Bacaterus / Misteri Indonesia / Misteri Suku Lingon, Suku Asal Indonesia yang Bermata Biru

Misteri Suku Lingon, Suku Asal Indonesia yang Bermata Biru

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari beragam suku dan budaya. Nah, dari sekian banyak suku yang ada di Indonesia terdapat salah satu suku yang cukup menarik dan mengundang rasa penasaran masyarakat. Suku yang dimaksud adalah suku Lingon yang ada di pedalaman Pulau Halmahera.

Seperti apa sebenarnya suku unik tersebut? Apa yang membuatnya berbeda dari suku-suku lain yang ada di Indonesia? Nah, untuk mengetahui itu semua, kali ini Bacaterus telah merangkumnya dalam bahasan: misteri suku Lingon, suku asal Indonesia yang bermata biru. Berikut adalah ulasannya.

Suku Pedalaman dari Ras Unik

Ras Unik

* sumber: lampung.tribunnews.com

Lingon adalah salah satu suku yang terdapat di pedalaman Halmahera, Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Suku ini memang cukup terkenal di Indonesia karena keunikannya. Keberadaan suku yang diketahui memiliki bagian tubuh unik ini memang kerap mengundang perhatian masyarakat yang ada di Tanah Air.

Secara karakteristik suku Lingon memiliki penampilan fisik yang lebih mirip dengan suku dari ras Kaukasoid yang dikenal memiliki kulit lebih terang, dengan bola mata berwarna biru cerah. Perbedaan fisik inilah yang pada akhirnya membuatnya berbeda dengan suku-suku pedalaman yang ada di Indonesia.

Seperti yang kita tahu sebagian besar suku pedalaman yang ada di Indonesia memiliki kulit sedikit gelap dengan iris mata hitam kecoklatan. Bila dideskripsikan lebih jauh, suku Lingon lebih mirip dengan orang-orang Eropa, di mana sebagian besar mereka memiliki kondisi fisik yang tinggi dengan wajah cantik dan tampan.

Konon karena penampilan fisiknya, gadis-gadis Lingon kerap menjadi korban penculikan dari suku-suku lain yang ingin menjadikannya sebagai istri.

Nah, karena hal itu pula, banyak dari masyarakat yang ada di Tanah Air penasaran dengan keberadaan sosok mereka serta berusaha mencari tahu asal usul suku yang berada di pulau tersebut. Meskipun demikian, minimnya informasi mengenai suku tersebut membuatnya seakan masih menjadi misteri.

Memiliki Mata Biru Khas Bangsa Eropa

Memiliki Mata Biru

* sumber: blog.misteraladin.com

Seperti yang kita ketahui, penampilan fisik bangsa Indonesia memang cukup mudah dibedakan dengan bangsa-bangsa lain yang ada di berbagai belahan dunia. Karakteristik orang Indonesia sendiri memiliki tubuh cenderung lebih kecil, dengan warna kulit yang sedikit gelap, rambut hitam, serta bermata hitam kecoklatan.

Nah, berbeda dengan orang Indonesia kebanyakan, suku Lingon diketahui memiliki postur tubuh yang lebih besar, berwarna kulit terang, berambut pirang dengan bola mata berwarna biru. Orang-orang yang memiliki mata biru biasanya dipengaruhi oleh gen yang dibawa oleh nenek moyangnya.

Warna mata sendiri tergantung pada jumlah melanin yang terdapat pada iris mata. Mereka yang memiliki mata berwarna biru memilih jumlah melanin yang sedikit, sehingga menghasilkan warna mata yang lebih terang.

Menurut para peneliti, orang yang terlahir dengan gen mata biasa kecil kemungkinan untuk memiliki keturunan gen mata biru. Hal itu yang pada akhirnya menimbulkan perdebatan.

Meskipun demikian, karakteristik yang ada pada suku Lingon pun bukan karena kelainan pigmentasi yang dibawanya sejak kecil. Mengingat sebagian besar suku ini memiliki mata biru permanen. Melihat hal tersebut, spekulasi tentang suku Lingon yang memiliki ciri khas mata biru pun semakin gencar.

Banyak masyarakat yang akhirnya berpikir bahwa mereka bukan berasal dari beberapa ras yang biasa ditemukan di Pulau Halmahera seperti ras Weddoid, Melanesia, Polinesia, dan Mongoloid, tetapi berasal dari ras Kaukasoid yang merujuk pada ras orang-orang yang berasal dari benua Eropa.

Suku Unik yang Hampir Punah

Suku Unik

* sumber: lukingindonesia.blogspot.com

Dengan total penduduk mencapai lebih dari 250 juta jiwa, Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Indonesia sendiri memiliki ratusan etnik yang terdiri dari ratusan suku yang tersebar di berbagai pulau yang ada di Indonesia. Karena hal ini pula Indonesia dikenal memiliki beragam suku unik dan menarik di mata dunia.

Meskipun demikian, beberapa suku yang ada di Tanah Air, khususnya yang ada di pedalaman memang terancam hampir punah. Suku Lingon pun menjadi salah satunya.

Hilangnya sebuah suku di dalam sebuah wilayah memang bisa menjadi kabar duka bagi ilmu pengetahuan. Pakar antropologi sendiri menyebutkan bahwa hilangnya keberadaan fisik suku tersebut serta bahasa yang digunakan oleh penduduk asli mereka merupakan tanda sebuah kepunahan.

Di Indonesia sendiri suku Lingon memang bukan satu-satunya suku yang dikabarkan hampir mengalami kepunahan. Kita tentu mengetahui beberapa suku di Indonesia yang juga berada dalam kondisi serupa, seperti suku Togutil yang ada di pedalaman Halmahera Utara, suku Anak Dalam di Jambi, suku Korowai di Papua dan juga suku Mentawai.

Teori Suku Lingon di Masyarakat

Teori Suku Lingon

* sumber: www.indozone.id

Keberadaan suku pedalaman Lingon sendiri menjadi cerita menarik di tengah masyarakat. Banyak spekulasi yang akhirnya muncul. Salah satunya yang menyebutkan bahwa nenek moyang dari suki unik tersebut berasal dari Eropa ratus tahun silam. Menurut cerita, masyarakat sebuah kapal yang berasal dari Eropa terdampar di perairan Halmahera karena sebuah kecelakaan kapal.

Konon beberapa penumpang yang berhasil selamat kemudian menetap selama ratusan tahun di pulau tersebut. Mereka kemudian mulai membentuk sebuah kelompok sendiri hingga akhirnya terlahirlah suku Lingon.

Beberapa masyarakat menyebutkan bahwa suku Lingon menganut kepercayaan yang sama dengan kepercayaan awal bangsa Indonesia, yaitu animisme dan dinamisme.

Perubahan yang terjadi pada suku tersebut konon akibat terlalu lama hidup di dalam hutan yang jauh dari peradaban sehingga membuat mereka kehilangan identitas tentang asal usul nenek moyangnya.

Selain itu, ada pula teori yang menyebutkan bahwa suku Lingon merupakan hasil dari perkawinan dua ras yang berbeda, yaitu antara ras Mongoloid dan Kaukasoid, yang akhirnya melahirkan ras baru percampuran antara keduanya.

Meskipun demikian, belum ada penelitian ilmiah yang bisa memperkuat teori tersebut. Walaupun hal itu bisa muncul karena adanya informasi yang didapat dari masyarakat yang ada di sekitar wilayah yang belum teruji kebenarannya.

Keberadaan suku ini pun memang menjadi fenomena unik di tengah keberagaman suku pedalaman yang ada di Indonesia. Beberapa masyarakat percaya bahwa suku ini telah punah, namun tak sedikit pula yang menyebutkan bahwa sebagian besar penduduk suku Lingon telah ikut membaur dengan suku-suku lain yang ada daerah di Kepulauan Maluku.

Pendapat lain pun menyebutkan bahwa suku tersebut berusaha menghindar dengan hidup di wilayah terpencil yang sulit untuk dijangkau manusia sehingga keberadaannya sangat sulit untuk dideteksi. Pada akhirnya keberadaan suku Lingon pun akan menjadi cerita menarik yang masih tetap menjadi misteri hingga saat ini.

Demikianlah bahasan singkat mengenai misteri suku Lingon, suku asli Indonesia bermata biru yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kita tentang keberadaan suku unik yang ada di Indonesia.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *