Bacaterus / Dunia Mistis / Fakta & Misteri Sungai Nil, Sungai Terpanjang Kedua di Dunia

Fakta & Misteri Sungai Nil, Sungai Terpanjang Kedua di Dunia

Ditulis oleh

Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia yang berada di Afrika. Sungai ini sering disinggung dalam ajaran Islam maupun Nasrani. Dalam ajaran agama, Sungai Nil merupakan saksi bisu kisah Nabi Musa yang dihanyutkan oleh ibundanya di sungai tersebut berdasarkan perintah Allah. Nabi Musa yang masih bayi akhirnya ditemukan oleh salah satu Permaisuri Firaun dan diasuh dengan baik.

Selain itu, di dalam Alkitab juga terdapat kisah Sungai Nil yang terkena tulah karena murka Tuhan terhadap Firaun. Sungai Nil diubah menjadi darah sehingga ikan-ikan di dalamnya mati dan Bangsa Mesir tidak dapat meminum air dari sungai tersebut.

Namun, kali ini kita tidak akan membahas sejarah Sungai Nil, melainkan Bacaterus akan mengajak Anda membahas fakta dan misteri Sungai Nil, sungai terpanjang kedua di dunia setelah Sungai Amazon. Yuk, langsung simak pembahasannya berikut ini.

Asal-usul Sungai Nil

Asal-usul Sungai Nil Misteri Sungai Nil

Sebelum membahas seputar misteri Sungai Nil secara lebih dalam, kita akan membahas tentang asal-usul Sungai Nil terlebih dahulu. Memiliki panjang 6.853 KM, Anda pasti bertanya-tanya bagaimana sungai ini bisa terbentuk. Mata air Sungai Nil berasal dari Rwanda dan Burundi. Mata air tersebut mengalir ke Sungai Nil menyeberangi Afrika lalu bermuara di Laut Mediterania.

Sungai yang sangat berpengaruh terhadap peradaban ini melewati beberapa negara. Hanya 22 persen dari Sungai Nil saja yang melewati mesir. Sisanya, sungai ini juga melalui Sudan, Burundi, Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Rwanda, dan Tanzania.

Memiliki Peran Penting dalam Pembangunan Piramida

Memiliki Peran Penting dalam Pembangunan Piramida

Piramida adalah salah satu tujuh keajaiban dunia yang menjadi kebanggan bagi Mesir. Di era modern seperti ini, Piramida diketahui sebagai makam bagi Raja-raja Mesir. Namun, banyak dugaan jika piramida dibangun sebagai tempat pemujaan dan tempat penyimpanan bahan-bahan pangan untuk menghadapi masa paceklik.

Fakta lain seputar Sungai Nil adalah, sungai ini memiliki peran penting dalam pembangunan piramida. Blok-blok batu yang digunakan untuk membangun piramida ternyata diangkut melalui Sungai Nil. Jalur pengangkutan melalui Sungai Nil ini dimanfaatkan untuk menghemat waktu sehingga proses pembangunan piramida berjalan lebih cepat.

Ada Predator Mematikan di Sungai Nil

Ada Predator Mematikan di Sungai Nil

Fakta sekaligus misteri Sungai Nil yang satu ini pasti membuat Anda ngeri untuk datang atau sekedar duduk-duduk santai di tepi Sungai Nil. Sungai ini dihuni oleh salah satu predator besar yang mematikan, yaitu Buaya Sungai Nil. Buaya Nil merupakan spesies buaya terbesar kedua di dunia.

Makanan utama bagi Buaya Nil adalah ikan-ikan yang ada di dalam sungai. Akan tetapi, buaya jenis ini juga tidak segan-segan berburu hewan lain yang ukuran tubuhnya lebih besar dari mereka. Sebagai contoh, setiap musim tertentu, kawanan banteng akan berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang rumputnya lebih subur. Perpindahan kawanan banteng ini harus melalui Sungai Nil.

Ketika rombongan banteng-banteng tersebut mulai menyeberangi Sungai Nil, buaya-buaya di Sungai Nil akan langsung menyergap mereka. Setidaknya, pasti ada beberapa ekor banteng yang mati akibat serangan Buaya Nil.

Tak hanya banteng, Buaya Nil juga dapat memangsa manusia. Buaya jenis ini lebih suka berada di tepi sungai ketimbang di dalam air. Konon, buaya-buaya di Sungai Nil bertanggung jawab atas hilangnya 200 korban jiwa. Nah, masih berani bermain-main di tepi Sungai Nil atau justru mau berenang di dalamnya?

Dihuni Oleh Putri Duyung

Dihuni Oleh Putri Duyung

Apakah Anda percaya terhadap keberadaan putri duyung? Putri duyung memang masih menjadi legenda karena di zaman modern seperti itu belum ada tanda-tanda yang membuktikan bahwa keberadaan, mahluk setengah manusia setengah ikan, tersebut benar-benar ada di bumi.

Salah satu misteri Sungai Nil yang sampai saat ini masih sangat terkenal adalah mitos tentang keberadaan putri duyung di sungai tersebut. Para sejarawan yang hidup di abad kedua dan ketiga hijriyyah menulis tentang keberadaan putri duyung yang dianggap sebagai hewan aneh di Sungai Nil.

Orang-orang Mesir menyebut putri duyung sebagai Syaikhul Bahr (Penjaga Sungai Nil). Masyarakat saat itu mempunyai anggapan bahwa kemunculan putri duyung adalah pertanda akan terjadinya bencana, kekeringan, dan kematian.

Habitat Ikan-ikan Monster

Ikan monster adalah ikan dengan ukuran dan bentuk yang tidak lazim. Jenis ikan monster memiliki tampilan yang sangat mengerikan sehingga disebut sebagai monster. Misteri Sungai Nil di era modern seperti ini adalah keberadaan ikan-ikan monster yang hidup di dasar sungai.

Penasaran dengan jenis ikan monster yang hidup di Sungai Nil? Berikut adalah beberapa ikan monster yang bisa ditemukan di sungai terpanjang kedua di dunia ini:

  • Vundu Catfish

Kalau dilihat-lihat, Vundu Catfish ini memang nampak seperti ikan lele dengan ukuran puluhan kali lipat lebih besar. Ikan yang beratnya sekitar 121 pon ini memiliki panjang lima kaki. Untuk membawa satu ekor vundu catfish berukuran jumbo butuh 3-4 orang dewasa.

Ikan raksasa yang hidup di Sungai Nil ini dikenal aktif pada malam hari. Makanan utama dari ikan ini adalah ikan-ikan kecil yang berada di dalam sungai. Vundu catfish bernafas dengan insang, tetapi bisa bertahan hidup untuk jangka waktu yang lama di permukaan air.

Para nelayan sangat suka menangkap ikan yang bisa hidup sampai 12 tahun ini lantaran ukurannya yang sangat besar dan bisa laku dengan harga yang cukup mahal.

  • African Tigerfish

African Tigerfish

Ikan Macan Afrika (African Tigerfish) akan mengingatkan Anda kepada ikan piranha. Ya, ikan yang satu ini memang berukuran kecil, tetapi mereka memiliki rahang yang kuat dan gigi yang tajam untuk mengoyak mangsanya. Jadi, walaupun ukurannya mini, African Tigerfish termasuk salah satu predator di dalam Sungai Nil.

Beberapa di antara ikan ini bisa bertumbuh lebih besar dengan panjang 41 inci dan berat 62 pon. Jangan coba-coba mendekati ikan ini jika tidak ingin salah satu anggota tubuh Anda terluka atau justru hilang.

  • Nile Perch

Nile Perch

Yang satu ini adalah ikan kakap dengan ukuran yang sangat tidak lazim. Nile Perch adalah ikan sejenis kakap yang ukurannya berpuluh-puluh kali lipat lebih besar dibandingkan ikan kakap yang berukuran normal. Salah satu ikan air tawar terbesar di dunia ini dapat memiliki panjang hingga 2 meter dan berat hingga 200 kilogram.

Nile Perch termasuk salah satu predator yang agresif dan kanibal, mereka tak segan untuk memangsa spesiesnya sendiri jika tidak ada hewan lain untuk disantap.

Itulah beragam fakta dan misteri Sungai Nil yang paling terkenal. Sama seperti Sungai Amazon, Sungai Nil juga dihuni beberapa hewan yang berbahaya. Bukan hanya di dalam sungai saja, ancaman dari hewan berbahaya juga bisa Anda temukan di sekitar Sungai Nil, mulai dari Ular Mamba Hitam, Kobra Mesir, Kuda Nil, Nyamuk Malaria, dan masih banyak lagi.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment