Bacaterus / Misteri Sumatera / Misteri Suku Mante, Manusia Mungil Tertua di Tanah Rencong

Misteri Suku Mante, Manusia Mungil Tertua di Tanah Rencong

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Oktober 2019

Pernah mendengar makhluk yang bernama Hobbit. Makhluk bertubuh mungil ini memang pernah diperkenalkan dalam sebuah film yang diadaptasi dari sebuah novel trilogi bergenre fiksi ilmiah berjudul The Lord Of the Ring karya J.R.R Tolkien. Hobbit sendiri telah diangkat ke dalam novel oleh Tolkien dan memiliki jalan cerita tersendiri.

Film berjudul The Hobbit yang diadaptasi dari novel Tolkien telah menuai kesuksesan mengikuti jejek film pendahulunya yaitu, The Lord Of The Rings. Keberadaan Hobbit memang sering menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Selain karena keunikan bentuk fisiknya yang berbeda dibanding dengan manusia biasa, juga eksistensi makhluk ini yang masih menjadi tanda tanya.

Sebuah Journal of Human Evolution menyebutkan bahwa makhluk tersebut berasal dari keturunan pra-manusia setinggi 5 kaki yang telah punah 12 ribu tahun silam.

Pada tahun 2003 ditemukan fosil wanita gua bertubuh mungil berusia 18 ribu tahun di Liang Bua, Indonesia. Hal tersebut membuktikan bahwa keberadaan makhluk tersebut benar-benar ada. Sampai disini, ternyata eksistensi makhluk yang disebut Hobbit dalam novel fiksi ilmiah karya J.R.R Tolkien ini memang tidak sepenuhnya fiksi ya, guys.

Nah, berbicara mengenai makhluk bertubuh mungil, tak seru bila kita tidak membahas salah satu suku yang ada di Indonesia, yang akhir-akhir ini menjadi bahan pembicaraan orang dan sempat menggegerkan dunia maya Indonesia beberapa waktu lalu.

Kali ini Bacaterus akan membahas mengenai keberadaan Suku Mante, manusia Hobbit yang ada di tanah rencong, Aceh. Berikut adalah rangkuman selengkapnya.

Suku Bertubuh Mungil yang Ada di Indonesia

Suku Bertubuh Mungil yang Ada di Indonesia

Keberadaan suku bertubuh mungil ini memang menjadi misteri yang sangat menarik untuk dicari tahu. Di Indonesia sendiri ternyata banyak cerita mengenai suku-suku yang identik dengan makhluk bernama Hobbit.

Namun sejauh ini, belum ada informasi yang menyebutkan seseorang pernah menjalin komunikasi dengan suku-suku tersebut secara langsung. Keberadaan mereka yang sulit dideteksi karena seringnya berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lain.

Hal itu pula yang menjadi alasan kuat bagi suku-suku tersebut masih menjadi misteri hingga sampai saat ini. Adapun suku-suku bertubuh mungil yang ada di tanah air, Indonesia.

Diantaranya suku Oni, Bone yang ada di Sulawesi Selatan, suku Ebu GoGo, pulau Flores di Nusa Tenggara Timur, Uhan Pandak, yang ada di gunung Kerinci, Jambi dan suku yang menjadi perhatian warga internet karena unggahan video yang dibagikan oleh seorang trail adventure saat menjelajahi hutan yang ada di tanah rencong, yaitu suku Mante yang ada di Aceh.

Suku Mante, Suku Tertua di Aceh yang Misterius

Suku Mante, Suku Tertua di Aceh yang Misterius

Suku Mante yang dikenal juga dengan nama Manti dalam bahasa Gayo adalah suku yang diketahui sebagai suku tertua yang tinggal di wilayah pedalaman hutan Aceh. Suku Mante termasuk ke dalam rumpun Melayu Proto yang menetap di pedalaman hutan.

Suku ini memiliki ciri-ciri berukuran tubuh mungil, setinggi 60cm sampai satu meter lebih. Mereka hidup berpindah dari satu tempat ke tempat lain di pedalaman hutan. Christian Snouck Hurgronje seorang arkeolog berkebangsaan Belanda yang meneliti Aceh secara menyeluruh memperkenalkan nama Manti untuk pertama kali dalam sebuah buku berjudul De Atjehers.

Suku Mante sendiri memang telah dikenal sebagai cerita legenda oleh orang-orang Aceh. Kebiasaan suku yang tidak pernah membaur dengan dunia luar membuat Suku Mante tampak terisolir dan menjadikan suku yang ada di negeri serambi mekah, Aceh ini jauh dari perhatian masyarakat Indonesia.

Tempat Keberadaan Suku Mante di Aceh

Tempat Keberadaan Suku Mante di Aceh

Keberadaan Suku Mante memang sempat menjadi polemik di masyarakat. Sebagian menganggap keberadaan suku ini telah hilang sejak lama. Namun, video amatir yang sempat merekam penampakan mungil suku Mante, telah membawa persepsi lain tentang keberadaan suku unik tersebut.

Dalam cerita rakyat Aceh, Suku Mante adalah suku asli yang menjadi awal dari terbentuknya suku yang ada di Aceh saat ini. Aceh sendiri sebenarnya memiliki beberapa suku asli yang tersebar di seluruh wilayah Aceh, seperti suku Jakun, Lanuns, Sakai, Senoi dan Semang. Namun, suku Mante sendiri  dipercaya yang menjadi cikal bakal suku yang ada di provinsi Aceh.

Menurut dinas sosial provinsi Aceh. Suku Mante tersebar di 14 lokasi yang berada di wilayah Aceh. Sebagian lokasi memang berada jauh di pedalaman hutan Aceh yang sulit di jangkau oleh penduduk luar. Oleh karena itu sangat sulit untuk bisa menemui suku yang dianggap sudah punah oleh sebagian orang tersebut.

Adapun lokasi yang biasa mereka tempati adalah hutan Pameu, hutan kopi Gayo Lues, gunung Halimun Pidie, Samarkilang Bener Meriah dan lainnya.

Cerita Raja dan Sepasang Mante

Cerita Raja dan Sepasang Mante

Cerita tentang Suku Mante memiliki sisi lain yang tidak kalah menarik. Konon, suku yang sudah ada sejak 3000 sebelum masehi ini pernah tertangkap oleh prajurit kerajaan Aceh Darusalam.

Menurut cerita rakyat, para prajurit kemudian menyerahkan sepasang, wanita dan laki-laki dari Suku Mante tersebut kepada Sultan Alaidin Ali Mughayat Syah yang saat itu kerajaan berada dibawah pemerintahannya pada 1514-1530 Masehi.

Sepasang Suku Mante yang tertangkap tersebut tidak mau berbicara bahkan tidak mau memakan dan meminum hidangan yang diberikan pada mereka. Hingga membuat keduanya kelaparan dan meninggal dunia.

Sang raja pun sangat menyesal dan menangisi kematian Suku Mante tersebut. Karena kejadian tersebut raja mengeluarkan peraturan yang melarang rakyatnya membawa Suku Mante bila mereka bertemu dengan suku itu di Hutan.

Suku Mante memang sangat tertutup, mereka cenderung menghindar dari dunia luar dan mereka akan berpindah bila wilayah yang mereka tempati mulai terjamah oleh orang-orang asing.

Ciri-ciri Umum Suku Mante

Ciri-ciri Umum Suku Mante

Berdasarkan rekaman video yang sempat viral dan menjadi perbincangan banyak orang. Suku Mante memang memiliki karakter khas yang berbeda dengan manusia pada umumnya seperti dalam video rekaman tersebut. Suku Mante memiliki kaki yang cukup lebar dengan kondisi badan yang sedikit bungkuk.

Selain itu, Suku Mante juga memiliki kelincahan yang membuatnya bisa berlari dengan cepat saat kehidupannya merasa terancam. Hal tersebut yang menambah rasa penasaran masyarakat terhadap suku yang satu ini.

Suku Mante menjadi bagian dari sejarah rakyat Aceh yang begitu menakjubkan. Keberadaan Suku Mante yang misterius adalah bagian menarik dari keberagaman suku dan budaya yang ada di Indonesia.

Meskipun keberadaan suku tersebut masih menjadi perdebatan. Namun, Indonesia boleh berbangga bahwa salah satu suku unik tersebut ternyata ada di nusantara tercinta kita.

Itulah cerita mengenai Suku Mante, manusia Hobbit misterius yang tinggal di tanah rencong, Aceh Indonesia. Simak terus Bacaterus untuk mendapatkan informasi yang lebih menarik dan bermanfaat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar