Prince“. Sehingga membuat spekulasi bahwa kemungkinan orang yang berada dibalik topeng adalah seorang yang memang dihormati dan itu bisa jadi Louis XIV.

Meskipun demikian terdapat spekulasi lain yang mengatakan bahwa pria bertopeng besi tersebut adalah saudara Louis XIV dari hubungan gelap sang ibu. Namun, hal tersebut tetap menjadi spekulasi yang masih menjadi perdebatan. Karena banyaknya spekulasi-spekulasi tentang Man in the Iron Mask.

Pada akhirnya menjadi inspirasi seorang penulis terkenal bernama Alexandre Dumas menulis versinya sendiri. Kisah Alexandre inilah yang kemudian diangkat dalam sebuah cerita film berjudul The Man in the Iron Mask yang mainkan oleh Leonardo Dicaprio.

Teori Terbaru tentang Man in the Iron Mask

Teori Terbaru tentang Man in the Iron Mask

Identitas the Man in the Iron Mask memang masih menjadi misteri panjang yang menarik untuk diungkap kebenarannya. Setelah berbagai spekulasi muncul. Kini ada teori baru yang mengungkap jati diri Man of the Iron Mask.

Teori tersebut dikemukakan oleh seorang Dosen Sejarah di University of California, Santa Barbara bernama Paul Soninno dalam bukunya yang berjudul The Search For The Man ini The Iron Mask: A Historical Detective Story.

Menurutnya Eustache dauger adalah pelayan bendahara kardinal bernama Mazarin yang menjabat sebagai menteri pada masa Kehidupan awal Louis XIV hingga dirinya menjadi seorang raja. Menurutnya, harta yang dimiliki Mazarin bahkan melebihi yang dimiliki seorang raja. Sonino meyakini bahwa harta tersebut merupakan harta yang didapat secara kotor dari mantan raja dan ratu Inggris.

Karena isu tentang hal tersebut sangat sensitif. Maka pada saat perintah penahanan yang dikeluarkan oleh Menteri urusan perang Marques de Louvois. Mazarin pun diancam untuk tidak mengungkapkan identitasnya bila tidak ingin terbunuh. Ia juga dikurung di tempat isolasi dengan kontak yang dibatasi.

Sonnino juga menambahkan bahwa topeng yang digunakan oleh Eustache dauger bukanlah topeng besi yang sering diceritakan oleh para sejarawan terdahulu. Topeng yang dikenakan pria tersebut adalah topeng beludru berwarna hitam yang sesekali pria tersebut lepaskan.

Meskipun yang diungkap oleh Sonnino melalui hasil penelitian. Namun tetap saja misteri tentang The Man in the Iron Mask masih menjadi tanda tanya besar. Benarkah sosok Mazarin yang diungkap Sonnino adalah pria dalam topeng besi yang berada dalam kurungan pada 350 tahun yang lalu.

Nah itulah, misteri tentang The Man On The Iron Mask, pria bertopeng yang misterius. Nantikan misteri lain yang akan Bacaterus ungkap untuk kamu. Jangan lewatkan artikel misteri Jack the Ripper yang merupakan pembunuh berantai misterius yang sampai saat ini kasusnya belum terpecahkan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *