Bacaterus / Misteri Karakter / Misteri Sharon Tate, Hidup Berakhir di Tangan Sekte Sesat

Misteri Sharon Tate, Hidup Berakhir di Tangan Sekte Sesat

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2019

Dari sekian banyak kejadian di dunia ini, ada beberapa yang akan selalu diingat oleh orang-orang. Dalam hal kejahatan, kejadian yang menimpa Sharon Tate adalah salah satunya. Terjadi pada tahun 1969, kematian Sharon membuat publik terkejut mengingat dia adalah seorang aktris muda Hollywood berbakat.

Sampai saat ini, misteri tentang Sharon Tate masih menjadi pembicaraan orang-orang. Karyanya kemudian banyak diangkat sebagai bentuk penghormatan padanya. Selain itu ada juga yang membuat film mengenai dirinya untuk mengenangnya dan tentu saja supaya nggak ada kejadian serupa yang menimpa orang lain. Yuk, kita bahas lebih jauh tentang Sharon Tate!

Kematian Sharon Tate

Kematian Sharon Tate (Copy)

Hollywood sudah menjadi pusat bagi dunia perfilman sejak dulu. Di tahun 60an, seorang wanita muda yang awalnya berprofesi sebagai model ikut terjun ke dunia film. Dia adalah Sharon Maria Tate. Mengawali karir dengan peran kecil di beberapa serial dan film, namanya langsung dikenal berkat menjadi bintang utama di film Eye of the Devil.

Sebagai seorang aktris yang sudah mendapat peran utama di film Hollywood saat usianya masih 20an, nama Sharon Tate dianggap sebagai salah satu bintang yang akan semakin bersinar. Sharon melanjutkan karirnya di dunia film dengan membintangi The Fearless Vampire Killers. Ketika syuting dia bertemu dengan Robert Polanski yang kemudian menjadi suaminya pada tahun 1967.

Polanski dan Sharon Tate sempat pindah ke London sebelum kembali ke Los Angeles agar Sharon dapat melanjutkan karirnya. Namun, hubungan mereka sebetulnya nggak bisa dibilang mulus. Salah satunya adalah tindakan Polanski yang meminta Sharon berhenti bekerja sama dengan salah satu produser. Akibatnya, karirnya nggak menanjak seperti yang diperkirakan.

Sharon Tate hamil pada 1968 yang membuat dia dan suaminya pindah ke kawasan Benedict Canyon agar kehidupan mereka nggak segemerlap di Beverly Hills. Namun itu nggak menghentikan hobi mereka untuk berpesta, terutama Polanski yang sering mengundang orang-orang ke rumahnya. Bahkan beberapa adalah orang asing.

Polanski pergi ke London untuk menyelesaikan film The Day of The Dolphin. Sharon yang sempat ikut memutuskan untuk pulang lebih dulu karena usia kandungannya yang mencapai 8,5 bulan. Kepulangan Polanski harus ditunda karena pekerjaannya belum selesai. Sharon makan malam bersama beberapa temannya.

Wojciech Frykowski dan kekasihnya, Abigail Folger memutuskan untuk menginap di rumah Sharon. Selain itu ada juga penata rambut yang juga mantan kekasih Sharon, Jay Sebring yang ikut menginap.

Tanggal 9 Agustus 1969 pagi, petugas kebersihan Sharon menemukan mayat Sharon, Jay, Frykowski dan Folger. Sharon dan Jay ditemukan meninggal di ruang tengah, sebuah tali mengikat leher mereka. Di halaman depan rumah tergeletak mayat Frykowski dan Folger. Semua korban ditusuk berkali-kali kecuali Steve Parent yang mayatnya ditemukan di dalam mobil di depan rumah.

Pelaku Pembunuhan Sharon Tate

Pelaku Pembunuhan Sharon Tate (Copy)

Setelah melakukan penyelidikan, Polisi menetapkan bahwa tersangka pembunuhan Sharon Tate bersama 4 orang lainnya adalah sekte yang dibuat Charles Manson. Sekte itu diberi nama Manson Family. Dibentuk tahun 1968 dan beranggotakan 100 orang. Manson sebagai pemimpin, begitu dihormati oleh pengikutnya. Bahkan pengikutnya rela untuk melakukan pembunuhan keji.

Sebelum membentuk Manson Family, Charles Manson merupakan seseorang karismatik tapi agak gila. Dia mengenal beberapa pesohor di Hollywood. Bahkan dia pernah mencoba menjadi musisi dengan meminta bantuan seorang produser bernama Terry Melcher, namun permintaannya itu ditolak.

Manson Family pada awalnya adalah sebuah grup untuk berkumpulnya orang-orang hippy yang mengagung-agungkan kedamaian tapi gemar menggunakan obat-obatan terlarang. Selain itu mereka juga sering melakukan pesta seks dengan bergonta-ganti pasangan karena menganut gaya hidup bebas yang nggak mau dibatasi norma apapun.

Kehidupan bebas membuat pikiran mereka menyimpang. Manson sebagai pemimpin menjadikan dirinya sebagai sosok yang sangat dihormati bahkan dianggap sebagai reinkarnasi Yesus. Jelas sekali kalau sekte itu bisa dikatakan sekte yang sesat. Kegiatan mereka berbanding terbalik dengan kegiatan masyarakat pada umumnya.

Kegiatan Manson Family kian berubah. Mereka mulai melakukan tindakan kejahatan dengan membunuh orang-orang bahkan berdasarkan pengakuan salah satu anggotanya, mereka sudah menewaskan 35 orang. Bukan cuma laki-laki yang menjadi kaki tangannya, melainkan ada pula perempuan yang dia anggap sebagai bidadari.

Manson melakukan pembunuhan dengan acak. Dia menyasar orang secara asal untuk dibunuh. Dia melakukannya sebagai persiapan akhir zaman yang dia sebut terinspirasi lagu Helter Skelter milik The Beatles. Dengan banyaknya pembunuhan, Manson ingin warga kulit hitam disangka menjadi dalang di balik berbagai tindak kejahatan sehingga akan terjadi peperangan antar ras.

Kronologi Pembunuhan Sharon Tate

Kronologi Pembunuhan Sharon Tate (Copy)

Lima bulan setelah kejadian, Charles Manson ditangkap oleh polisi. Dia bukanlah eksekutor Sharon dan teman-temannya, melainkan otak dari tindakan kejahatan itu. Dia yang memberi perintah pada para pengikutnya untuk membunuh. Sementara para pengikutnya mengikuti perintahnya seakan-akan itu sebuah kewajiban.

Pada 8 Agustus 1969, Manson memerintahkan orang kepercayaannya, Tex Watson untuk mendatangi rumah yang beralamat di 10050 Cielo Drive dan menghabisi siapa pun yang ada di sana. Dia cuma tahu kalau orang yang tinggal di sana adalah Terry Melcher dan Candice Bergen, bukan Sharon Tate. Manson rupanya dendam pada Melcher karena pernah menolaknya jadi musisi.

Tex Watson mengajak Susan Atkins, Linda Kasabian dan Patricia Krenwinkel untuk menemaninya ke alamat yang diberikan Manson. Semua yang Tex ajak adalah perempuan sehingga nggak begitu mencurigakan kalau dilihat orang-orang karena seorang pria dengan 3 orang perempuan bukanlah komposisi yang biasa digunakan oleh sekelompok pembunuh.

Mereka memulai perjalanan pada tengah malam. Itu adalah waktu yang tepat berdasarkan perhitungan Manson. Watson tiba di dekat 10050 Cielo Drive dan memarkirkan mobil di bawah bukit. Mereka menuju rumah Sharon dengan berjalan kaki. Mereka khawatir kalau melewati jalan depan, tindakan mereka akan mudah diketahui dan pemilik rumah bisa segera melapor pada polisi.

Mereka memutuskan untuk masuk lewat jalur samping rumah. Mereka masuk dengan berbaring agar menghindari sorotan lampu, namun tindakan mereka diketahui seorang anak berusia 18 tahun bernama Steven Parent yang baru saja akan pulang setelah berkunjung pada tetangga Sharon. Dia kemudian tewas dibunuh dengan ditembak.

Watson dan ketiga wanita rekannya masuk ke rumah Sharon melalui jendela. Di sana dia menemukan Frykowski yang sedang tertidur lelap. Dia menendang kepala Frykowski sembari menjawab pertanyaan ‘siapa dirinya’ dengan jawaban ‘aku adalah iblis dan berada di sini untuk melaksanakan tugasnya’.

Frykowski kemudian diikat. Atkins dan Krenwinkel menemukan 3 orang lainnya di rumah Sharon kemudian mengumpulkan mereka di ruang tengah. Watson mengikat leher Sharon dan Jay bersama-sama. Jay marah dengan perlakuan Watson yang memperlakukan Sharon dengan kasar padahal Sharon sedang hamil. Watson malah marah dan menikamnya berkali-kali.

Folger berlari ke kamar untuk mengambil dompet. Dia berharap bisa dibebaskan dengan memberikan uang. Dia dikejar oleh Krewninkel dan Folger berhasil ditangkap lalu ditikam sebanyak 28 kali sampai tewas. Frykowski yang diikat sempat melawan, dia menusuk kaki Atkins dan berlari ke pintu depan. Sayangnya, Watson sudah bersiap di sana dan menusuk Frykowski sebanyak 51 kali.

Sharon menjadi orang terakhir yang hidup dan menyaksikan kekejaman Watson dan rekan-rekannya. Dengan tali yang mengikat leher dan mayat Jay berada di sampingnya, Sharon memohon agar dia dibebaskan. Bahkan dia menyatakan bahwa dia ingin melahirkan bayi dalam kandungannya yang hanya perlu waktu 2 minggu lagi.

Watson dan Atkins mengabaikan permintaan itu dan malah menusuknya sebanyak 16 kali sampai Tate meregang nyawa. Mereka kemudian menuliskan kata “pig” di pintu depan rumah dengan darah milik Tate dan Frykowski sebelum melarikan diri dengan mobil yang sudah siap untuk pergi dengan disupiri Kasabian, berganti pakaian dan membuang barang bukti.

Proses Peradilan pada Pelaku Pembunuhan Sharon Tate

Proses Peradilan pada Pelaku Pembunuhan Sharon Tate (Copy)

Proses peradilan terhadap Manson Family menghabiskan waktu selama 9,5 bulan. Publik Amerika memperhatikan betul proses peradilan untuk mengetahui kekejaman Manson Family dan seberapa berat hukuman untuk mereka. Manson yang dipenjara pernah muncul di pengadilan dengan huruf X di dahinya. Nggak lama dari itu, huruf X itu diganti dengan logo Swastika.

Kegilaan bukan hanya dilakukan Manson, ketiga perempuan yang ikut berandil dalam pembunuhan Sharon Tate juga bertingkah gila. Mereka menggunduli kepalanya dan ikut membuat huruf X di dahi mereka sebagai pertanda bahwa mereka masih menjadi pengikut setia dari Manson Family. Bukan hanya itu, ketiganya bahkan tertawa saat disidang dan menyanyikan lagu Manson.

Manson pernah mengancam akan memenggal kepala hakim setelah berteriak-teriak dalam persidangan. Hakim setelah itu diberi bekal sebuah pistol untuk berjaga-jaga kalau Manson melakukan hal yang nekad. Pada 1971, hakim menjatuhkan vonis hukuman mati untuk Manson dan para pengikutnya namun mendapat keringanan menjadi hukuman seumur hidup.

Demikian misteri Sharon Tate yang hidupnya berakhir di tangan sekte sesat. Apa kamu pernah mendengar tentang misteri Sharon Tate atau sekte yang merenggut nyawanya? Kalau mau ikut menambahkan, kolom komentar sudah disediakan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *