Bacaterus / Mitos / Misteri Skunk Ape, Makhluk dengan Bau Busuk Menyengat

Misteri Skunk Ape, Makhluk dengan Bau Busuk Menyengat

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Januari 2020

Kamu tentu sudah tidak asing dengan Bigfoot. Mahkluk misterius yang kerap tertangkap kamera di hutan Amerika bagian utara ini memang cukup populer. Bahkan kepopulerannya sampai ke seluruh mancanegara. Meskipun keberadaanya masih menjadi misteri, namun kisah tentang makhluk tersebut memang selalu menarik untuk dibahas.

Sama seperti Bigfoot, makhluk yang akan Bacaterus bahas kali ini juga tak kalah misterius. Bernama Skunk Ape, makhluk yang konon berasal dari Florida ini sempat menggegerkan masyarakat Amerika karena penampilannya yang tak biasa dan memiliki ciri khas.

Nah, seperti apa mahkluk yang bernama Skunk Ape ini? Berikut telah Bacaterus rangkum misteri tentang Skunk Ape, makhluk misterius dengan bau busuk menyengat yang ada di Florida, Amerika. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

‌Kemunculan Skunk Ape

‌Kemunculan Skunk Ape

Sejak kemunculannya pada tahun 1920-an di berbagai wilayah yang ada di Florida. Makhluk misterius bernama Skunk Ape ini memang telah menjadi topik hangat yang terus dibicarakan oleh banyak masyarakat. Kehadiran makhluk yang satu ini memang telah membuat orang-orang penasaran dengan wujud aslinya.

Konon sosok Skunk Ape mirip seperti seekor kera berbulu coklat yang berjalan tegak mirip dengan Bigfoot. Skunk Ape memiliki bau busuk yang sangat menyengat sehingga dalam jarak beberapa meter bisa sangat mengganggu penciuman orang-orang yang ada di sekitarnya.

Nama Skunk Ape sendiri berasal dari kata Skunk yang berarti Sigung, hewan mamalia dari genus Mustela yang dapat mengeluarkan bau busuk yang menyengat. Sementara Ape sendiri berarti seekor kera.

Intensitas laporan mengenai penampakan mahkluk yang satu ini mulai meningkat sejak tahun 1974. Saat itu beberapa orang melihat penampakan di wilayah pinggiran Dade County, Florida. Mereka melaporkan penampakan makhluk mirip seekor kera berukuran cukup besar dengan mengeluarkan bau busuk yang menyengat dan berlari tegak dengan kedua kakinya.

Penampakan berikutnya terjadi pada tahun 1975. Saat itu seorang anak berusia 12 tahun bernama Ronnie Steves terbangun dari tidurnya karena mendengar sebuah keributan di luar rumah. Penasaran dengan hal tersebut, bocah itu pun segera keluar rumah.

Saat bocah tersebut keluar, ia akhirnya dikejutkan dengan penampakan sosok makhluk yang memiliki tinggi tubuh sekitar 2 meter dan mirip dengan seekor kera. Makhluk tersebut lantas berlari menuju ke arah hutan. Kejadian yang dialami oleh Steves kemudian dilaporkan pada petugas keamanan setempat.

Saat para petugas keamaan meninjau laporan tersebut. Mereka menemukan sebuah jejak kaki sepanjang 20 cm. Kisah tentang keberadaan makhluk misterius itu pun kemudian menyebar. Meskipun banyak orang yang kemudian skeptis dan memilih untuk tidak mempercayainya.

Kisah tentang makhluk benama Skunk Ape mulai kembali mendapat perhatian publik ketika sebuah rombongan turis yang dipandu Dow Rowland tak sengaja bertemu makhluk misterius tersebut di Turner River Road. Makhluk berbuku berukuran cukup besar tersebut tiba-tiba keluar dari hutan pada tahun 1997.

Salah seorang turis bahkan mengatakan sempat mengambil dua buah foto dan mengira bahwa itu seseorang yang sedang mengenakan kostum beruang atau semacamnya. Kisah tentang Skunk Ape memang telah banyak diangkat oleh media-media lokal yang ada di sana.

Popularitas Skunk Ape pun kemudian meningkat. Banyak orang-orang menganggap bahwa Skunk Ape memiliki keterkaitan dengan Bigfoot. Namun sampai saat ini keberadaan makhluk  tersebut masih menjadi perdebatan banyak pihak.

‌Kontroversi Foto Skunk Ape

‌Kontroversi Foto Skunk Ape

Sejak kemunculannya yang kontoversi. Makhluk tersebut seakan memiliki tempat di hati masyarakat. Berbagai pemberitaan dan bukti foto terus berdatangan dari berbagai pihak. Salah satu penampakan foto yang paling banyak mendapat perhatian publik tentu foto yang diambil oleh seorang perempuan pada tahun 2000 silam.

Menurut sang pemilik, foto tersebut diambil ketika Skunk Ape sedang berjalan di halaman belakang rumahnya yang berada dekat dengan sungai Myakka, Florida. Wanita tersebut kemudian memastikan dengan melihat ke belakang rumah. Ia kemudian mengambil sebuah kamera untuk mengabadikan apa yang sedang dilihatnya.

Dalam foto yang ia ambil tampak terlihat makhluk berbulu dengan mata yang menyala berdiri di belakang sebuah tanaman Plametto. Wanita yang tidak memberikan identitasnya pada petugas Sarasota saat menyerahkan hasil jepretan fotonya tersebut kemudian menggambarkan bahwa makhluk tersebut memiliki tinggi sekitar 2 meter.

Makhluk tersebut disebutkan mengeluarkan bau yang busuk dan sangat menyengat. Namun keberadaan foto ini malah menimbulkan kontroversi di tengah-tengah masyarakat. Banyak yang beranggapan bahwa foto tersebut mengandung banyak kejanggalan, hingga membuatnya tak bisa dipercaya.

Beberapa pihak kemudian mengungkapkan bahwa pose Skunk Ape yang ada dalam foto wanita tersebut hampir mirip dengan pose Bigfoot yang ada di museum Ripley yang ada di Wisconsin. Selain itu tanaman Plametto yang tertangkap kamera konon tidak umum ditanam di halaman belakang seseorang.

Hal tersebut yang pada akhirnya mengundang kecurigaan banyak pihak tentang keaslian foto yang diberikan wanita tanpa identitas tersebut. Meskipun banyak menerima sanggahan dari banyak pihak namun tidak bagi para cryptozoology yang memang sering berkutat dengan makhluk Crytid semacam ini, termasuk dari Linda Coleman.

Para cryptozoology sendiri menyebut mahkluk yang ditemukan di dekat sungai Myakka ini sebagai Myakka Skunk Ape. Keberadaan mahkluk misterius yang satu ini memang banyak mengundang polemik sama seperti saudaranya, Bigfoot. Kini, Skunk Ape pun menjadi sebuah pekerjaan rumah bagi para peneliti yang menunggu untuk diungkap ke tengah masyarakat.

‌Teori mengenai  Skunk Ape

‌Teori mengenai  Skunk Ape

Kisah mengenai Skunk Ape memang membuat banyak orang berspekulasi. Salah satu teori yang dapat diterima dengan mudah datang dari seorang ahli bernama Joe Nickell.

Ia menilai bahwa Skunk Ape adalah seekor beruang hitam (Ursus Americanus) bila dilihat dari penampakannya yang sekilas mewakili foto yang diambil oleh wanita misterius tersebut. Menurut Joe Nickell, seseorang mungkin mengira bahwa beruang yang berdiri dengan dua kaki adalah Skunk Ape.

Mitos tentang keberadaan makhluk yang satu ini memang tak lepas dari campur tangan media. Beberapa pihak bahkan menganggapnya sebagai  histeria masa yang dipicu oleh keberadaan mahkluk legenda seperti Bigfoot.

Sementara mereka yang lebih skeptis dengan keberadaan makhluk tersebut mengatakan bahwa Skunk Ape adalah bentuk dari keisengan seseorang yang ingin mencari sensasi dengan kostum menakutkan.

Meskipun demikian pada akhirnya kisah tentang Skunk Ape mungkin akan mengalami nasib serupa yang dialami oleh Bigfoot. Keduanya akan terus menjadi misteri yang menjadi bagian dari sejarah menarik keberadaan makhluk Cryptid.

Meskipun kebenarannya banyak diragukan oleh banyak orang, namun cerita tentang makhluk-makhkuk tersebut memang akan selalu menarik untuk di bahas dan banyak memberi tempat bagi orang-orang untuk berspekulasi.

Nah, itulah misteri Skunk Ape, makhluk yang memiliki bau yang sangat menyengat. Nantikan misteri lain yang lebih menarik yang akan Bacaterus Bahas untuk kamu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *