Bacaterus / Tempat Angker di Dunia / Inilah 9 Misteri Tembok Cina yang Bikin Tercengang!

Inilah 9 Misteri Tembok Cina yang Bikin Tercengang!

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 September 2019

Siapa yang tidak tahu dengan salah satu keajaiban dunia ini? Tembok panjang membelah 15 wilayah di Cina ini ternyata menyimpan banyak misteri loh. Bangunan ini awalnya dibangun untuk menghindari serangan dari berbagai ancaman negara tetangga, khususnya bangsa Monggol.

Misteri yang menggeret simbol peradaban Cina ini tidak tanggung-tanggung, mulai dari banyaknya korban yang terbunuh dari pembangunan tembok, bangunan yang terlihat jelas dari luar angkasa, hingga dijadikan tameng dari kekaisaran pada masanya. Jadi semakin penasaran kan? Ikuti terus ulasan dari Bacaterus, ya.

1. Pembangunan yang Lama

embangunan yang Lama

Pembangunan tembok ini dibangun selama hampir 2.500 tahun. Proyek ini selesai kira-kira pada abad 14 sampai 17. Penyelesaian pembangunan tembok besar ini ‘digilir’ dari dinasti satu ke yang lainnya. Proyek besar-besaran ini dicetus pada masa pemerintahan dinasti Qin yang terkenal kejam.

Pembangunan tembok ini selesai pada tahun 1644 ketika dinasti Ming tidak berkuasa lagi. Sejak saat itu tidak ada lagi gerakan untuk pembangunan lebih lanjut. Tetapi, upaya untuk melestarikan dan renovasi selalu dilakukan pemerintah pada masanya. Wah, pantas saja tembok raksasa ini masih berdiri kokoh ya.

2. Dianggap sebagai Kuburan Terbesar

Diangkap sebagai Kuburan Terbesar

Pembuatan tembok yang lebar ini pasti memakan banyak waktu dan tenaga dalam pembuatannya. Benar saja, dalam 2.500 tahun kira-kira sebanyak satu juta orang menjadi korban dalam pembuatan tembok kolosal ini. Fakta mengejutkan ini membuat orang-orang menganggap tembok ini adalah kuburan raksasa di dunia.

Hal ini dibuktikan dengan hasil riset para arkeolog. Bermula dari proses rekonstruksi ulang dan renovasi bangunan, ditemukan beberapa sisa-sisa tulang manusia di dalam dinding-dinding tembok yang besar ini. Pantas saja The Great Wall dari Cina ini menyimpan banyak misteri, ya.

3. Dibangun dengan Pengorbanan Rakyat

Dibangun dengan Pengorbanan Rakyat

Tembok megah yang sanggup menghalang para musuh yang ingin menguasai Cina ini sungguh menganggumkan. Ternyata banyak sekali para pekerja yang direkrut paksa untuk melayani sang Kaisar. Mereka terdiri dari petani, narapidana, budak sampai tawanan perang. Mereka dimanfaatkan untuk terwujudnya cita-cita Kaisar.

Bangunan ini juga memiliki Urban Legend yang populer. Legenda itu disebut Tangisan Meng Jiang. Meng Jiang kehilangan sang suami yang meninggal saat membangun The Great Wall. Tangisan Meng Jiang bisa meruntuhkan sebagian bangunan yang terdapat tulang belulang suaminya di dalam reruntuhan.

4. Punya Banyak Julukan dan Nama

Punya Banyak Julukan dan Nama

Pembangunan yang berlarut-larut dan dieksekusi oleh 6 dinasti membuat bangunan ini memiliki beragam julukan dari abad ke abad. Karena fungsi awal tembok ini sebagai tembok pelindung kerajaan, bangunan ini sempat dijuluki “Barrier” dan “Fortress”. Pada masa dinasti Qin, tembok ini juga dijuluki “Rampant” sebagai simbol kekuasaan daerah.

Bentuk bangunan yang menjalar dan menduduki kawasan Cina utara pun menjadikan bangunan ini seperti naga yang sedang berjalan di atas daratan. Julukan “Earth Fragon” pun sempat disematkan untuk tembok ini. Pada akhir abad ke-19 secara resmi dinamai dengan “The Great Wall of China”.

5. Fungsi Tembok yang Beralih

Fungsi Tembok yang Beralih

Dari awal pembangunan, tembok ini diharapkan bisa menahan serangan dari para musuh yang ingin menyerang bagian Cina Utara. Awal abad ke 7-8, bangunan ini awalnya berbentuk menara yang dipakai untuk mengawasi gerak-gerik mencurigakan dari musuh. Kaisar Shi Huang TI akhirnya menyambung menara satu dan lainnya menjadi tembok panjang.

Pada abad 19an, Mao Zedong menganggap tembok ini sebagai peninggalan penguasa monarki dan tidak layak untuk ‘disembah’. Mao pun meminta para petani sekitar untuk mengambil beberapa bagian konstruksi tembok untuk membangun rumah mereka. Bahkan pemerintah sempat ingin mengubah tembok menjadi jalan tol.

6. Mitos Pengorbanan Nyawa

Mitos Pengorbanan Nyawa

Sejarah mengatakan, pada masa Dinasti Qin banyak kejadian misterius dan super aneh terjadi. Ini bermula dari sosok Kaisar Qin Shi Huang, sang raja serakah dan pencetus terbentuknya Tembok Raksasa Cina. Obsesinya untuk tetap hidup abadi dan ingin selamanya memimpin ternyata memakan banyak korban.

Dia selalu dibayangi ketakutan akan kematiannya sendiri. Selama dia hidup, dia selalu menyuruh tabib untuk meramu obat awet muda untuknya. Selama memimpin, sudah banyak sang kaisar membunuh tabib karena gagal membuat obat yang dia inginkan. Bukan hanya tabib, proyek pembangunan tembok pun juga menelan banyak korban.

7. Tumbuhan yang Berbeda Genetika

Tumbuhan yang Berbeda Genetika

Sudah tidak mengherankan jika organisme hidup mulai memiliki bentuk genetika berbeda saat terpisah satu sama lain. Ini sering terjadi jika tumbuhan atau organisme lain terpisah oleh penghalang fondasi alami, seperti gunung.

Tetapi berbeda dengan tumbuhan yang tumbuh di tembok besar ini. Tim peneliti dari Universitas Peking membuktikan bahwa adanya perbedaan genetika tumbuhan dari kedua sisi bagunan ini. Yang lebih mengherankan lagi, tumbuhan ini berbeda genetika dari penghalang fondasi buatan.

8. Bisa Terlihat dari Luar Angkasa

Bisa Terlihat dari Luar Angkasa

Pernah menjadi perbincangan hangat soal bangunan Tembok Raksasa bisa dilihat dari bulan. Misteri ini sudah ada bahkan dua abad sebelum Neil Armstrong mendarat di bulan. Rumor mengatakan bahwa para astronaut melihat benda yang berbentuk tembok dari angkasa luar. Pada masa itu juga sudah banyak konstruksi bangunan yang telah dibuat.

Sayangnya, kabar ini hanya kabar burung saja. Tembok Raksasa Cina tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Pada tahun 2004, Stasiun Luar Angkasa Internasional merekam hasil gambar yang memperlihatkan sebagian kecil dari tembok bersejarah ini. Bangunan ini dapat dengan mudah ditemui karena memiliki panjang hampir 22.000 km.

9. Bahan Pembuatan dari Makanan

Bahan Pembuatan dari Makanan

Tembok ini dibangun oleh pertolongan campuran beras ketan dan jeruk nipis. Bahan konstruksi ini dipercaya bisa menyatukan batu bata dan bahan lainnya di dinding. Bukan hanya itu saja, campuran ini juga dijadikan mortar yang efektif karena gulma tidak akan tumbuh di antara batu bata dan bahan lainnya.

Hanya saja, para kaisar pada zaman dahulu terkenal akan ketamakan mereka. Dalam proses pembuatan tembok megah ini, para kaisar akan menyuruh para petani untuk menyerahkan beras kepada para pekerja bangunan untuk bahan konstruksi dan memberi makan para pekerja. Jika tidak dilaksanakan, beras-beras para petani akan dirampas secara paksa.

Di balik megahnya The Great Wall, banyak tersimpan berbagai macam misteri yang sampai saat ini masih sekadar rumor. Bangunan yang telah ada bahkan puluhan abad sebelumnya pasti memiliki sejarah panjang yang sangat asyik untuk ditelusuri. Mulai dari alat pertahanan negara sampai menjadi obyek wisata, bangunan ini memang layak disebut keajaiban dunia.

Begitulah ulasan Bacaterus tentang misteri Tembok Raksasa ini. Kalian bisa melihat karya rakyat Tiongkok kuno ini dari wilayah Hielongjiang sampai Xianjiang. Jangan lupa untuk mampir dan melihat langsung kemegahan dan ketegangan saat berjalan menyelusuri bangunan ini. Tulis di kolom komentar tentang misteri Great Wall lain yang kalian tahu!

Oh iya, selain membahas misteri tembok Cina, kami juga pernah membahas seputar misteri Samudera Pasifik yang seru dan mencengangkan. Ingin tahu? Baca artikelnya di sini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar