Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / Misteri Tanjakan Emen yang Sering Menyebabkan Kecelakaan

Misteri Tanjakan Emen yang Sering Menyebabkan Kecelakaan

Tanjakan Emen terletak di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tanjakan ini menghubungkan Lembang dan Subang. Tanjakan Emen sendiri memiliki tingkat kemiringan 45-50 derajat dengan panjang kurang lebih 2-3 kilometer.

Ditambah lagi, terkadang kondisi jalan berkabut sehingga membuat pandangan kabur. Singkatnya, dari struktur jalanannya saja Tanjakan Emen ini cukup berbahaya dan menuntut pengendara agar tetap fokus serta hati-hati.

Sudah menjadi rahasia umum jika misteri Tanjakan Emen yang sering menyebabkan kecelakaan ini membuat orang ngeri saat harus melintas di tanjakan tersebut. Namun, Tanjakan Emen merupakan jalan yang cukup banyak dilalui kendaraan besar sampai dengan sepeda motor. Sebagai jalan protokol, mau tidak mau, tentu banyak sekali kendaraan yang melalui Tanjakan Emen.

Kali ini, Bacaterus akan mengungkap lebih dalam seputar Tanjakan Emen dan sosok penunggu gaib bernama “Emen” yang disinyalir menjadi penyebab serentetan kecelakaan di jalan tersebut.

Misteri Sosok “Emen” yang Menyebabkan Kecelakaan

Misteri Sosok “Emen” yang Menyebabkan Kecelakaan Misteri Tanjakan Emen

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa tanjakan ini diberi nama Tanjakan Emen? Usut punya usut, Emen adalah nama dari seseorang yang pernah kecelakaan hingga meregang nyawa di tanjakan tersebut.

Menurut warga setempat, sejak kecelakaan yang menewaskan pria bernama Emen, tanjakan ini jadi sering menelan korban. Hampir setiap minggu pasti ada saja kecelakaan ringan sampai berat.

Misteri Tanjakan Emen memang tidak bisa lepas dari sosok Emen yang disebut-sebut sebagai penyebab sejumlah kecelakaan yang terjadi. Lantas, siapa sosok Emen sebenarnya? Ada tiga versi berbeda yang menjelaskan sosok Emen yang tewas di jalanan ini:

  • Emen Si Kernet Bus

Emen Si Kernet Bus

Versi pertama yang menceritakan tentang sosok Emen menerangkan bahwa Emen adalah seorang kernet bus. Kala itu, bus yang ditumpangi Emen mogok dan ia turun untuk mengganjal ban bus dengan batu. Namun, rem bus tersebut blong dan Emen ikut terseret oleh bus tersebut sampai meninggal di tempat.

  • Korban Tabrak Lari

Korban Tabrak Lari

Masih membahas misteri Tanjakan Emen yang berhubungan dengan sosok “Emen” yang dipercaya sebagai penyebab sejumlah kecelakaan di tanjakan tersebut, kali ini ada cerita versi kedua yang menyebutkan bahwa Emen adalah korban tabrak lari.

Akan tetapi, setelah tertabrak, Emen tidak ditolong justru disembunyikan di pepohonan yang berada di sekitar tanjakan. Sejak saat itu, arwah Emen menuntut balas dengan membuat orang-orang juga mengalami kecelakaan di jalanan itu.

  • Pengemudi Oplet yang Mengalami Kecelakaan

Pengemudi Oplet yang Mengalami Kecelakaan

Cerita terakhir ini nampaknya mendekati kebenaran. Pasalnya, cerita ini juga dibenarkan oleh Wahyu, yang mengaku sebagai putra Emen. Diceritakan bahwa Emen adalah sopir oplet jurusan Subang-Bandung. Setiap hari, Emen selalu melewati tanjakan tersebut.

Suatu hari, oplet yang dikendarai oleh Emen remnya blong dan menabrak tebing. Seketika, oplet tersebut terbalik dan terbakar. Menurut Wahyu, ayahnya meninggal saat sudah berada di rumah sakit dan tidak membenarkan bahwa arwah ayahnya yang menyebabkan kecelakaan-kecelakaan yang sering terjadi.

Mitos di Tanjakan Emen

Mitos di Tanjakan Emen

Bersamaan dengan cerita misteri Tanjakan Emen yang tersebar luas di kalangan masyarakat, beredar pula mitos-mitos yang harus dipatuhi oleh pengendara yang melintasi tanjakan tersebut. Mitos ini dilakukan agar kita selamat saat melewati Tanjakan Emen dan tidak diganggu oleh “Emen” yang disinyalir sebagai penunggu di kawasan tersebut.

Mitos pertama adalah membunyikan klakson saat melewati Tanjakan Emen. Suara klakson menjadi tanda “permisi” Anda kepada sosok Emen yang dipercaya menguasai kawasan ini. Ketika sudah membunyikan klakson, masyarakat percaya bahwa Anda tidak akan diganggu oleh arwah Emen.

Selain mitos tersebut, ada juga mitos membuang koin, tujuannya untuk menghargai arwah Emen yang meninggal di sana dan juga agar kita tidak diganggu. Bukan cuma koin yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai “penangkal” gangguan dari penghuni gaib di sekitar tanjakan, tetapi juga rokok.

Pengendara biasa menyalakan rokok dan melemparnya ke jalan karena konon semasa hidupnya, Emen adalah perokok berat. Jadi, rokok ini merupakan sebuah simbol permintaan agar arwah Emen tidak mengganggu para pengendara yang melintas.

Banyaknya Kecelakaan di Tanjakan Emen

Banyaknya Kecelakaan di Tanjakan Emen

Serangkaian misteri Tanjakan Emen yang terjadi, mau tidak mau, membuat bulu kuduk kita merinding kala melewati tanjakan tersebut. Sudah puluhan hingga ratusan kasus kecelakaan yang terjadi sejak tanjakan ini mulai digunakan.

Yang terbilang masih baru adalah kasus kecelakaan mini bus ELF di tanggal 12 Maret 2018 yang menabrak tebing hingga bagian depan mobil rusak parah. Kecelakaan tunggal ini mengakibatkan tujuh orang luka berat dan sembilan orang luka ringan. Namun, tak ada korban jiwa dan sopir mini bus tersebut ditetapkan sebagai tersangka.

Sebulan sebelum mini bus ELF itu mengalami kecelakaan, di lokasi yang sama juga terjadi kecelakaan bus pariwisata yang menabrak kendaraan roda dua. Kecelakaan maut ini menewaskan 27 orang dan membuat 22 orang mengalami luka berat.

Dua kecelakaan yang terjadi di awal 2018 hanya sebagian kecil tragedi kecelakaan di Tanjakan Emen. Sebelumnya, sudah ada sekian banyak kasus kecelakaan yang terjadi di sini. Korban kecelakaan ada yang hanya mengalami luka ringan, luka berat, sampai kehilangan nyawa. Setiap tahun dapat dipastikan terjadi setidaknya 2-3 kali kecelakaan di sini.

Misteri Tanjakan Emen, Halusinasi atau Gangguan Gaib?

Misteri Tanjakan Emen, Halusinasi atau Gangguan Gaib

Banyaknya misteri Tanjakan Emen seputar kecelakaan yang terjadi di sini, mau tak mau, membuat orang berpikir negatif. Ada yang percaya bahwa kecelakaan ini adalah ulah “Emen” atau korban kecelakaan lain yang tewas sebelumnya di sini.

Bahkan, ada pengendara yang mengaku jika pernah melihat penampakan makhluk gaib yang tiba-tiba menyeberang di kawasan Tanjakan Emen sehingga membuat pengemudi membanting setir untuk menghindari makhluk yang menyeberang itu.

Akan tetapi, ada juga penjelasan yang lebih masuk akal. Tanjakan Emen adalah jalur yang dipenuhi dengan tikungan yang tajam dan tanjakan. Apalagi jalur ini dibuka untuk dua arah berlawanan.

Kondisi jalan yang berliku, menanjak, dan tidak terlalu lebar membuat pengemudi harus berkonsentrasi penuh mengemudikan kendaraannya. Kadang jalur di tanjakan ini juga menipu mata karena terlihat lurus tetapi tiba-tiba ada tikungan atau tebing di depan.

Kondisi jalan yang berada di dataran tinggi ini juga membuat tingkat ketebalan kabut lebih besar. Alhasil, terkadang jika cuaca buruk jalanan berkabut dan mengaburkan pandangan pengemudi.

Kesimpulannya, terlepas dari berbagai hal gaib yang dipercaya menaungi Tanjakan Emen, kondisi jalurnya juga cukup berbahaya dan menantang. Pengemudi yang tidak profesional, memiliki kondisi badan yang kurang fit, atau mengantuk, sangat tidak disarankan untuk mengemudikan kendaraan di Tanjakan Emen.

Beragam misteri Tanjakan Emen ini membuat kita lebih waspada dalam mengemudi. Tak hanya di Tanjakan Emen atau Tol Cipularang saja kok, semua jalan yang Anda lintasi pasti ada “penghuni” tak kasat matanya. Jadi, biasakan diri untuk tetap siaga, waspada, dan membaca doa sebelum memulai perjalanan agar Anda selalu berada di dalam lindungan-Nya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment