Bacaterus / Misteri Jakarta / Misteri Tanah Kusir yang Menakutkan dan Memiliki Sejarah Unik

Misteri Tanah Kusir yang Menakutkan dan Memiliki Sejarah Unik

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pemakaman memang kerap dianggap sebagai tempat paling menakutkan bagi sebagian orang. Pemakaman juga dipercaya masyarakat sebagai tempat angker yang banyak dihuni oleh berbagai jenis makhluk halus. Oleh karena itu, jangan heran bila kita sering mendengar kejadian mistis yang kerap terjadi di area pemakaman.

Nah, berbicara mengenai area pemakaman. Di Jakarta sendiri terdapat satu area pemakaian umum yang cukup menarik untuk dibahas, yaitu TPU Tanah Kusir. Selain memiliki cerita sejarah yang cukup unik, Tanah Kusir juga menyimpan cerita lain yang menarik untuk dibahas.

Apa sebenarnya yang membuat tanah kusir sering menjadi perbincangan di kalangan masyarakat tanah air? Supaya kamu tidak gagal faham, simak misteri tanah kusir yang menakutkan serta memiliki sejarah unik dalam ulasan berikut ini!

Cerita Unik Dibalik Nama Tanah Kusir

Cerita Unik Dibalik Nama Tanah Kusir

Rumor menakutkan mengenai area pemakaman tanah kusir memang telah menyebar luas di kalangan masyarakat, khususnya di Jakarta Selatan. Meskipun menyimpan banyak cerita mistis yang tak bisa dijelaskan dengan akal dan logika, namun dibalik itu semua terdapat sebuah cerita unik tentang asal muasal nama tersebut yang bisa membuat kamu tersenyum.

Menurut salah satu sumber, pada masa kolonial hidup seorang saudagar kaya etnis Tionghoa di daerah Tanah Kusir. Selain memiliki status sosial yang cukup terpandang, ia juga dikenal memiliki kekayaan berupa tanah yang sangat luas.

Suatu hari sang tuan tanah mengadakan sebuah pesta besar di kediamannya. Ia pun kemudian mengundang banyak tokoh penting serta para pejabat Belanda yang menjabat pada masa itu. Akan tetapi pada saat kegiatan pesta itu sedang berlangsung terjadi sebuah insiden memalukan yang menimpa sang tuan rumah.

Menurut cerita sang tuan tanah tak bisa menahan kentut hingga akhirnya membuat para tamu undangan terkejut mendengar suara kentutnya yang terdengar keras ditelinga mereka. Malu dengan kejadian tersebut sang tuan tanah pun kemudian melimpahkan perbuatannya tersebut pada kusir yang berada tak jauh darinya.

Sementara itu sang kusir yang merasa khawatir majikannya akan murka bila dirinya membantah hal tersebut pada akhirnya harus mengakui perbuatan yang sebenarnya tidak pernah ia lakukan. Nah, karena merasa harga diri sang majikan telah diselamatkan oleh sang kusir. Sang majikan pun kemudian memberikan hadiah berupa sebidang tanah yang cukup luas, yang dikenal dengan Tanah Kusir.

Hal tersebut tentu menjadi sebuah cerita unik yang bisa diambil hikmah dan pelajarannya. Untuk mengetahui cerita selengkapnya kamu bisa langsung dalam buku berjudul “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe” karya Zaenuddin HM yang telah terbit pada tahun 2012.

Tempat Dimakamkannya Tokoh Terkenal Indonesia

Tempat Dimakamkannya Tokoh Terkenal Indonesia

Area pemakaman Tanah Kusir sendiri kerap menjadi tempat peristirahatan terakhir para tokoh terkenal yang ada di Indonesia. Seperti yang kita ketahui sejumlah tokoh ternama Indonesia seperti pejabat, politikus bahkan selebritis Indonesia banyak yang dimakamkan di pemakaman tersebut. Beberapa tokoh bangsa yang diketahui telah dikebumikan di sana diantaranya adalah Bung Hatta atau Muhammad Hatta serta tokoh ulama Buya Hamka.

Selain kedua tokoh tersebut masih banyak lagi para pejabat penting beserta keluarganya yang dimakamkan di area pemakaman tersebut. Hal ini yang kemudian menjadi salah satu alasan tanah kusir semakin dikenal masyarakat. Sang Proklamator kemerdekaan, Soekarno sendiri sebenarnya telah menyiapkan TMB Kalibata sebagai tempat pemakaman tokoh bangsa yang berjasa bagi negara.

Hanya saja karena beberapa alasan banyak pula tokoh penting yang kemudian dimakamkan di area pemakaman Tanah Kusir. Oleh karena itu masyarakat tak perlu heran bila melihat banyak pejabat atau selebriti yang terlihat di lokasi pemakaman karena bisa jadi anggota keluarga, kerabat atau relasinya dimakamkan di TPU yang konon juga terkenal karena keangkerannya.

Salah Satu Area Pemakaman Angker di Jakarta

Salah Satu Area Pemakaman Angker di Jakarta 

Jakarta sendiri memang memiliki banyak tempat angker yang telah dikenal luas oleh sebagian besar masyarakat yang ada di Indonesia. Hal tersebut merupakan dampak dari gencarnya pemberitaan media mengangkat isu-isu berbau horor mengenai suatu wilayah yang ada di satu tempat.

Selain itu kemudahan dan kecepat masyarakat dalam mengakses informasi pun menjadi salah satu alasan yang membuat beberapa tempat angker di Jakarta cukup dikenal masyarakat tanah air.

Beberapa lokasi berpredikat angker yang sudah tidak asing di telinga masyarakat diantaranya; TPU Jeruk Purut, Terowongan Kasablanka, Stasiun Manggarai, Lubang Buaya atau Menara Saidah. Kehadiran tempat-tempat tersebut pada akhirnya memang menarik perhatian masyarakat Indonesia yang sebagian besar memiliki antusiasme yang cukup tinggi untuk hal-hal semacam ini.

Sama seperti beberapa tempat yang sudah disebutkan di atas. Tanah Kusir pun menjadi salah satu lokasi yang dianggap angker oleh masyarakat. Hal tersebut memang bukan tanpa alasan. Banyaknya kejadian-kejadian misterius yang konon dialami oleh masyarakat di lokasi kejadian membuat masyarakat sering mengaitkan dengan berbagai aktivitas paranormal.

Hal tersebut memang bukan sesuatu yang salah, mengingat makhluk halus sendiri memang telah dijelaskan dalam berbagai ajaran agama dan aliran kepercayaan yang ada di Indonesia.

Makhluk Penghuni Pemakaman Tanah Kusir

Makhluk Penghuni Pemakaman Tanah Kusir

Kemunculan makhluk astral di suatu wilayah memang bukan lagi hal baru. Mengingat keberadaan makhluk tersebut memang diyakini oleh mayoritas masyarakat yang ada di Indonesia atau bahkan hampir di seluruh wilayah yang ada di belahan dunia.

Meskipun begitu tak jarang juga masyarakat yang menilai hal tersebut hanya sebuah cerita fiksi untuk membuat sensasi dan teror yang akan menguntungkan bagi sebagian pihak. Rumor tentang TPU Tanah Kusir yang berhantu memang telah beredar kencang di masyarakat. Terlebih banyaknya sosok misterius yang tertangkap oleh jepretan kamera masyarakat.

Peran media dalam hal publikasi cerita tentang penampakan misterius yang kerap terjadi di tanah kusir pun ikut membuatnya semakin terasa nyata. Hal itu yang pada akhirnya membuat kepercayaan masyarakat terhadap makhluk astral semakin kuat.

Di Indonesia sendiri hampir sebagian besar makhluk yang menjadi isu memang cenderung sama dengan beberapa tempat lain. Nah, di Tanah Kusir sendiri makhluk yang kerap menampakkan diri pada warga berupa pocong, siluman buaya putih serta sosok hantu wanita jelek yang kita kenal dengan kuntilanak.

Beberapa makhluk tersebut diketahui juga kerap berulah dengan berbuat iseng pada driver online serta para pedagang yang beraktivitas malam hari di wilayah tak jauh dari lokasi kejadian.

Nah, itulah misteri tanah kusir, lokasi menakutkan yang memiliki sejarah unik. Kentalnya budaya mistik di Indonesia telah membuat mahkluk-makhkuk tersebut semakin populer bahkan mungkin sampai pada anak cucu kita di masa depan.

Hal tersebut memang menjadi tantangan bagi kita untuk membuat generasi muda hidup tanpa rasa takut, terutama untuk hal-hal semacam ini. Semoga informasi yang telah Bacaterus bahas di atas bisa menghibur juga bermanfaat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *