Bacaterus / Misteri Laut / Misteri SS Ourang Medan, Berlayar Dengan Awak yang Meninggal

Misteri SS Ourang Medan, Berlayar Dengan Awak yang Meninggal

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sejarah mencatat kejadian-kejadian yang melibatkan moda transportasi. Berbagai penemuan dan kemajuan teknologi merupakan hal-hal yang mengundang decak kagum untuk melihat perkembangannya dari waktu ke waktu. Sayangnya, tidak semua itu merupakan kejadian yang positif. Beberapa malah menyisakan cerita-cerita yang membuat kita terheran-heran.

Salah satu kejadian misteri yang melibatkan moda transportasi adalah SS Ourang Medan. Kapal kargo itu ditemukan sedang berlayar sementara semua awak kapalnya meninggal dunia. Ini jadi misteri karena sebelumnya ada kontak dengan kapal lain. Bagaimana cerita lengkapnya? Inilah misteri SS Ourang Medan yang berlayar dengan awak yang meninggal.

Cerita Awal SS Ourang Medan

Cerita Awal SS Ourang Medan

* sumber: cdn2.boombastis.com

SS Ourang Medan merupakan kapal kargo milik pemerintah Belanda yang biasa digunakan untuk mengangkut kekayaan alam. Terdapat perbedaan waktu yang dinyatakan oleh beberapa sumber. Ada yang menyatakan perjalanan itu dilakukan pada tahun 1947, ada juga yang menyatakan pada tahun 1948.

Kemunculan cerita SS Ourang Medan dimulai dengan dirilisnya Proceedings of Merchant Marine Council pada Mei 1952. Catatan itu kemudian dirilis secara resmi oleh American Coast Guard. Semuanya positif menunjukkan bahwa adanya kejadian di wilayah Selat Malaka yang melibatkan sebuah kapal bernama SS Ourang Medan.

Lalu ada juga sebuah majalah bernama Forteana asal Amerika yang membahas tentang kapal tersebut. Vincent Hayes Gaddis, seorang peneliti peristiwa-peristiwa ganjil tidak ketinggalan menulis cerita mengenai misteri kapal ini.

Ketika SS Ourang Medan sedang berlayar di tengah Selat Malaka, ada dua kapal Amerika yang berada di lokasi. Dua kapal itu adalah City of Baltimore dan Silver Star. Keduanya mendapat pesan dari kapal SS Ourang Medan melalui radio. Suara di radio itu mengatakan bahwa kapten kapal dan hampir seluruh awaknya hampir meninggal termasuk si pemberi pesan itu.

Kapten Silver Star berhasil menemukan koordinat SS Ourang Medan dan langsung bergerak menuju lokasi. Dalam waktu singkat, mereka menemukan SS Ourang Medan sedang berada di Teluk Benggala. Mereka mendekat sambil mencoba melihat situasi lewat teropong kalau-kalau terjadi sesuatu yang mengerikan seperti adanya perompak.

Ketika Silver Star bersampingan dengan SS Ourang Medan, para awak mulai mencoba memanggil orang-orang di kapal yang terapung itu. Tidak ada jawaban sama sekali dari awaknya. Mereka kemudian menggunakan klakson kapal agar suaranya lebih nyaring dan juga radio untuk membuka komunikasi. Hasilnya sama, tidak ada jawaban.

Sebuah tim dibentuk oleh kapten Silver Star untuk misi penyelamatan. Para awak mulai berhasil naik ke dek kapal, mereka menemukan banyak mayat. Pencarian dilakukan ke ruangan-ruangan kapal yang lain, ada mayat kapten di ruang kemudi, mayat di ruang-ruang lain kapal bahkan anjing yang sudah tergeletak tanpa nyawa.

Suasana terasa mengerikan karena semua awak ditemukan meninggal dengan mata terbuka, bahkan seperti melotot serta kulit pucat dan tangan seperti ingin mencengkram sesuatu. Kondisi itu umumnya terjadi kalau seseorang meninggal dalam kondisi ketakutan, misalnya diserang atau disiksa.

Para awak Silver Star harus melakukan misi penyelamatan karena tidak ada yang selamat di sana. Mereka akan menarik SS Ourang Medan ke pelabuhan atau pantai terdekat untuk diselidiki lebih lanjut. Sayangnya, tiba-tiba ada api menjalar di kargo kapal. Para awak Silver Star langsung berlarian menyelamatkan diri sementara SS Ourang Medan meledak dan perlahan-lahan tenggelam.

Kejanggalan Dalam Misteri SS Ourang Medan

Kejanggalan Dalam Misteri SS Ourang Medan

* sumber: mmc.tirto.id

Meninggalnya para awak dan kapal SS Ourang Medan yang tenggelam karena terbakar menimbulkan banyak pertanyaan. Beberapa keterangan dari saksi yang merupakan awak Silver Star serta hasil investigasi menyatakan menemukan beberapa kejanggalan, yaitu:

1. Tidak Ada Latar Belakang

Kapal SS Ourang Medan tidak ditemukan latar belakangnya. Untuk sebuah kapal yang masih berlayar di abad ke-20, pendataan mengenai kapal sudah umum dilakukan.

Kapan kapal itu dibangun, siapa saja yang pernah memilikinya dan apakah pernah ada perbaikan pada kapal itu. Apakah karena saat itu di Indonesia belum ada pihak-pihak yang secara resmi mencatat mengenai latar belakang kapal?

2. Sandi Morse

Pesan yang dikirim ke radio Silver Star menggunakan sandi Morse. Pengirim pesan terdengar seperti sedang sangat ketakutan melihat kapten kapal bersama awak lainnya sudah meninggal.

3. Tidak Ada Pencurian

Awak Silver Star yang memeriksa keadaan kapal sebelum terbakar tidak menemukan kemungkinan adanya pencurian yang dilakukan dengan kekerasan sehingga menewaskan semua awak kapal. Semua barang di SS Ourang Medan terlihat lengkap dan tidak terlihat adanya luka memar atau bekas tanda-tanda kekerasan di tubuh mayat.

4. Ketakutan

Semua mayat yang dilihat awak Silver Star terlihat dalam keadaan yang sama, yaitu mereka seperti mati dalam keadaan ketakutan. Selain itu, mereka seperti sedang tertuju ke sebuah titik.

5. Udara Dingin

Awak Silver Star merasakan hal aneh ketika memeriksa SS Ourang Medan. Cuaca yang sedang panas diperkirakan mencapai 43 derajat Celsius berbanding terbalik ketika mereka memasuki SS Ourang Medan. Mereka merasa udaranya dingin di kapal itu.

Teori-Teori Tentang Misteri SS Ourang Medan

Teori SS Ourang Medan

* sumber: cdn.tmpo.co

Banyaknya kejanggalan yang terjadi pada SS Ourang Medan membuat orang-orang berspekulasi mengenai penyebab tragedi naas yang menimpa pada para awaknya. Beberapa teori tersebut adalah:

1. Diserang UFO

Para awak SS Ourang Medan diserang oleh benda asing sejenis UFO atau alien. Teori ini terbentuk dari kesaksian awak Silver Star yang menemukan para awak SS Ourang Medan meninggal dalam kondisi mengerikan, seperti mata melotot, kulit pucat, gigi rapat tapi bibirnya terbuka, menunjuk pada satu arah serta seperti mencoba mencengkram sesuatu.

Benda asing atau alien itu datang menyerang awak SS Ourang Medan kemudian meledakkannya. Seorang peneliti bernama Frank Edwards menyampaikan teori ini dalam tulisannya yang berjudul Strangest of All di Fate Magazine.

2. Muatan Berbahaya

Roy Bainton dalam tulisannya berjudul A Cargo of Death memperkirakan kejadian tragis yang menimpa SS Ourang Medan disebabkan oleh muatan kargo yang berbahaya. Dia menyatakan bahwa kapal tersebut mengangkut bahan kimia selundupan seperti potasium sianida dan nitrogliserin.

Menurutnya air laut yang memasuki bagian kapal membuat isi kargo mengeluarkan racun dan menyebabkan semua awaknya meninggal karena keracunan lewat udara. Kemudian air laut bereaksi dengan nitrogliserin menjadi penyebab kapal terbakar kemudian tenggelam.

3. Keracunan

Vincent Gaddis dalam bukunya berjudul Invisible Horizons menyatakan bahwa para awak SS Ourang Medan ada kemungkinan mengalami nasib naas karena keracunan karbon monoksida.

Hal itu disebabkan oleh adanya api atau malfungsi pada sistem uap kapal yang membuat kapal karam. Sedangkan karbon monoksida yang muncul karena hasil dari api membuat awak keracunan.

4. Pembunuhan

Ada kemungkinan awak Silver Star membunuh seluruh awak kapal SS Ourang Medan. Mereka kemudian memberi kesaksian bahwa para awak kapal terlihat ketakutan tapi tidak menemukan luka di fisik mereka.

Untuk menghilangkan jejak, mereka meledakkan kapal itu karena salah satu awak SS Ourang Medan sudah terlanjur menghubungi kapal lain, yaitu City of Baltimore. Bukan tidak mungkin ada motif persaingan bisnis yang melatarbelakangi teori ini.

5. Hoax

Banyak yang berpendapat bahwa misteri SS Ourang Medan ini hanyalah hoax buatan awak Silver Star karena tidak ditemukannya latar belakang kapal SS Ourang Medan serta bukti fisik lainnya. Hanya saja teori ini dilemahkan oleh adanya pesan yang diterima oleh kapal City of Baltimore serta adanya dokumen resmi yang dikeluarkan oleh CIA.

Itulah misteri SS Ourang Medan yang disebutkan berlayar dengan awak yang meninggal. Menurutmu, teori manakah yang paling masuk akal? Kalau kamu mempunya informasi tambahan, kamu bisa ikut menambahkannya di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *