Bacaterus / Misteri Kalimantan / Misteri Sungai Mahakam yang Banyak Dihuni Mahluk Misterius

Misteri Sungai Mahakam yang Banyak Dihuni Mahluk Misterius

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau membicarakan seputar sungai terbesar di Kalimantan Timur, kita pasti akan ingat pada Sungai Mahakam. Sungai yang panjangnya sekitar 920 KM ini memberi pengaruh besar pada masyarakat yang hidup di sekitarnya.

Ya, Sungai Mahakam menjadi sumber air, prasarana transportasi, dan potensi perikanan. Namun, di balik semua manfaat yang diberikan sungai ini ternyata ada desas-desus yang mengatakan bahwa Sungai Mahakam banyak dihuni mahluk misterius.

Mulai dari ular naga, buaya putih, sampai dengan hantu orang-orang yang pernah tenggelam di sini menjadi momok tersendiri bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Sungai Mahakam. Pada kesempatan kali ini, Bacaterus akan membahas misteri Sungai Mahakam secara lebih mendalam, khususnya seputar mahluk misterius yang menghuni sungai ini.

Naga yang menampakkan diri di permukaan sungai

Naga yang menampakkan diri di permukaan sungai

Kisah ular naga yang menghuni perairan bukan hanya ada di Sungai Mahakam. Sebelumnya, Bacaterus pernah membahas seputar Misteri Danau Toba yang juga dihuni oleh ular naga. Naga sendiri merupakan mahluk mitologi yang dianggap tidak nyata. Apalagi di zaman milenial seperti ini rasanya cukup mustahil untuk mempercayai keberadaan naga.

Percaya tidak percaya, seekor ular naga raksasa pernah membuat geger warga yang tinggal di bantaran Sungai Mahakam. Mahluk misterius ini terlihat menampakkan diri di permukaan sungai pada tahun 1980. Sampai saat ini, keberadaan ular naga penghuni sungai ini masih menjadi misteri Sungai Mahakam yang belum terbukti kebenarannya.

Sepasang buaya putih yang kerap berjemur

Sepasang buaya putih yang kerap berjemur

Buaya putih sering dianggap sebagai siluman atau jelmaan mahluk gaib. Kehadiran buaya putih selalu dikaitkan dengan kisah-kisah mistis. Pun begitu di Sungai Mahakam, ada sepasang buaya putih yang kerap berjemur di tepi sungai. Sejumlah penumpang speedboat jurusan Mahakam Ulu – Kutai Barat pernah melihat sepasang buaya putih tersebut di Muara Kelian, salah satu anak Sungai Mahakam.

Akan tetapi, pada saat penumpang speedboat hendak mengambil potretnya, sepasang buaya putih tersebut segera masuk ke dalam air. Seolah buaya-buaya itu mengerti dan tidak mau diambil fotonya. Kemunculan sepasang buaya putih di Sungai Mahakam bukan hanya 1-2 kali saja, tetapi cukup sering.

Menurut beberapa catatan ilmu pengetahuan alam, buaya putih sebenarnya bukan mahluk misterius. Pasalnya, keberadaan buaya albino memang ada meskipun sangat jarang. Warna putih pada kulit buaya albino ini disebabkan oleh pigmentasi kulit yang tidak sempurna. Bahkan, ada juga buaya albino yang kelopak matanya pun berwarna putih.

Sungai Mahakam sering menelan korban jiwa

Sungai Mahakam sering menelan korban jiwa

Aura mistis di Sungai Mahakam semakin terasa kuat lantaran ada beberapa kejadian atau kecelakaan di sungai ini yang terus menelan korban jiwa. Sebagai sungai yang menjadi prasarana transportasi, tentu saja banyak kapal motor yang melintas di sungai ini. Namun, siapa sangka jika Sungai Mahakam banyak membuat kapal kecelakaan dengan menubruk kapal lain atau tenggelam.

Misteri Sungai Mahakam yang sering menelan korban jiwa ini sering dihubungkan dengan ulah penghuni sungai ini yang meminta tumbal. Pasalnya, korban yang tenggelam di Sungai Mahakam banyak yang tidak ditemukan jasadnya hingga saat ini. Meskipun jasadnya sudah dicari hingga berhari-hari, tapi tetap saja jasad tersebut tidak kunjung ditemukan.

Dari banyaknya kecelakaan yang pernah terjadi di Sungai Mahakan, insiden tenggelamnya Kapal Motor Karya Indah di perairan ini yang paling terkenal. Insiden ini terjadi pada tahun 2013. Bukan sekedar menewaskan 1-2 orang saja, insiden ini menewaskan hampir 23 penumpang kapal.

Nahkoda kapal yang selamat dinyatakan sebagai tersangka karena dianggap lalai dalam mengemudikan kapal dan tidak ada standar keamanan yang baik di dalam kapal.

Terror arwah gentayangan di Sungai Mahakam

Terror arwah gentayangan di Sungai Mahakam

Ketika membahas misteri Sungai Mahakam, kurang afdol rasanya jika kita tidak turut membahas seputar mahluk astral yang kerap menebar terror di sungai ini. Mengingat banyak kecelakaan yang menelan korban jiwa terjadi Sungai Mahakam, maka masyarakat sekitar percaya bahwa mahluk gaib yang kerap mengganggu mereka adalah perwujudan dari arwah gentayangan orang-orang yang tewas karena tenggelam di Sungai Mahakam.

Salah satu sosok mahluk gaib yang kerap menebar terror ke masyarakat yang tinggal di sekitar sungai adalah hantu arwah penyelam yang dulunya juga tewas di sini. Singkat cerita, beberapa penyelam diturunkan ke Sungai Mahakam untuk mencari korban yang tenggelam di dasar sungai.

Akan tetapi, nahas bagi salah satu penyelam yang berusaha untuk mencari jasad korban tenggelam, si penyelam itu sendiri juga tenggelam saat mencari korban. Sejak saat itulah hantu si penyelam itu kerap menampakkan diri kepada masyarakat atau wisatawan yang beraktivitas di sekitar sungai, khususnya pada saat malam hari.

Mitos minum air Sungai Mahakam

Mitos minum air Sungai Mahakam

Percayakah Anda dengan sebuah mitos? Banyak hal yang sering dihubung-hubungkan dengan mitos yang belum tentu kebenarannya. Sama halnya dengan Sungai Mahakam, sungai ini memiliki mitos yang cukup unik. Mitos tersebut menyebutkan bahwa barangsiapa yang meminum air Sungai Mahakam, maka mereka pasti kembali lagi ke sungai ini dalam waktu dekat.

Percaya atau tidak, banyak wisatawan yang tinggal di luar Kalimantan Timur pernah mengalami hal ini. Setelah minum air dari Sungai Mahakam, mereka akan kembali lagi dalam waktu beberapa jam, hari, minggu, atau bulan.

Tempat tinggal ular raksasa

Tempat tinggal ular raksasa Misteri Sungai Mahakam

Setelah naga, misteri Sungai Mahakam selanjutnya adalah keberadaan ular raksasa yang juga menjadi penghuni sungai ini. Bukan hanya seekor saja, tapi ada sepasang ular raksasa yang terlihat warga. Diameter ular tersebut kira-kira sekitar 60 cm dan panjangnya 40 meter.

Hewan langka ini tidak terlihat begitu jelas karena mereka melintas dengan sangat cepat. Namun, jika beruntung Anda bisa melihat sosok sepasang ular raksasa ini ketika sedang menaiki speedboat yang melintasi Sungai Mahakam.

Runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara

Runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara

Selain Jembatan Mahakam yang sangat terkenal, ada juga Jembatan Kutai Kartanegara (Kukar) yang dibangun di atas Sungai Mahakam. Jembatan gantung terpanjang di Indonesia ini memiliki panjang sekitar 710 meter. Jika dilihat sekilas, Jembatan Kukar nampak mirip dengan Jembatan Golden Gate yang berada di San Fransisco, Amerika Serikat.

Sebagai jembatan yang biasa dilalui kendaraan, Jembatan Kukar seharusnya memiliki fondasi yang kokoh. Akan tetapi pada tahun 2011, Jembatan Kukar ini runtuh pada saat sore hari di mana intensitas kendaraan yang lalu lalang di atas jembatan ini meningkat.

Akibatnya, ada 18 orang yang tewas karena insiden runtuhnya Jembatan Kukar ini. Menurut Anda, apakah ini ulah dari mahluk gaib penunggu Sungai Mahakam atau karena kelalaian manusia (human error)?

Sejumlah misteri Sungai Mahakam ini hanya sebagian kisah misteri atau tragedi yang ada di sungai tersebut. Jika Anda memiliki pengalaman mistis atau kejadian di luar nalar yang berhubungan dengan Sungai Mahakam, silakan tuliskan pengalaman tersebut di kolom komentar yang tersedia.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *