Bacaterus / Misteri Jakarta / 6 Misteri Terowongan Casablanca yang Dikenal Angker

6 Misteri Terowongan Casablanca yang Dikenal Angker

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Juli 2019

Warga Jakarta pasti sudah akrab dengan yang namanya “Terowongan Casablanca”. Terowongan ini berlokasi tepat di bawah Jalan Kuningan, Jakarta Selatan. Melalui terowongan inilah kamu bisa bepergian dari Jatinegara ke Sudirman atau sebaliknya secara lebih cepat.

Sampai saat ini, Terowongan Casablanca masih dianggap sebagai tempat yang angker bagi sebagian masyarakat ibu kota. Mengapa? Ada banyak mitos dan cerita-cerita mistis yang terjadi di sini. Bahkan, banyaknya kecelakaan kendaraan yang terjadi di sini juga sering dikaitkan dengan energi gaib yang kuat di dalam terowongan ini.

Lantas, apa saja misteri Terowongan Casablanca yang membuatnya mendapat predikat sebagai tempat angker? Bacaterus akan mengulasnya secara lebih lengkap di sini.

1. Bekas Kuburan Massal

Bekas Kuburan Massal

* sumber: artikel.rumah123.com

Keangkeran Terowongan Casablanca tidak lepas dari masa lalunya. Ya, menurut warga sekitar yang sudah berpuluh-puluh tahun menghuni kawasan ini, sebelum dibangun Terowongan Casablanca dulunya tempat ini adalah tanah kuburan massal.

Ketika pemerintah hendak membangun terowongan, kuburan ini dipindahkan ke tempat lain. Akan tetapi, ada satu misteri yang sampai detik ini masih membuat orang bertanya-tanya. Saat pemindahan jasad, ada satu jasad yang kondisinya masih utuh seperti baru dikubur. Padahal, saat itu tidak ada kuburan baru di sana.

Banyak yang percaya bahwa meskipun kuburan sudah dipindah, tetapi penghuni gaib di kuburan tersebut masih berada di terowongan tersebut. Sejak saat itulah banyak kejadian-kejadian ganjil yang di luar nalar terjadi di terowongan. Bahkan, ketika kamu coba melintas di terowongan ini, kamu akan merasakan hawa yang sangat lembab melebihi kelembaban terowongan-terowongan lain.

2. Mitos Kuntilanak Merah yang Diangkat ke Layar Lebar

Mitos Kuntilanak Merah

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=FgeyG8kCHJc

Terowongan Casablanca mendadak viral setelah kisahnya diangkat dalam film berjudul sama di tahun 2007. Film horor Indonesia ini tidak mengangkat cerita nyata dari terowongan tersebut. Namun, entah mengapa setting-nya dilakukan di Terowongan Casablanca. Bahkan, di film tersebut menceritakan sosok kuntilanak merah yang diyakini menghuni Terowongan Casablanca.

Lantas, benarkah kuntilanak merah memang mendiami Terowongan Casablanca? Menurut Citra Prima, seorang parapsikolog yang kerap kali tampil di acara-acara mistis di televisi nasional, keberadaan kuntilanak merah memang benar ada. Namun, sosok astral itu tidak mendiami terowongan, melainkan di tanah pemakaman yang tak jauh dari terowongan, yakni TPU Menteng Pulo.

Citra pun mendeskripsikan sosok kuntilanak merah yang ia lihat. Kuntilanak tersebut memang berpakaian merah dengan mata yang berbentuk runcing layaknya mata kucing. Kesan seram makin terasa ketika Citra menjelaskan bahwa kuntilanak merah ini juga memiliki taring yang nampak jelas ketika sedang menyeringai.

3. Penampakan Hantu Korban Perkosaan

Penampakan Hantu Korban Perkosaan

* sumber: magazine.job-like.com

Cerita misteri lainnya mengenai Terowongan Casablanca adalah lokasinya yang pernah dijadikan tempat perkosaan. Konon, sekian ratus tahun yang lalu ada seorang gadis berparas cantik yang jadi korban perkosaan oleh sekelompok pria bejat.

Sejumlah pemuda menyetubuhi si gadis sampai tewas. Yang membuat cerita ini semakin tragis, jasad si gadis yang sudah tak bernyawa dibuang dan ditinggalkan begitu saja.

Peristiwa kelam ini sering dikaitkan dengan penampakan hantu berwujud nenek-nenek yang diyakini sebagai arwah gadis yang tewas diperkosa tersebut. Percaya atau tidak, cerita ini nampaknya sudah menjadi urban legend yang beredar di kalangan warga setempat.

4. Pernah Jadi Lokasi Gantung Diri

Pernah Jadi Lokasi Gantung Diri

Keseraman Terowongan Casablanca semakin kuat lantaran beberapa tahun lalu lokasinya pernah dijadikan sebagai tempat bunuh diri. Menurut cerita yang beredar dari mulut ke mulut, pernah ada seorang pria yang ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di terowongan ini.

Yang membuat kisahnya semakin seram, pria ini ditemukan dengan leher terikat dan tubuh tergantung. Konon, titik lokasi ditemukannya jasad pria ini berada tepat di pintu masuk Terowongan Casablanca.

Benar atau tidaknya cerita ini tentu saja hanya warga setempat yang mengetahuinya. Namun, jikalau kamu memang pernah merasakan gangguan gaib atau melihat penampakan hantu korban gantung diri yang dibicarakan tersebut, jangan lupa untuk menceritakan pengalaman lengkapnya di komentar yang tersedia di bawah ini.

5. Banyak Kecelakaan yang Terjadi

Banyak Kecelakaan yang Terjadi

* sumber: sales-belanja-online.blogspot.com

Banyaknya kecelakaan yang terjadi di sekitar Terowongan Casablanca memang membuat kesan angker semakin terasa. Meskipun terkadang kecelakaan terjadi akibat kelalaian manusia sendiri, tapi toh tetap saja banyak yang menghubungkannya dengan fenomena gaib.

Bagi masyarakat yang mempercayai mitos dan dunia mistis, mereka percaya bahwa kecelakaan yang terjadi di Terowongan Casablanca ini merupakan ‘ulah’ dari makhluk gaib penunggu terowongan. Mengingat lokasinya merupakan bekas makam, tentu saja banyak makhluk gaib yang tidak terima dengan pembangunan terowongan ini. Alhasil, mereka yang tak kasat mata lah yang menyebabkan serangkaian kecelakaan di sini.

Seorang wanita yang tak disebutkan namanya menceritakan pengalaman kecelakaannya di sekitar Terowongan Casablanca. Kala itu, si wanita yang sedang dalam kondisi menstruasi pulang dengan mengendarai sepeda motor melintasi Terowongan Casablanca. Pada saat itu, waktu menunjukkan pukul 21:30.

Sekitar 5 meter sebelum memasuki terowongan, pengendara wanita ini merasa matanya seperti ditutupi sesuatu sehingga ia tidak bisa melihat jalan di depannya. Sontak motornya menabrak trotoar dan badannya terlempar di atas trotoar. Sementara sepeda motor yang ia kendarai terseret beberapa meter di depannya.

Menurut kesaksian si wanita, ia sempat melihat ke arah terowongan dan mendapati ada bayangan putih keluar dari dinding terowongan kemudian masuk kembali (menembus). Kondisi si wanita pun cukup parah dan tidak bisa beranjak sendiri karena kaki kanannya patah. Anehnya, sejumlah orang atau kendaraan yang melintas di dekatnya tak ada satupun yang menolong, seolah si wanita ini tak kasat mata.

Sekitar 20 menit kemudian baru ada orang-orang melihat dan menolong wanita ini. Namun yang aneh, empat orang laki-laki yang berusaha menolong tidak kuat untuk mengangkat tubuh wanita itu, padahal berat badannya hanya 50 kilogram saja.

Kisah nyata kecelakaan ini hanyalah satu dari sekian banyak peristiwa yang terjadi di Terowongan Casablanca. Sampai saat ini belum ada fakta yang menunjukkan bahwa kecelakaan yang terjadi di Terowongan Casablanca murni semata-mata karena kelalaian manusia atau memang ulah makhluk halus penghuni terowongan.

6. Suara Tangisan Misterius yang Terdengar Warga

Terowongan Casablanca

* sumber: www.otosia.com

Pernah mendengar mitos jika melewati tempat yang dianggap angker kita harus membunyikan klakson sebanyak tiga kali? Nah, mitos ini juga berlaku di Terowongan Casablanca meskipun tidak semua orang melakukannya. Konon, bunyi klakson tersebut merupakan syarat agar kita tidak diganggu oleh penghuni gaib di sana.

Apa yang terjadi jika kita tidak membunyikan klakson? Ada dua kemungkinan, yakni tidak terjadi apa-apa atau justru mendapat ‘salam tempel’ dari makhluk gaib di sana. Seperti sejumlah warga setempat yang kerap kali mendengar suara isak tangis misterius ketika melintas di terowongan. Ketika berusaha dicari suara tangisannya langsung lenyap.

Itulah berbagai kisah misteri Terowongan Casablanca yang telah menjadi urban legend di kalangan masyarakat sekitar. Percaya atau tidak? Itu kembali lagi kepada pribadi masing-masing. Jika kamu atau orang terdekatmu merasa tidak pernah mengalami kejadian ganjil apapun saat melintas di Terowongan Casablanca, mungkin saja kamu memang sedang beruntung.

Ingin tahu mengenai tempat angker lainnya di Jakarta? Yuk, baca artikel tempat angker di Jakarta berikut ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar